Sebanyak 104 item atau buku ditemukan

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

Ada beberapa kesulitan yang dihadapi guru produktif. Tugas seorang guru produktif di SMK tidak hanya mengajar saja tetapi setelah mengajar perlu melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian ini tidak bisa hanya membuat butir soal tes saja kemudian diberikan ke peserta didik dan dinilai hasilnya. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan agar butir soal tes tersebut layak digunakan. Penilaian hasil belajar peserta didik tidak hanya melalui tes. Penilaian menggunakan non tes perlu dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik pada aspek sikap. Jumlah jam mengajar yang tinggi juga merupakan kesulitan guru produktif. Tingginya jam mengajar mata pelajaran produktif membuat guru kesulitan membagi waktu untuk membuat beragam soal tes yang disesuai dengan tujuan pembelajaran. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal non tes, dan cara penilaiannya. Buku ini disusun berdasarkan peraturan dan buku penilaian terbaru dari Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal ...

Fintech untuk Kepatuhan Pajak

Kemunculan Fintech (financial technology) merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap revolusi lembaga keuangan global. Efisiensi dan fleksibilitasnya menjadi faktor yang mendukung perkembangan perusahaan fintech di dunia. Lewat dukungan big data, FIntech dapat dengan mudah untuk menemukan transaksi mencurigakan yang dilakukan wajib pajak dalam rangka penghindaran pajak. Sementara itu di sisi lain, kehadiran fintech di tengah masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam perpajakan. Peluang dan tantangan fintech dalam aspek perpajakan di Indonesia menjadi penting untuk dipelajari seiring dengan perkembangan pesat fintech di Indonesia. Buku ”FINTECH UNTUK KEPATUHAN PAJAK” merupakan upaya penulis dalam merespon fenomena pemanfaatan teknologi keuangan untuk memaksimalkan perolehan pajak nasional. Semoga kehadiran buku ini mampu memberikan kontribusi bagi dunia Pendidikan dan Ekonomi Bisnis Indonesia.

Semoga kehadiran buku ini mampu memberikan kontribusi bagi dunia Pendidikan dan Ekonomi Bisnis Indonesia.

Sang Guru dalam Potret Pengabdian

Sang Guru dalam Potret Pengabdian merupakan sebuah buku yang mengisahkan tentang berbagai pengalaman guru SMPN 1 Tambun Selatan. Berbagai pengalaman tersebut merupakan pengalaman terbaik yang begitu berkesan bagi para penulis. Kisah ini dipenuhi dengan warna yang menyelimuti pengabdian penulis sebagai seorang guru. Pengabdian ini tentu menuntut berbagai perjuangan. Lika-liku perjuangan menjadi seorang abdi pendidikan memberikan pembelajaran yang luar biasa bagi diri sang Guru. Keteguhan hati, keikhlasan, dan kesabaran dalam berjuang tentu akan berbuah manis. Berbagai prestasi dan penghargaan memberikan apresiasi tersendiri bagi suatu pengabdian setidaknya berupa peningkatan kualitas diri terlebih lagi sang Guru, yang digugu dan ditiru. Selain memuat kisah tentang pengalaman-pengalaman terbaik di dalam buku ini juga memuat berbagai kegiatan yang ada di SMPN 1 Tambun Selatan.

Banyak peristiwa yang terjadi dalam membantu siswa menghadapi berbagai permasalahan. Mulai masalah pribadi sampai dengan permasalahan keluarga. Penanganan masalah siswa kulakukan dengan penuh kehati-hatian karena berkaitan dengan ...

