Sebanyak 1488 item atau buku ditemukan

Literasi Al-Qur'an: Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqin-Taqlid

Pembelajaran Al-Qur’an selalu menjadi fokus utama dan pertama dalam pendidikan agama Islam (PAI). Tuntutan ini mengharuskan penulis untuk mencari metode dan strategi pengajaran Al-Qur’an yang sempurna. Buku ini berisi penjelasan dari hasil penelitian yang berfokus pada bagaimana mensukseskan guru dan pebelajar secara nyata mencapai tujuan pembelajaran. Pada kasus guru, bagaimana mengarahkan siswa mereka untuk terlibat semaksimal mungkin meskipun pembelajaran dilakukan berpusat pada guru (teacher centered) dengan melakukan komunikasi secara efektif. Pada kasus siswa, buku ini akan lebih berfokus pada bagaimana motivasi belajar Al-Qur’an dan manajemen diri dapat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Pandangan terakhir, strategi pembelajaran Al Qur’an adalah subjek yang paling penting dalam buku ini. Strategi pembelajaran akan menjadi penentu utama bagaimana siswa dapat berproses dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an. Sejumlah tinjauan dan survei telah dilakukan untuk menemukan formulasi pembelajaran yang sesuai dengan harapan. Pada buku ini, akan dipaparkan secara jelas mengenai bagaimana strategi pembelajaran berperan penting, dan mendemonstrasikan bagaimana mendesain strategi pembelajaran Al-Qur’an yang efektif berdasarkan hasil tinjauan dan riset. Strategi pembelajaran Tahsin-Tilawah berbasis Talqin-Taqlid adalah sebuah strategi yang coba untuk kami kenalkan kepada siswa, terutama untuk mereka yang telah menginjak remaja dan dewasa seperti di Universitas. Gender sebagai isu utama dalam pembelajaran Al-Qur’an juga akan dibahas secara khusus sebagai faktor yang mempengaruhi kesuksesan belajar Al-Qur’an. Ditambah lagi bahasan mengenai integrasi teknologi dalam pembelajaran Al-Qur’an menjadikan buku ini adalah ulasan mutakhir. Diharapkan buku ini menyediakan informasi untuk pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan perkembangan teknologi di era digital. Prinsip kami adalah membelajarkan Al-Qur’an dengan tetap berpegang pada prinsip kultural “dari hati ke hati”, namun mengikuti perkembangan zaman, khususnya penggunaan teknologi informasi tepat guna.

2012. ‚Learning with ComputerBased Multimedia: Gender Effects on Efficiency.‛ Journal of Educational Computing Research 47 (4): 387–407. https://doi.org/10.2190/EC.47.4.c. Price, Fiona, and Karima Kadi‐Hanifi. 2011. ‚E‐motivation!

MODEL PEMBELAJARAN Inquiry Laboratory Berbasis Etno-sosioekologi untuk Memberdayakan Literasi Lingkungan pada Mahasiswa

Model pembelajaran inquiry laboratory berbasis etno-sosioekologi merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan aspek kontekstual dalam pembelajaran. Aspek tersebut terkait dengan permasalahan lingkungan yang sedang dihadapi baik dalam skala global, nasional maupun lokal. Selain itu, praktek-praktek dalam pengelolaan lingkungan memperkaya wawasan mahasiswa dalam upaya penyelesaian masalah lingkungan serta menumbuhkan sikap peduli pada lingkungan sebagai bagian dari literasi lingkungan. Penurunan kualitas lingkungan semestinya menjadi perhatian bagi seluruh kalangan, tidak terkecuali bidang pendidikan. Pengembangan model pembelajaran inquiry laboratory berbasis etno-sosioekologi diharapkan dapat merangsang kepekaan mahasiswa terhadap ancaman lingkungan dari tujuan-tujuan pembangunan untuk memajukan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Proses pembelajaran yang mengintegrasikan pengetahuan lokal dalam pengelolaan lingkungan merupakan upaya untuk menyadarkan mahasiswa bahwa manusia sebagai bagian dari alam tidak sepatutnya mengeksploitasi demi pemenuhan kebutuhan, namun juga perlu melestarikan demi keberlangsungan mahluk hidup serta kestabilan ekosistem.

