Sebanyak 42 item atau buku ditemukan

Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar: Fenomena, Teori, dan Implementasi

Belajar menjadi kegiatan inti di dalam proses kehidupan manusia. Manusia menjadi sempurna ketika belajar dan mampu menerapkannya. Belajar dalam konteks ini bermakna luas, dan tidak terpatok pada kegiatan formal di sekolah, madrasah, atau pesantren. Singkatnya, belajar itu luas bisa di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja kita dapat belajar tanpa henti. Islam jauh-jauh hari memegang teguh prinsip yang menganjurkan untuk menuntut ilmu. Di dalam Al-Quran disebutkan: “Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan (iImu) beberapa derajat (QS. Al Mujadalah 11). Nabi Muhammad Saw juga menyeru umat Islam untuk menuntut ilmu mulai dari ayunan, hingga liang lahat (kuburan), menuntut ilmu sampai ke negeri Cina, dan anjuran yang lain. Prinsip memang demikian. Bahkan, UNESCO pun membuat rumus yang senada dengan konsep empat pilar belajar. Empat pilar tersebut ialah: learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to do (belajar untuk terampil melakukan sesuatu), learning to be (belajar untuk menjadi seseorang), dan learning to live together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama). Jika kita merujuk pada paradigma lama, soal belajar, ajar, mengajar, membelajarkan, pengajaran, pembelajaran sudah dikupas dalam Didaktik Metodik (metode didaktik). Teori ini diambil dari bahasa Yunani yaitu didaskein yang berarti mengajar, Sebagian mengartikan membelajarkan. Dalam buku ini, fokus bahasan lebih menekankan belajar dan pembelajaran sekolah dasar. Alasannya, karena banyak buku yang sudah terbit dan dapat dibaca, namun rata-rata nggedabyah secara umum saja. Masih sedikit yang fokus mengkaji belajar dan pembelajaran di jenjang sekolah dasar. Maka dari itu, saya tertarik menulis buku ini karena masih sangat minim buku tentang belajar dan pembelajaran sekolah dasar. Buku ini hadir karena kepedulian saya terhadap perubahan paradigma tersebut. Sebab, perubahan besar diawali dari perubahan kecil. Semua perubahan besar itu dimulai dari perubahan cara berpikir, perubahan paradigma. Bukankah demikian?

Belajar menjadi kegiatan inti di dalam proses kehidupan manusia.

Teacherpreneurship Pendidikan Dasar: Praktik Baik Wirausaha Pendidikan SDN Kartini Sarirejo

Buku ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan akademik pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Temanggung. Dalam penulisan buku ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan perlindungan-Nya, Ketua STAINU Temanggung Dr. H. Muh Baehaqi, MM., Kaprodi PGMI STAINU Temanggung Hamidulloh Ibda, M.Pd., seluruh dosen PGMI STAINU Temanggung, keluarga penulis yang senantiasa memberikan doa dan semangat, semua rekan yang ikut terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan buku ini. Tak lupa untuk segenap dewan guru SDN Sarirejo Kartini Semarang. Penulis menyadari bahwa bahwa penulisan buku ini jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik yang diberikan sangat berharga dalam penyelesaian buku ini sehingga menjadi lebih baik. Terakhir, penulis berharap agar buku ini dapat memberi manfaat khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya.

... jasa les privat yang tentunya sudah berkoordinasi dengan orang tua siswa. 3. Karya Wisata Anak- anak bisa diajak berkarya wisata atau mengunjungi tempat perbelanjaan, atau tempattempat produksi barang atau jasa. Misalnya anak- anak ...

Kurikulum Moderasi Beragama Berbasis Nilai-Nilai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah

Buku ini adalah bahan ajar bertajuk Kurikulum Moderasi Beragama berbasis Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah yang berasal dari hasil pengabdian kepada masyakat berasis riset dari hibah Diktis Kementerian Agama RI tahun 2019 yang dilaksanakan tahun 2021 di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah oleh tim Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung. Buku ini menawarkan konsep moderasi beragama berbasis nilai-nilai Ahlussunnah Waljamaah yang dikembangkan di LP. Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah. Dalam konsep kurikulum, kita mengetahui komponen-komponen kurikulum yang meliputi tujuan kurikulum, komponen isi/bahan, komponen strategi pelaksanaan, dan komponen evaluasi. Di dalam kurikulum Aswaja Annahdliyah yang sering disebut sebagai Ke-NU-an di LP. Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah di dalamnya memuatkan sejumlah aspek sebagai bentuk penguatannya. Mulai dari aspek fikrah (pemikiran), aqidah (keyakinan), harakah (gerakan) dan amaliyah (kegiatan tradisi).

