Sebanyak 157 item atau buku ditemukan

KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) DALAM PANDANGAN ISLAM (HISTORIS-POLITIK DAN EKONOMI)

Data BPS pada bulan Februari 2019 menyebutkan bahwa jumlah pengangguran terbuka yang merupakan lulusan universitas mencapai 839.019 orang atau 12% dari total pengangguran yang mencapai 6.816.840 orang. Hal tersebut menekankan bahwa lulusan perguruan tinggi tidak bisa lagi sekedar mengandalkan ijazah untuk mencari pekerjaan, akan tetapi dibutuhkan kemampuan dan keterampilan bagi lulusan universitas sehingga dapat terserap ke dunia industri/usaha. Salah satu langkah alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menanamkan jiwa wirausaha pada mahasiswa. Universitas sebagai lembaga pendidikan harus turut berperan aktif untuk membangun dan mengarahkan mahasiswanya untuk bergerak dalam dunia wirausaha sebagai upaya menangani masalah pengangguran para lulusannya. Buku yang ada di hadapan pembaca ini menjelaskan mengenai kewirausahaan, analisis bisnis dan studi kelayakan bisnis, aspek pasar dan pemasaran, konsep bisnis dan waralaba, membangun jaringan bisnis dalam persaingan global, nilai-nilai dan etika bisnis dalam agama Islam, serta kewirausahaan dalam perspektif Islam.

Data BPS pada bulan Februari 2019 menyebutkan bahwa jumlah pengangguran terbuka yang merupakan lulusan universitas mencapai 839.019 orang atau 12% dari total pengangguran yang mencapai 6.816.840 orang.

DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA

Budaya tidak bisa dilepas dari pembelajaran. Saat ini, pendidikan sudah masuk pada Revolusi Industri 4.0, namun budaya sebagai sebuah konsep, pemikiran, histori, dan peradaban, tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan. Budaya terintegrasi baik dalam konteks maupun konten sebuah pembelajaran sesuai dengan amanah dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Kurikulum 2013. Dalam buku ini, terdapat enam topik yang diangkat. Topik tersebut adalah sumber-sumber belajar berbasis budaya lokal, integrasi permainan berunsur budaya dalam pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan karakter melalui media pembelajaran wayang berbasis budaya lokal, manajemen pembelajaran berbasis budaya lokal Ngada dalam pengembangan karakter anak usia dini, koneksi matematis dalam perspektif budaya lokal Ngada, dan konservasi budaya lokal dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Budaya tidak bisa dilepas dari pembelajaran.

MODUL WORKSHOP PEMBELAJARAN MATEMATIKA 2

Tari Selendang berasal dari kata “selendang “ yang konon katanya dalam bahasa Pemalang identik dengan kata “ Lendang “ yaitu ... Unsur-unsur gerak tarinya diambil dari ragam gerak Yogyakarta, Surakarta, Banyumas, dan Sunda, karena dulu ...

POLITIK ISLAM

Sejarah dan Pemikiran

Politik merupakan aktivitas terpenting manusia sepanjang sejarah. Pendapat Aristoteles manusia adalah “Zoon Politicon”, senantiasa keinginan untuk hidup bersama. Refleksi keinginan tersebut, diimplementasikan secara politik. Dengan politik manusia dapat saling mengelola potensi yang tersebar di antara mereka, saling bersinergi menuju arah yang sama, dan memahami dalam perbedaan. Begitu urgent-nya politik, sehingga tidak ada manusia yang tidak pernah bersentuhan dengan politik. Bahkan Ibn Taimiyyah seorang pemikir politik Islam terkemuka pernah menulis dalam Kitab Siyasah al-Syar’iyyah bahwa mengurusi dan melayani kepentingan manusia merupakan kewajiban terbesar agama, di mana agama dan dunia tidak bisa tegak tanpanya. Itu semua bisa dilakukan dengan politik. Buku Politik Islam; Sejarah dan Pemikiran merupakan salah satu ikhtiar penulis memperkenalkan politik mulai dari pengertian, sampai pada sejarah dan pemikiran para tokoh muslim dari masa klasik, pertengahan, hingga kontemporer, termasuk tokoh Indonesia.

Buku Politik Islam; Sejarah dan Pemikiran merupakan salah satu ikhtiar penulis memperkenalkan politik mulai dari pengertian, sampai pada sejarah dan pemikiran para tokoh muslim dari masa klasik, pertengahan, hingga kontemporer, termasuk ...

DIMENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Buku dimensi manajemen pendidikan Islam ini mengkaji tiga pokok bahasan, yakni berkenaan dengan sejarah perkembangan manajemen lembaga pendidikan Islam, manajemen karier, dan manajemen konflik. Hadirnya buku ini setidaknya memberikan gambaran pentingnya mengetahui bagaimana sejarah perkembangan manajemen lembaga pendidikan Islam, kemudian berkenaan dengan karier tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bagaimana dalam hal pengelolaan karier mereka sehingga pemimpin lembaga pendidikan memiliki rancangan yang jelas terkait jenjang karier mereka, dan yang terakhir berkenaan dengan konflik di suatu lembaga pendidikan, bagaimana bisa menyelesaikan sebuah konflik yang terjadi di sebuah lembaga pendidikan, karena tidak bisa dipungkiri adanya konflik itu bisa saja terjadi dan dialami oleh institusi pendidikan, sehingga dengan penguasaan manajemen konflik seorang pemimpin bisa membuat terobosan-terobasan penting untuk penyelesaian sebuah konflik. Semoga hadirnya buku ini bisa bermanfaat bagi kalangan akdemisi khususnya yang konsen mengkaji perihal manajemen pendidikan Islam.

Buku dimensi manajemen pendidikan Islam ini mengkaji tiga pokok bahasan, yakni berkenaan dengan sejarah perkembangan manajemen lembaga pendidikan Islam, manajemen karier, dan manajemen konflik.

FILSAFAT ISLAM

Pendekatan Tema dan Konteks

Perkembangan budaya global yang begitu cepat meniscayakan adanya perubahan di segala segi kehidupan masyarakat. Perubahan tersebut tidak hanya bersifat sosiologis-praktis dan pragmatis, namun juga menyangkut hal-hal yang bersifat ideologis-paradigmatik dan epistemik. Bahkan tata nilai, norma dan pandangan hidup serta agama harus menghadapi perubahan, atau mungkin pergantian. Pengaruh yang sangat besar akibat perubahan global dewasa ini adalah gaya hidup masyarakat yang materialis-hedonis dan kecenderungan pada hal-hal praktis atau instan. Hal ini menyebabkan fenomena masyarakat yang malas berpikir tentang hal-hal yang lebih mendasar, subtansial dan fundamental dari setiap masalah kehidupan. Akibat lebih jauh adalah kecenderungan menyelesaikan masalah secara parsial, dangkal, dan tidak mendasarkan pada pertimbangan yang cerdas, komprehensif, solutif-integratif dan ilmiah-religius. Di sinilah Filsafat Islam akan memainkan perannya sebagai suatu disiplin ilmu keislaman yang menuntun cara berfikir yang fundamental-subtansial, holistik, kritis, sistemik, kreatif, bebas dan islami, menyelamatkan, berpegang pada asas Islam dan Iman (landasan al-Qur’an dan al-Hadis) serta berparadigma profetis. Dengan Fisafat Islam, akan membangun manusia landasan dan pola berpikir yang logis, subtantif, komprehensif, kokoh, konsisten dan bertanggungjawab, sehingga mempunyai kemampuan untuk melibatkan diri dalam proses transformasi pembebasan (liberation), penegakan kemanusiaan (humanisation) dan peneguhan keimanan (trancendention) dalam mencapai keselamatan, kedamaian di segala bidang dan dimensi kehidupan.

Di sinilah Filsafat Islam akan memainkan perannya sebagai suatu disiplin ilmu keislaman yang menuntun cara berfikir yang fundamental-subtansial, holistik, kritis, sistemik, kreatif, bebas dan islami, menyelamatkan, berpegang pada asas Islam ...

DASAR-DASAR PEMANFAATAN AKUN @belajar.id DALAM PEMBELAJARAN

Kemendikbud telah meluncurkan Program Digitalisasi Sekolah yang akan mengantar satuan Pendidikan di Indonesia menjadi familier dengan teknologi dalam kegiatan sehari-hari. Keberadaan akun @belajar.id diharapkan menjadi jembatan bagi satuan pendidikan untuk mengimplementasikan Program Digitalisasi Sekolah baik pada urusan administrasi sekolah, administrasi guru dan terutama pada proses belajar mengajar dalam kelas. Buku ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi pendidik dan tenaga kependidikan, khususnya yang berdomisili di wilayah yang masih kesulitan jaringan internet dalam menggunakan akun @belajar.id yang terintegrasi dengan google suite for education, agar harapan pemerintah dalam meluncurkan Program Digitalisasi Sekolah dapat terwujud.

Di sinilah era baru di dunia pendidikan dimulai, semua orang yang terlibat dalam proses belajar mengajar mulai mengenal dan mempelajari dunia digital agar ...

PEMBELAJARAN IPS

Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet)

Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) adalah buku yang disusun oleh Suharni, S.Pd yaitu seorang guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Buku ini berisi tentang model pembelajaran Mencari Jodoh dengan Kartu Kwartet yang merupakan pengembangan dari model pembelajaran Make a Match. Dikembangkan dengan konsep yang mudah dipahami untuk melatih dan memaksimalkan berpikir kritis juga penguatan karakter saling menghargai. Buku Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) diterbitkan karena akhir-akhir ini pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sering kali dianggap pelajaran yang membosankan. Melalui buku ini, penulis mencoba menghapus semua anggapan itu sehingga mata pelajaran IPS menjadi lebih menarik, aktif, kreatif, juga menyenangkan.

Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) adalah buku yang disusun oleh Suharni, S.Pd yaitu seorang guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).