Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Dasar Manajemen Desain

Manajemen desain adalah tentang pengelolaan desain. Dalam pengertian yang paling mendasar, manajemen desain adalah tentang mengelola proyek desain, sebagian besar desainer tidak memperhatikan hal-hal mengenai manajemen, hingga mereka dihadapkan kepada posisi yang disebut ‘manajer’ di dalam perusahaan baik itu milik orang lain ataupun perusahaannya sendiri. Tidak ada satu definisi yang disepakati secara universal dari istilah ‘Manajemen Desain’, sama seperti tidak ada definisi ‘desain’ yang disepakati tunggal, atau sebenarnya ‘bisnis’. Saat melihat sifat dari ‘desain’, kata itu sendiri adalah kata benda (hasil), dan kata kerja (aktivitas). Hasil dari proyek desain bisa dilihat pada produk, layanan, interior, bangunan, dan media digital yang kita hadapi dengan setiap hari. Pengelolaan proyek desain ini hanyalah salah satu aspek manajemen perancangan. Kegiatan perancangan adalah proses pemecahan masalah yg berpusat pada orang, yang juga perlu dikelola dan oleh karena itu merupakan aspek lain dari manajemen desain. Praktik manajemen desain terbukti dari berbagai disiplin ilmu seperti produk dan desain layanan, fashion, arsitektur, media, hiburan, periklanan, media digital, dan game design. Selain itu, bagaimana desain dirasakan dan dimanfaatkan di ranah bisnis, rekayasa, teknologi, dan disiplin kreatif sangat bervariasi, dan begitu pula pendekatan yang berbeda terhadap caranya pengelolaan desain sangat dibutuhkan dalam setiap konteks.

Manajemen desain adalah tentang pengelolaan desain.

Bisnis Desain Ekonomi Kreatif

Perspektif Internasional dan Nusantara

Industri kreatif mewakili salah satu bidang terpenting di Indonesia, ekonomi global abad kedua puluh satu, sejak 1990-an, ia telah digembar-gemborkan sebagai salah satu sektor industri dengan pertumbuhan tercepat, dan sekarang dipandang penting bagi keberhasilan sebagian besar ekonomi berkembang dan maju, itu potensi industri kreatif untuk menangkap pasar nasional. Sedangkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif, kita perlu mengenal kekuatan negara kita sendiri, yaitu negara Indonesia. Indonesia adalah negara yang sangat potensial untuk pengembangan ekonomi kreatif. Sehingga buku ini hadir untuk menyadarkan kita akan hal itu. Hal yang kita perlu ketahui adalah: industri kreatif siapa? Kita perlu menanyakannya, karena banyak diskusi tentang industri kreatif atau ekonomi kreatif (juga disebut sebagai industri budaya). Dalam bidang kebijakan, keilmuan, dan industri mengandalkan jawaban yang sangat terbatas untuk pertanyaan itu. Dengan demikian, jawaban standarnya adalah: industri kreatif memilih sektor spesialis ekonomi; hanya beberapa jenis pekerjaan atau pekerjaan yang dianggap kreatif; tidak banyak negara dapat membanggakan ekonomi kreatif, sebuah anggapan telah menyatakan bahwa industri kreatif mengacu pada industri hak cipta, yang rencana bisnisnya dibuat untuk membuat hasil kreatif dari individu-individu berbakat menjadi properti intelektual, dan kemudian menjualnya.

Industri kreatif mewakili salah satu bidang terpenting di Indonesia, ekonomi global abad kedua puluh satu, sejak 1990-an, ia telah digembar-gemborkan sebagai salah satu sektor industri dengan pertumbuhan tercepat, dan sekarang dipandang ...