Sebanyak 1589 item atau buku ditemukan

Model Pendidikan Tasawuf Pada Tariqah Shadhiliyah

Masyarakat modern merasa kehilangan pegangan hidup setelah mereka terlelap dalam kehidupan materialismenya, kemudian mengalami kebingungan. Mereka menjadi bingung dan skeptis dengan materialisme. Karenanya mereka berpikir tentang sesuatu yang lebih dari sekedar benda-benda di sekeliling mereka, bahwasanya ada hal-hal yang transenden di balik kehidupan manusia. Oleh karena itu sebagian manusia kembali kepada nilai-nilai keagamaan, sebab salah satu fungsi agama adalah memberikan makna bagi kehidupan. Dalam agama Islam terdapat ajaran yang dikenal dengan istilah tasawuf. Sesuai dengan pandangan tasawuf dalam tariqah Shadhiliyah ini, antara lain: Tidak menganjurkan murid-muridnya untuk meninggalkan profesi dunia dan tidak melarang mereka untuk menjadi orang kaya secara materi, asalkan hatinya tidak bergantung pada harta yang dimilikinya, memperhatikan pelaksanaan syariat Islam, zuhud dengan mengosongkan hati dari selain Allah. Selain itu, mereka harus berupaya mencapai “langit” (mengenal Dzat Allah) dan beraktifitas dalam realita di “bumi” ini. Beraktifitas sosial untuk kemaslahatan umat adalah bagian integral dari hasil kontemplasi. Karena jiwa manusia membutuhkan Tasawuf, maka perlu ditransformasikan kepada generasi penerus melalui pendidikan Tasawuf. Semoga buku ini menjadi ilmu yang bermanfaat. [ ]

Masyarakat modern merasa kehilangan pegangan hidup setelah mereka terlelap dalam kehidupan materialismenya, kemudian mengalami kebingungan.

Etika Profesi

Semua profesi berhubungan erat dengan etika, yang menyangkut nilai, norma, dan kewajiban moral. Oleh karena itu, setiap anggota suatu profesi harus selalu menyadari bahwa pekerjaannya mempunyai implikasi moral tertentu. Kesadaran itu, bersama dengan berbagai macam bentuk kode etik yang disepakati, misalnya etika kedokteran, etika keperawatan, etika hukum, atau etika akuntansi, memastikan tanggung jawab profesi dapat dipraktikkan dengan memperhatikan tuntutan-tuntutan etis yang menyertainya. Etika Profesi berusaha secara khusus menyelidiki relasi antara profesi dan etika. Dalam buku ini, dibahas dengan jernih dan tajam: - bagaimana istilah profesi terbentuk, hakikat profesi, serta berbagai pandangan terhadap profesi dan keterbatasannya; - peranan etika dalam profesi; - beberapa masalah khusus dalam etika profesi, seperti otonomi dalam profesi dan kesulitannya; konflik kepentingan dalam profesi; serta profesi di era digital. Buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan yang penting bagi para profesional, organisasi profesi, lembaga pendidikan profesi, perusahaan, serta akademisi.

Etika Profesi berusaha secara khusus menyelidiki relasi antara profesi dan etika.

KOMUNIKASI ORGANISASI Dr. Irene

Buku ini berisi tentang sejarah perkembangan ilmu komunikasi, pengertian serta konsep dasar komunikasi organisasi, komunikasi dan struktur organisasi, dime

Buku ini berisi tentang sejarah perkembangan ilmu komunikasi, pengertian serta konsep dasar komunikasi organisasi, komunikasi dan struktur organisasi, dime

Integrasi Ilmu dan Agama

Interpretasi dan Aksi

Integration of modern science with Islam to achieve professional integrity in Islamic higher education in Indonesia; articles.

Karena itu , mereka menjadi sumber kesesatan orang - orang Islam dari
kebenaran . Dia berpendapat bahwa refleksi terhadap karakter pendidikan
modern secara langsung membawa beberapa kontradiksi dengan karakter
pendidikan Islam .

