Sebanyak 46 item atau buku ditemukan

Kyai dan Pendidikan Kewirausahaan: Membangun Ekonomi Masyarakat Perkotaan

Pendidikan kewirausahaan telah menjadi topik yang semakin penting dalam pembangunan ekonomi masyarakat, khususnya di kawasan perkotaan yang kerap menghadapi dinamika ekonomi yang cepat dan kompleks. Buku ini hadir sebagai upaya untuk menjembatani antara konsep pendidikan kewirausahaan dengan peran tradisional kyai dalam dunia pesantren. Melalui buku ini, kami ingin memberikan gambaran mengenai bagaimana kyai, yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan keagamaan dan sosial, dapat memainkan peran yang lebih luas dalam mendorong semangat kewirausahaan di masyarakat perkotaan.

Pendidikan kewirausahaan telah menjadi topik yang semakin penting dalam pembangunan ekonomi masyarakat, khususnya di kawasan perkotaan yang kerap menghadapi dinamika ekonomi yang cepat dan kompleks.

Pendidikan Kewarganegaraan Global - Jejak Pustaka

Buku disajikan dengan focus bahasan tentang kewarganegaraan (citizenship), pendidikan kewarganegaraan (civic education, citizenship education) dan dipadukan dengan persoalan kekinian yang berkaitan dengan pendidikan global (global education). Pada era globalisasi telah memberikan pengaruh terhadap semua aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan dan secara spesifik terhadap pendidikan kewarganegaraan. Buku ini tidak hanya mengupas persoalan kewarganegaraan dan Pendidikan kewarganegaraan tetapi memasukan bahan-bahan yang bersifat kontekstual, kewarganegaraan global (global citizens, global citizenship) yang dihadapi dengan perkembangan zaman, karena itu diangkat dengan judul Pendidikan Kewarganegaraan Global (Global Citizenship Education).

... (Citizenship), pendidikan tentang: kewarganegaraan kewarganegaraan (Civic Education, Citizenship Education), dan pendidikan global (global education). Secara historis, pada mulanya yang menjadi fokus pembahasan dalam konsepsi kenegaraan ...

Formula yang Bikin Datamu Bunyi

Berbagai pengalaman peserta Kemenkeu Data Hackathon+ 2021 untuk membuat data menjadi informasi yang berharga

Transformasi organisasi berbasis data analitik (data-driven organization) merupakan sebuah keniscayaan. Berbicara tentang data-driven organization, kita tidak hanya berbicara mengenai tools atau aplikasi, namun juga bagaimana data analitik menjadi bagian dari system, proses, dan strategi organisasi. Data analitik tidak hanya sekedar menjadi tren bagi insan yang berminat di bidang data, namun juga dapat menjadi sebuah budaya kerja bagi seluruh pegawai. Data analitycs memberi ruang yang luas bagi mereka untuk menyalurkan minat dan mendorong munculnya inovasi baru bagi organisasi yang sinergi, adaptif, berteknologi, dan unggul serta mampu memberikan dampak yang lebih kuat dan luas. Kompetisi Kemenkeu Data Hackathon 2021 bukanlah sekedar event semata, namun dimaknai sebagai sebuah ikhtiar bersama untuk membangun budaya data dan melakukan transformasi secara substansial dan lebih cepat lagi. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali ide, insight, kreati􀏐itas, menemukan talenta, serta meningkatkan kapasitas dan kepedulian pegawai tentang Data Analytics dalam mendukung organisasi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya usecase yang sangat menarik dan inovatif yang perlu diabadikan dalam sebuah buku agar ide-ide tersebut tidak berhenti hanya pada level kompetisi. Buku ini hadir untuk menggugah, memotivasi, membuka cakrawala, serta inspirasi bagi kita semua sebagai upaya untuk membuat data lebih berbicara. Bukan hanya untuk kesenangan dan hasrat pribadi, namun bagaimana pemanfaatan data dapat diimplementasikan serta menghasilkan arti dan kontribusi bagi negeri.