Pena Emas Sang Guru

Sebut saja Suci, guru Aqidah-ahlaq mengungkapkan pengalamannya yang inspiratif. Seorang wanita yang mengemban tiga tugas sebagai,pengajar,istri dan sekaligus ibu dari tiga anak. Tiga tahun menjalankan tugas tersebut dengan menstabilkan semua aspek lahir dan batin. Perjalanan tugasnya yang menuntut LDR, bisa memberikan inspirasi pada pembaca, bagaimana agar sukses dalam menjalankan tugas dan kewajibannya meskipun jauh dari keluarga. Berbeda dengan kiat Jahriyatun menjaga kesehatan lahir batin ketika mengalami kehamilan tetapi terlanjur menjalani vaksin minginitis. Merasakan dilema antara menjalankan ibadah umroh dan tetap menjaga kesehatan kandungannya. Dokter mengatakan ketika seorang ibu mengandung jangan melakukan vaksin karena akan mengakibatkan bayinya cacat atau meninggal. Bersamaan dengan itu, keberangkatan umroh menuntut calon jamaah umroh melakukan vaksin minginitis. Bisa dibayangkan bagaimana perasaannya? Pengalaman pribadinya bisa dijadikan kiat agar mimpi buruk tidak menjadi kenyataan. Guru yang lainnya melengkapi artikel ini dengan pengalamannya mengajar di mapelnya masing-masing. Seperti pengalaman di mapel bahasa Indonesia disampaikan keunikan proses pembelajaran puisi dalam kondisi pandemi. Dengan waktu terbatas tetapi tuntutan tujuan materi puisi harus tetap tercapai. Yang menarik lagi artikel tentang bagaimana kegiatan robotik bisa menjadi icon madrasah. Perjalanan ekstra robotik mulai titik nol sampai meraih tingkat internasional, perjalannannya patut disimak dalam artikel ini.

Bila melihat dari beberapa kasus yang ada di madrasah, sering kita melihat permasalahan siswa baik itu permasalahan pribadi, permasalahan dengan teman, belajar ataupun karir, Permasalahan pribadi siswa banyak juga berawal dari keluarga, ...

Best practice : karya guru inovatif yang inspiratif : menarik perhatian peserta didik

Ilmu adalah suatu perkara yang mulia dan guru adalah orang yang mengantarkan seseorang untuk mencapai kemuliaan itu. Guru begitu memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru juga harus bisa memberikan pencerahan bagi peserta didik dan mampu melahirkan siswa yang tangguh, siap menghadapi aneka tantangan sekaligus memberi perubahan yang hebat bagi kehidupannya. “Menjadi Guru Inspiratif” ini menarik ditelaah para guru di masa depan. Istilah guru inspiratif yang dipaparkan penulis buku ini adalah guru yang memiliki orientasi jauh lebih luas. Guru inspiratif memilih melakukan tindakan yang sangat strategis, yaitu bagaimana ia mampu memberikan perspektif yang mencerahkan. Guru inspiratif menawarkan perspektif yang memberdayakan, menghasilkan energi yang kreatif.

Kegiatan pembelajaran matematika yang mengaitkan materi pembelajaran dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (pendekatan kontekstual), dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. 2. Motivasi yang tinggi dapat ...

Guru di 20\′′20 [Menemukan Asa Baru di Masa Pandemi]

