Sebanyak 21321 item atau buku ditemukan

Kajian Survey Kepuasaan Layanan Publik dan Kebijakan Pemerintah Daerah Propinsi Bengkulu dalam bidang kesehatan (2018)

Studi Kualitas Layanan pada Rumah Sakit Umum Daerah di Wilayah Bengkulu

Buku ini sebagai laporan hasil kajian survey kepuasan layanan publik dan kebijakan Pemerintah Daerah, merupakan analisis secara ilmiah yang dapat digunakan sebagai informasi bagi Gubernur dalam mengambil kebijakan lebih lanjut di bidang kesehatan khususnya dalam rangka percepatan pengembangan pembangunan di bidang kesehatan. Berawal dari survey yang pernah dilakukan oleh Rumah Sakit-Rumah Sakit Daerah, ditinjau kembali data datanya dan diobservasi ke lapangan, dan ditelaah dengan pendekatan aspek kualitas layanan menghasilkan suatu hasil kajian yang diharapkan menjadi pedoman pengambilan kebijakan. Hasil kajian tersebut juga telah dikomparasikan dengan hasil kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Moehamad Hoesin di Palembang, dan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi di Surakarta Jawa Tengah.

Buku ini sebagai laporan hasil kajian survey kepuasan layanan publik dan kebijakan Pemerintah Daerah, merupakan analisis secara ilmiah yang dapat digunakan sebagai informasi bagi Gubernur dalam mengambil kebijakan lebih lanjut di bidang ...

Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik.

Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, ekstrakulikuler yang mendukung adalah jurnalistik dan debat bahasa Indonesia, ini merupakan bekal jika nantinya siswa mengikuti lomba debat dan jurnalistik dalam perkuliahan, sehingga siswa merasa ...

Kesehatan dan Keselamatan Wisata

Direktori Hazard, Risiko, dan Layanan Kesehatan Wisata di Bali

Perkembangan industri pariwisata perlu didukung oleh berbagai pihak termasuk sektor kesehatan. Aspek kesehatan dan keselamatan di tempat tujuan wisata akan menjadi nilai tambah dalam upaya promosi destinasi wisata, di samping juga dapat mengurangi angka kesakitan dan kecelakaan yang berkaitan dengan potensi bahaya dan risiko yang ada. Buku ini membahas sekilas tentang epidemiologi kesehatan wisata yang mencakup tren perjalanan dan morbiditas terkait wisata, surveilans kesehatan wisata, serta konsep hazard dan penilaian risiko di kawasan wisata. Secara detail, buku ini menyajikan direktori hazard atau bahaya potensial dan analisis risiko serta upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan dan keselamatan berdasarkan lokasi dan jenis tempat wisata. Selain itu, data juga dilengkapi dengan pemetaan tempat layanan kesehatan yang melayani wisatawan. Keseluruhan data ini akan dapat digunakan untuk membangun jejaring surveilans kesehatan wisata sekaligus memberikan informasi kesehatan kepada wisatawan secara lebih terarah dan spesifik berdasarkan kategori tempat wisata.

Aspek kesehatan dan keselamatan di tempat tujuan wisata akan menjadi nilai tambah dalam upaya promosi destinasi wisata, di samping juga dapat mengurangi angka kesakitan dan kecelakaan yang berkaitan dengan potensi bahaya dan risiko yang ada ...

Manajemen Layanan Operasional TIK

Buku ini merupakan salah satu series dari buku terkait dengan manajemen layanan TIK. Pada kesempatan ini, penulis akan mengajak pembaca untuk fokus melihat bagaimana best practice dalam mengelolah layanan operasional TIK, mulai dari pengelolaan keluhan, pengelolaan masalah, pengelolaan kejadian (event) dan lain sebagainya. Buku ini penulis susun berdasarkan pengalaman penulis sebagai Kepala PUSTIPANDA, konsultan, trainer dan pengajar bidang Layanan TIK.

Buku ini merupakan salah satu series dari buku terkait dengan manajemen layanan TIK.

KUALITAS LAYANAN RUMAH SAKIT Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien

Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit berbeda dengan pelayanan jasa, jasa berbeda denga barang. Salah satu cara mendeferensikan pelayanan jasa kesehatan termasuk pelayanan rawat jalan adalah dengan memberikan jasa pelayanan yang berkualitas, lebih tinggi dari pesaing secara konsisten. Kuncinya adalah dengan memenuhi atau melebihi harapan pasien tentang mutu pelayanan yang diterimanya. Untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik harus disesuaikan dengan asas - asas umu pemerintahan. Modul buku ini dapat memperluas wawasan pengertian kualitas layanan Rumah sakit, khususnya yang berkaitan dengan emosi dan kepuasan pasien.

Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit berbeda dengan pelayanan jasa, jasa berbeda denga barang.

Inovasi Banyuwangi: Jalan Terpendek Mencapai Layanan Publik Prima

Hanya dalam sepuluh tahun, Banyuwangi berhasil meningkatkan pendapatan per kapitanya hingga lebih dari dua kali lipat (dari 20,9 juta rupiah menjadi 48,8 juta rupiah). Kunjungan wisatawan naik sekitar sepuluh kali lipat (dari 12,5 ribu wisatawan menjadi 127 ribu wisatawan). Sementara tingkat kemiskinan mampu ditekan menjadi satu digit (dari 11,2% menjadi 7,8%). Bagaimana Banyuwangi bisa berkembang sedemikian pesat? Jawabannya adalah inovasi. Di Banyuwangi, inovasi menjadi Òdenyut jantungÓ keberhasilan berbagai bidang mulai dari ekonomi, sosial, lingkungan, kesehatan, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan, hingga tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Berbagai inovasi ini menjadikan Banyuwangi sebagai ÒKabupaten TerinovatifÓ pada 2018 dan 2019 dalam ajang penghargaan Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Inovasi Banyuwangi menjelaskan secara terperinci lima prinsip dan strategi inovasi yang senantiasa menjadi pegangan pemerintah Banyuwangi, serta lima puluh inovasi dari ratusan inovasi yang dilaksanakan di Banyuwangi.

Hanya dalam sepuluh tahun, Banyuwangi berhasil meningkatkan pendapatan per kapitanya hingga lebih dari dua kali lipat (dari 20,9 juta rupiah menjadi 48,8 juta rupiah).

Akses dan Layanan Perpustakaan

Teori dan Aplikasi

Buku ini berjudul Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi, yang merupakan salah satu buku teks yang ditujukan untuk menunjang mata kuliah Sumber dan Layanan Informasi untuk Program Studi Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Buku ini untuk membantu para mahasiswa peminat Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan dalam memahami konsep Akses dan Layanan Perpustakaan secara lebih komprehensif. Cara penyajian materi dalam setiap bab selalu didahului oleh penjelasan isi bab yang dijadikan patokan oleh pembaca untuk memahami materi setiap subbab -------- Sebuah buku penunjang perkuliahan persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Buku ini berjudul Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi, yang merupakan salah satu buku teks yang ditujukan untuk menunjang mata kuliah Sumber dan Layanan Informasi untuk Program Studi Informasi Perpustakaan dan Kearsipan.

Manajemen HR STIFIn

Buku ini disajikan untuk berbagai kalangan yang menggeluti atau yang berminat di bidang sumberdaya manusia. Bagi akademisi, buku ini bisa menjadi referensi untuk menjadi bahan kajian dan pengembangan konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia. Bagi praktisi dan konsultan HR, buku ini bisa menjadi panduan praktis atau skema pilihan untuk mengelola sumberdaya manusia di perusahaan dan untuk menjawab berbagai fenomena yang terjadi di seputar produktivitas karyawan, serta untuk menjawab kebuntuan-kebuntuan yang terjadi dalam mengelola sumberdaya manusia di perusahaan untuk menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi. Manajemen HR-STIFIn adalah pemodelan untuk mengoptimalisasi sumberdaya manusia berdasarkan skema mesin kecerdasan STIFIn, mulai dari kegiatan perencanaan tenaga kerja, perekrutan dan seleksi (recruitement & selection), penghargaan dan manajemen imbal jasa (reward management), manajemen kinerja (performance management), manajemen pelatihan dan pengembangan (training & development), manajemen dan pengembangan karir (career development), kepemimpinan (leadership), serta manajemen hubungan karyawan (employee relations) dan hubungan industrial (industrial relations). Konsep dasar HR-STIFIn tetap menggunakan konsep dan sistem sumberdaya manusia yang saat ini dikembangkan oleh para ahli dan praktisi manajemen dan HR, hanya pada tataran eksekusinya menggunakan skema STIFIn. Perbedaan fundamentalnya, pada HR-STIFIn, sumberdaya manusia adalah sebagai subyek penentu kinerja perusahaan dan dalam pengelolaannya memberikan keleluasaan setiap pribadi manusia di perusahaan untuk berkembang dan menemukan titik optimalnya dalam mencapai tingkat produktivitas terbaiknya di perusahaan.

Manajemen HR-STIFIn adalah pemodelan untuk mengoptimalisasi sumberdaya manusia berdasarkan skema mesin kecerdasan STIFIn, mulai dari kegiatan perencanaan tenaga kerja, perekrutan dan seleksi (recruitement & selection), penghargaan dan ...

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Keperawatan

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Keperawatan adalah buku yang membahas tentang model, konsep dan teori dalam pengelolaan bidang kesehatan khususnya Keperawatan. Hal ini merupakan suatu bentuk integrasi dan koordinasi sumber Keperawatan dalam menerapkan proses manajemen untuk mencapai tujuannya. Isi dari buku ini adalah: Bab 1 Konsep Umum Manajemen Bab 2 Manajemen Keperawatan Bab 3 Fungsi Fungsi Manajemen Keperawatan Bab 4 Proses Manajemen Asuhan Keperawatan Bab 5 Kepemimpinan Dalam Keperawatan Bab 6 Perilaku Organisasi dalam Keperawatan Bab 7 Teori Berubah Dalam Manajemen Keperawatan Bab 8 Konsep sebagai Agen Perubahan (Change Agent) Bab 9 Manajemen Mutu dalam Pelayanan Keperawatan Bab 10 Patient Safety

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Keperawatan adalah buku yang membahas tentang model, konsep dan teori dalam pengelolaan bidang kesehatan khususnya Keperawatan.

Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi 4.0 menghadirkan tantangan baru dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang manajemen sumber daya manusia. Di masa sebelumnya sumber daya manusia hanya dianggap sebagai faktor produksi. Kini sumber daya manusia merupakan salah satu aset terpenting (human capital) yang mempengaruhi pencapaian tujuan dan perkembangan organisasi atau perusahaan di masa depan. Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor strategis bagi keunggulan kompetitif organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia harus disesuaikan dengan tantangan dan paradigma Revolusi Industri 4.0. Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Revolusi Industri 4.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.