Sebanyak 21471 item atau buku ditemukan

Optimalisasi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini)

Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik.

Kemandirian pada anak juga dapat kita lihat dalam lima aspek perkembangan anak usia dini dalam peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2009 dimana: (1) aspek agama dan moral anak bersikap jujur, suka menolong, memelihara kebersihan ...

PANDUAN UNTUK KONSELOR TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BINGKAI KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

Buku panduan untuk konselor ini mengajarkan kepada siswa mengenai ketrampilan mengelola diri melalui Teknik Self Management. Buku panduan ini terdiri atas dua bagian yaitu pendahuluan dan pelaksanaan konseling. Bagian pelaksanaan konseling terdiri dari tiga tahapan. Tahapan 1 assesment, tahapan 2 implementasi teknik khususnya teknik self management , tahapan 3 evaluasi.

Buku panduan untuk konselor ini mengajarkan kepada siswa mengenai ketrampilan mengelola diri melalui Teknik Self Management.

Reorientasi Implementasi Kurikulum Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Lambung Mangkurat Dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Reorientasi Implementasi Kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lambung Mangkurat dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini disusun dimaksudkan sebagai rambu-rambu yang digunakan untuk memandu Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada tataran Program Studi Bimbingan dan Konseling, terutama kepada Dosen Pembimbing Akademik (DPA), dosen pengampu perkuliahan, dan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan. Penyusunan Reorientasi Implementasi Kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lambung Mangkurat Dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka melibatkan unsur Pimpinan Program Studi dan Tenaga Pendidik Program Studi Bimbingan dan Konseling yang kemudian bekerja sama merumuskan dan menurunkan ketentuan dan panduan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pihak Universitas Lambung Mangkurat kemudian disesuaikan dengan visi dan misi yang disusun oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling. Reorientasi Implementasi Kurikulum Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Lambung Mangkurat Dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Reorientasi Implementasi Kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lambung Mangkurat dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini disusun dimaksudkan sebagai rambu-rambu yang digunakan untuk memandu Program Merdeka ...

Pelayanan Konseling Melalui Telepon

Pelayanan konseling adalah salah satu jawaban paling nyata untuk manusia yang hidup dalam keputusasaan, kerapuhan, tekanan, dan ketidakberdayaan. Sayangnya. pelayanan ini kadang-kadang tidak efektif karena klien harus membuat janji dan menunggu berhari-hari sebelum menceritakan pergumulannya padahal ia ingin segera membagi beban penderitaannya. Di samping itu, kendala budaya mulai menghambat. Klien lebih suka memilih untuk menekan perasaan dan menyimpan persoalan dalam hati mereka sendiri daripada menceritakannya secara blak-blakan. Di tengah kondisi ini, pelayanan konseling melalui telepon menjadi alternatif terbaik. Pelayanan konseling melalui telepon bukan sekadar pelayanan yang non-threatening ("tidak menakutkan') bagi siapa saja, tetapi juga dapat menembus batas ruang dan waktu. Pelayanan ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Klien tak perlu membuat janji, menunggu berhari-hari, dan merasa takut rahasia kehidupan pribadinya diketahui oleh lingkungan tertentu. la bahkan dengan bebas dapat mengutarakan apa saja tanpa perlu menyebutkan nama dan identitas pribadinya. Buku ini tepat bagi Anda -konselor yang melakukan pelayanan konseling melalui telepon maupun formal (tatap muka). Dijamin pelayanan Anda akan menjadi lebih efektif dan banyak orang menderita ditolong.

Klien lebih suka memilih untuk menekan perasaan dan menyimpan persoalan dalam hati mereka sendiri daripada menceritakannya secara blak-blakan. Di tengah kondisi ini, pelayanan konseling melalui telepon menjadi alternatif terbaik.