Panggilan hidup menjadi guru itu pilihan. Unik sekaligus menantang. Unik, bisa mengenali dan memahami berbagai karakteristik peserta didik. Menantang, membutuhkan berbagai elemen supaya tujuan pembelajaran tercapai sehingga peserta didik memiliki kompetensi life skill unggulan. Bagaimana memadukannya? Di tengah pandemi covid-19, keduanya bisa terejawantah. Masa pandemi ini harus disikapi dengan baik sehingga pemenuhan hak belajar dan psikologis rasa ingin tahu peserta didik harus dipenuhi. Guru harus memberikan pelayanan pendidikan yang prima, yaitu dengan tulus dan ikhlas. Di dalam proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik, terbentuk pengalaman moral serta nilai-nilai kehidupan keduanya. Memang benar, muara pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik secara maksimal. Nilai-nilai kehidupan serta kemampuan maksimal (kognitif, afektif, psikomotorik) peserta didik akan bersifat permanen dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari jika dibantu oleh peran guru. Untuk mencapai cita-cita mulia itu, guru dituntut untuk memberikan pelayanan secara tulus dan ikhlas. Gaya mendidik yang melekat pada setiap guru akan berdampak bagi anak-anak seperti yang dilakukan dan dialami penulis. Menjadi guru harus berorientasi demi kemajuan bangsa melalui peserta didik. Dengan demikian, pelayanan pendidikan dengan tulus dan ikhlas harus menjadi ciri yang menonjol bagi sosok guru. Bagaimana jadinya ketika terjadi masa pandemik? Dengan berbagai kisah, penulis memberikan pelayanan pendidikan secara tulus dan ikhlas dan membukukannya. Penulis berhasil mendidik mereka untuk menemukan kemampuan maksimal dalam diri peserta didik. Kelak, mereka menjadi anak-anak yang membanggakan orang tua. Buku sederhana ini tidak hanya menceritakan kisah perjalanan penulis memberikan pendidikan dengan tulus dan ikhlas, tetapi juga akan memotivasi Anda khususnya pelaku pendidikan yang terlibat langsung. Buku ini hadir untuk menemani para guru, secara khusus, supaya tetap menggalakkan semangat pengabdian bagi generasi Indonesia kelak. Buku ini sebenarnya biasa. Jika Anda merasakan membaca dan mengalami dampaknya, menjadi amat luar biasa. Temukan saja. Salam literasi.

permasalahan yang terjadi sehingga adikku dikeluarkan dari sekolah pada masa pandemi ini? Setelah mendengar paparan Uda, tahulah kondisinya. Ternyata, kesalahan yang terjadi berasal dari adikku. Niat untuk mengikuti dan mengerjakan ...

Mari men“jadi” guru

Guru merupakan sutradara yang bertanggung jawab dalam keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Tercapainya tujuan pembelajaran tidak terlepas dari keberhasilan seorang guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif sehingga disukai peserta didik. Beragam strategi jitu sudah dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai model, media, dan metode juga sudah diterapkan guru dalam menjalankan profesinya. Pengalaman berharga tersebut akan sangat berarti dan bermanfaat bila dibagikan kepada guru-guru lain sehingga bisa mereka terapkan di sekolah masing-masing. Buku ini memuat berbagai macam strategi pembelajaran, penggunaan model dan media pembelajaran dan kiat jitu dalam menghadapi permasalahan di sekolah. Kehadiran buku ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan yang dihadapi guru ketika menjalankan profesinya sebagai tenaga pendidik.

Beragam strategi jitu sudah dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai model, media, dan metode juga sudah diterapkan guru dalam menjalankan profesinya.

Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Sedangkan kinerja adalah suatu prestasi yang dicapai oleh seseorang guru dalam melaksanakan tugasnya selama periode waktu tertentu sesuai dengan standar dan kriteria yang telah ditetapkan untuk pekerjaan tersebut. Kedua hal tersebut sangat erat kaitannya, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang lebih maju, kreatif dan inovatif, penulis mencoba untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Lingkungan Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru, motivasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK di lingkungan Kota Lhokseumawe. Sampel dalam penelitian adalah 81 guru. Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial dan simultan diperoleh pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru, motivasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK di lingkungan Kota Lhokseumawe.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Menjadi Guru Profesional dan Beretika

