Sebanyak 1421 item atau buku ditemukan

Sosiologi Pendidikan Islam

Sosiologi pendidikan Islam sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat. pada poin ini lebih mengutamakan fungsi lembaga pendidikan Islam diadakan masyarakat dan hubungan sekolah dengan masyarakat yang terdiri dari beberapa aspek. Apabila pendidikan Islam tidak dapat menempatkan diri dalam masyarakat yang berbeda-beda kulturnya maka manusia tidak sesuai cita-cita Islam yang mencerminkan hakikat Islam tidak bisa terwujud. Sosiologi pendidikan Islam sebagai alat kemajuan perkembagan sosial Pendidikan Islamn sebagai disiplin ilmu dapat melestarikan dan memajuakan tradisi budaya moral yang Islami sehingga terwujud komunikasi sosial dalam masyarakat dan membawa kebudayaan kepuncak yang setinggi-tingginya.

pendidikan sesuai yang tercantum dalam jenjang pendidikan di Indonesia yang mengatakan jenjang pendidikan adalah suatu tahapan dalam pendidikan yang berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan para peserta didik serta ...

Kekerasan di Sekolah dalam Tinjauan Sosiologi Pendidikan

Salah satu hasil temuan studi yang cukup menarik dituangkan dalam buku ini adalah tentang indeks dan skala persepsi kekerasan yang dialami siswa di sekolah. Sistematika penulisan dalam buku ini meliputi: bagian pendahuluan yang merupakan pengantar tentang fokus kajian; kemudian bab berikutnya memaparkan hasil penelitian yang berkaitan dengan kekerasan di sekolah; bab selanjutnya pembahasan difokuskan pada pemahaman tentang berbagai bentuk kekerasan di sekolah dan upaya untuk mencegah kekerasan dalam perspektif sosiologi pendidikan, dan bab terakhir menyajikan tawaran tentang model pendidikan perdamaian (peace education) untuk membentuk karakter siswa yang lebih humanis.

Alternatif model pendidikan yang lebih humanis seharusnya mulai dipikirkan untuk mencegah berbagai bentuk kekerasan yang terjadi di sekolah. Salah satu model pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai humanis itu adalah pendidikan ...

BUKU AJAR PENGANTAR SOSIOLOGI

Di dalam buku ini berisi penjelasan tentang teori sosiologi berdasarkan para ahli, serta kajian sosial. Adapun isi BAB dalam buku ajar ini adalah Konsep Sosiologi, Ruang Lingkup Teori dan Historis Sosiologi, Proses-Proses Sosial, Kelompok-kelompok Sosial, Kelembagaan Sosial, Pelapisan Masyarakat, Perubahan Sosial dan Kebudayaan, Perspektif Dalam Sosiologi, Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial. Dengan adanya buku ajar ini dapat memberikan gambaran bagi mahasiswa untuk dapat memahami teori-teori sosiologi dan dianalisis dengan fenomena yang terjadi di masyarakat.

Di dalam buku ini berisi penjelasan tentang teori sosiologi berdasarkan para ahli, serta kajian sosial.

Sosiologi Pesantren

Kajian buku ini berangkat dari keinginan untuk mengungkap keunikan, keluasan pengetahuan, dan perubahan pesantren di Indonesia. Sebagai representasi keislaman dan keindonesiaan yang tumbuh dan berkembang sejak sebelum adanya penjajah kolonial Belanda hadir di Indonesia. Pendidikan Islam pertama dan tertua di Indonesia, pesantren sudah banyak membawa dan memberikan pengaruh terhadap keislaman di Indonesia.

Kajian buku ini berangkat dari keinginan untuk mengungkap keunikan, keluasan pengetahuan, dan perubahan pesantren di Indonesia.

Sosiologi politik

makna kekuasaan dan transformasi politik

Buku sosiologi politik ini merupakan rangkaian kajian kritis tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan kekuasaan atau power, relasi 'state' dan 'civil society', demokrasi dan formasi masyarakat klasik maupun kontemporer, elite dan kajian klas, serta kajian stabilitas dan instabilitas sosial. Kajian isu-isu penting tersebut dilakukan dengan mengacu pada banyak perspektif pemikiran, mulai dari Hobbes, Montesquieu, Durkheim, Max Weber, Karl Marx, Althusser, Horkheimer, Gramsci, Alexis de Tocqueville, Vilfredo Pareto, Gaetano Mosca, S.M. Lipset, H. Crough, F.W. Riggs, Schmitter, Nordhaus hingga C. Wright Mills, Liddle, Hefner, Fukuyama dan sejumlah pemikir lainnya. Dalam konteks ini didialogkan juga konstruks elite, masyarakat Jawa, dan pemikir Islam tentang kekuasaan mengacu pada pemikiran Anderson, Ibn Khaldun, Ali Abd. Raziq, di samping juga pemikiran Maududi. Buku ini mengkaji relasi elite dan masyarakat atau civil society. Ia diletakkan dalam konteks pengelolaan kekuasaan. Elite cenderung determinative terhadap civil society. Kata Kenneth Minogue (1994) Profesor Emeritus dalam Ilmu Politik di London School of Economics. an elite party, or vanguard, takes over all power and proceeds to tutor the population in how to think and to act. Dalam praktik bahkan cenderung menggunakan kekerasan. Oleh karena itu buku ini mengajak pembaca memahami kecenderungan elite menggunakan kekerasan, terutama oleh elite yang telah kehilangan kepekaan moral seperti yang muncul dalam kajian C. Wright Mills. Transformasi dan perubahan politik menuju kepolitikan modern dikaji melalui Pemilu yang dalam hal ini ditempatkan sebagai langkah konsolidasi menuju kekuasaan dan demokrasi. Di samping juga dikaji melalui prasyarat budaya yang diperlukan untuk mengkonsolidasikan sistem politik yang demokratis. Pengalaman empirik sangat diperlukan, dalam hal ini diambilkan dari pengalaman bangsa Indonesia, bangsa yang dikenal penduduknya memiliki basis religio politik keagamaan yang kuat. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku sosiologi politik ini merupakan rangkaian kajian kritis tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan kekuasaan atau power, relasi 'state' dan 'civil society', demokrasi dan formasi masyarakat klasik maupun kontemporer, elite dan ...