Buku ini adalah bahan ajar bertajuk Kurikulum Moderasi Beragama berbasis Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah yang berasal dari hasil pengabdian kepada masyakat berasis riset dari hibah Diktis Kementerian Agama RI tahun 2019 yang dilaksanakan ...

Perkembangan Teori Dan Reformasi Administrasi

Alkamdullilaahirabbil‘alamiin, puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas tersusunnya buku “Perkembangan Teori Dan Reformasi Administrasi” Buku ini disusun sebagai pedoman bagi, mahasiswa, pelaku pemerintah dalam mempelajari administrasi publik dalam mewujudkan sistem pemerintah yang baik (good gaverment) di suatu negara (Indonesia). Buku pedoman belajar ini tentunya masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami sangat terbuka untuk menerima segala bentuk masukan yang bersifat membangun. Semoga tersusunnya buku ini dapat bermanfaat untuk belajar mengajar, juga dapat digunakan dalam pelayanan publik di kemudian hari.

6) Pendekatan Proses; melakukan identifikasi fungsifungsi manajemen atau tugas manajerial yang di lakukan oleh manajer. 7) Pendekatan Kuatitatif; manajemen sebagai sistem dari proses dan model matematika. 8) Pendekatan Sistem ...

Buku ajar statistik deskriptif: ekonomi dan bisnis

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya, kami dapat menyusun Buku Ajar untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yakni mata kuliah Statistika. Buku Ajar ini disusun berdasarkan silabus perkuliahan Statistika yang berlaku di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Dengan dibuatnya Buku Ajar ini penulis berharap agar dapat bermanfaat dan membantu dalam memahami materi Statistik Deskriptif. Selanjutnya, rasa terima kasih yang penulis ucapkan kepada semua pihak yang membantu dalam penyelesaian Buku Ajar ini. Penulis menyadari bahwa Buku Ajar ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca demi kesempurnaan Buku Ajar ini kedepannya. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya, kami dapat menyusun Buku Ajar untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yakni mata kuliah Statistika.

Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD)

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Hal ini tidak lain karena IPS merupakan materi wajib yang harus dipelajari oleh siswa di Sekolah Dasar(MI) sebagaimana diamanatkan dalam sistem dan peraturan perundang-undangan pendidikan yang berlaku. Secara substansi, IPS merupakan materi yang didapat dari berbagi sumber dan pengalaman hidup sebagai makhluk sosial yang mempunyai kecenderungan kuat untuk hidup bersama dalam kelompok. IPS sangat berguna untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial yang dalam hal ini dilakukan manusia pada setia harinya, termasuk didalamnya permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi oleh manusia di dalam kehidupan.

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS).

Ekonomi Politik

Alkamdullilaahirabbil‘alamiin, puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas tersusunnya buku “Ekonomi Politik” Buku ini disusun sebagai pedoman bagi, mahasiswa, pelaku pemerintah dalam mempelajari kebijakan ekonomi politik dalam mewujudkan sistem pemerintah yang baik (good gaverment) di suatu negara (Indonesia). Buku pedoman belajar ini tentunya masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami sangat terbuka untuk menerima segala bentuk masukan yang bersifat membangun. Semoga tersusunnya buku ini dapat bermanfaat untuk belajar mengajar, juga dapat digunakan dalam pembuatan kebijakan pendidikan politik di kemudian hari.

Alkamdullilaahirabbil‘alamiin, puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas tersusunnya buku “Ekonomi Politik” Buku ini disusun sebagai pedoman bagi, mahasiswa, pelaku pemerintah dalam mempelajari kebijakan ekonomi politik ...

