Sebanyak 4412 item atau buku ditemukan

STRATEGI KOMUNIKASI DEPARTEMEN KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA Dalam Membina Aliran Kepercayaan di Indonesia

buku ini telah membantu membuka mata semua orang untuk melihat realita yang terbentang tentang pembinaan dan profil aliran kepercayaan di Indonesia. Buku ini juga dirancang untuk memberikan pemahaman ilmiah kepada masyarakat luas tentang fenomena kemunculan aliran sesat di Indonesia. Semua orang menyadari bahwa masalah yang cukup serius ini kiranya tidak semakin mengecil jumlahnya tetapi justeru dipisahkan dari aliran keagamaan, ternyata tidak sama dalam kenyataannya. Keduanya berbeda secara samar-samar sehingga pembahasan buku ini tidak dapat dikerucutkan pada salah satu bentuk pembinaan aliran kepercayaan saja. Selain itu, buku ini setidaknya memberikan masukan kepada pemerintah tentang efektifitas pembinaan yang harus dilakukan demi terciptanya hubungan harmonis antara pemerintah, aliran kepercayaan, serta masyarakat awam. Persepsi yang keliru tentang aliran kepercayaansetidaknya dapat dihindari sehingga upaya untuk hidup berdampingan yang dilandasi upaya saling memahami dapat terwujud dengan sendirinya.

Kelompok ini adalah kelompok yang menggabunggabungkan Islam dengan Yahudi, Nasrani dan lainnya. Mereka menghilangkan setiap ikatan agama Islam, menganggap syariat Islam telah kadaluarsa. Persamaan antara manusia meskipun berlainan jenis ...

PALESTINA : Komunikasi Kemerdekaan dan Tragedi Kemanusiaan

“Tragedi kemanusiaan terhadap Palestina yang dilakukan oleh Zionis Israel melanggar Hak Asasi Manusia dan Hukum Internasional dari berbagai segi. Baik hak untuk hidup, hak memiliki properti, hak keamanan, hak kesehatan, hak pendidikan maupun hak menjalankan agama. Dunia Internasional sudah saatnya melakukan komunikasi secara serius agar masyarakat Palestina mendapatkan kemerdekaan sejati.”

Oleh: Samsuriyanto Jauh sebelumnya, penghinaan Macron terhadap Islam dianggap kebebasan ekspresi dan bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM). Padahal ucapan Presiden Prancis itu bisa sebagai biang permusuhan dan menimbulkan kegaduhan dengan ...

Kekuatan Komunikasi Politik Datuk Kalampayan

Komunikasi Politik sangat diperlukan dalam lingkungan politik Demokrasi. Kekuatan suatu bangsa yang Demokrasi semestinya mempunyai komunikasi yang baik, santun dan berbudaya. Datuk Kalampayan salah satu tokoh yang pernah mengungkapkan sejarahnya berkomunikasi dalam lingkungan pemerintah kesultanan Banjar dan masyarakat beragama di Kalimantan Selatan. Buku ini mencoba menyingkapkan bagaiman Komunikasi Politiknya yang masih dihargai para tokoh sekarang. Salah satu komunikasi intraksional simblik mead pada tahun 1934, yang diungkapkan dalam komunikasi politiknya yang bermodel Komunikasi Bilhikmah, Bilqalam/Bikitabah dan Bilhal. Sehingga komunikasi ini dapat beradaptasi pada komunikasi politik organisasi dan partai pada umumnya. Diharapkan kepada pemerinah dan partai politik/anggota legislatif juga dapat menerapkan nilai-ilai model komunikasi politik Datuk Kalampayan yang masih relevan dengan dinamika politik dewasa ini di daerah Kalimantan Selatan melalui kebijakan pemerintah dan pendidikan politik dimasyarakat.

Ketiga, sebagai penulis, beliau mampu menggali tentang kondisi masyarakat yang secara geografis sangat berbeda dengan geografis di Haramain sehingga beliau data menyesuaikan ajaran islam dengan situasi dan kondisi saat itu, ...

