Sebanyak 1833 item atau buku ditemukan

Jurus Jitu Mendidik Anak Dalam Kandungan Secara Islami

Disadari atau tidak, bahwa sebenarnya proses pendidikan, bimbingan dan pengajaran terhadap anak (harus) sudah dimulai sejak mereka masih dalam kandungan. Namun dalam kenyataannya masih banyak orangtua yang kurang tahu atau belum paham mengenai aturan dan rambu-rambu dalam memberikan bimbingan, pengajaran dan pendidikan terhadap anak-anak mereka yang masih dalam kandungan, khusunya secara Islami. Atau mungkin saja mereka tahu dan sadar bahwa pendidikan anak sudah dimulai sejak masih dalam kandungan, namun mungkin saja mereka tidak tahu dan tidak paham tentang apa dan bagimana yang harus dilakukan dalam upaya mendidik anak-anak mereka ketika masih dalam kandungan. Inilah permasalahannya. Dikarenakan begitu mendasar dan pentingnya bekal pendidikan bagi anak yang masih dalam kandungan, maka (Insya Allah) buku ini akan menjadi solusinya. Dalam buku ini diuraikan secara sederhana, praktis dan gamblang apa dan bagaimana yang harus dilakukan oleh para orangtua dalam rangka mendidik anak-anaknya yang masih ada dalam kandungan secara Islami. Apa saja konsep ajaran Islam tentang pendidikan anak dalam kandungan, termasuk solusi dan petunjuk praktisnya bagi para orangtua atau bahkan siapa saja dalam melakukan hal tersebut. Mudah-mudahan buku ini menjadi bahan acuan atau setidaknya menjadi referensi dasar bagi para orangtua (muslim khususnya) dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anaknya ketika masih dalam kandungan sesuai dengan ajaran agam Islam.

Masa mendidik anak dalam kandungan menurut Islam dibagi menjadi dua periode yaitu masa persiapan mendidik dan masa aktif mendidik. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing periode tersebut. 1. Masa Persiapan Mendidik Tidak ada sesuatu ...

MEMBACA, YUUUK.....! “Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini”

Membaca merupakan kegiatan yang mudah dilakukan sekaligus menyenangkan. Dengan membaca kita dapat melanglang buana menikmati berbagai hal yang menarik, berbagai hal yang imajinatif. Dengan membaca, dunia akan terbuka lebar. Segala informasi dapat kita serap melalui kegiatan membaca. Orang bijak mengatakan, “buku adalah jendela dunia”. Tapi sangat disayangkan, tidak banyak orang yang dapat menikmati kegiatan tersebut. Kita mungkin sudah membaca, tetapi setiap kali selesai membaca, kita tidak mendapatkan atau merasakan manfaat dari kegiatan membaca. Atau, mungkin kegiatan tersebut justru menyiksa kita, sehingga kita tidak dapat merasakan manfaat membaca secara langsung. Alhasil, hanya sedikit orang yang menjadikan kegiatan membaca buku sebagai hobbinya. Oleh karena itu, kita perlu mencari faktor penyebab “kegagalan” memperoleh manfaat dari kegiatan membaca, lalu mencari solusi, sehingga kegiatan membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan dan pada akhirnya, membaca menjadi kegemaran masyarakat kita. Tentunya dengan harapan, masyarakat menjadi lebih cerdas, lebih maju dan lebih kritis yang dilandasi pada pemikiran yang arif dan bijaksana. Sehingga pada gilirannya akan mampu membangun bangsa yang berperadaban yang mampu bersaing secara global dengan masyarakat internasional. Dalam buku ini akan dipaparkan pentingnya membaca dan upaya-upaya yang mesti dilakukan untuk membangun budaya gemar membaca di kalangan masyarakat Indonesia, sejak usia dini.

mengajrkan prilaku baik, serta mendidik anak untuk lebih mudah menyerap tutur kata yang sopan. 3. ... tidak kalah pentingnya disbanding kecerdasan lainnya, biasanya anak-anak sulit mengerti terhadap nilai-nilai moral dalam kehidupannya.

Penampakan Nilai-nilai Kemanusiaan dan Kesosialan dalam Karya Sastra Indonesia

Mata kuliah Sistem Sosial Budaya di Indonesia (SSBI) sebagai salah satu mata kuliah wajib di perguruan tinggi semula bernama Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD). Sebagai mata kuliah wajib beberapa perguruan tinggi memasukkannya ke dalam Mata Kuliah Umum (MKU). Muatan SSBI yang terdapat di banyak buku wajib lebih mengarah pada hal-hal di seputar pengertian sistem sosial, pengertian sistem budaya, sistem kebudayaan dan unsur pembentukannya, paradigma intitusi sosial, dan seterusnya. Intinya mahasiswa hanya dijejali tentang konsep-konsep sosial dan budaya. Materi-materi yang hanya memuat konsep-konsep sosial dan budaya tanpa ada uraian dan pembelajaran apresiasi sastra (prosa, puisi, dan drama), jelas akan terasa membosankan. Kehadiran buku ini memecahkan kebuntuan pembelajaran yang cenderung teoritis dan normatif. Buku ini berupaya mengajak mahasiswa untuk berkenalan dengan dunia sastra seraya belajar mengapresiasinya. Apa yang diapresiasi? Tentu saja muatan-muatan di seputar masalah-masalah kemanusiaan dan kesosialan yang banyak dimuat dalam karya-karya sastra (terutama karya sastra Indonesia). Dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami diharapkan buku ini bisa mengajak dan memotivasi mahasiswa mengaitkan masalah-masalah sosial dan budaya dengan karya-karya sastra.