Transformasi organisasi berbasis data analitik (data-driven organization) merupakan sebuah keniscayaan.

Marketing 5.0: Teknologi untuk Kemanusiaan

Tentang Penulis Philip Kotler, Ph.D, adalah Profesor Emeritus dalam bidang Pemasaran di the Kellogg School of Management, di mana ia memangku jabatan S.C. Johnson & Son Professorship dalam bidang Pemasaran Internasional. The Wall Street journal menempatkannya pada peringkat enam besar pemikir bisnis paling berpengaruh. la telah menerima banyak penghargaan dan gelar kehormatan dari berbagai universitas di seluruh dunia. la memperoleh gelar MA dari the University of Chicago dan PhD dari Massachusetts Institute of Technology, keduanya untuk bidang ekonomi. Kotler dikenal luas di kancah internasional, bukunya telah diterjemahkan ke lebih dari 25 bahasa dan ia kerap menjadi pembicara di kancah internasional. Deskripsi Produk Buku Marketing 5.0 Technology for Humanity karangan Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan akan diluncurkan secara resmi pada Januari/Februari tahun 2021. Buku terbitan John Wiley ini merupakan buku ketiga dari Trilogi X.0 Series dengan Marketing 3.0, From Product to Customers to the Human Spirit (2010) sebagai buku pertama dan Marketing 4.0, Moving from Traditional to Digital (2017) sebagai buku kedua. Kedua buku tersebut sudah diterjemahkan ke dalam 25+ bahasa di dunia. Buku ini mengacu pada pemanfaatan teknologi untuk kepentingan manusia atau kemanusiaan. Intinya, kalau bisnis ingin maju dan bisa mendapatkan outcome yang optimal, bisnis tersebut harus bisa mengkombinasikan dua kekuatan, yakni kekuatan human dan ditopang oleh teknologi seperti mesin dengan artificial intelligence (AI) di baliknya. Ini yang disebut sebagai the bionics. Teknologi yang sering disebut dengan advanced technology sebenarnya mengambil inspirasi dari kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh manusia. Kekuatan manusia untuk berpikir, misalnya, telah ditiru dalam bentuk teknologi AI yang berpikir berdasarkan algoritma. Kemampuan manusia berkomunikasi diterjemahkan dalam teknologi yang disebut natural language processing. Jenis Cover : Soft Cover

PHILIP KOTLER, Ph.D, adalah Profesor Emeritus dalam bidang Pemasaran di the Kellogg School of Management, di mana ia memangku jabatan S.C. Johnson & Son Professorship dalam bidang Pemasaran Internasional.

Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital

“Dewasa ini, dunia teknologi bergerak begitu cepat sehingga setiap perubahan mempercepat perubahan berikutnya. Menjadi penting di lingkungan seperti itu untuk memiliki garis dasar dan titik referensi guna membantu pemasar menemukan jalan ke depan. Marketing 4.0 menawarkan pengetahuan baru yang akan menjadi titik awal dan sumber daya yang berharga untuk semua orang yang mencoba menciptakan serta memahami masa depan digital dan mobile.” —Howard Tullman, CEO Chicagoland Entrepreneurial Center/1871 “Internet dan IT mengubah pemasaran secara radikal. Buku ini adalah pembuka mata bagi pemasaran di era baru.” —Hermann Simon, Pendiri dan Ketua Simon-Kucher & Partners “Tidak ada orang yang sedemikian paham akan pemasaran seperti Phil Kotler. Kemampuannya untuk mengidentifikasi serta menafsirkan tren dan perkembangan pemasaran yang baru sungguh mencengangkan. Sekali lagi, dengan Marketing 4.0, Kotler dan rekan penulisnya membantu melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk kesuksesan pemasaran. Ini sudah pasti merupakan buku pemasaran yang HARUS Anda baca tahun ini.” —Kevin Lane Keller, E.B. Osborn Profesor Pemasaran, Tuck School of Business “Panduan yang hebat pada transformasi yang sudah tampak di ufuk dan menantang praktik pemasaran. Pemasar yang bingung akan belajar cara menavigasi pergeseran kekuatan dan kemungkinan konektivitas digital dan mengubahnya menjadi keuntungan.” —George S. Day, Geoffrey T. Boisi Profesor Emeritus, Wharton School of the University of Pennsylvania