Ilmu Teknologi dan Komunikasi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Teknologi dan Komunikasi. Sistematika book chapter Ilmu Teknologi dan Komunikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Teknologi perbankan dan keuangan Sektor perbankan pun menggunakan teknologi canggih. Beberapa tahun silam, jika ingin mengambil uang tunai, nasabah harus antre dan membawa buku tabungan dan lain-lain. Dengan teknologi perbankan yang ...

Komunikasi dan negosiasi bisnis berbasis HOTs

Buku ini merupakan bahan ajar Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Berbasis HOTS. Buku ini didesain dengan menekankan pemahaman teori komunikasi dan kemampuan untuk mempraktekan setiap keterampilan yang dibahas. Muatan dalam buku ini disusun dengan menerapkan High Order Thingking Skill (HOTS) melalui Case Study, Project Based Learning dan Problem Based Learning agar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Buku ini merupakan bahan ajar Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Berbasis HOTS.

Teori Komunikasi Pendidikan

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik.

Ilmu Komunikasi Sekarang Dan Tantangan Masa Depan

Revolusi komunikasi telah melahirkan dua karakter baru komunikasi yang disebut proses masifikasi komunikasi dan demasifikasi. Yang pertama merupakan ciri komunikasi masyarakat industri sedang yang lain disebut sebagai ciri masyarakat informasi yang terjadi secara interaktif melalui jaringan internert atau juga terkenal dengan sebutan cyberspace community Masifikasi komunikasi yang berlangsung dalam masyarakat industri yang biasanya “padat modal” melahirkan deideologisasi dan dehumanisasi serta melemahnya keadilan sosial akibat berkembangnya kapitalisme, sekularisme, dan pragmatisme. Sebaliknya, dalam masyarakat informasi yang “kaya otak,” malah terjadi ideologisasi, humanisasi, dan keadilan sosial karena setiap individu memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai kegiatan. Inilah buku yang paling dapat dipertanggungjawabkan ketika kita harus berbicara tentang bentuk dan arah komunikasi di masa kini dan yang akan datang. Disusun oleh para akademisi dan praktisi komunikasi, tak pelak menjadikan buku ini sebagai acuan penting para mahasiswa komunikasi, sosiologi, dan politik, serta perlu dimiliki oleh para praktisi. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

B. Pers Islam Pers Islam adalah bagian dari komunikasi Islami. Komunikasi Islami adalah komunikasi yang berbasiskan pada nilai-nilai yang termaktub dalam al-Qur'an dan sunah Rasulullah SAW. “Muktamar Media Massa Islam Sedunia I,” ...

Dakwah dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangan

Buku ini berjudul Dakwah dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangan. buku referensi pada program “Gemuk” ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi banyak pihak, terutama kepada seluruh civitas akademica Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, perguruan tinggi keagamaan Islam lain, perguruan tinggi umum, dan masyarakat luas, demi kemaslahatan bersama serta bernilai ibadah di hadapan Allah Swt. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Hal tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang juga sudah bermuculan para penyeruh dakwah Islam, mereka berbondong-bondong meninggalkan masa-masa jahiliah dan menjadi seorang dai yang berpegang teguh pada agamanya.

Model Perencanaan Komunikasi

Demikian pentingnya dukungan masyarakat terhadap keberhasilan program pengembangan wisata Islam ini, maka pemerintah memandang perlu memberikan bimbingan atau penyuluhan tentang konsep wisata Islami ini kepada masyarakat.

Dasar-Dasar Komunikasi Organisasi

Buku ini merupakan bentuk hasil dari kerjasama para penulis yaitu mahasiswa dan mahasiswi dari prodi manajemen pendidikan Islam semester V dan mahasiswa pengambilan semester III dalam rangka memberikan output dari hasil pembelajaran mata kuliah komunikasi organisasi. Buku ini berisi mengenai materi pembelajaran yang yang dibahas dalam mata kuliah komunikasi organisasi berdasarkan silabus yang telah ditentukan.

Editor : Budi, M.Pd.I membentuk kesamaan identitas dan komitmen bersama sehingga arah pengembangan lembaga pendidikan Islam dapat dipahami semua pihak yang terkait (set mission). Sebenarnya budaya organisasi di lembaga pendidikan Islam ...