BIMBINGAN KONSELING DI ERA PANDEMI COVID-19 Sekumpulan Sejarah dan Perkembangan Konseling hingga Pandemi Melanda Dunia dan Permasalahnya

Buku Bimbingan Konseling di Era Pandemi Covid-19 ini merupakan susunan sejarah bimbingan konseling, permasalahan, dan penanganannya. Yang mana sebagai orang yang terlibat di dalam dunia pendidikan tentu merasa terpanggil untuk melaksanakan bimbingan dan konseling. Begitu juga dalam memandang “masah muri”. Jangan sampai ini diucapkan terbalik menjadi “murid Bermasalah”. Ini sekedar salah ucap tetapi sekaligus memiliki implikasi berbeda. Guru BK harus benar-benar dibebaskan untuk mengurus masalah ini karena mereka mempunyai otoritas ilmu dan teknik untuk menanganinya. Jangan sampai guru BK tenggelam atau ditenggelamkan pusaran konservatisme yang biasanya sangat getol menghardik murid atas nama menegakkan aturan, strength dalam pembelajaran atas nama mempercepat pemahaman murid, dan lain sebagainya. Meskipun bukan sebagai guru Bimbingan dan Konseling pun akan merasa terpanggil untuk memperbaiki keadaan terlebih di era Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini. Buku ini bisa dijadikan inspirasi dan referensi bimbingan konseling kapanpun dan dimanapun kita berada, baik guru BK maupun bukan guru BK, bahkan orangtua murid dan pemerhati pendidikan. Kita harus siap memberikan yang berharga kepada sesama, demi meraih kemuliaan di sisi-Nya dan berharap diridhai Allah subhanahu wa ta’ala.

Buku Bimbingan Konseling di Era Pandemi Covid-19 ini merupakan susunan sejarah bimbingan konseling, permasalahan, dan penanganannya.

Bimbingan Konseling

Kelas 7 untuk SMP/MTs Semester Genap

Buku pendamping yang berjudul “Bimbingan Konseling Kelas 7 untuk SMP/MTs Semester Genap” ini berisi 8 (delapan) bab pembahasan, yang meliputi Perubahan Fisik dan Psikis pada Remaja; Etika Pergaulan Teman Sebaya; Mengenal Minat dan Bakat; Membangun Pribadi yang Bertanggung Jawab; Menjadi Pribadi yang Mandiri; Bijak dalam Menggunakan Media Sosial; Pandai dalam Mengatur Waktu; dan Bullying dan Cara Mengatasinya. Buku pendamping ini diharapkan menjadi pendorong utama bagaimana aspek afektif dan psikomotorik peserta didik diolah sesuai dengan karakter dan budaya bangsa sesuai dengan Standar Kompetensi Kemandirian (SKK) peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs). Sehingga buku ini dapat dimanfaatkan sebagai panduan untuk membentuk diri sesuai dengan karakter dan budaya bangsa.

Buku pendamping yang berjudul “Bimbingan Konseling Kelas 7 untuk SMP/MTs Semester Genap” ini berisi 8 (delapan) bab pembahasan, yang meliputi Perubahan Fisik dan Psikis pada Remaja; Etika Pergaulan Teman Sebaya; Mengenal Minat dan Bakat ...

KETERAMPILAN KONSELING BERBASIS METAKOGNISI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Buku ini mendeskripsikan sosok utuh kompetensi konselor mencakup kompetensi akademik dan kompetensi profesional sebagai satu keutuhan. Kompetensi akademik merupakan landasan ilmiah dari kiat pelaksanaan pelayanan profesional konseling dan merupakan landasan bagi pengembangan kompetensi profesional. Unjuk kerja konselor sangat ditentukan oleh kualitas penguasaan keempat kompetensi tersebut yang tentu juga dilandasi oleh nilai, sikap, dan kualifikasi pribadi yang mendukung (displin, sabar, tepat, waktu, dapat dipercaya dan lain-lain). Untuk bidang pendidikan profesional konselor, salah satu unsur utama program kurikuler adalah latihan pembentukkan metakognisi konselor (Jones, 2001)

Buku ini mendeskripsikan sosok utuh kompetensi konselor mencakup kompetensi akademik dan kompetensi profesional sebagai satu keutuhan.

