Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Technopreneurship

Pada dekade awal kemerdekaan serta pembangunan bangsa dan negara dikenal dan dikumandangkan dua ”slogan,” tetapi satu yaitu nation and character bulding yang maknanya pembangunan bangsa dan pembangunan karakter (watak) bangsa. ”Pembangunan bangsa” digelorakan dengan mantapnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Negara Bhineka Tunggal Ika, Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. Di samping itu, ”pembangunan karakter” digempitakan demi kokohnya budaya bangsa yang berkepribadian, berdiri di atas kaki sendiri, dan bermartabat. Bangsa Indonesia, yang berani memerdekakan dirinya melalui revolusi perjuangan rakyat, adalah bangsa yang diyakini mampu menjadi bangsa yang besar.

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Technopreneurship ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Fungsi manajemen dan aplikasinya pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam

Management function and its application in learning process of Islamic religious education in Indonesia.

Manajemen dan Pelayanan Kefarmasian di Apotek

Dengan Metode Problem-based Learning dalam Kerangka Paradigma Pedagogi Reflektif

Buku ini diterbitkan untuk digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran di bidang Manajemen dan Pelayanan kefarmasian di Apotek yang selama ini belum ada standar acuannya. Tanpa acuan pembelajaran maka praktek kerja di Apotek menjadi sangat bervariasi tergantung pada interest pembimbing setempat atau tingkat kesibukan Apotek tempat praktek kerja. Adanya standarisasi lulusan Apoteker melalui uji kompetensi Apoteker Indonesia tentu juga sangat membutuhkan adanya acuan tersebut agar para calon apoteker bisa mendapatkan materi, metode dan cara evaluasi yang senada dan seirama dalam pembelajaran yang dilaluinya [Titien Siwi Hartayu]. Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) merupakan pelatihan yang sangat strategis bagi mahasiswa profesi apoteker untuk menjadi calon apoteker yang handal di masa depan. Metode serta mekanisme pelaksanaan PKPA yang sistematis akan sangat membantu mahasiswa profesi apoteker dalam memahami peran, fungsi, serta tanggung jawab apoteker sebagai salah satu tenaga kesehatan. Buku ini memiliki kontribusi dalam memperkaya inovasi pembelajaran PKPA terutama di apotek. Buku ini membantu mahasiswa untuk memahami peran apoteker melalui pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Inovasi metode pembelajaran yang dilakukan adalah menginfuskan PBL ke dalam Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) terdiri dari lima tahap yaitu konteks-pengalaman-refleksi-aksi dan evaluasi. Buku ini direkomendasikan bagi preseptor untuk menjadi bahan bacaan dan menjadi salah satu acuan dalam melakukan membimbing PKPA bagi calon apoteker terutama di bidang apotek. Selain itu, buku ini juga bermanfaat bagi calon apoteker dan apoteker yang akan dan telah bekerja di apotek untuk lebih mendalami pelayanan di apotek meliputi aspek manajemen dan aspek pelayanan sesuai dengan Permenkes no. 73/2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. [Ketua PD IAI DIY, 2019]

Buku ini diterbitkan untuk digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran di bidang Manajemen dan Pelayanan kefarmasian di Apotek yang selama ini belum ada standar acuannya.

Gagasan Manajemen

Manajemen juga dipandang sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan dalam organisasi, sebagai usaha patungan dengan beberapa orang dalam organisasi. Jadi, ada orang yang merumuskan dan menerapkan tindakan manajemen yang disebut manajer. Buku ini terdiri dari 8 (delapan) bab, yaitu : Bab 1 Lingkungan Kompetitif Bab 2 Total Quality Management (TQM) Bab 3 Benchmarking Bab 4 Keunggulan Layanan Pengiriman Bab 5 Empowerment dan Engangement Bab 6 Organisasi Horizontal Bab 7 Organisasi Pembelajaran Bab 8 Era Pengetahuan: Teknologi Informasi dan Komputer

Manajemen juga dipandang sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan dalam organisasi, sebagai usaha patungan dengan beberapa orang dalam organisasi.

