Sebanyak 197 item atau buku ditemukan

Model Pembelajaran Era Society 5.0

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehairat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya berupa ilmu pengetahuan, kesehatan dan petunjuk, sehingga penyusunan buku Model Pembelajaran Era Society 5.0 dapat terselesaikan dengan baik. Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari para penulis yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi, maupun professional dalam rumpun ilmu manajemen. Dalam buku ini mengangkat isu strategis berkaitan dengan Model Pembelajaran Era Society 5.0 yang terdiri dari 14 bab yang berisi tentang kupasan menarik tentang Model Pembelajaran Era Society 5.0.

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehairat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya berupa ilmu pengetahuan, kesehatan dan petunjuk, sehingga penyusunan buku Model Pembelajaran Era Society 5.0 dapat ...

Assessment of the Total Economic Value of Floral Diversity

Total Economic Value (TEV) is a concept which consists of direct and indirect use value as well as non-use values and thus incorporates all sorts of benefits from any environmental assets. This study is aimed to assess the all market and non-market values of floral diversity to provide a picture for the policy makers that how much value the society should achieve for the loss of floral diversity from proposed open cast coal mining activities in Dinajpur, Bangladesh. To assess the floral diversity of the study area list-count quadrant method was applied. Then economic theory was set under an integrated valuation framework for each benefit depending upon its value characterization. The counting TEV of the floral diversity of the study area was found as 1824375.736 thousand Tk/year. Among the total value, direct use value is 1652372.122 (90%), indirect use value is 158724.434 (9%), and non-use value is 13279.180 (1%) thousand Tk/year.This study founds that 19% values of such types are ignored most of the time into the policy-making process. This ignorance ultimately hampers the marginal social benefit and in some cases provides marginal private benefit.

Total Economic Value (TEV) is a concept which consists of direct and indirect use value as well as non-use values and thus incorporates all sorts of benefits from any environmental assets.

Kesehatan dan Keselamatan Wisata

Direktori Hazard, Risiko, dan Layanan Kesehatan Wisata di Bali

Perkembangan industri pariwisata perlu didukung oleh berbagai pihak termasuk sektor kesehatan. Aspek kesehatan dan keselamatan di tempat tujuan wisata akan menjadi nilai tambah dalam upaya promosi destinasi wisata, di samping juga dapat mengurangi angka kesakitan dan kecelakaan yang berkaitan dengan potensi bahaya dan risiko yang ada. Buku ini membahas sekilas tentang epidemiologi kesehatan wisata yang mencakup tren perjalanan dan morbiditas terkait wisata, surveilans kesehatan wisata, serta konsep hazard dan penilaian risiko di kawasan wisata. Secara detail, buku ini menyajikan direktori hazard atau bahaya potensial dan analisis risiko serta upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan dan keselamatan berdasarkan lokasi dan jenis tempat wisata. Selain itu, data juga dilengkapi dengan pemetaan tempat layanan kesehatan yang melayani wisatawan. Keseluruhan data ini akan dapat digunakan untuk membangun jejaring surveilans kesehatan wisata sekaligus memberikan informasi kesehatan kepada wisatawan secara lebih terarah dan spesifik berdasarkan kategori tempat wisata.

Aspek kesehatan dan keselamatan di tempat tujuan wisata akan menjadi nilai tambah dalam upaya promosi destinasi wisata, di samping juga dapat mengurangi angka kesakitan dan kecelakaan yang berkaitan dengan potensi bahaya dan risiko yang ada ...

Titik tengkar pesantren

resolusi konflik masyarakat pesantren

Conflict among the community of Islamic religious training centers in Indonesia.

Conflict among the community of Islamic religious training centers in Indonesia.