SUPERVISI AKADEMIK: Studi Peningkatan Kinerja Guru MI dalam Pengembangan Bahan Ajar

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting. Secara konseptual, supervisi akademik ini adalah rangkaian kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran guru secara otomatis akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Sehingga pembinaan dan pemberian dampingan secara kesinambungan yang dilakukan oleh kepala sekolah akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru dan akan berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik, baik itu di sekolah atau madrasah. Peranan guru sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan formal. Guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembangunan bidang pendidikan, dan oleh karena itu perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Pengembangan bahan ajar merupakan bagian dari proses pengembangan inovasi dalam pendidikan. Bahan ajar yang digunakan tidak selamanya harus konvensional namun sebagai guru haruslah melakukan beberapa tindakan untuk perbaikan paradigma, cara pandang, berpikir, sikap, kebiasaan, profesionalisme, maupun perilaku dalam mengajar. Dengan demikian para guru harus memberikan inovasi dalam membuat bahan ajar karena akan berdampak pada kelancaran kegiatan pembelajaran siswa agar tidak cenderung merasa bosan. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kepengawasan yang sudah tertulis dalam buku ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru madrasah dalam pengembangan materi bahan ajar melalui penerapan supervisi akademik pengawas upaya peningkatan capaian mutu sekolah di MI binaan wilayah Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Dalam buku hasil penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Kinerja Guru Madrasah dengan mencapai standar ideal. Dari 69,25 % pada siklus l, dapat meningkat menjadi 71,65 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 85,25%. Hasil Penelitian Tindakan Kepengawasan ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan supervisi akademik pengawas dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan ketuntasan mencapai 100 %, tanggapan guru adalah sangat positif terhadap pembinaan yang dilakukan melalui penerapan Supervisi Akademik.

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting.

Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Keberhasilan kami dalam menyelesaikan buku media pembelajaran PAI tidak terlepas dari jasa dan peran dosen pengampu mata kuliah media pembelajaran PAI yang diampu oleh bapak Andrian Gandi Wijanarko. Buku ini akan semakin menambah koleksi hasil karya kami. Walaupun sederhana, namun isi dalam buku ini merupakan hasil ide, kreatifitas dalam pengembangan pembelajaran PAI. Tentunya akan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi PAI. Kami menyadari bahwa capaian kami ini bukanlah yang terakhir. Kami berharap semoga kelak kami dapat menghasilkan karya lagi dan dapat bekerjasama dengan semua pihak yang berkenan. Dengan sepenuh hati kami ucapkan terimakasih kepada bapak Andrian Gandi Wijanarko, Prodi PAI, civitas akademika STAINU Temanggung serta penerbit yang telah membantu terbitnya buku ini. Semoga buku ini memberikan manfaat bagi akademisi dan masyarakat sekitar.

Sehingga penyampaian materi dapat terserap dengan baik oleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang inovatif tidak membosankan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) atau pemecahan masalah. Model PBL kali ini di ...

Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang yang telah menganugerahkan rahmat-Nya sehingga dapat menyelesaikan buku tentang “Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah”. Buku ini disusun terinspirasi oleh pengalaman penulis selama bertugas sebagai guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang bertugas mendidik, memimpin sekolah dan membentuk karakter peserta didik di sekolah maupun dalam keluarga dan masyarakat. Buku Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah ini diharapkan dapat memberikan kontibusi terkait pengembangan karakter peserta didik. Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah pada dasarnya bertujuan mendorong lahirnya anak-anak yang baik. Tumbuh dan berkembangnya karakter yang baik akan mendorong peserta didik tumbuh dengan kapasitas dan komitmennya untuk melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukan segalanya dengan benar dan memiliki tujuan hidup. Buku ini antara lain menjabarkan ruang lingkup pendidikan karakter, hakikat pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, pengembangan karakter siswa, membangun budaya sekolah, unsur budaya sekolah, karakteristik budaya sekolah, strategi pengembangan karakter, pendidikan peduli lingkungan, dan kemandirian sekolah dalam pengembangan karakter. Melalui pendidikan karakter akan menjadikan siswa sebagai sosok yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki keimanan yang kuat sehingga melahirkan pribadi yang berbudi luhur, toleran terhadap sesama, memiliki motivasi juang dan mempu bekerja keras, berprestasi dan disiplin, sikap menghargai orang lain dan demokratis, bertanggungjawab, kreatif dan mandiri. Penulis mohon saran dan kritik yang membangun dan semoga buku ini memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan tentang pengembangan karakter berbasis budaya lembaga pendidikan.

Buku Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah ini diharapkan dapat memberikan kontibusi terkait pengembangan karakter peserta didik.