Sebanyak 166 item atau buku ditemukan

Perencanaan Pemberdayaan Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi dalam Rangka Keterbukaan Informasi Publik

Studi di Bagian Humas Setda Kabupaten Bantul

Reformasi birokrasi yang sedang gencar dijalankan di Indonesia berlangsung di berbagai bidang, salah satunya di bidang keterbukaan informasi. Istilah reformasi sendiri seringkali dikaitkan dengan keterbukaan karena era sebelum reformasi birokrasi di Indonesia cenderung bersifat tertutup. Good governance yang merupakan tujuan dari reformasi birokrasi tidak akan bisa terwujud tanpa adanya keterbukaan karena, transparansi, yang salah satunya terwujud dalam bentuk keterbukaan informasi, merupakan salah satu dari sepuluh prinsip good governance dari United Nation Development Program (UNDP) yaitu: participation, rule of law, transperancy, responsiveness, consensus orientation, equity, efficiency and effectiveness, accountability, dan strategic vision (Mardiasmo, 2002, h.24). Definisi governance sendiri mengandung tiga topik sentral yaitu akuntabilitas, legitimasi, dan transparansi (Kuper, 2008, h.417). Dari definisi tersebut terlihat hubungan yang erat antara akuntabilitas, legitimasi, dan transparansi. Sedangkan good governance didefinisikan sebagai a legitimate state with a democratic mandate, an efficient and open administration, and the use of competition and markets in the public and private sectors (Kuper, 2008, h 378). Salah satu tujuan yang hendak dicapai dari reformasi birokrasi di bidang keterbukaan informasi adalah open administration dimana masyarakat diberikan kepastian hukum untuk mengakses informasi yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemerintahan. Sebagaimana dikemukakan oleh Mardiasmo (2009, h.21) dalam konteks organisasi pemerintah, akuntabilitas publik adalah pemberian informasi dan disclosure atas aktivitas dan kinerja finansial pemerintah kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan tersebut.

Reformasi birokrasi yang sedang gencar dijalankan di Indonesia berlangsung di berbagai bidang, salah satunya di bidang keterbukaan informasi.

Bisnis Desain Ekonomi Kreatif

Perspektif Internasional dan Nusantara

Industri kreatif mewakili salah satu bidang terpenting di Indonesia, ekonomi global abad kedua puluh satu, sejak 1990-an, ia telah digembar-gemborkan sebagai salah satu sektor industri dengan pertumbuhan tercepat, dan sekarang dipandang penting bagi keberhasilan sebagian besar ekonomi berkembang dan maju, itu potensi industri kreatif untuk menangkap pasar nasional. Sedangkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif, kita perlu mengenal kekuatan negara kita sendiri, yaitu negara Indonesia. Indonesia adalah negara yang sangat potensial untuk pengembangan ekonomi kreatif. Sehingga buku ini hadir untuk menyadarkan kita akan hal itu. Hal yang kita perlu ketahui adalah: industri kreatif siapa? Kita perlu menanyakannya, karena banyak diskusi tentang industri kreatif atau ekonomi kreatif (juga disebut sebagai industri budaya). Dalam bidang kebijakan, keilmuan, dan industri mengandalkan jawaban yang sangat terbatas untuk pertanyaan itu. Dengan demikian, jawaban standarnya adalah: industri kreatif memilih sektor spesialis ekonomi; hanya beberapa jenis pekerjaan atau pekerjaan yang dianggap kreatif; tidak banyak negara dapat membanggakan ekonomi kreatif, sebuah anggapan telah menyatakan bahwa industri kreatif mengacu pada industri hak cipta, yang rencana bisnisnya dibuat untuk membuat hasil kreatif dari individu-individu berbakat menjadi properti intelektual, dan kemudian menjualnya.

Industri kreatif mewakili salah satu bidang terpenting di Indonesia, ekonomi global abad kedua puluh satu, sejak 1990-an, ia telah digembar-gemborkan sebagai salah satu sektor industri dengan pertumbuhan tercepat, dan sekarang dipandang ...

