Sebanyak 1087 item atau buku ditemukan

Sistem pengukuran kinerja lembaga litbang

Work performance standards and measurement for research institutions in Indonesia.

Work performance standards and measurement for research institutions in Indonesia.

KAJIAN SOSIAL DAN PEMERINTAHAN BERBASIS GEOSPASIAL BIDANG PENDIDIKAN (SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN BERBASIS GEOSPASIAL)

Kondisi Banyuasin yang terdiri dari daratan dan perairan membuat Banyuasin membutuhkan cara khusus untuk menyelesaikan kedua kondisi yang berbeda tersebut. Keadaan geografis juga mempengaruhi pembangunan di sektor pendidikan dalam rangka mewujudkan Banyuasin Cerdas. Untuk dapat membangun secara baik diperlukan data yang akurat. Salah satu data yang diperoleh dan dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang digunakan sebagai alat untuk mengambil berbagai keputusan di bidang pendidikan adalah Dapodik. Di sisi lain Dapodik merupakan data mentah yang masih cukup rumit untuk dipahami, dan hanya orang tertentu yang memahaminya. Di samping itu, diperlukan waktu yang cukup lama untuk dapat memahami data tersebut. Oleh karena diperlukan sebuah solusi agar data tersebut mudah dipahami, lebih menarik, dan sekolah dapat ditampilkan secara visual dalam waktu real team. Oleh karena itu perlu penyajian data yang akuntabel, mudah dipahami, dapat diakses dengan mudah, dan menarik. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka Sistem Informasi Geospasial dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat ditempuh oleh Kabupaten Banyuasin untuk dapat menyajikan sekaligus sebagai cek and recek tentang kemajuan pembangunan yang sudah dicapai di dunia pendidikan. Sistem Informasi Geospasial dalam bentuk Sistem Informasi Sekolah berbasis Geospasial dapat dilakukan dengan melakukan pengolahan terhadap dapodik yang telah diupload dan diisi oleh sekolah. Data ini nantinya akan disajikan dalam bentuk Geospasial dalam bentuk satu, dua dan tiga dimensi.

Kondisi Banyuasin yang terdiri dari daratan dan perairan membuat Banyuasin membutuhkan cara khusus untuk menyelesaikan kedua kondisi yang berbeda tersebut.

Langkah Awal Sistem Konseling Pendidikan Nasional

Analisis Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Puji syukur ke hadirat Allah swt yang telah menganugerahkan rahmat, taufik, hidayah dan inayat melalui firman-firmanNya yang luar biasa sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan ini yang berjudul “Langkah Awal Sistem Konseling Pendidikan Nasional: Analisis Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Dari judul tulisan ini, maka tentunya berisi tentang analisis terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang berkenaan dengan Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Kebijakan seperti ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat profesi bimbingan dan konseling di Indonesia. Kebijakan ini berharap menjadi landasan hukum sekaligus pedoman dalam pelaksanaan BK di sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Harapan lainnya adalah untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang BK oleh masyarakat dan personil sekolah termasuk siswa. Walaupun demikian, setiap yang diciptakan manusia termasuk kebijakan ini, tentunya juga tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan dari kebijakan ini. Oleh karena itu, penulis berusaha memberikan masukan, ide, pendapat, pandangan dan kritikan terhadap kebijakan ini beserta kebijakan lain yang masih terkait.

Puji syukur ke hadirat Allah swt yang telah menganugerahkan rahmat, taufik, hidayah dan inayat melalui firman-firmanNya yang luar biasa sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan ini yang berjudul “Langkah Awal Sistem Konseling ...