Filsafat Pendidikan Islam

Filsafat Pendidikan Islam, kalau dipisah urutan kata per kata, maka masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda. Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan jawaban atau pemecahan terhadapnya telah menimbulkan teori-teori dan sistem pemikiran (isme), oleh karena itu filsafat dimulai oleh rasa heran, bertanya dan memikirkan tentang asumsi-asumsi kita yang fundamental (mendasar). Adapun pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan. Sedangkan Islam adalah sebuah agama samawi yang Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan kepada menusia dengan pengutusan Nabi Muhammad Shalallohu ‘alaihi wa Salam untuk kebahagian umat manusia di dunia dan akhereta. Sehingga Islam sebagai agama adalah jalan hidup, pandangan hidup, dan nilai-nilai yang dipegang oleh umatnya. Menurut Islam pendidikan adalah pemberi corak hitam putihnya perjalanan hidup seseorang. Oleh karena itu ajaran islam menetapkan bahwa pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang wajib hukumnya bagi pria dan wanita, dan berlangsung seumur hidup, semenjak dari buaian hingga ajal datang. Tetapi, kalau lah disatukan ke tiga kata tersebut, Filsafat Pendidikan Islam, maka ia menjadi sebuah objek pembahasan ilmu dan pengetahuan, yang memiliki definisi tersendiri. Yaitu, sesuatu disiplin ilmu yang mengkajian secara filosofis mengenai masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al Qur’an dan al Hadist sebagai sumber primer, dan pendapat para ahli, khususnya para filosof Muslim, sebagai sumber sekunder.

Filsafat Pendidikan Islam, kalau dipisah urutan kata per kata, maka masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Pengembangan media pembelajaran SD/MI

Dalam konteks komunikasi, seorang pendidik atau guru memerlukan media sebagai alat bantu untuk memudahkan seorang guru mengomunikasikan pesan berupa materi pelajaran kepada siswa dengan harapan proses komunikasi dapat berjalan baik dan sempurna sehingga siswa dapat menerima pesan yang benar tanpa ada kesalahan. Oleh karena itu, peran media sangat penting dalam proses pembelajaran karena penggunaan media dapat memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru. Namun, seorang guru juga harus mampu memilih, mendesain, dan menampilkan media sesuai dengan perkembangan seorang anak dan dapat membuat anak merasa nyaman ketika mengikuti proses pembelajaran.

Dalam tahapan ini, pemilihan kurikulum, menjadi gerak awal dari serangkaian proses berikutnya. Bagian mana dari kurikulum tersebut yang berpeluang untuk ...

Ekonomi Islam : PERSPEKTIF FILSAFAT & ILMU PENGETAHUAN

Filsafat suatu ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mencari kebenaran dengan berpikir secara mendalam, radikal dan mencapai hakekat. Berpikir filsafat adalah kegiatan yang dilakukan kritis dan radikal dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan yang mendasar dan mencapai unsur yang hakiki. Dapat disimpulkan bahwa bermanfaat untuk menganalisa dan mencari solusi dari permasalahan yang ada sesuai dengan realita, serta solusi itu bisa direalisasikan. Filsafat dibutuhkan manusia dalam upaya menjawab pertanyaan yang timbul dalam berbagai lapangan kehidupan manusia. Karena pembatasan itu, ilmu pengetahuan tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang keseluruhan manusia. Untuk mengatasi masalah ini, ilmu-ilmu pengetahuan membutuhkan filsafat. Dalam hal inilah filsafat menjadi hal yang penting Buku ini membahas tentang Filsafat dan Ilmu Pengetahuan, Peranan Filsafat dalam Pengembangan Ilmu Pengatahuan, Sejarah Perkembangan dan Pemikiran Filsafat, Perkembangan Pemikiran Filsafat, Epistemologi Ekonomi Islam, Penerapan Ilmu Ekonomi Islam, Dsb.

... economic man” (ekonomi manusia). 3) Landasan filosofis Perbedaan yang sangat mencolok juga terlihat pada landasan ... philosophy” (kebebasan individu berdasarkan filosofi Laissez-faire). Muslim juga menyebutkan bahwa ilmu ekonomi ...