Aplikasi Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi

Dalam bisnis global dan lingkungan ekonomi saat ini, siapapun dapat mengakses sejumlah besar informasi atau data statistik untuk pengambilan keputusan secara efektif. Ilmu statistik pada dasarnya merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan menyimpulkan data atau fakta. Data yang diolah dapat memberikan informasi yang berguna dalam membantu pengambilan keputusan baik untuk bisnis maupun nonbisnis. Statistik dapat juga digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel yang dapat diukur secara kuantitatif (quantitative variable) dan kualitatif (qualitative variable), secara kuantitatif misalnya jumlah barang yang dihasilkan, jumlah barang yang dijual, biaya promosi dan lain-lainnya. Sedangkan secara kualitatif misalnya selera konsumen, sikap konsumen, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen dan lain-lainnya. Statistik dapat digolongkan menjadi 2 bagian yaitu, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif menggambarkan dan menganalisis data yang sudah ada dalam bentuk tabel, grafik dan ukuran-ukuran gejala pusat seperti rata-rata hitung, median, modus, simpangan baku dan angka indeks harga. Sedangkan statistik inferensial membahas tentang probabilitas, distribusi normal, distribusi sampling, estimasi/pendugaan, pengujian hipotesis, regresi dan korelasi. Buku yang sederhana ini adalah sebagai penuntun dan dilengkapi dengan soal-soal latihan serta jawabannya. Buku ini diharapkan juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan baik dalam bidang bisnis maupun nonbisnis.

Dalam bisnis global dan lingkungan ekonomi saat ini, siapapun dapat mengakses sejumlah besar informasi atau data statistik untuk pengambilan keputusan secara efektif.

Statistika Ekonomi

Konsep, Teori, dan Penerapan

Sistematika materi yang ditulis dalam buku ini meliputi: Bab 1. Dasar-dasar Statistika Bab 2. Pengumpulan, Pengolahan , dan Penyajian Data Bab 3. Ukuran Pemusatan Data Bab 4. Ukuran Penyebaran Data Bab 5. Angka Indeks Bab 6. Analisis Deret Berkala Bab 7. Probabilitas Bab 8. Regresi dan Korelasi Bab 9. Hipotesis dan Pengujian Hipotesis Bab 10. Analisis Varian (ANOVA)

Sistematika materi yang ditulis dalam buku ini meliputi: Bab 1.

Pembangunan Ekonomi Daerah

Dinamika dan Strategi Pembangunan

Buku ini mengulas strategi pembangunan untuk menjawab dinamika pembangunan saat ini dan masa mendatang. Dengan diperkuat teori-teori pembangunan daerah dan studi kasus yang ada di daerah menjadikan buku ini lebih membumi sehingga sesuai untuk kalangan akademis dan praktisi. Buku ini juga menyajikan konsep dasar sistem perencanaan dan penganggaran dari tingkat pusat sampai dengan daerah.

Buku ini mengulas strategi pembangunan untuk menjawab dinamika pembangunan saat ini dan masa mendatang.

Ekonometrika Spasial Terapan dengan R

Ruang lingkup ekonometrika adalah pemodelan yang berdasar pada data cross section, deret waktu atau panel. Posisi relatif satu unit cross section terhadap unit cross section yang lainnya belum dilibatkan. Jika informasi lokasi atau posisi relatif antarunit pengamatan memegang peranan penting untuk menjelaskan fenomena yang diamati, maka asumsi kebebebasan (antargalat) yang diperlukan di dalam regresi klasik tidak lagi terpenuhi. Oleh sebab itu dengan memanfaatkan perkembangan statistika spasial, berkembang pulalah ekonometrika spasial di mana informasi lokasi mulai dilibatkan di dalam pemodelan. Ketergantungan spasial dan heterogenitas spasial adalah sifat utama yang mendasari perlunya dilibatkan unsur lokasi di dalam model. Diperlukan pendefinisian matriks pembobot spasial yang menggambarkan konfigurasi posisi relatif satu unit cross section dengan unit cross section yang lain. Matriks ini dapat dibentuk berdasarkan konsep jarak maupun konsep kontiguitas. Model ekonometrika spasial mengasumsikan bahwa variabel respons tidak hanya dipengaruhi oleh prediktor di lokasi yang sama, akan tetapi dapat saja dipengaruhi oleh respons di lokasi tetangga, variabel prediktor di lokasi tetangga, ataupun oleh faktor-faktor tak terjelaskan yang juga berasal dari lokasi tetangga. Pemodelan yang paling kompleks mengakomodasi ketiga sumber interaksi spasial tersebut, dan di dalamnya bersarang model-model yang lebih sederhana. Semua model menggunakan MLE sebagai metode pendugaan, hanya saja ketika MLE menghadapi masalah komputasi, dapat pula digunakan metode lain (TSLS, FGLS, atau GS2SLS) di dalam pendugaan parameter. Buku ini menggunakan data BPS tahun 2014 mengenai konsumsi bukan makan dan PDRB per kapita pada 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai ilustrasi. Pembentukan peta sederhana dari wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur, pembentukan matriks pembobot spasial, beserta pendugaan parameter model, diilustrasikan dengan menggunakan R.

Format perintah yang diperlukan adalah: moran.test(konsumsi,w_dneg) dengan hasil uji: Moran I test under randomisation data: konsumsi weights: w_dneg Moran 62 | Ekonometrika Spasial Terapan ...

Audio Scaffolding dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Audio Scaffolding dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Sebuah Penelitian R & D)

Konteks pengajaran bahasa Inggris di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari
peran bahasa itu yang lebih sebagai bahasa asing daripada bahasa kedua.
Dalam konteks bahasa Inggris sebagai bahasa asing, siswa biasanya belajar
dalam ...

Manajemen Agribisnis Perikanan

Manajemen agribisnis perikanan merupakan serangkaian proses penerapan manajemen pada bisnis perikanan mulai dari hulu sampai hilir agar alokasi segala sumberdaya dapat efektif dan efisien untuk menghasilkan profit yang berkelanjutan. Dalam buku ini dibahas secara detail mengenai ilmu manajemen agribisnis yang diterapkan pada bisnis perikanan mulai dari definisi, bentuk badan usaha yang sesuai dengan skala usaha, dasar-dasar teori ekonomi yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang disertai dengan pengaplikasian berbagai manajemen pada agribisnis perikanan meliputi manajemen produksi agribisnis, manajemen pemasaran agribisnis, manajemen resiko agribisnis dan manajemen teknologi agribisnis. Pembiayaan usaha dalam agribisnis perikanan juga perlu diperhatikan secara cermat sehingga keuntungan bisa tercapai secara optimum. Kebijakan pembangunan berkelanjutan yang juga mendukung konsep agribisnis perikanan diwujudkan dalam melalui program minapolitan. Minapolitan merupakan upaya percepatan pengembangan pembangunan kelautan dan perikanan di sentra-sentra produksi perikanan yang memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga diharapkan dapat memberikan multiplier effect tinggi terhadap perekonomian di daerah sekitarnya. Pengembangan kebijakan minapolitan akan menjadi basis industrialisasi Kelautan dan Perikanan yang dilandaskan pada konsep blue economy.

Manajemen agribisnis perikanan merupakan serangkaian proses penerapan manajemen pada bisnis perikanan mulai dari hulu sampai hilir agar alokasi segala sumberdaya dapat efektif dan efisien untuk menghasilkan profit yang berkelanjutan.

Manajemen Keselamatan Pasien di Rumah Sakit

Angka insiden keselamatan pasien sangat tinggi dari satu kecelakaan jumbo jet jika diakumulasikan. Apa itu? First do no harm dan freedom from injury. Bagaimana mengatasinya? Berpikir sistem, karena menyalahkan tidak akan mencegah berulangnya kekeliruan yang sama. Pastikan ketepatan identitas, komunikasi, obat, dan operasi sebelum dilakukan serta cegah infeksi dan resiko pasien jatuh.

Angka insiden keselamatan pasien sangat tinggi dari satu kecelakaan jumbo jet jika diakumulasikan.

Manajemen Keuangan Perusahaan

Selaras dengan Teori Manajemen Keuangan, tujuan utama suatu perusahaan menurut para ahli adalah memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham dengan menciptakan nilai perusahaan. Selanjutnya, hal tersebut menjadi tujuan akhir manajer bagi setiap kinerja yang dilakukan dalam perusahaan, khususnya pada bidang pengelolaan keuangan perusahaan. Di era teknologi dan informasi ini, manajer dituntut untuk memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan keuangan seperti pengelolaan pendanaan, investasi, hingga memaksimalkan nilai pasar perusahaan guna meningkatkan daya saing dan keberlanjutan perusahaan jangka panjang. Guna mencapai pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan keuangan perusahaan, buku ini memaparkan poin-poin kunci yang terdapat pada Manajemen Keuangan Perusahaan yang disajikan secara informatif dan edukatif. Topik pembahasan dalam buku ini mencakup keputusan investasi (jangka pendek maupun jangka panjang), keputusan pendanaan dan dividen, serta masing-masing pengelolaannya pada perusahaan. Buku ini diperkaya dengan pembahasan teori dan rumus-rumus keuangan yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh soal-soal serta ilustrasi berupa grafik dan tabel untuk mempermudah penyerapan dan pemahaman topik-topik pembahasan. Oleh karena itu, buku ini dapat dibaca oleh siapa saja baik praktisi maupun akademisi, khususnya mahasiswa dan dosen yang ingin memiliki pemahaman yang lebih komprehensif terhadap Manajemen Keuangan Perusahaan.

Oleh karena itu, buku ini dapat dibaca oleh siapa saja baik praktisi maupun akademisi, khususnya mahasiswa dan dosen yang ingin memiliki pemahaman yang lebih komprehensif terhadap Manajemen Keuangan Perusahaan.