Sebanyak 1161 item atau buku ditemukan

MINDFUL PARENTING Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune

Buku yang diberi judul “Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak di PAUD Fortune” merupakan buku kedua dari hasil penelitian dan dari kesepuluh jika digabungkan oleh penulis. Fenomena yang diungkapkan dalam buku ini, didasarkan pada fakta emperi penulis berinteraksi dengan informan di lokasi penelitian Mengapa “Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak di PAUD Fortune” menjadi tema dan sekaligus judul dari buku ini?. Sebab secara esensi apa yang penulis wacanakan di dalam buku ini subjeknya adalah Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune. Dengan berpikir yang baik otak harus di jaga berlandaskan agama diharapkan tercipta insan-insan atau anak usia dini yang memiliki moralitas dalam menyangga kehidupan yang penuh toleransi, kejujuran dan kedamaian dimasa yang akan datang. Namun kenyataannya distorsi yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat, justru sering dipicu oleh faktor agama. Degradasi moral yang mulai mengkhawatirkan di tanah air khususnya di Nusa Tenggara Barat, terutama diseputaran anak, remaja dan orang tua yang merupakan sebuah fenomena yang berbanding berbalik bila dilihat dari konteks pendidikan yang memulai perkembangan otak anak sebagai materi mata pelajaran dari tingkat PAUD vi sampai pada level Perguruan Tinggi. Otak serta pengetahuan bersifat fiksi yang memberikan petuah-petuah bijak yang dapat membentuk kelembutan hati kepada anak usia dini, jika mau dipelajari. Perkembangan otak anak akan mampu memberikan tuntunan luhur, arah yang bijak dalam olah kinestika, menata kehidupan pribadi anak, keluarga, dan masyarakat agar sesuai dengan fitrah manusia.

Sebab secara esensi apa yang penulis wacanakan di dalam buku ini subjeknya adalah Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune.

Dinamika dan Perubahan Sosial pada Komunitas Lokal

Pembangunan merupakan cerminan masyarakat ingin berubah untuk mencapai standar kehidupan yang layak dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Ketika pemerintah membuat suatu kebijakan merupakan salah satu upaya dalam mencapai standar kehidupan yang sejahtera dan meraih prestasi serta mencerminkan masyarakat yang makmur. Kebijakan pemerintah diiringi dengan kebijakan masyarakat. Artinya segala keputusan tidak lepas dengan masyarakat yang merupakan agen perubahan. Pelaksanaan pembangunan, masyarakat sebagai objek untuk mencapai tujuan pembangunan. Untuk itu, ketika melakukan pembangunan dan perubahan perlu adanya pemikiran yang luas serta kajian mendalam atas realitas yang terjadi dan mengetahui sebab dan akibat. Perubahan struktur ekonomi yang disebut oleh Marvin Harris perubahan infrastruktur memberi pengaruh yang besar terhadap perubahan struktur dan perubahan suprastruktur. Secara tidak langsung membawa dampak sosial segala aktivitas kehidupan pada khususnya masyarakat Desa Putri Puyu. [pembangunan, desa, puyu, deepublish, marvin harris, Dinamika, Perubahan, Sosial, Komunitas, Lokal]

Pembangunan merupakan cerminan masyarakat ingin berubah untuk mencapai standar kehidupan yang layak dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

GENERASI MILENIAL MADURA (POTRET PERUBAHAN SOSIAL-BUDAYA)

Potret masyarakat Madura yang semula agraris tradisional berubah menjadi masyarakat industri yang modern, pasca rampungnya jembatan Suramadu yang menghubungkan pantai Kenjeran-Surabaya hingga kecamatan Labang-Kamal Kabupaten Bangkalan Madura pada tahun 2009. Sebelumnya, masyarakat Madura membangun kehidupan sosial melalui tradisi dan solidaritas sosial yang tinggi. Masyarakat Madura relatif homogen dan sederhana, sehingga hubungan antarsesama warga cukup erat dan hangat. Belum banyaknya ragam pekerjaan yang menuntut profesionalitas menyebabkan solidaritas di tengah-tengah masyarakat dengan mudah tercipta. Inti perubahan sosial budaya yakni perubahan normanormanya. Norma-norma dan proses pembentukan normanorma merupakan inti dari mempertahankan persatuan kehidupan berkelompok. Proses perubahan sosial budaya adalah proses desintegrasi dalam berbagai bidang sehingga harus diusahakan adanya reintegrasi kembali, yaitu penampungan dalam suatu kehidupan bermasyarakat yang lebih cocok dengan kebutuhan masyarakat yang baru. Norma-norma yang lebih cocok inilah yang akan merupakan ikatan dari masyarakat yang lebih baru atau lebih luas. Buku ini memuat potret perubahan sosial budaya generasi milenial Madura berdasarkan hasil penelitian perubahan sosial budaya etnik Madura dalam lirik lagu kontemporer.

