Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

Wanita muslimah dan pendidikan anak usia dini

Sementara anak yang mendapat perhatian secara adil oleh sang ibu, akan hidup sehat, bersih hatinya dari rasa dengki, ... Pendidikan Anak Wanita muslimah akan bersungguh-sungguh menanamkan akhlak karimah pada jiwa putra-putrinya, Usia Dini.

Pendidikan Akhlak dengan Literasi Islami

Buku ini berupaya memberikan penjelasan secara detail upaya penanaman akhlak melalui metode cerita Islami pada santri TPQ Shirotun Nur Dusun Mojoroto, Desa Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2020-2021. Beberapa gambaran mengenai penenaman akhlak pada lembaga pendidikan al-Quran tersebut dalam buku ini antara lain, ditemukan bahwa akhlak santri cukup baik namun masih perlu adanya tuntunan, bimbingan serta pembiasaan yang baik oleh guru dalam hal sopan santun berbicara dengan kawan sabayanya. Konsep akhlak dalam buku ini digambarkan dengan komplek, mulai dari jenisnya, contoh-contoh perilakunya, serta metode penanamannya melalui cerita Islami. penanaman akhlaq pada santri TPQ Shirotun Nur adalah dengan cara bercerita, memilih cerita yang tepat baik yang ada dalam al-Qur’an ataupun nabi, memilih alat peraga, menyimpulkan isi kandungan cerita dan mempraktekkan dalam pembelajaran seperti mempraktekkan cara sopan santun, berpakaian dan lainnya.

Esa Primawidia, Skripsi, Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tk Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung, Lampung, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, 2017 Isnaeni Widianarti, ...

Dari Lokal ke International: Pengelolaan Pendidikan Berbasis Akhlak

"""”Jatuh bangunnya umat Islam, pada dasarnya bergantung pada jauh atau dekatnya umat Islam itu dengan Kitab Sucinya. Hanya pada pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al-qur’an, generasi baru umat dapat menjadi generasi idaman di masa depan.” — Prof. Dr. H. M. Amien Rais “Kita berharap kiranya gerakan TK Al-Qur'an ini teruslah bergerak dan berkembang sesuai tuntutan zamannya masing-masing untuk membangun generasi penerus perjuangan bangsa yang bermoral, berakhlak mulia, dan akrab dengan Al-Qur'an.” — Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH., Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) “Gerakan TK/TP Al-Qur’an telah menjawab tantangan permasalahan zaman dengan senantiasa menyukseskan gerakan pemberantasan buta aksara Al-Qur’an melalui pendirian dan pendidikan pada TK/TP Al-Qur’an dengan tidak mengenal lelah.” — Drs. Mamsudi Abdurrahman, MM Deriktur Nasional LPPTKA BKPRM Periode Tahun 2009 2014"""

g/KG - “Taman” tempat yang Usia anak menyenangkan yang sesuai dini indah adalah dengan dan usia dan menyenangkan. Dig falsafahnya it untuk asri alP u blis bukanlah h bermain in merupakan 3 /G Kalau C dinamakan dan gambaran bukan tempat ...

ISLAMIC PARENTING IN DISRUPTION ERA Konsep Pendidikan Anak Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW. Di Era Disrupsi

Judul : ISLAMIC PARENTING IN DISRUPTION ERA Konsep Pendidikan Anak Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW. Di Era Disrupsi Penulis : Nuri Firdausiatul Jannah Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 85 Halaman ISBN : 978-623-68729-8-7 Didalam buku ini dijelaskan secara terperinci apa itu pendidikan, apa itu era disrupsi, konsep-konsep pendidikan, metode pendidikan, globalisasi dan era disrupsi serta bagaimana pendidikan yang ada dimasa Nabi Muhammad SAW dan para Sahabatnya. Buku ini ditujukan khusus kepada pendidik dan orang tua yang mana pendidik dan orang tua harus lebih kreatif, inovativ, serta terampil dalam mendidik anak sesuai zamannya. Disini dipaparkan beberapa cara-cara mudah dalam mendidik anak misalnya menggunakan gadget yang sudah tidak asing lagi kita saksikan pada era disrupsi saat ini, serta beberapa media pembelajarang yang dikemas berbentuk mainan yang dapat memudahkan pendidikan diera disrupsi. Tujuan dari pendidikan bukan hanya sekedar mencapai angka ataupun nilai, akan tetapi yang terpenting adalah mencapai kebahagiaan dan membasmi kedunguan. Untuk itu proses belajar mengajar haruslah dikemas semenarik mungkin dan menyenangkan. Disinilah peran guru dan orang tua untuk memainkan peran yang strategis . Karena itu, setiap pendidik ataupun orang tua mempersiapkan cara bagaimana cara untuk membuat pendidikan yang diberikan menjadi menarik dan mudah dicerna oleh para peserta didik.

Di Era Disrupsi Penulis : Nuri Firdausiatul Jannah Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 85 Halaman ISBN : 978-623-68729-8-7 Didalam buku ini dijelaskan secara terperinci apa itu pendidikan, apa itu era disrupsi, konsep-konsep pendidikan, metode ...

Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika

Buku ini membahasa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam pembelajaran matematika

Buku ini membahasa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam pembelajaran matematika

Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Nilai Karakter

Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Nilai Karakter PENULIS: Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-012-7 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Pesatnya kemajuan ilmu dan teknologi pada era globalisasi membawa pengaruh terhadap dunia pendidikan: pengaruh positif seperti informasi lebih mudah dan cepat, mudah untuk mengakses pelbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia dan pengaruh negatif terhadap tingkah laku peserta didik yang menjurus pada dekadensi moral. Atas dasar pemikiran itu, pembelajaran di sekolah perlu menekankan pada nilai-nilai karakter. Desain pembelajaran harus dilakukan melalui perancangan yang baik, pendekatan yang sesuai, dan kaidah pembelajaran. Sebelum melaksanakan pembelajaran seorang pengajar harus membuat persiapan pembelajaran. Persiapan tersebut akan menjadi panduan bagaimana kegiatan pembelajaran itu akan berlangsung: mulai dari aktivitas pendahuluan, aktivitas inti, dan terakhir akivitas penutup. Dalam buku ini dijelaskan desain pembelajaran yang dirancang dengan menerapkan Kaidah Respons Pembaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (KRPDPBI) untuk memahamkan karakter kepada peserta didik. Penggunaan KRPDPBI dalam memahamkan nilai-nilai karakter telah dijalankan melalui eksperimen berdasarkan pengujian data statistik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Nilai Karakter PENULIS: Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-012-7 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Pesatnya kemajuan ilmu dan teknologi pada era globalisasi ...

Integrasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Sejarah Lokal

Nilai karakter pada masyarakat Sulawesi Selatan merupakan pengetahuan lokal dan potensi lokal yang akan menjadi corong dalam “memenangi” persaingan yang semakin kompleks kedepannya. Nilai karakter perlu diperkenalkan dan diintegrasikan dalam pembelajaran, termasuk pada mata kuliah sejarah lokal yang memiliki kajian yang paling “intim” dalam menemukenali nilai karakter yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran wujud kecintaan terhadap local genius. Buku ini merupakan referensi alternatif bagi perkuliahan sejarah lokal. Ketersediaan referensi mata kuliah sejarah lokal yang digunakan sangat monoton, outputnya tidak menyentuh muatan nilai karakter yang tersirat dalam setiap peristiwa sejarah lokal Sulawesi Selatan, misalnya nilai maradeka, lempu, getteng, sitinajang, warani dan karakter lainnya sebagai kekhasan masyarakat Sulawesi Selatan yang pemaknaannya tidak lagi menjadi pedoman hidup, termasuk mahasiswa. Buku ini terdiri 5 bab. Bab 1 pendidikan karakter, sub bab: 1) pengertian karakter, 2) Pendidikan karakter, 3) Metode pengajaran pendidikan karakter, 4) Pengajaran pendidikan karakter di PT, 5) Sejarah sebagai pioner pendidikan karakter. Bab 2 sejarah lokal, sub bab; 1) Pengertian sejarah, 2) Sejarah lokal, 3) Hubungan sejarah lokal dengan sejarah nasional, 4) Pengajaran sejarah lokal. Bab 3 sejarah lokal Sulawesi Selatan, sub bab: 1) Awal mula kerajaan lokal, 2) Persekutuan politik, 3) Islamisasi, 4) Kolonialisme dan imprealisme, 5) Pendudukan Jepang, 6) Upaya mempertahankan kemerdekaan. Bab 4 sumber karakter masyarakat Sulawesi Selatan, sub bab: 1) lontara, 2) pappaseng, 3) siri na pacce. Bab 5 integrasi nilai karakter, sub bab: 1) maradeka (demokrasi), 2) lempu (jujur), 3) getteng (tegas), 4) sitinajang (kepatutan), 5) warani (berani).

Nilai karakter pada masyarakat Sulawesi Selatan merupakan pengetahuan lokal dan potensi lokal yang akan menjadi corong dalam “memenangi” persaingan yang semakin kompleks kedepannya.

Karakter Nasionalis Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa SMA

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan. Belajar sejarah merupakan kegiatan untuk mengurai kembali memori yang ada untuk di jadikan nilai. Belajar sejarah adalah melihat diri sendiri. Dengan melihat diri sendiri sesungguhnya pembelajar telah mengukur kemampuannya. Sehingga dengan demikian, dapat menentukan pilihan terbaik untuk dirinya. Pada tataran inilah syarat menjadi guru kehidupan dan menjadikan orang bijak. Buku ini mengulas tentang karakter nasionalisme dan pembelajaran sejarah yang dilakukan pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas. Siswa SMA merupakan generasi yang berada dalam suasana kejiwaan yang menjurus pada proses pembentukan karakter. Agar dalam proses ini tidak terjadi salah langkah, kiranya perlu hal-hal yang dapat di jadikan sebagai panduan dalam mewujudkan karakter yang terukur. Karakter nasionalisme dalam pembelajaran sejarah dimaksudkan untuk mengisi hal-hal yang dapat membentuk karakter sekaligus dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengukur kelayakan pembelajar sebagai generasi yang berkarakter nasionalis.

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan.

Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Buku berjudul Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 ini merupakan buku bunga rampai dari beberapa tema, topik, dan judul yang sudah dikumpulkan. Di antaranya meliputi Konsep Pembelajaran Daring, Kompetensi Pedagogik Pembelajaran Daring Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0, Teknologi Pembelajaran Daring Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0, Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pencanaan Pembelajaran Daring, Model Dan Metode Pembelajaran Daring, Asesmen pembelajaran daring di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0, dan Validitas Penilaian Daring melalui Project Based Assement.

Dari aspek istilah, perencanaan pembelajaran terdiri atas dua kata yaitu perencanaan dan pembelajaran. Perencanaan berasal dari kata rencana yaitu pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.