Sistem Informasi Manajemen

Dewasa ini, informasi menjadi sumber daya yang penting sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komputer. Buku ini disajikan secara ringkas dan menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami bagi para mahasiswa dan pembaca yang berminat. Buku ini membahas konsep-konsep, teori-teori dan disajikan pula praktik-praktik sistem informasi terkait dengan praktik manajemen bisnis modem. Buku ini ditulis oleh Dr. Achmad Sudiro, SE., ME., Perdana Rahadhan, SE., dan Ir. Nur Prima, MM., Tim Dosen pengajar Sistem Informasi Manajemen pada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Buku ini ditulis oleh Dr. Achmad Sudiro, SE., ME., Perdana Rahadhan, SE., dan Ir. Nur Prima, MM., Tim Dosen pengajar Sistem Informasi Manajemen pada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Percepatan Pembangunan Kesehatan Di Indonesia

Melandaskan Pada Paradikma Sehat Dan Pemikiran Dasar Pembangunan Kesehatan

Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agarv terwujud derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara social dan ekonomis. Buku ini mengemukakan terutama tentang pemikiran dasar pembangunan kesehatan, paradigma sehat dan penguatan pengelolaan serta pelaksanaan pembangunan kesehatan du Indonesia. Pemikiran dasar ini pada hakekatnya merupakan makna dari pelaksanaan paradigma sehat yang ditetapkan dalam undang-undang No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Selanjutnya dikemukakan tentang pengembangan mutu pembangunan kesehatan di masa depan terutama yang berkaitan dengan berbagai upaya penguatan perencanaan dan pengendalian serta evaluasinya.

Kekurangan gizi pada anak balita telah menurun, namun masih tetap menjadi
masalah kesehatan masyarakat yang ... Gangguan pertumbuhan yang ditandai
dengan rendahnya berat badan dan tinggi badan telah terjadi sejak usia dini (4 ...

Pembangunan kesehatan di Indonesia

prinsip dasar, kebijakan, perencanaan dan kajian masa depannya : langkah-langkah untuk mendukung akselerasi pembangunan kesehatan nasional dan daerah

Author's account as health dept. consultant since 1965 and his comment on planning and policies in national health development in Indonesia.

... obstetrik minimal 12 % dari seluruh persalinan , cakupan pembinaan
kesehatan balita dan usia pra - sekolah menjadi 80 % , cakupan pelayanan ... ( 8
) Berkembangnya pelaksanaan sistem kewaspadaan dini kejadian luar biasa ,
pencegahan dan penanggulangan bencana secara terpadu dan ... Sasaran
umum Perbaikan Gizi Masyarakat adalah semakin meningkatnya derajat gizi
masyarakat ; b .

Antologi studi agama dan pendidikan

Reform of study and teaching method on Islamic education in colleges and universities in Indonesia.

... Islam pada dasarnya bisa dilacak akar historisnya . Asumsi umum bahwa dikotomi dalam Islamic learning hanyalah ... rahmatan lil alamin , tentu tidak mengenal sekat - sekat kekinian dan kedisinian . Dari konsep pendidikan Ibnu Hazm ...

Metodologi penelitian filsafat

UNSUR - UNSUR METODIS UMUM BAGI PENELITIAN FILSAFAT Objek formal
yang khas bagi filsafat , dengan sifat - sifatnya ( bab 2 ) membawa konsekuensi -
konsekuensi bagi metode penelitian di bidang filsafat . Objek itu hanya dapat ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem

Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut. Perancangan proposal penelitian untuk hibah kompetisi menyaratkan hal tersebut jika ingin mendapat pendanaan, baik yang berskala nasional dan lebih-lebih yang berskala internasional. Demikian halnya dengan proposal untuk disertasi, sedangkan untuk proposal tesis dan skripsi diharapkan mahasiswa mampu untuk mencapai hal tersebut. Di sisi lain, luaran hasil penelitian berupa manuskrip atau naskah yang akan diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Manuskrip yang berpeluang besar bisa terbit menjadi artikel di jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi sangat dituntut memiliki novelty yang tinggi dan ditulis dari hasil penelitian yang valid. Buku ini mengulas secara sederhana dan mudah dipahami tentang “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”. Sehingga dapat digunakan sebagai rujukan untuk kegiatan penelitian dan dapat digunakan sebagai pegangan untuk perkuliahan metodologi penelitian, pada jenjang program S1 dan lebih-lebih pada program S2 dan S3 di berbagai bidang keilmuan.

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut.