Sebanyak 148 item atau buku ditemukan

Sosiologi Politik

Sosiologi politik merupakan kajian interdisiplin, irisan dua bidang ilmu, yakni sosiologi dan politik. Apabila sosiologi mengkaji mengenai masyarakat, lalu politik mengkaji kekuasaan para pengambil keputusan, maka sosiologi politik mengkaji relasi antara kehidupan masyarakat dengan keputusankeputusan yang diambil oleh penguasa. Konsep-konsep sosiologi politik bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan zaman sehingga menarik perhatian siapa saja yang mengikuti dinamika politik. Manfaat terbesar dari bidang sosiologi politik adalah mencerdaskan pembaca dalam menganalisis situasi sosial politik yang ada di sekitarnya. Buku ini terdiri dari tujuh bab, dimana pembahasan dimulai dari konsep dasar sosiologi politik, konsep kekuasaan, faktor-faktor dalam struktur politik, unsur-unsur politik, gerakan sosial dan partai politik, konflik dan penyelesaiannya, terakhir hubungan parpol dengan perubahan politik. Pemilihan tema disesuaikan dengan konsep-konsep yang sering didiskusikan dalam ruang perkuliahan dan issue yang menjadi perbincangan di berbagai media massa. Sehingga buku Sosiologi Politik ini dapat digunakan oleh mahasiswa dan para pembaca yang tertarik dengan fenomena sosiologi politik. Konsep yang terdapat dalam buku ini berasal dari konsep-konsep yang telah dituliskan oleh penulis buku sosiologi politik sebelumnya, seperti Tom Bootomore, Rafael Raga Maran, Maurice Duverger, Damsar, Michael Rush & Philip Althoff, Keith Faulks dan Mochtar Mas’oed Nasikun. Kelebihan buku ini adalah dituliskan dalam bahasa yang lebih sederhana, dilengkapi dengan bagan alur serta beberapa analisis fenomena sosiologi politik terkini, sehingga diharapkan mudah dimengerti oleh para pembaca.

Sosiologi politik merupakan kajian interdisiplin, irisan dua bidang ilmu, yakni sosiologi dan politik.

Psikologi Pernikahan

Menyelami Rahasia Pernikahan

Buku ini hadir sebagai jawaban atas permasalahan pernikahan dan keluarga yang terjadi di masyarakat. Sebagai seorang dosen yang mengajar mata kuliah psikologi keluarga dan sebagai praktisi konselor keluarga, saya mencoba menyajikan gambaran, ide-ide, serta gagasan dalam khazanah keilmuan psikologi keluarga. Peran ilmu psikologi sangat penting dalam menciptakan sebuah keluarga yang sejahtera. Ilmu psikologi memberikan keterampilan bagi pasangan suami istri untuk mampu menyelesaikan persoalan pernikahan dan keluarga yang sangat dinamis dan penuh dengan tantangan, hambatan, gangguan, serta ancaman yang datang, baik dari dalam maupun dari luar. Buku ini menyajikan lengkap antara fakta, teori, dan pengalaman dalam menangani persoalan tentang pernikahan dan keluarga. Buku ini dapat menjadi rujukan bagi para akademisi dan masyarakat dalam mengkaji tentang persoalan pernikahan dan keluarga, serta menjadi rujukan dalam menyelesaikan persoalan tentang pernikahan dan keluarga.

Ilmu psikologi memberikan keterampilan bagi pasangan suami istri untuk mampu menyelesaikan persoalan pernikahan dan keluarga yang sangat dinamis dan penuh dengan tantangan, hambatan, gangguan, serta ancaman yang datang, baik dari dalam ...

KULIAH MUHAMMADIYAHAN GERAKAN TAJDID: Pendekatan Ideologis, Historis dan Analisis

Muhammadiyah adalah sebuah gerakan Islam dakwah amar ma'ruf nahi munkar yang paling tua di Indonesia. Muhammadiyah juga organisasi terbesar di dunia yang memiliki amal usaha multi sektoral, mulai dari amal usaha pendidikan, ekonomi, sosial hingga kesehatan. Bisa dikatakan pula Muhammadiyah mirip sebuah negara tanpa tentara. Deskripsi yang sangat komprehensif mengenai Muhammadiyah terdapat dalam buku ini. Buku ini ditulis oleh penulis yang sangat kompeten. Penulis buku ini merupakan aktifis kawakan Muhammadiyah yang telah lama bergelut dengan para tokoh besar Muhammadiyah lintas zaman dan literatur-literatur klasik hingga kontemporer mengenai Muhammadiyah. Oleh sebab itu sangat tepat jika buku ini dijadikan referensi Kuliah Kemuhammadiyahan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Buku ini memuat berbagai informasi terutama mengenai ideologi dan sejarah dengan pemaknaan-pemaknaan yang menyegarkan. Pembaca akan mendapatkan banyak informasi dan pemahaman yang selama ini belum tersaji dalam buku-buku tentang Muhammadiyah lainnya. Selamat membaca.

Muhammadiyah adalah sebuah gerakan Islam dakwah amar ma'ruf nahi munkar yang paling tua di Indonesia.