Buku ini adalah pembuka mata bagi pemasaran di era baru.” —Hermann Simon, Pendiri dan Ketua Simon-Kucher & Partners “Tidak ada orang yang sedemikian paham akan pemasaran seperti Phil Kotler.

BUNGA RAMPAI EKONOMI DAN BISNIS

ISU KONTEMPORER EKONOMI DAN BISNIS

Diterbitkannya buku kumpulan karangan para dosen sangat penting untuk memperkaya mutu perkuliahan dan syukur apabila mampu mengkritisi serta memberikan alternatif solusi berbagai persoalan aktual ekonomi dan bisnis di Indonesia khususnya di era pandemi Covid-19. Saya berharap bahwa di era pandemi Covid-19 tatkala para dosen lebih banyak berada di rumah karena proses belajarmengajar dilakukan secara virtual (daring), para dosen lebih kreatif dan inovatif menerbitkan karya-karya ilmiahnya. Dengan demikian, mempublikasikan karyakarya ilmiah bagi para dosen sesungguhnya merupakan sebuah keharusan, bukan semata-mata karena memperingati dies natalis. Saya juga berharap agar apa yang dilakukan oleh FEB UWG untuk menerbitkan buku kumpulan karya dosen dapat diikuti oleh para dosen di fakultas-fakultas yang lain

... kreatif adalah manifestasi dari semangat bertahan hidup yang sangat penting ... Creative Economy: How People Make Money From Ideas, ekonomi kreatif ... inovatif, pemanfaatan teknologi secara kreatif, dan budaya. Industri Kreatif dapat ...

Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0)

Judul : Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0) Penulis : Uli Wildan Nuryanto, Cindy Prettita, Zia’ul Fatwa Andini Yusuf, Zakiyah Sohari, Ahmad Adrian Hanafiyah, Maulana Ainul Yakin, Fridho Hermawan, Yudhi Akhyudin, Mochamad Saefullah, Cepy Nurhayana, Yusuf Wibisono, Samsidik, Novi Lestari, Elvitdra, Prihatiawati, Joni Prihatin Ukuran : 14.5 x 21.0 cm Tebal : 324 Halaman No ISBN : 978-623-497-330-3 Tahun Terbit : Januari 2023 Sinopsis Keterbatasan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang berasal dari bahan baku fosil, ditambah dengan eksploitasi yang tidak terkendali belum lagi terjadinya peningkatan suhu bumi akibat efek gas rumah kaca telah sangat mengkawatirkan dan berdampak langsung terhadap keberlangsungan umat manusia yang hidup di era modern saat ini. Untuk itulah diperlukannya sebuah terobosan dalam hal manajemen dengan menggunakan pendekatan green management system yang mampu meningkatkan kesadaran seluruh pihak baik industri, pemerintahan dan juga masyarakat secara luas untuk ikut serta dalam mengaplikasikan green operations management sebagai bentuk kontribusi keilmuan. Buku ini membahas teori dan perbandingan antara manajemen operasional konvensional dengan green operations manajemen di era modern saat ini. Disertai dengan implementasi nyata pada berbagai sektor seperti pada sektor industri, sektor pemerintahan, dan juga sektor jasa pelayanan. Green operations management merupakan suatu pendekatan yang sangat jitu dan mampu menjawab permasalahan yang terus meningkat dan kian kompleks saat ini di era yang serba kompetitif saat ini. Strategi green operational yang komprehensif yang diterapkan pada berbagai sektor dengan pendekatan green supply chain management, green manufacturing, green hospital, smart city, emission reductions, energy management system, Risk management, project resilience, TPM, Safety Behavior, Lean management, inventory management dan Six Sigma akan sangat cocok digunakan sebagai panduan oleh para praktisi baik di kalangan manajerial perusahaan, pimpinan pemerintahan, akademisi dan juga para peneliti. Buku ini sejalan dengan visi misi dunia saat ini dalam menuju sustainability development goals serta menjaga keberlangusngan jangka panjang tanpa harus mengorbankan masa kini, hak-hak generasi yang akan datag, Akhir kata penulis mengucapkan selamat membaca dan menikmati buku ini. Terima Kasih