Bimbingan Karier

Buku ini dihadirkan sebagai referensi para konselor sekolah (guru bimbingan dan konseling) SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA serta para mahasiswa Jurusan/Program Studi Bimbi ngan dan Konseling, dan Program Studi Psikologi di Tanah Air, dalam upaya meningkatkan wawasan dan pengetahuannya dalam bidang bimbingan karier. Di samping itu, buku ini juga sangat berguna sebagai referensi para akademisi bidang ilmu Bimbingan dan Konseling dan Psikologi di perguruan tinggi. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini dihadirkan sebagai referensi para konselor sekolah (guru bimbingan dan konseling) SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA serta para mahasiswa Jurusan/Program Studi Bimbi ngan dan Konseling, dan Program Studi Psikologi di Tanah Air, dalam upaya ...

Buku Ajar Manajemen Kinerja Industri

Seiring dengan perkembangan kinerja sering diartikan hasil kerja atau prestasi kerja, meskipun sesungguhnya kinerja bermakna lebih luas, sebab bukan saja berbicara hasil kerja, akan tetapi juga termasuk didalam proses berlangsungnya. Sistem manajemen kinerja mengatur cara pimpinan menetapkan sasaran, memberikan bimbingan melalui coaching dan konseling didalam proses penetapan sasaran kinerja. Buku ini akan memberikan pengetahuan wawasan yang lebih bagaiamana strategi teori organisasi yang jelas dalam rangka mewujudkan tujuan Manajemen Kinerja Industri. Dalam buku ini berisikan tentang: BAB 1 tentang Definisi Manajemen Kinerja, Fungsi dan Alat, Tujuan dan Manfaat, Pengukuran Kinerja Pegawai, Membangun Kinerja. BAB2 2 Organisasi Sebagai Sistem, Tentangan Manajemen, Perencanaan Strategis, Sasaran, Mengembangkan, Komunikasi Kerja, Implementasi Strategis dan Manfaat, Perencanaan Evaluasi Kinerja. BAB 3 Pelaksanaan Kinerja, Tujuan dan Pelaksanaan Kinerja, Patokan Kinerja, Pemilihan Metode Pelaksanaan Kinerja, Rancangan Pelaksanaan Kinerja. Dsb

Seiring dengan perkembangan kinerja sering diartikan hasil kerja atau prestasi kerja, meskipun sesungguhnya kinerja bermakna lebih luas, sebab bukan saja berbicara hasil kerja, akan tetapi juga termasuk didalam proses berlangsungnya.

Administrasi Supervisi Pendidikan

Buku ini disusun untuk mengetahui, memahami, menambah wawasan, dan pengetahuan tentang Administrasi dan Supervisi Pendidikan serta keterkaitannya sehingga pengkajiannya lebih lengkap dan komprehensif guna meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Buku ini sangat berguna bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Pendidikan, bagi guru, dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan pemerhati dalam bidang pendidikan. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas Sembilan pokok bahasan, yaitu mencakup: Konsep dan Teori Administrasi Pendidikan; Ruang lingkup, Tujuan, Prinsip dan Fungsi Administrasi Pendidikan; Administrasi Tatalaksana Sekolah; Administrasi Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar; Administrasi Kesiswaan; Konsep Supervisi Pendidikan; Kepemimpinan Pendidikan; Kepala Sekolah sebagai Administrator; Monitoring dan Evaluasi Pendidikan.

Administrasi unit penunjang pendidikan Mencakup olahraga, pramuka, UKS, bimbingan konseling, dan kesenian. Administrasi layanan khusus Mencakup layanan antar jemput peserta didik, konsumsi 22 Administrasi Supervisi Pendidikan.