Surau: Pendidikan Islam Tradisi dalam Transisi dan Modernisasi

Surau, sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau, Sumatra Barat, tetap menjadi bagian integral dari collective memory orang-orang Minang secara kesel uruhan. Wacana tentang surau tetap hadir dalam masyarakat Minang, baik di ranah Minang sendiri maupun di rantau. Pembicaraan tentang surau semakin menghangat ketika program otonomisasi daerah mulai diterapkan. Surau, dalam konteks otonomisasi, dipercaya masyarakat Minang dapat membangkitkan batang tarandam, yakni rnelahirkan ulama-ulama besar, seperti pernah dihasilkan surau di masa silam. Buku ini ingin melihat viabilitas surau di tengah ekspansi pesantren di Sumatra Barat—yang sebenarnya telah tumbuh dan berkembang pesat di Pulau Jawa, dalam dasawarsa terakhir. Untuk memperkaya tema bahasan, dalam buku ini juga disertakan makalah-mal

  • ISBN 13 : 6024221487
  • ISBN 10 : 9786024221485
  • Judul : Surau: Pendidikan Islam Tradisi dalam Transisi dan Modernisasi
  • Pengarang : Prof. Azyumardi Azra,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,  
  • Kategori : Religion
  • Penerbit : Kencana
  • Bahasa : id
  • Tahun : 2017
  • Halaman : 187
  • Google Book : https://play.google.com/store/books/details?id=q_W3DwAAQBAJ&source=gbs_api
  • Ketersediaan :
  • Surau, sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau, Sumatra Barat, tetap menjadi bagian integral dari collective memory orang-orang Minang secara kesel uruhan.

    Fatwa Kontemporari Jilid 2, Siri 1 (Al-Quran, Hadith & Akidah)

    “Setiap sakit ada penawarnya, setiap masalah pasti ada jalan penyelesaiannya, dan setiap persoalan pasti ada jawapannya.” Tanpa terikat pada silibus buku-buku agama, Dr. Yusuf Al-Qaradhawi menjawab persoalan semasa yang mencabar praktik ajaran Islam dalam dunia moden , khususnya berkaitan Al-Quran, hadith, dan akidah. Antara persoalan menarik dalam Fatwa Kontemporari Jilid 2, Siri 1 adalah: Temapat berhenti dalam Al-Quran yang merosakkan makna. Benarkah terdapat hadith palsu dalam buku hadith Shahih Al-Bukhari? Benarkah terdapat hadith yang mengatakan, “Kebanyakan penghuni syurga adalah orang-orang yang bodoh”? Apakah kita boleh mengamalkan pandangan selain daripada pandangan empat mazhab? Benarkah dakwaan yang menyatakan bahawa hari kiamat akan berlaku pada 2280 Masihi bersamaan 1710 Hijrah? Membaharui usul fiqh: Antara pandangan yang menyokong dan yang menolak. Hukum mempercayai ramalan horoskop.

    Antara persoalan menarik dalam Fatwa Kontemporari Jilid 2, Siri 1 adalah: Temapat berhenti dalam Al-Quran yang merosakkan makna. Benarkah terdapat hadith palsu dalam buku hadith Shahih Al-Bukhari?

    Isu Akidah antara Salaf dan Khalaf

    Salaf atau lebih dikenali sebagai "ulama terdahulu" adalah generasi awal yang hidup pada tiga kurun pertama selepas kelahiran Nabi Muhammad s.a.w. Salaf terdiri daripada sahabat, tabi'in, dan tabi' tabi'in. Khalaf atau lebih dikenali sebagai "ulama terkemudian" adalah mereka yang hidup selepas tahun 300 Hijrah. Dengan mengambil pandangan wasatiyyah berdasarkan Al-Quran, hadith, serta pandangan ulama terkenal seperti Ibnu Taimiyyah, Ibnu Qayyim, Ibnu Kathir, dan Imam Al-Ghazali, buku ini menghuraikan secara terperinci perihal empat isu utama yang menjadi perselisihan antara ulama salaf dan khalaf. Isu Akidah antara Salaf dan Khalaf karya Dr. Yusuf Al-Qaradhawi ini mengetengahkan 4 usul daripada 20 usul yang disusun oleh As-Syahid Imam Hasan Al-Banna, iaitu: Ayat Al-Quran ataupun hadith yang menyebut perihal sifat Allah s.w.t. iaitu perihal anggota zahir, perbuatan, dan gerakan yang menyerupai makhluk. Perihal para wali dan karamah mereka. Menziarahi kubur, adakah sunnah ataupun bid'ah. Konsep tawassul kepada Allah s.w.t. melalui perantaraan nabi dan para wali.

    Isu Akidah antara Salaf dan Khalaf karya Dr. Yusuf Al-Qaradhawi ini mengetengahkan 4 usul daripada 20 usul yang disusun oleh As-Syahid Imam Hasan Al-Banna, iaitu: Ayat Al-Quran ataupun hadith yang menyebut perihal sifat Allah s.w.t. iaitu ...

    MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

    Esensi Praktis

    Dalam buku ini dibahas tujuan dan manfaat penyelenggaraan pelatihan serta konsep strategis pelatihan dalam membangun organisasi atau perusahaan yang berdaya saing dalam konteks organisasi pembelajar. Untuk itu sajian dalam buku ini meliputi berbagai teknik pengembangan, penerapan, dan evaluasi diklat meliputi; TNA (Training Needs Assessment) serta standarisasi dan sertifikasi pelatihan baik untuk le mbaga pemerintah maupun organisasi non-pemerintah termasuk industri .

    Dalam buku ini dibahas tujuan dan manfaat penyelenggaraan pelatihan serta konsep strategis pelatihan dalam membangun organisasi atau perusahaan yang berdaya saing dalam konteks organisasi pembelajar.

    Total Quality Manaement - Manajemen Kualitas dalam Pendidikan

    Ujian Akhir Nasional (UAN) bertujuan untuk menciptakan standar nasional kualitas output/kompetensi lulusan suatu jenjang pendidikan. Namun, kita tahu bahwa output pendidikan hanyalah salah satu dari seperangkat komponen sistem pendidikan. Komponen suatu Sistem Pendidikan (SP) terdiri dari input, proses, output, outcome, dan feedback.

    Ujian Akhir Nasional (UAN) bertujuan untuk menciptakan standar nasional kualitas output/kompetensi lulusan suatu jenjang pendidikan.

    Konsep Ideal Labschool

    Di Indonesia, problem Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) tidak hanya pada bahan ajar, penelitian, dan juga sistemnya, namun juga adanya Labschool yang kurang ideal. Labschool yang dikelola LPTK, selama ini masih sekadar menyesuaikan selera pasar dan belum sepenuhnya menjawabbasic need (kebutuhan dasar) serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kita. Apalagi saat ini kita dihadapkan dengan tantangan disruption yang terjadi pada ketercerabutan dalam berbagai hal. Ada tiga elemen yang akan dibangun jika Labschool yang dikelola di LPTK berjalan ideal. Pertama, dosen dan pengelola atau guru di Labschool itu sendiri. Dosen di LPTK yang menaungi Labschooltersebut bisa melakukan sebuah penelitian, ekperimen, dan bersinergi untuk mendesain sebuah program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan uji coba program dalam Labschool itu sendiri. Selama ini yang dimaksud Labschool hanya peran gurunya, padahal kelebihan Labschool itu bisa diteliti dosen atau peneliti dari dalam LPTK maupun dari luar yang berkepentingan. Kedua, bagi mahasiswa di LPTK yang mengelola Labschool bisa melakukan penelitian dalam menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tidak hanya saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN), namun peneitian itu bisa dilakukan dalam menunjang perkuliahan metode penelitian pendidikan, penelitian kolaborasi dengan dosen, dan peneliti, atau melakukan penelitian pengembangan di Labschool yang terdiri atas banyak variabel. Bisa model, metode, media pembelajaran di Labschool atau berkaitan dengan kurikulum yang dikembangkan di sana. Ketiga, bagi orang tua dan pihak berkepentingan. Selain dosen dan guru Labschool serta mahasiswa di LPTK yang mengelola Labschool itu, juga bisa dimanfaatkan semua pihak yang berkepentingan termasuk orang tua peserta didik di Labschool itu sendiri. Banyak sekali proyek-proyek penelitian yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Sebab, semua harus berbasis riset dan tidak bisa sekadar deskripsi tanpa pembuktikan dan pendekatan ilmiah. Bisa dari unsur Dinas Pendidikan, LPTK lain, organisasi PGRI, IGI, HIMPAUDI, atau dari USAID Prioritas, dan lainnya. Semua itu harus disinergikan dalam rangka bisa mendongkrak Labschool yang dikelola LPTK untuk selalu menggenjot akselerasi dan inovasi. Buku ini merupakan hasil penelitian, dan gagasan ilmiah dari beberapa buku dan jurnal serta hasil penelitian lain yang terdiri atas beberapa bab. Pada BAB I menjelaskan “Konsep Labschool dalam Pendidikan Indonesia”. Kemudian pada BAB II mengkaji tentang “Labschool sebagai Fondasi LPTK Berkualitas”. Bab III mengkaji tentang “Konsep Ideal Labschool” yang di dalamnya ada desain ideal Labschool, inovasi Labschool menjawab tantangan zaman, integrasi E-learning di Labschool, penguatan Literasi diLabschool, dan program akselerasi Labschool. Terbitnya buku ini menjadi sejarah perkembangan Labschool dengan hasil sebuah gagasan dan tawaran konsep pengelolaan, manajemen, dan juga kurikulum, metode, model, dan strategi pembelajaran Labschool yang selalu update dalam menyesuaikan zaman. Labschool memang bukan segalanya, namun penguatan kualitas LPTK sebagai pencetak guru profesional berawal dari sana. (*)

    Ada beberapa dasar Kemendikbud mengimplementasikan K13. Pertama, UUD 1945, UU Sisdiknas (20/2003), ... Pertama, peningkatan akses dan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan nonformal dan pendidikan informal.