Sebanyak 34 item atau buku ditemukan

Pengantar Hukum Keluarga

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala, Tuhan Semesta Alam, yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan buku ini yang berjudul "Pengantar Hukum Keluarga". Keluarga merupakan inti dari kehidupan manusia. Dalam setiap masyarakat, keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan dan keberlangsungan generasi. Dalam konteks hukum, Hukum Keluarga atau yang sering disebut sebagai Hukum Keluarga Islam adalah bagian yang sangat signifikan, karena memberikan arahan dan pedoman dalam mengatur hubungan antara anggota keluarga sesuai dengan ajaran Islam. Buku ini hadir sebagai sebuah pengantar yang menyeluruh mengenai Hukum Keluarga, memperkenalkan pembaca pada konsep-konsep dasar, prinsip-prinsip, serta institusi-institusi yang terkait dengan hukum keluarga dalam Islam. Dengan pendekatan yang sistematis dan mudah dipahami, kami berharap buku ini dapat menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca yang ingin memahami lebih dalam tentang hukum keluarga Islam. Dalam penyusunan buku ini, kami telah berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan lengkap, serta mengutamakan kejelasan dan kebermanfaatan bagi pembaca. Meskipun demikian, kami sadari bahwa kajian tentang hukum keluarga Islam merupakan bidang yang luas dan mendalam, sehingga kami berharap buku ini dapat menjadi pijakan awal bagi para pembaca untuk lebih mendalami topik ini. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan dukungan dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembaca dan menjadi salah satu langkah awal dalam pemahaman yang lebih dalam tentang Hukum Keluarga dalam Islam. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

... KELUARGA. DAN. HUKUM. KELUARGA. ISLAM. A. Pendahuluan Pada hakikatnya, keluarga merupakan sistem paling kecil dalam tatanan masyarakat. Oleh karena itu, dalam masyarakat juga memiliki sifat kekeluargaan, karena keluarga dibangun atas dasar ...

Pengantar Studi Islam

Dalam memahami dan mendalami studi Islam, penting bagi kita untuk merenungkan makna dan nilai yang terkandung dalam ajaran Islam. Studi mengenai agama Islam tidak hanya memberikan pengetahuan tentang ritual dan ajaran, tetapi juga mengajak kita untuk merenungkan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan kasih sayang yang menjadi inti dari ajaran Islam. Dengan mendalami studi Islam, kita dapat memperkaya pemahaman tentang agama ini dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan seharihari. Sebagaimana kata-kata Imam Ali RA, “Orang yang paling mulia adalah yang paling bertakwa.” Kutipan ini menggarisbawahi pentingnya ketakwaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan dalam memahami ajaran Islam. Takwa bukan hanya sekadar menjalankan ritual ibadah, tetapi juga mencakup kesadaran akan tindakan dan kata-kata yang kita lakukan. Dengan menjadikan ketakwaan sebagai landasan, kita dapat meniti jalan kehidupan dengan penuh kesadaran dan keberkahan. Studi Islam tidak hanya sekadar menuntut pengetahuan, tetapi juga memerlukan kesungguhan dalam mengaplikasikan ajaran-ajaran yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis. Dalam perjalanan memahami Islam, kita diajak untuk memperdalam makna kasih sayang, tolong-menolong sesama, serta keadilan yang menjadi pondasi utama agama ini. Dengan tekun belajar dan mengamalkan ajaran Islam, kita dapat menjadi manusia yang lebih baik dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

... Islamic Research and Training Institute (IRTI), Islamic Development Bank (IDB) (Awa, 2024b:180). Kegagalan sistem ... (rahmatan lil'alamin). Bagi sebagian lagi, ekonomi Islam digambarkan sebagai ekonomi yang meramu antara aliran ...

Tafsir Tarbawi : Nilai-nilai Pendidikan dalam Al-Quran

Tafsir Tarbawi memaparkan ayat-ayat Al-Quran yang diyakini mengandung nilai-nilai atau prinsip-prinsip pendidikan. Para peminat tafsir atau peminat bidang pendidikan diharapkan memperoleh dua kompetensi sekaligus, yaitu menguasai tafsir ayat-ayat Al-Quran tertentu dan memperkuat kompetensi ilmu pendidikan. Untuk itu, materi disusun berdasar aspek-aspek ilmu pendidikan, seperti tujuan pendidikan, metode pendidikan, materi pendidikan, dan sebagainya, kemudian dibahas tafsir ayat-ayat yang terkait. Buku sangat berharga ini dapat menjadi rujukan dan dinikmati oleh kalangan mana pun: akademisi, dai, dan kalangan umum yang hendak memahami wawasan Al-Quran tentang pendidikan untuk diajarkan dan diterapkan dalam keseharian.

Tafsir Tarbawi memaparkan ayat-ayat Al-Quran yang diyakini mengandung nilai-nilai atau prinsip-prinsip pendidikan.

Menjadi Guru yang Dicintai Siswa

Dari 4 Keterampilan Berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) keterampilan menulislah yang dianggap sebagai ketrampilan berbahasa tertinggi dan oleh karenanya dianggap paling sulit dan perlu mendapat perhatian lebih dalam melatihnya. Dalam menulis kita tidak hanya sekedar menuliskan kata-kata tetapi kita juga dituntut untuk menuangkan gagasan, konsep, perasaan, dan kemauan. Untuk dapat memiliki Ketrampilan Menulis dibutuhkan waktu berlatih yang lama dan juga intensif. Keterampilan menulis boleh dibilang merupakan keterampilan yang sangat kompleks dan bisa dikatakan sebagai ketrampilan yang hanya dimiliki oleh orang yang terpelajar. Sebenarnya, pekerjaan guru itu tidak bisa lepas dari tugas menulis. Banyak hal yang harus dilakukan oleh guru terkait profesinya dengan menulis. Sebagai guru ia harus menulis perangkat pembelajaran, modul pembelajaran, butir-butir soal, laporan penelitian tindakan kelas, laporan kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler, membuat RPP, membuat LKS,silabus, dsb. Jadi tugas menulis adalah hal yang melekat pada seorang guru sehingga mau tidak mau guru harus menguasai ketrampilan menulis. Guru dapat mengembangkan diri untuk mengasah keterampilan menulisnya dengan beragam cara. Mereka bisa belajar menulis lewat blog (melalui aktivitas blogging), menerbitkan buku kompilasi bersama teman-teman se profesi, menulis memoar, dlsb. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengasah dan mempertajam keterampilan menulis guru. Guru dapat memilih mana kegiatan yang paling menyenangkan bagi mereka Sebagai Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) saya tahu benar bahwa banyak guru yang kreatif, inspiratif, dan inovatif dalam melaksanakan tugasnya dan memiliki pemikiran-pemikiran yang tajam dan kritis. Banyak di antara mereka yang memiliki pemikiran dan pandangan solutif tentang dunia pendidikan yang mereka geluti sehari-hari. Namun kisah dan pemikiran tersebut seringkali hanya mengendap atau beredar secara lisan di kalangan sendiri karena tidak terpublikasikan. Padahal, bila ditulis dan dibukukan tulisan tersebut bisa menjadi inspirasi positif bagi masyarakat di tengah begitu maraknya isu dan berita-berita negatif mengenai pendidikan di Indonesia. Pemikiran-pemikiran mereka juga bisa dibaca dan dijadikan sebagai dasar bagi pembuatan kebijakan pendidikan.

Pemikiran-pemikiran mereka juga bisa dibaca dan dijadikan sebagai dasar bagi pembuatan kebijakan pendidikan. Buku Menjadi Guru yang Dicintai Siswa ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS)

Seorang anak tidak langsung bisa bicara saat baru lahir. Tidak ada juga manusia yang langsung bisa mengendarai mobil tanpa terlebih dahulu belajar. Proses belajar membantu manusia menguasai pengetahuan dan keterampilan. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan juga perlu dilakukan secara bertahap. Tahapan tersebut disesuaikan dengan tingkat Perkembangan peserta belajar. Oleh sebab itu mengetahui dengan baik karakteristik perkembangan peserta didik sangat penting. Pengetahuan tersebut dapat membantu para fasilitator proses belajar untuk merancang dan menerapkan cara-cara yang tepat untuk mendukung tercapainya keberhasilan hasil belajar yang maksimal. Buku ini ditulis melalui kolaborasi para pendidik di Indonesia dengan pendekatan teoritis dan praktis. Tujuannya untuk menyajikan inovasi dalam proses pendampingan belajar. Pembahasan dimulai dengan ulasan umum mengenai perkembangan peserta didik baik secara fisik, psikis, maupun sosial. Berdasarkan fondasi teori perkembangan peserta didik, pembahasan dilanjutkan dengan cara-cara mengembangkan pembelajaran untuk peserta didik anak, remaja, dan dewasa. Semua topik dan tulisan yang disatukan dalam buku ini menekankan pada pentingnya proses pembelajaran berkelanjutan dan sepanjang hayat. Pembahasan dalam buku ini juga menunjukkan pergeseran paradigma pendampingan pembelajaran yang progresif. Peserta belajar tidak lagi dijadikan sebagai objek. Peserta belajar dapat dilibatkan secara aktif untuk belajar dan mencari cara terbaik untuk belajar secara berkelanjutan sesuai dengan minat dan keterampilan yang dibutuhkannya. Inilah yang menjadi esensi dari proses belajar dan pendampingan belajar di masa-masa penuh tantangan.

Sebagai orang terdekat mereka yakni keluarga harus membangun hubungan komunikasi antarpribadi yang baik, agar anak dapat terbuka diri. Apabila seorang anak dapat membuka dirinya dengan keluarga, baginya keluarga merupakan rujukan yang ...