Manajemen Inovasi

Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif

Apa yang membuat perusahaan bisa eksis di era global, pasar yang dinamis, serta pergolakan bisnis yang kompetitif? Sebaliknya apa yang membuat startup suatu produk tidak bisa bertahan lama setelah meluncur di pasar? Ya, jawaban untuk kedua pertanyaan itu adalah inovasi. Inovasi yang bernilai akan mengantarkan perusahaan untuk mampu bersaing dalam lingkungan yang turbulen, sehingga merupakan senjata yang ampuh untuk meraih keunggulan kompetitif. Hal yang penting dalam sebuah inovasi adalah manajemen inovasi. Suatu perusahaan boleh punya berbagai fasilitas modern dan terbaik, atau hebat dengan Sumberdaya Manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif. Namun jika tidak ‘dimanajemen’ dengan baik, ide-ide inovatif itu akan gagal mencapai targetnya. Inovasi yang efektif adalah inovasi yang sederhana namun terfokus dan bertujuan, dan sebaliknya inovasi yang komplek dan mencoba mentransformasi secara menyeluruh seringkali tidak berhasil. Karena itu manajemen inovasi menjadi bagian penting, dan strategi implementasinya menjadi rahasia menarik bagi setiap perusahaan. Buku ini mengulas mulai dari konsep inovasi, serta hal-hal yang berkaitan erat dengan kemampuan inovasi, seperti pembelajaran organisasi dan manajemen pengetahuan. Tidak terkecuali juga dilengkapi dengan hasil-hasil kajian tentang inovasi baik pada industri besar maupun industri kecil. Buku ini juga membahas inovasi ramah lingkungan (green innovation) yang marak diperbincangkan.

Karena itu manajemen inovasi menjadi bagian penting, dan strategi implementasinya menjadi rahasia menarik bagi setiap perusahaan.

Manajemen pengembangan kurikulum dan pembelajaran sekolah Islam terpadu

Development of integrated Islamic school in Indonesia.

Development of integrated Islamic school in Indonesia.

Instrumen Pembelajaran Pendekatan Teaching Factory Manajemen Usaha Restoran

Pembelajaran pendekatan Teaching Factory bentuk pembelajaran yang dilakukan langsung di tempat praktik tidak di dalam kelas, dan praktik yang dilakukan berorientasi pada produksi seperti di industri nyata. Penyelenggaraan model ini memadukan sepenuhnya antara belajar dan bekerja, tidak lagi memisahkan antara tempat penyampaian teori dan praktik. Metode pembelajaran dual system merupakan metode yang mengintegrasikan dua lingkungan utama dalam setiap kegiatan peserta didik, yakni lingkungan sekolah dan lingkungan perusahaan (industri). Secara fundamental, dual system bertujuan untuk menempatkan peserta didik dalam situasi nyata di tempat kerja secara menyeluruh. Instrumen Pembelajaran Pendekatan Teaching Factory Manajemen Usaha Restoran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Instrumen Pembelajaran Pendekatan Teaching Factory Manajemen Usaha Restoran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

MANAJEMEN PESERTA DIDIK (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran)

Pentinnya peran guru dalam pengelolaan pemebelajaran sudah tidak perlu lagi di perdebatkan. Amanat Undang-Undang sudah menegaskan itu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dalam upaya menggapai amanat undang-undang itu guru perlu memahami ilmu pengetahuan. Salah satu yang harus di milki Guru adalah kemampuan mengelola kelas atau manajemen kelas. Pentingnya Pengelolaan/ manajemen kelas dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan seuruh potensipotensi di dalam kelas yang terdiri dari: pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu, dana dan fasilitas (sarana dan prasaranan) yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien . Sebagai seorang leader sekaligus manajer di dalam kelas guru hendaknya memilki keterampilan dalam menciptakan iklim kelas yang nyaman guna menunjang anak untuk meraih keberhasilan/ prestasi belajar melalui kegiatan-kegiatan belajar- mengajar yang efektif. Sebagai seorang leader di kelas, guru memberikan motivasi kepada peserta didik serta menanamkan nilai-nilai kebaikan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang harus diyakini dan diaplikasikan oleh peserta didik di lingkungannya seharihari baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Namun yang menjadi pertanyaan besar kita adalah sudahkan Guru memliki kemapuan pengelolaan/ manajemen Kelas? Buku ini hadir untuk memberikan jawaban akan pertanyaan itu. Buku ini membahas berbagai aspek tentang pengelolaan kelas yang baik. Mulai dari 1) Perencanaan peserta didik, 2) Penerimaan peserta didik baru, 3) Orientasi sekolah, 4) Pengelompokan peserta didik, 5) Pembinaan disiplin peserta didik, 6) Evaluasi hasil belajar peserta didik, 7) Sistem tingkat, jurusan, mutasi dan drop out, dan 8) Penyelenggaraan layanan khusus. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiwa Fakultas Kependidikan, Guru, Kepala Sekolah dan pengambil kebijakan dalam pendidikan serta semua orang yang tertarik akan pembahasan mengenai penigkatan kualitas pendidikan.

Dasar-Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Danim, S, dan Danim, Y. (2010). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: Pustaka Setia. Daryanto, H.M. (2013). ... Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.