Sebanyak 1421 item atau buku ditemukan

The Philosophy of Social Science

New Perspectives, 2nd edition

Now in its second edition, this comprehensive textbook offers an exceptionally accessible yet in-depth introduction to the philosophy of social science. Students with no previous knowledge will find themselves taken on an engaging philosophical journey: the book’s unique dialogue format anticipates their most frequently asked questions and provides clear explanations of specialised terminology and essential contextualisation of contemporary debates. Encompassing both traditional and contemporary perspectives, the book explores the questions and debates raised by all the major theoretical positions in the philosophy of social science, including positivism, empiricism, rationalism, hermeneutics, feminist epistemology, postmodernism and critical realism. The first edition of this book had a Eurocentric bias, as does virtually all other textbooks covering this subject matter. This has been corrected in the second edition and includes a new chapter on the contributions of Islam to philosophy, natural science social science including sociology. The second edition also has a newly written chapter on pragmaticism and neo-pragmaticism, as well as strengthened coverage of hermeneutics, postmodernism and critical realism. The book‘s rich pedagogic support includes: point-by-point summaries introducing the scope of every chapter; discussion questions; further reading lists; and a glossary of key terminology. This excellent textbook is designed to provide every student with a clear understanding of important and complex issues. It is essential reading for all students of philosophy of social science, whether at undergraduate or Masters level and regardless of their disciplinary background.

The first edition of this book had a Eurocentric bias, as does virtually all other textbooks covering this subject matter.

METODE PENELITIAN KUALITATIF BIDANG PENDIDIKAN

Tujuan dibuatnya buku ajar ini adalah untuk dijadikan peganagan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Metodologi Kualitatif baik di dalam maupun di luar Universitas Negeri Jakarta. Dalam penyusun buku ajar ini terdiri dari delapan bab yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II. Metode Penelitian Kualitatif, Bab III. Penelitian Fenomenologis , Bab IV. Penelitian Etnografi, Bab V. Penelitian Teori Dasar (Grounded Theory) Bab. VI. Penelitian Naturalistik, Bab VII. Penelitian Studi Kasus dan Bab. VIII Penelitian Tindakan.

Tujuan dibuatnya buku ajar ini adalah untuk dijadikan peganagan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Metodologi Kualitatif baik di dalam maupun di luar Universitas Negeri Jakarta.

METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (PANDUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH DAN TUGAS AKHIR)

Kandungan buku ini mendeskripsikan tentang secara komprehensif tentang metode penelitian di bidang pendidikan, khususnya terkait artikel ilmiah dan tugas akhir (skripsi & tesis). Di dalamnya juga dimuat contoh dan berbagai analogi.

Kandungan buku ini mendeskripsikan tentang secara komprehensif tentang metode penelitian di bidang pendidikan, khususnya terkait artikel ilmiah dan tugas akhir (skripsi & tesis). Di dalamnya juga dimuat contoh dan berbagai analogi.

METODE PENELITIAN CAMPURAN

KONSEP, PROSEDUR DAN CONTOH PENERAPAN

Penerapan metode penelitian campuran merupakan salah satu solusi dalam memperoleh data apabila penerapan metode kuantitatif atau kualitatif saja dianggap tidak bisa memberikan hasil yang lengkap dalam menjawab rumusan masalah penelitian. Metode ini memadukan dua jenis metode penelitian, yaitu kuantitatif dan kualitatif dalam satu kesatuan. Dalam penerapan metode penelitian ini tidak hanya mampu mengungkapkan fenomena permasalahan secara umum saja, akan tetapi mampu menjawab permasalahan secara lebih mendalam. Buku “Metode Penelitian Campuran” ini dapat membantu para mahasiswa, dosen dan peneliti dalam mengenal lebih jauh tentang ketentuan-ketentuan dalam mengaplikasikan gabungan kuantitatif dan kualitatif. Melalui buku ini, anda akan mendapatkan informasi tentang konsep, aturan, jenis-jenis, prosedur dan contoh penerapan metode penelitian campuran yang telah dilakukan dalam bentuk artikel ilmiah dan tugas akhir mahasiswa. Buku ini dikembangkan penulis berdasarkan pengalaman dari peneliti dalam melakukan penelitian dengan menerapkan metode penelitian campuran. Selain itu, dukungan-dukungan sumber yang relevan menjadikan buku ini sangat baik dimiliki oleh mahasiswa, dosen dan peneliti sebagai pedoman dan referensi dalam meneliti berbagai bidang keilmuan.

Penerapan metode penelitian campuran merupakan salah satu solusi dalam memperoleh data apabila penerapan metode kuantitatif atau kualitatif saja dianggap tidak bisa memberikan hasil yang lengkap dalam menjawab rumusan masalah penelitian.

TERNYATA PENELITIAN ITU MUDAH

Memahami Kondisi Aktual Perekonomian Indonesia

buk ini menyajikan ulasan sederhana tentng bagaimana melaksanakan penelitian di bidang pendidikan. buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana. sehingga sangat membantu para peneliti pemula.

Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D

Buku ini disusun berdasarkan hasil kajian dari berbagai sumber bacaan dan pengalaman penelitian tentang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Buku Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, PTK, dan Research and Development ini diharapkan dapat melengkapi buku-buku penelitian untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 serta pendidik, peneliti, praktisi, dan pihak lain yang peduli dan ingin mendalami bidang pendidikan melalui penelitian. Buku ini terdiri dari lima bagian yang bisa dipelajari. Bagian 1, Pengertian dan Ruang Lingkup Penelitian Pendidikan. Bagian 2, Penelitian Kuantitatif beserta contohnya. Bagian 3, Penelitian Kualitatif beserta contohnya. Bagian 4, Penelitian Tindakan Kelas beserta contohnya. Bagian 5, Research and Development beserta contohnya. Setiap bagian dari buku ini menyajikan beberapa bab yang disertai contoh praktis hasil-hasil penelitian penulis.