Model pembelajaran inquiry laboratory berbasis etno-sosioekologi merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan aspek kontekstual dalam pembelajaran.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : Graf Literasi

Salah satu indikator kinerja kaum akademisi adalah mampu membuat karya ilmiah dalam bentuk makalah. Kemampuan dalam membuat karya ilmiah untuk sebagian orang dirasakan mudah, namun sebaliknya dirasakan begitu sulit. Mencermati permasalahan di atas, maka suatu kewajaran itu terjadi, karena membuat karya ilmiah memang berbeda dengan tulisan bebas pada umumnya. Menulis karya ilmiah sangat terikat dengan aturan baku yang sudah ditetapkan. Buku ini hadir sebagai bahan bacaan dalam memperkaya pemahaman baik di kalangan guru dan siswa. Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dalam menulis karya ilmiah. Najib Quroisin, M. Pd.

Buku ini hadir sebagai bahan bacaan dalam memperkaya pemahaman baik di kalangan guru dan siswa. Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dalam menulis karya ilmiah. Najib Quroisin, M. Pd.

Teori Manajemen dan Bimbingan Konseling

Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan

Judul Buku: Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling (Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan) Penulis: 1. Darmawan Harefa, S.Pd., M.Pd. 2. Kaminudin Telaumbanu, S.Pd., M.M. Penerbit: PM Publisher bekerja sama dengan Penerbit Embrio Percetakan: Digital Printing Jogja Tahun Terbit: 23 September 2020 ISBN: 9786236653210 Blurb: Pemahaman teori pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya bagi masyarakat umum dalam tuntutan akademik dirasa masih tinggi. Dengan terbitnya buku ini tentang Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan, akan sangat membantu penggiat Akademik untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang digunakan dalam melakasanakan proses pembelajaran maupun penelitian, serta dapat memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan secara luas. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi mahasiswa dan guru untuk dijadikan sebagai bahan referensi belajar. Buku ini akan mengajak Anda untuk "berkenalan secara umum mengenai Teori Manajemen dalam Bimbingan Konseling serta kajian-kajian yang behubungan dengan manajemen bimbingan konseling" secara intensif dengan belajar bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan. Sehingga memudahkan bagi akademisi untuk memperoleh bahan rujukan untuk dijadikan sebagai bahan dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Buku ini ditulis pada umumnya, untuk memberikan gambaran realita dalam kemampuan belajar dan berpikir secara praktis melalui teori manajemen dalam bimbingan konseling serta aplikasinya dalam pembelajaran lewat kehidupan sehari-hari. Buku ini terbagi atas Lima Bab. Masing-masing isi dalam Bab mengandung berbagai teori secara umum perkembangan belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam perkembangan belajar kearah yang lebih baik dan sederhana.

Analisi sistem, rancangan sistem, dan manajemen member petunjuk dalam mengoperasionalkan pendekatan sistem merupakan tiga unsure pokok yang berusaha mengenal esensi keterpaduan berbagai unsur dalam memecahkan masalah yang sifatnya ...

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik)

buku ini, berjudul; “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik)”. Dengan diterbitkannya buku ini tentunya penulis dapat membantu mahasiswa pendidikan anak usia dini dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dan para calon guru maupun guru atau pendidik anak usia dini serta siapa yang hendak mempelajari dan memahami bagaimana cara mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pada hakikatnya pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Oleh kareta itu, pendidikan anak usia dini memberi kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal. Atas dasar ini, lembaga paud perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti kognitif, sosial, emosi, fisik, dan motorik. Dengan adanya buku ini tentunya dapat sebagai alternatif terlebih mampu memberikan solusi-solusi yang tepat dalam usaha mengembangkan kognitif anak secara optimal. Dalam penulisan buku, penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan atau ketidak sempurnaan baik dalam bahasa maupun tulisan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik bagi para pembaca, guna untuk perbaikan dalam menyempurnakan penyusunan buku ini.

buku ini, berjudul; “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik)”.

Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini

Sains dan matematika merupakan salah satu Spembelajaran yang dapat dikenalkan pada anak sejak usia dini. Anak usia dini sudah mampu dalam menerima konsep sains dan matematika sederhana. Pengenalan sains dan matematika pada anak perlu diberikan dengan cara yang tepat dan pemilihan kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Buku ini berisikan penjelasan mengenai sains dan matematika untuk anak usia dini dari pengertian, konsep dasar kegiatan, dan juga penilaian kemampuan sains dan matematika bagi anak usia dini. Buku ini dapat digunakan oleh praktisi, guru, dan juga mahasiswa untuk menambah wawasan mengenai sains dan matematika untuk anak usia dini, sehingga penerapan kegiatan sains dan matematika dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Sains dan matematika merupakan salah satu Spembelajaran yang dapat dikenalkan pada anak sejak usia dini.

Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Masa kanak-kanak merupakan masa yang tepat untuk memulai memberikan stimulus agar anak dapat berkembang secara optimal. Apa yang dipelajari seseorang di awal kehidupan akan mempunyai dampak pada kehidupan di masa yang akan datang. Usia dini adalah masa peka bagi anak. Pada usia ini perkembangan anak akan berkembang secara optimal, karena pada masa ini merupakan peletakan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan nilai agama moral. Usia ini sering disebut sebagai usia emas (The Golden Age), karena masa ini akan terjadi perkembangan yang pesat terhadap semua aspek perkembangan dan akan terjadi sekali dalam seumur hidup, dan tidak akan kembali lagi setelah anak-anak dewasa nantinya. Buku ini merupakan turunan dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebagai perangkat pembelajaran yang salah satu kewajiban dosen untuk mengajar, kemudian diwujudkan menjadi buku ajar yang dimasukkan untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Adapun materi yang dibahas pada buku ini yakni sepenuhnya berkaitan dengan Pengembangan Fisik Motorik untuk mahasiswa Perguruan Tinggi pada umumnya.

Buku ini merupakan turunan dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebagai perangkat pembelajaran yang salah satu kewajiban dosen untuk mengajar, kemudian diwujudkan menjadi buku ajar yang dimasukkan untuk mempermudah mahasiswa dalam ...

MODEL-MODEL EXERCISE DAN AKTIVITAS FISIK Untuk Kebugaran Jasmani Anak SD

Buku ini disusun oleh penulis untuk memberikan gambaran tentang model-model dari aktivitas fisik dan exercise (latihan) untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak. Adapun isi buku ini meliputi: (1) konsep aktivitas fisik dan latihan, (2) kemamapuan motorik kasar (gross motor skills), (3) kebugaran jasmani dan aspek pentingnya, (4) model-model exercise dan aktivitas fisik.

Buku ini disusun oleh penulis untuk memberikan gambaran tentang model-model dari aktivitas fisik dan exercise (latihan) untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak.

Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini

Buku Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini yang ada di tangan pembaca ini adalah buku yang akan mengungkap dan menguraikan secara komprehensif tentang hakikat bermain dan permainan anak usia dini, serta berbagai teori yang mendasarinya. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan soal-soal latihan yang dapat dijadikan sebagai alat evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, buku ini sangat layak dijadikan sebagai salah satu referensi utama pada program studi PGPAUD, PGTK, PIAUD di seluruh perguruan tinggi di Indonesia, khususnya untuk mata kuliah Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Bermain dan Belajar Anak Usia Dini, dan Pengembangan Alat Permainan Edukatif. Di samping itu, buku ini juga cocok digunakan untuk orang tua, pendidik dan praktisi PAUD sebagai dasar dalam memilihkan alat permainan edukatif, serta mendampingi anak-anak dalam bermain. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Maksudnya dengan bermain sesungguhnya anak sedang melakukan
pembelajaran, baik itu fisik-motorik, ... maka diperlukan sebuah buku yang dapat
dijadikan sebagai pedoman dan hasanah intelektual orang tua maupun pendidik
anak ...

PENEROKA Kepemimpinan Sekolah

Seorang kepala sekolah memegang peranan sentral di sekolah. Kepemimpinannya sangat dibutuhkan demi tercapainya visi dan misi, karena keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah. Karena itu seorang kepala sekolah harus mengenali diri, menggali potensi, dan melejitkan prestasi pendidik—tenaga kependidikan & peserta didik. Seorang kepala sekolah adalah orang yang Memiliki Enam Aspek Kecerdasan, Sang Visioner Sejati, Manajer Ulung, Administrator Unggul, Menjadi Teladan yang Baik, Pejuang Tanpa Batas, Pencerah dalam Kegelapan, Sang Pembelajar Sejati, To Become Problem Solving, Berjiwa Enterprenuer, Berjiwa Sosial Tinggi, Menjadi Jembatan yang Baik ke Masyarakat, Sang Pioner Masa Depan

kelangsungan hidup manusia tergantung pada bagaimana tugas mulia
pendidikan diupayakan. ... dan menguatkan usaha-usaha hubungan
internasional dalam bidang pendidikan yang saling menguntungkan dalam
rangka peningkatan ...