Pada dasarnya pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan akan membuat manusia mengembangkan potensi dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi akibat adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, masalah pendidikan perlu mendapat perhatian dan penanganan yang lebih baik yang menyangkut berbagai masalah yang berkaitan dengan kuantitas, kualitas dan relevansinya. Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan atau menuntut keahlian, menggunakan teknik-teknik, serta dedikasi yang tinggi. Ciri-ciri atau kriteria suatu profesi ialah adanya kode etik yang dijadikan sebagai satu pedoman perilaku anggota berserta sanksi yang jelas dan tegas terhadap pelanggar kode etik tersebut. Guru memiliki kode etik karena guru merupakan salah satu profesi yang ada di Indonesia berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Pasal 1). Dengan Kode Etik Guru Indonesia dapat menempatkan guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat yang dilindungi undang-undang. Maka dari itu perlu sikap profesional dalam setiap sasaran. Masyarakat akan melihat bagaimana sikap dan perbuatan guru itu sehari-hari, apakah memang ada yang patut diteladani atau tidak. Di samping itu, bagaimana sikap guru terhadap peraturan perundang-undangan juga menjadi perhatian masyarakat luas. Apalagi saat ini pemerintah banyak mengeluarkan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Kebijaksanaan tersebut menjadi peraturan perundang-undangan yang wajib ditaati oleh guru, sebab guru merupakan unsur aparatur negara dan abdi Negara mutlak perlu mematuhi kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan. Maka tugas guru akan efektif jika memiliki derajat profesionalitas tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu atau norma etik tertentu.

Permasalahan-permasalahan yang dihadapi Guru Modal yang harus dimiliki oleh seorang guru agar menjadi harapan masa depan, yang unggul dan terdepan dalam perkembangan zaman dan tampil sempurna di depan peserta didik adalah sebagai ...

Paradigma fresh & frozen : pengambilan keputusan dalam lingkungan bisnis yang kompleks

“Paradigma Fresh & Frozen: Pengambilan Keputusan dalam Lingkungan Bisnis yang Kompleks“, literasi ini tersusun karena terinspirasi dari seorang pemimpin visioner, ketika menyadari bahwa perencanaan melalui arahan yang jelas, dan digerakkan dengan penuh energi dapat mengubah masa depan. Sebuah rencana strategis tentang rantai nilai komoditas daging sapi berbasis masyarakat di Bali telah penulis usulkan melalui riset yang cukup panjang. Setiap rencana, paling tidak mengandung 3 hal, yakni filosofi, prioritas, dan disiplin. Filosofi diperlukan untuk menetapkan apa yang menjadi landasan berpikir untuk melihat masa depan ditengah-tengah beragam pilihan dengan tujuan yang saling bertentangan. Prioritas, seperti yang disampaikan Pareto, adalah mencari kegiatan utama dengan urut-urutan yang tepat karena dapat menyumbang sebagian besar keberhasilan. Budaya disiplin adalah modal penting untuk membangun posisi maju ke depan. Filosofi sistem pembangunan peternakan sapi potong berbasis masyarakat yang berorientasi pada penyediaan daging bermutu beku (frozen) melalui proses produksi di Rumah Potong Hewan (RPH) berteknologi ramah lingkungan, ditopang oleh pemberdayaan peternak sebagai pemasok ternak. Prioritas yang menjadi temuan hasil riset adalah sistem produksi daging sapi beku yang dihasilkan dari pendekatan analitis jejaring yang mempertimbangkan merit Benefits, Opportunities, Costs, and Risks (BOCR). Model ini memiliki struktur multi-layer lengkap diberikan nama Model SBPS-ANP (Selection of Beef Production Systems-ANP Model). Sintesis sepuluh kriteria bermakna yang dihasilkan oleh Model SBPS-ANP dan isu-isu strategis rantai nilai daging sapi di Indonesia, selanjutnya menjadi ide dasar dalam pengembangan model bisnis komoditas daging sapi beku yang diwujudkan pada sentra produksi ternak sapi di pedesaan Bali, yang penulis berikan nama Model CBVC-BUMDes (Community Based Value Chain-BUMDes Model). Model rantai nilai berbasis masyarakat ini melibatkan BUMDes dan BUM antar desa. Kedua model yang menjadi basis novelty itu merupakan hasil integrasi proses berpikir intuitif dan analitis.

(2014) tentang analisis rantai pasokan (supply chain) daging sapi bertujuan untuk: (1) mengetahui aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi pada rantai pasokan daging sapi; (2) mengetahui tingkat efisiensi pemasaran; ...