Buku ini disusun berdasarkan hasil kajian dari berbagai sumber bacaan dan pengalaman penelitian tentang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

New Religiosities, Modern Capitalism, and Moral Complexities in Southeast Asia

As Southeast Asia experiences unprecedented economic modernization, religious and moral practices are being challenged as never before. From Thai casinos to Singaporean megachurches, from the practitioners of Islamic Finance in Jakarta to Pentecostal Christians in rural Cambodia, this volume discusses the moral complexities that arise when religious and economic developments converge. In the past few decades, Southeast Asia has seen growing religious pluralism and antagonisms as well as the penetration of a market economy and economic liberalism. Providing a multidisciplinary, cross-regional snapshot of a region in the midst of profound change, this text is a key read for scholars of religion, economists, non-governmental organization workers, and think-tankers across the region.

... including the most important one, Muhammadiyah, assigned themselves the task of reforming and modernizing Islam, which still bore the traces of its Hindu-Buddhist heritage and mystical traditions, notably from Sufism.

Moral Mappings of South and North

The term 'Global South' marks a new attempt at providing order and meaning in the current global political constellation, replacing the term 'Third World'. But the term 'Global South' is fraught with many ambiguities. This book explores the possible meanings of this new distinction and assesses the advantages and disadvantages of adopting it for understanding the contemporary world. It casts a wide exploratory net, addressing historical transformations of world-interpretation and wider cultural-intellectual meanings.

... 90 SSC acronym (South-South Cooperation), 127, 131 St Petersberg, 74–5 state socialism, 5 Steiner, George, 197 'struggle', 140–9 Subrahmanyam, Sanjay, 66 Sufism, 174 Sukarno (President of Indonesia), 58 El Sur, 206 Suvchinsky, Petr, ...

The Moral and Political Writings of Mahatma Gandhi: Civilization, politics, and religion

The first in a series of three, this volume brings together the seminal writings of Mahatma Gandhi in an accessible form. Gandhi's books were few and inconclusive, but throughout his life he wrote innumerable articles and kept an enormous correspondence. The Collected Works of Gandhi run to ninety volumes. The editor of this series has selscted the most important of Gandhi's writings on morality, politics, religion, non-violent resistance, and a host of other topics, all of which illuminate the life and thought of the great man.

SUFI MYSTICS We have received for review two volumes of a series entitled The Wisdom of the East being published in Britain . The first is called The Way of the Buddha and the second , Persian Mystics , in which the author has assigned ...

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik

Buku ini mengungkapkan bahwa semakin mengadopsi materi agama nonmuslim maka pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama dapat diterima. Hal ini terus terlaksana karena tidak dijumpai peserta didik pluralistik mengkonversi agamanya menjadi agama Islam. Pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama tersebut dilakukan hanya pada aspek pengetahuan. Pelaksanaan ini dapat terus berlangsung dan dapat diketahui melalui beberapa hal. Kebijakan Yapis Papua dalam Pembelajaran PAI pada masyarakat pluralistik tidak memperhatikan keagamaan yang dianut para siswa melainkan hanya mengajarkan agama tertentu terhadap para siswa yang beragam keagamaannya. Namun demikian, cara pembelajaran PAI yang demikian itu dapat berjalan secara efektif atau tidak menimbulkan resistensi. Hal ini terjadi disebabkan pembelajaran di Yapis Papua tidak bertujuan mengganti keagamaan para siswa, tidak memaksa peserta didik menkonversi agamanya ke dalam agama Islam, tidak mewajibkan penghayatan dan pengamalan pengetahuan agama Islam. Penerapan pembelajaran ini dilakukan tidak sepenuhnya misi ideologi tetapi lebih didasari pada pertimbangan misi sosial terutama pengenalan Islam, karena pembelajaran pendidikan agama Islam diberikan kepada siswa nonmuslim tidak menjadikan mereka keluar dari agamanya justru menjadikan pelajaran pendidikan agama sebagai sarana memperkenalkan agama Islam. Penerapan pembelajaran PAI pada 3 satuan pendidikan Yapis Papua yaitu Universitas Yapis Papua, SMK Hikmah Yapis, dan SMA Hikmah Yapis dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai ahli yang memegang kontrol selama proses pembelajaran, model teacher centris, strategi pembelajaran ekspositori. Guru/Dosen sebagai subyek dalam pembelajaran PAI dimana pendidik tidak mengharuskan peserta didik pluralis mengamalkan ajaran agama Islam, memasukkan unsur nilai dan ajaran agama non muslim di dalam materi pembelajaran PAI, guru menurunkan nilai standar kriteria ketuntasan minimal bagi peserta didik nonmuslim. Pada sisi kognitif, guru menyadur ajaran agama peserta didik pluralistik. Pada sisi psikomotorik mereka hanya mengetahui praktik keagamaan namun tidak dilaksanakan. Pada sisi afektif, guru mengambil nilai-nilai yang sama dengan ajaran agama lain yang sesuai dengan afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Buku ini mengungkapkan bahwa semakin mengadopsi materi agama nonmuslim maka pembelajaran PAI pada peserta didik plural agama dapat diterima.