SOSIOLOGI PERIKANAN DAN KELAUTAN

Buku ini ditulis dari berbagai pustaka yang ada dan pengalaman lapang penulis yang berjumlah lima orang. Pengalaman lapang terutama sebagai hasil dari riset dan sebagai tenaga ahli dalam proyek pembangunan masyarakat. Beberapa bagian dari buku ini tentu ada yang terdapat dalam buku lain, namun dengan narasi yang tentu saja tidak sama. Meskipun untuk menyiapkan naskah ini sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu, namun masih saja ditemukan kekurangan di sana-sini. Walau dengan segala bentuk kekurangan yang ada, kehadiran buku ini diharapkan mengisi ruang kosong yang ada dalam pembahasan sosiologi perikanan dan kelautan. Penulis berharap agar buku ini tidak hanya terbatas sebagai sebuah buku ajar, namun juga dapat digunakan oleh pihak-pihak lain yang memerlukannya. Harapan penulis adalah adanya masukan dari pembaca, agar di masa depan buku ini bisa tampil lebih baik.

Walau dengan segala bentuk kekurangan yang ada, kehadiran buku ini diharapkan mengisi ruang kosong yang ada dalam pembahasan sosiologi perikanan dan kelautan.

Education and Society

An Introduction to Key Issues in the Sociology of Education

Drawing on current scholarship, Education and Society takes students on a journey through the many roles that education plays in contemporary societies. Addressing students’ own experience of education before expanding to larger sociological conversations, Education and Society helps readers understand and engage with such topics as peer groups, gender and identity, social class, the racialization of achievement, the treatment of immigrant children, special education, school choice, accountability, discipline, global perspectives, and schooling as a social institution. The book prompts students to evaluate how schools organize our society and how society organizes our schools. Moving from students to schooling to social forces, Education and Society provides a lively and engaging introduction to theory and research and will serve as a cornerstone for courses such as sociology of education, foundations of education, critical issues in education, and school and society.

The book prompts students to evaluate how schools organize our society and how society organizes our schools.

Knowledge, Education, and Cultural Change

Papers in the Sociology of Education

Originally published in 1973 Knowledge, Education and Cultural Change surveys the present state of the field of the sociology of education. The book addresses the claim that much of the research in the sociology of education should be extended to issues of wider theoretical significance, the book provides theoretically informed analysis of situations or processes, developing new theoretical perspectives and concepts. The papers also reflect the appropriate theoretical framework for the sociology of education. Underpinning this framework, it looks at the importance of social stratification, arguing that too much work in the sociology of education is carried out using oversimplified models.

The book addresses the claim that much of the research in the sociology of education should be extended to issues of wider theoretical significance, the book provides theoretically informed analysis of situations or processes, developing ...

The Sociology of Education

A Systematic Analysis

A comprehensive and cross-cultural look at the sociology of education. The text integrates important and diverse topics in the field by showing how they are related. The Sociology of Education: A Systematic Analysis provides a sociological analysis of education using several theoretical approaches. The authors include practical applications and current educational issues to discuss the structure and processes that make education systems work. Learning Goals Upon completing this book, readers should be able to: Learn diverse theoretical approaches in the sociology of education Assess important current or emerging topics, including higher education, informal education (“climate” and the “hidden curriculum”), the school environment, education around the world, and educational movements and alternatives Understand how change takes place and what role sociologists play Become involved with educational systems where they can put to use the knowledge available in textbooks

Learning Goals Upon completing this book, readers should be able to: Learn diverse theoretical approaches in the sociology of education Assess important current or emerging topics, including higher education, informal education ...

Evaluasi Penanggulangan Bencana : Pembelajaran Peran Pusat Studi Bencana IPB dalam Penanggulangan Bencana

Buku ini menguraikan evaluasi penanggulangan bencana dari sudut pandang perguruan tinggi sebagai salah satu stakeholder penanggulangan bencana, yang diharapkan dapat menguatkan sistem nasional penanggulangan bencana melalui penguatan komponen IPTEKs-nya. Dengan demikian, buku ini menguraikan evaluasi penanggulangan bencana sesuai tingkat partisipasi, keterlibatan, dan pengalaman yang diperoleh Pusat Studi Bencana selama ini dalam penanggulangan bencana. Sesuai dengan tridarma yang diemban perguruan tinggi maka buku ini juga meliputi empat bab yang menguraikan tridarma, yaitu pendidikan, pengabdian, dan penelitian. Adapun substansi yang diangkat dalam setiap darma tersebut sesuai dengan keterlibatan Pusat Studi Bencana IPB dalam penanggulangan bencana sampai buku ini ditulis.

Buku ini menguraikan evaluasi penanggulangan bencana dari sudut pandang perguruan tinggi sebagai salah satu stakeholder penanggulangan bencana, yang diharapkan dapat menguatkan sistem nasional penanggulangan bencana melalui penguatan ...