Judul : Teori & Aplikasi Green Operation Management (Sebuah Pendekatan Green Management system di Era 4.0) Penulis : Uli Wildan Nuryanto, Cindy Prettita, Zia’ul Fatwa Andini Yusuf, Zakiyah Sohari, Ahmad Adrian Hanafiyah, Maulana Ainul ...

Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik di Sekolah

Buku ini adalah hasil kolaborasi antara beberapa penulis yang merupakan dosen, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Buku ini adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek penting tentang kurikulum merdeka. Penulis menguraikan berbagai teori, prinsip, dan praktik terkait pengembangan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka di satuan pendidikan. Pembahasan dalam mencakup beberapa poin utama: Proses Pengembangan: Pembahasan merinci langkah-langkah konkret dalam merancang kurikulum, mulai dari merancang KOSP, pengidentifikasian tujuan pembelajaran hingga pemilihan metode pengajaran dan bahan ajar yang tepat. Implementasi dan Evaluasi: Pembahasan mencakup strategi implementasi kurikulum di lapangan, serta metode evaluasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Best practice: Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik dan mencakup beberapa best practice yang mengilustrasikan bagaimana konsep-konsep teoritis di atas diterapkan dalam situasi nyata. Buku ini cocok untuk para pendidik, satuan Pendidikan, pengambil kebijakan pendidikan, dan siapa pun yang tertarik dalam memahami lebih dalam tentang bagaimana kurikulum merdeka dikembangkan, diimplementasikan, dan dievaluasi. Ini merupakan sumber rujukan yang berguna untuk mendiskusikan perkembangan pendidikan kontemporer dan pembaruan kurikulum yang relevan.

Buku ini adalah hasil kolaborasi antara beberapa penulis yang merupakan dosen, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Pengantar Ilmu Ekonomi Islam

Buku Pengantar Ilmu Ekonomi Islam ini mengkaji tentang Islam sebagai jalan hidup, manusia dan ekonomi dalam perspektif Islam, konsep dasar ekonomi Islam, paradigma ekonomi Islam, sistem kapitalisme dalam perspektif Islam, sistem sosialisme dalam perspektif Islam, sistem ekonomi Islam, konsep harta dan kepemilikan dalam Islam, fungsi uang dalam perspektif ekonomi Islam, aktivitas ekonomi dalam perspektif Islam, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, dan kebijakan moneter dalam ekonomi Islam. Besar harapan semoga melalui washilah buku ini para pembaca mampu menambah khazanah keilmuan secara komprehensif berkaitan dengan ilmu ekonomi Islam yang orientasinya ialah falah (al-hayatu at-thayyibah fi ad-daraini). Lebih dari itu, semoga buku ini dapat berkontribusi positif terhadap literasi ekonomi Islam di Indonesia.

... Monetary Policy An Islamic Economy. Money and Banking in Islam (Jeddah: International Centre for Research in Islamic Economics,. Hubara, Z. A., Nurrahma, S. A., & Jannah, N. (2021). Penerapan Kebijakan Moneter Islam pada Sistem ...