Landasan Bersama di Kepulauan Kei: Telur dari Satu Ikan dan satu Burung (The Commond Ground in The Kei Islands)

Ketika saya melakukan penelitian lapangan di Kepulauan Kei dari November 1986 sampai Oktober 1987, saya telah memiliki lebih dari sepuluh tahun pendidikan di bidang antropologi. Pada saat menulis laporannya, ini adalah saat mengakhiri pendidikan formalku di antropologi, saya tidak bisa menahan diri untuk tidak bertanya pada diriku sendiri: “Apa artinya studi sepuluh tahun itu secara khusus terhadap disertasi ini?” Saya harus mengakui bahwa pelatihan akademik saya tidak ada kaitannya dengan keakrabanku dengan orang Kei, karena saya bukan seorang yang terlibat dalam wacana Budaya Kei, dan saya baru saja mengenal budaya Kei. Jawaban atas pertanyaan saya kemudian harus ditemukan di luar pengetahuan faktual saya. Selama studi, saya telah berkenalan dengan berbagai teori, atau berbagai lensa melalui beberapa di antaranya saya seharusnya -pada waktu yang diharuskan- untuk memfokuskan pikiran dan inderaku pada objek pengamatanku. Dalam pengertian ini, pendidikanku dalam antropologi telah mengkondisikan bentuk disertasi ini (etnografi masyarakat Kei). Refleksi singkat pada saat-saat tertentu dalam studi saya di antropologi dapat mengungkapkan kondisi -selektivitas pengamatan saya dan interpretasi fenomena yang diamati- di mana disertasi ini ditulis.

Ketika saya melakukan penelitian lapangan di Kepulauan Kei dari November 1986 sampai Oktober 1987, saya telah memiliki lebih dari sepuluh tahun pendidikan di bidang antropologi.

Telaah Kurikulum SMP di Indonesia

Buku telaah kurikulum menjadi dasar memahami konsep kurikulum yang telah diterapkan di Indonesia dan juga menggambarkan secara fundamental kurikulum 2013 serta menjabarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang sedang berlaku. Diharapkan hadirnya buku ini memberi panduan baik mahasiswa, guru dan praktisi pendidikan dalam melakukan telaah terhadap kurikulum khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Buku telaah kurikulum menjadi dasar memahami konsep kurikulum yang telah diterapkan di Indonesia dan juga menggambarkan secara fundamental kurikulum 2013 serta menjabarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang sedang berlaku.

Seri Buku Pengayaan untuk Guru

Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual

Buku ini berisi cara menjalankan secara praktis konsep CTL & merancang strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual.

Kata Pengantar Bab 1 Membincangkan Kehidupan di Ruang Kelas Bab 2
Menemukan Cahaya dalam Sepercik Ilmu Bab 3 Merumuskan Diri dengan
Bantuan Ilmudan Guru Guru Lampiran: Cerita PendekKarya Seorang
Kepustakaan Indeks ...

Menelusuri buku kehidupan

sebuah perjalanan mencari keutuhan

Jika Murid Sudah Siap , Sang Guru Akan Datang “ Life is a path that you beat
while you walk . ” Machado , seperti dikutip Arie de Geus dalam The Living
Company INTISARI AR 22 SEKALIPUN berstatus nonaktif di kantor berita Antara
 ...

Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion Sebagai Metode Riset Kualitatif

Metode riset kualitatif yang disebut Focus Group Discussion sudah lebih dari 50 tahun hadir dan diterapkan di Indonesia untuk mengarahkan perencanaan dan strategi pemasaran serta komunikasi di kalangan industri dan perusahaan maupun program-program sosial di Indonesia. Tujuan buku ini adalah untuk meluruskan pemahaman Focus Group Discussion yang aslinya dipakai sebagai alat atau metode riset kualitatif, bukan untuk mendapat konsensus bersama. Focus Group Discussion yang dijabarkan dalam buku ini adalah FGD sebagai salah satu metode riset kualitatif yang masih diperlukan dan dipakai untuk pembuatan strategi yang menyangkut masyarakat sebagai konsumen ataupun sebagai sasaran program sosial atau program komunikasi. Dengan demikian, buku ini bisa menjadi panduan bagi pelaku bisnis, pelaku organisasi sosial, peneliti maupun oleh mahasiswa yang ingin belajar praktik riset kualitatif. Bagi pemula, buku ini menjelaskan langkah-langkah praktis untuk melaksanakan FKD, mulai dari persiapan, organisasi tim lapangan, seleksi dan rekrutmen responden, persiapan pedoman diskusi, persiapan ruangan FGD, teknik memandu FGD, hingga analisis hasil, disertai dengan contoh-contoh konkret. Buku ini juga membandingkan secara ringkas FGD daring dan FGD luring untuk menyambut era perubahan.

Metode riset kualitatif yang disebut Focus Group Discussion sudah lebih dari 50 tahun hadir dan diterapkan di Indonesia untuk mengarahkan perencanaan dan strategi pemasaran serta komunikasi di kalangan industri dan perusahaan maupun program ...