Korupsi di Indonesia sudah sampai ke tahap ke yang sangat membahayakan dan perlu dikendalilkan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa. Jika kita memperhatikan media massa dan media sosial, berbagai macam kasus korupsi terjadi di Negara kita tercinta mulai dari yang besar, sedang hingga kasus kecil terjadi tahun demi tahun secara terus menerus tanpa bisa dihentikan. Hukuman yang ringan menjadi penyebab utama para koruptor tetap saja menjalankan aksinya. Hukum yang diandalkan juga belum mampu bekerja maksimal, berbagai kasus korupsi kebanyakan tidak menghasilkan hukuman yang membuat jera para pelaku/tersangka korupsi. hal ini dikarenakan pelaku kebanyakan didominasi oleh pejabat negara dan orang dari kalangan atas. Kasus korupsi di negara kita melibatkan berbagai kalangan mulai anggota DPR, oknum kepolisian, TNI, dan oknum Menteri, oknum Kejaksaan, oknum partai politik, oknum kepala daerah, dan masih banyak lagi sehingga korupsi harus diposisikan sebagai musuh bersama (public enemy) yang harus diberantas bersama dengan melibatkan seluruh komponen bangsa. Memperhatikan kondisi tersebut di atas, maka para Guru Besar bersama seluruh komponen bangsa haruslah mengambil peran penting dan strategis untuk mengatasi masalah korupsi. Salah satu langkah startegis yang bisa dilakukan selain merancang sistem yang bersih juga melibatkan dan mendidik generasi muda kita khususnya mahasiswa yang dalam beberapa tahun ke depan berperan penting dalam pembangunan bangsa kita. Kita sangat berharap agar melalui gerakan Antikorupsi, cita-cita bangsa kita untuk mencapai masyarakat adil dan makmur dapat kita wujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Mempelajari perkembangan teori dan praktik Manajemen Sumber Daya Manusia dewasa ini menjadi sangat penting artinya terutama terkait dengan perubahan dan tantangan dalam kehidupan global saat ini. Hampir semua kehidupan dan aktivitas manusia dan masyarakat sangat dipengaruhi oleh realitas tantangan dan perubahan tersebut, baik manusia sebagai individu, pemimpin, manajer, mahasiswa, eksekutif perusahaan, wirausahawan, peneliti , praktisi maupun akademisi yang menekuni manajemen sumber daya manusia itu sendiri. Manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah istilah atau kosakata yang dinamis untuk menjelaskan tindakan dan kegiatan manusia dalam kehidupan berorganisasi. Dengan demikian fokus dari manajemen sumber daya manusia adalah mengelola tindakan dan kegiatan manusia mulai dari tataran kognisi, afektif dan psikomotorik ke arah pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam organisasi. Seiring dengan realitas tersebut, maka saya berupaya menggagas penyusunan Buku MSDM untuk menggambarkan dan menjelaskan luas lingkup serta dinamika perkembangan kajian manajemen sumber daya manusia sebagai sebuah tinjauan akademis maupun praktis. Untuk memudahkan memahami materi buku ini, penulis mencoba membagi kerangka buku ini menjadi 4 Bagian yang terdiri atas 15 Bab.
Manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah istilah atau kosakata yang dinamis untuk menjelaskan tindakan dan kegiatan manusia dalam kehidupan berorganisasi.
Buku ini terdiri atas 5 bagian penting. Pada bagian 1 diuraikan mengenai konsep dasar media presentasi pembelajaran. Bagian 2 diuraikan mengenai prosedur pembuatan media presentasi pembelajaran. Bagian 3 pengenalan software media presentasi pembelajaran. Bagian 4 diuraikan mengenai cara membuat media presentasi pembelajaran dengan microsoft power point. Bagian 5 diuraikan mengenai aspek penilaian media presentasi pembelajaran yang baik.
Pada bagian 1 diuraikan mengenai konsep dasar media presentasi pembelajaran. Bagian 2 diuraikan mengenai prosedur pembuatan media presentasi pembelajaran. Bagian 3 pengenalan software media presentasi pembelajaran.
Dari Konsep, Contoh, dan Lembar Kerja Pedoman Best Practice
Best Practice ini disusun berdasarkan pengalaman terbaik penulis ketika proses pembelajaran teks wawancara. Dalam karya tulis ini, diuraikan tentang cara pemecahan masalah yang menjelaskan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi secara rinci dalam pembelajaran bahasa Jawa. Perlu diketahui juga bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dan digunakan dalam best practice ini telah memenangkan penghargaan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional sebagai Juara 2
Idealnya, kepemimpinan seorang kiai mesti bersandar secara maksimal pada kualitas spiritual dan kapasitas penguasaannya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Kualitas tersebut akan berdampak pada derajat pemanfaatannya terhadap kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dalam proses dan peran kepemimpinan yang dijalankannya. Yang ideal, meskipun sulit, harus terus menerus dikejar dan diupayakan, karena eksistensi pesantren di masa depan akan sangat bergantung salah satunya pada kriteria kepemimpinan yang semacam itu.
1995, Pengembangan Pendidikan Islam yang Menjanjikan Masa Depan, Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar Fakultas tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang, Malang. ______. 1998, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3NI.