... Anak Usia Dini Fatimah Azzahrah, 2021) Guru Ada, Guru Tiada (Jakarta: Pustaka Mulia, 2020) • Menatap Bangsa Hoax: Sebuah Catatan untuk Penegakan Good Governance (Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2019) Modul Pembelajaran Agama Islam ...

Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini

Pendidikan akhlak bertujuan untuk mendewasakan peserta didik agar menjadi manusia mandiri dan bertanggung jawab baik terhadap dirinya orang lain serta lingungannya. Pendidikan akhlak juga mengandung makna yang luas yaitu mentransfer pengatahuan dan keterampilan, bimbingan dan arahan penguasaan ilmu pengetahuan keterampilan sekaligus pembinaan keperibadian, sikap moral dan sebagainnya, demikian pula pendidik dapat diartikan sebagai manusia yang memberikan pengatahuan dan keterampilan dan perubahan yang fositif bagi anak didikannya.

Pendidikan akhlak bertujuan untuk mendewasakan peserta didik agar menjadi manusia mandiri dan bertanggung jawab baik terhadap dirinya orang lain serta lingungannya.

KESANTUNAN BERBAHASA, PENDIDIKAN KARATER, DAN PEMBELAJARAN YANG HUMANIS

Buku Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter, dan Pembelajaran yang Humanis ini merupakan buku referensi bidang Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora. Dalam buku ini dijaki berbagai topik dalam ketiga bidang tersebut. Dalam berbahasa yang santun, kita berupaya menjaga muka mitra tutur sehingga mereka terselamatkan dari tindak pengamcaman muka. Dengan demikian akan terbangun interaksi yang harmonis. Untuk itu perlu dipahami berbagai strategi kesantunan, prinsip kesantunan, dan parameter kesantunan. Santun berbahasa merupakan salah satu karakter penting yang perlu dimiliki oleh peserta didik. Santun menjadi salah satu nilai yang harus diberikan dalam pendidikan karakter. Dalam buku ini dikaji secara mendalam berbagai topik pendidikan karakter, ketika dosen dan guru berkarakter santun, mereka dapat menjadi model bagi peserta didik. Seperti yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sugn Tuladha, dosen da guru harus mampu menjadi teladan; menjadi model bagi peserta didik. Seperti disampikan oleh Lickona (1993), keteladanan atau pemodelan ini menjadi salah satu strategi yang penting dalam Pendidikan karakter. Dosen dan guru yang berkarakter santun akan dapat mengembangkan pembelajaran yang humanis. Bagaimana mereka dapat lebih memanusiakan peserta didik. Dalam pembelajaran yang humanis kita melihat fenomena bagaimana manusia membangun dirinya untuk melakukan hal-hal yang positif. Peserta didik ditempatkan sebagai pusat pembelajaran (centre of learning) dalam aktivitas belajar. Peserta didik menjadi pelaku dalam memaknai pengalaman belajarnya sendiri. Dengan demikian, peserta didik diharapkan mampu menemukan ptensinya dan mengembangkan potensi tersebut secara maksimal. Peserta didik bebas berekspresi cara-cara belajarnya sendiri. Mereka juga dibebaskan dan diberi ruang untuk berkreasi. Peserta didik menjadi aktif dan tidak sekedar menerima informasi yang disampaikan oleh dosen atau guru. Kajian Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter, dan Pembelajaran yang Humanis dalam buku ini dapat digunakan untuk menambah dan memperluas wawasan bagi pelaku pembelajaran dan penggiat pendidikan

Buku Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter, dan Pembelajaran yang Humanis ini merupakan buku referensi bidang Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora.

Microsoft Office 2016 untuk Pemula

Microsoft Office merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengetik, membuat laporan, dan lain sebagainya. Di dalam Microsoft Office terdapat beberapa komponen, yaitu Word, Excel, PowerPoint, dan lain sebagainya. Baru-baru ini Microsoft merilis versi terbarunya yaitu Microsoft Office 2016 yang kaya dengan fitur-fitur terbaru. Di dalam buku ini akan dibahas step by step tentang Word, Excel, PowerPoint, dan OneDrive yang berguna untuk menyimpan seluruh dokumen Anda. Buku ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bisa menguasai Microsoft Offi ce 2016. Pembahasan dalam buku menggunakan bahasa yang sangat sederhana dan mudah dimengerti, juga dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga Anda akan sangat mudah untuk memahaminya. Tunggu apalagi, segera miliki dan pelajari buku ini.

Microsoft Office merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengetik, membuat laporan, dan lain sebagainya.

Fundamentals of English Grammar

A classic developmental skills text for lower-intermediate and intermediate English language learners, Fundamentals of English Grammar is a comprehensive reference grammar as well as a stimulating and teachable classroom text. (Volume B contains Chapters 8-14.) While keeping the same basic approach and material as in earlier editions, the fourth edition more fully develops communicative and interactive language-learning activities. Some of the new features are: Innovative Warm-Up exercises that precede the grammar charts and introduce points to be taught Structure-based listening exercises ranging from casual speech to more academic content A wide selection of readings that highlight the target grammar structures Greatly expanded speaking practice with extensive pair, group, and class work Writing activities with models for students to follow Corpus-informed syllabus that reflects the discourse patterns of spoken and written English Audio CDs and Listening Script in the back of the Student Book

A classic developmental skills text for lower-intermediate and intermediate English language learners, Fundamentals of English Grammar is a comprehensive reference grammar as well as a stimulating and teachable classroom text. (Volume B ...

Basic English Grammar

Added illustrations to help students learn vocabulary, understand contexts, and engage in communicative language tasks. New Workbook solely devoted to self-study exercises. New Audio CDs and listening script in the back of the Student Book.