Potret masyarakat Madura yang semula agraris tradisional berubah menjadi masyarakat industri yang modern, pasca rampungnya jembatan Suramadu yang menghubungkan pantai Kenjeran-Surabaya hingga kecamatan Labang-Kamal Kabupaten Bangkalan ...

Evaluasi Pembelajaran Jilid II

Evaluasi pembelajaran adalah salah satu mata kuliah wajib yang mesti di tempuh oleh mahasiswa jurusan pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Hal ini menjadi penting karena salah satu tugas pokok seorang guru atau pendidik sesuai dengan UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah mengevaluasi, sehingga untuk menjadi guru yang profesional memerlukan kemampuan meng­evaluasi peserta didik. Buku evaluasi pembelajaran ini terdiri dari dua jilid yang membahas mengenai evaluasi pembelajaran. Buku ini diharapkan mampu membantu para pembaca dalam mempelajari buku evaluasi lebih mendalam.

(2014-2015), Koordinator Divisi Pendidikan Forum Anak Kota Palu (2015-2016), Sekretaris Umum LDF AlUswah (2017), Kabid Kaderisasi dan Organisasi PK IMM Tarbiyah dan Keguruan (2017), Anggota Litbang HMJ PAI (2017), Sekretaris Umum HMJ ...

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa PENULIS: Dudih Sutrisman, S.Pd. ISBN: 978-602-443-670-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 140 halaman Sinopsis: Sebagai salah satu wahana untuk memberikan pemahaman politik kepada masyarakat dengan tujuan masyarakat dapat memiliki tingkat kesadaran politik dan partisipasi yang tinggi dalam kehidupan politik, pendidikan politik tidak dapat dipandang sebelah mata. Persepsi merupakan proses yang dimulai dari penglihatan hingga terbentuknya suatu tanggapan yang terjadi dalam diri individu sehingga individu sadar akan segala sesuatu yang sedang terjadi pada lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya. Hasil dari persepsi bisa berupa tanggapan atau penilaian yang berbeda dari setiap individu. Kepemimpinan memiliki beberapa fungsi yang berhubungan dengan situasi atau keadaan sosial dalam kelompok atau organisasi. Rivai dan Mulyadi (2013, hlm. 34) menyatakan bahwa fungsi kepemimpinan memiliki dua dimensi seperti: (a) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat kemampuan mengarahkan (direction) dalam tindakan atau aktivitas pemimpin, dan (b) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan (support) atau keterlibatan orang-orang yang dipimpin dalam melaksanakan tugas-tugas pokok kelompok/organisasi. Mahasiswa dikatakan sebagai Agent of Change, artinya mahasiswa sebagai agen perubahan dimana mereka banyak melakukan perubahan dalam berbagai bidang yang digelutinya terutama untuk perubahan bangsa dan negara yang lebih baik, atau perubahan yang dilakukan melalui organisasi yang diikutinya. Selain itu, mahasiswa sebagai penyambung lidah masyarakat untuk berbicara kepada pemerintah. Sejarah telah membuktikan setiap perubahan tidak terlepas dari peran aktivis mahasiswa. Hal ini menjadi sebuah tuntutan untuk mahasiswa masa kini agar meraih prestasi melebihi pendahulunya. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa PENULIS: Dudih Sutrisman, S.Pd. ISBN: 978-602-443-670-4 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 140 halaman Sinopsis: Sebagai salah satu wahana untuk memberikan ...

Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini

Buku Ajar S1 PAUD

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Analisis kebutuhan Anak Usia Dini adalah: Suatu usaha untuk mengetahui segala sesuatu yang dibutuhkan anak pada usia 0-6 tahun agar anak siap melanjutkan pendidikan selanjutnya. Dimensi-dimensi perkembangan anak—fisik, sosial, emosi, kognitif, dan spiritual—berhubungan erat satu sama lain. [Penerbit Deepublis, Deepublish, PAUD, Dr. MA. Muazar Habibi, S.Psi., M.Pd.]

Analisis kebutuhan Anak Usia Dini adalah: Suatu usaha untuk mengetahui segala sesuatu yang dibutuhkan anak pada usia 0-6 tahun agar anak siap melanjutkan pendidikan selanjutnya.

MANAJEMEN DETEKSI DINI ANAK BALITA

buku ini berisikan tentang bagaimana manajemen untuk mendeteksi secara dini terkait perkembangan anak balita

buku ini berisikan tentang bagaimana manajemen untuk mendeteksi secara dini terkait perkembangan anak balita

Memahami kurikulum 2013 panduan praktis untuk guru penndidikan agama islam dan budi pekerti

FILSAFAT HUKUM

Dalam Pendekatan Kesejarahan dan Profetik

Belajar filsafat banyak diartikan belajar tentang hakikat sesuatu. Belajar tentang hakikat adalah belajar asal-usul, sebab-akibat, apa-mengapa adalah sesuatu yang sulit, tetapi bukanlah sesuatu yang tidak dapat dipelajari. Melalui kematangan dan kedalaman analisis sampailah seseorang itu pada suatu substansi yang menjadi essensi sesuatu yang dicari. Tetapi terkadang kesesatan-kesesatan dalam berpikir juga mendominasi seseorang ketika dasar perpijak yang dipilih adalah salah. Itulah sebabnya belajar filsafat memerlukan dasar berpijak yang benar. Dasar pengertiannya lebih tepat dimulai dari pengertian secara etimologi. Apakah Filsafat itu? Kata filosofi diambil dari perkataan Yunani Philosophia, yaitu Philo atau philein (suka, cinta) dan Sophia (kebijaksanaan). Jadi kata itu berarti cinta kepada kebijaksanaan. Philosophos adalah pecinta kebijaksanaan. Dalam bahasa Arab disebut failasuf, (disesuaikan dengan tabiat susunan kata-kata Arab yakni falsafa dengan pola fa’lala, fa’lalah dan fi’lal) kemudian ditransfer ke dalam bahasa Indonesia menjadi Failasuf atau Filsuf.

Belajar filsafat banyak diartikan belajar tentang hakikat sesuatu.

Filsafat Ilmu

Di dalam buku ini menyajikan konsep dasar tentang filsafat ilmu, arah pemikiran sebuah filsafat ilmu, dan ranah kajian filsafat ilmu yang meliputi 3 pokok hal yaitu ranah ontologi, ranah epistimologi, dan ranah aksiologi. Selain itu, belajar filsafat juga terdapat sarana-sarana untuk berpikir secara ilmiah seperti logika, bahasa, statistika, dan matematika. Filsafat ilmu yang berusaha menelaah ilmu secara filosofis dari berbagai sudut pandang ilmiah, maka peran seorang ilmuan dalam mengembangkan ide dan gagasannya tidak lepas dari penilaian secara etika dan moralitas. Adanya tanggung jawab seorang ilmuan menjadi jalan berpikir bagi setiap orang untuk senantiasa memberikan analisis dengan sikap kritis dan evaluatif. Analisis tersebut tentunya harus berdasarkan kriteriakriteria ilmiah, sitematis berpangkal pada metode ilmiah, analisis obyektif, etis, dan filsafati. Materi-materi tersebut didukung dengan contoh-contoh penerapan filsafat dalam kehidupan sosial. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan konsep dasar filsafat ilmu yang dialami oleh manusia, baik secara individu maupun sosial. Penulis menyadari bahwa dalam buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada penerbit Deepublish yang telah berkenan menerbitkan buku ini. Untuk meningkatkan kualitas secara isi dan penyajiannya, penulis mengharapkan saran dan kritik positif dari pembaca sebagai bahan perbaikan pada penerbitan yang akan datang

Filsafat ilmu yang berusaha menelaah ilmu secara filosofis dari berbagai sudut pandang ilmiah, maka peran seorang ilmuan dalam mengembangkan ide dan gagasannya tidak lepas dari penilaian secara etika dan moralitas.