Sebanyak 243 item atau buku ditemukan

Kajian ilmu-ilmu Islam

prosiding wacana akademik

Islamic theory of knowledge and philosophy; papers of a meeting.

Dr. Hasan Langgulung umpamanya dalam buku beliau , Pendidikan Islam : Satu
Analisa Sosio - Psikologikal ( 1979 : 43 ) , ada membahaskan masalah yang
diperkatakan oleh penulis . Tetapi lebih luas . Sebagai menokok tambah apa
yang ...

Kewarganegaraan & Masyarakat Madani 

Kewarganegaraan dan masyarakat madani menjadi pembahasan menarik karena ia tidak saja berkait dengan hubungan antarmanusia dalam relasi-relasi humanisme, tetapi lebih jauh ia juga meletakkan gagasan spiritual manusia. Gagasan spiritualisme manusia menghubungkan antarmanusia dalam relasi humanis untuk membentuk sebuah komunitas manusia yang beradab. Buku ini mencoba menuangkan pemikiran-pemikiran humanis-religius, dalam dinamika berbangsa dan bernegara. Pembahasan kewarganegaraan dalam buku ini tidak saja dikaji dari optik pemahaman keilmuan barat semata, tetapi juga dikaji dari sudut optik berpikir dalam keilmuan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

... citizenship transmision ( Barr , Barht , dan Shermis : 1978 ) . Berkenaan dengan hal itu , Winataputra ( 2001 ) berpan- dangan bahwa saat ini tradisi itu sudah berkembang pesat menjadi suatu body of knowledge yang dikenal dan memiliki ...

Levinas, Subjectivity, Education

Towards an Ethics of Radical Responsibility

Levinas, Subjectivity, Education explores how thephilosophical writings of Emmanuel Levinas lead us to reassesseducation and reveals the possibilities of a radical newunderstanding of ethical and political responsibility. Presents an original theoretical interpretation of EmmanuelLevinas that outlines the political significance of his work forcontemporary debates on education Offers a clear analysis of Levinas’s centralphilosophical concepts, including the place of religion in hiswork, demonstrating their relevance for educational theorists Examines Alain Badiou’s critique of Levinas’swork Considers the practical implications of Levinas’ theoriesfor concrete educational practices and frameworks

In his response to A Common Word, the Archbishop of Canterbury emphasized
the need for further reflection on what loving the neighbour means: We support
the clear affirmation in your letter, through texts from the Qur'an and the Bible, ...

Philosophers on Education

New Historical Perspectives

Philosophers on Education offers us the most comprehensive available history of philosopher's views and impacts on the directions of education. As Amelie Rorty explains, in describing a history of education, we are essentially describing and gaining the clearest understanding of the issues that presently concern and divide us. The essays in this stellar collection are written by some of the finest comtemporary philosophers. Those interested in history of philosophy, epistemology, moral psychology and education, and political theory will find Philosophers on Education to be both an engaging and fascinating read.

And, in Iranian society before the spread of universal primary education after the
Second World War, many children also entered Qur'an schools in their sixth year.
Although ties with mothers remained strong, the sudden introduction of Muslim ...

Education in Human Creative Existential Planning

Education is the transmission of knowledge and skill from one generation to another, and is vitally significant for the growth and unfolding of the living individual. It manifests the quintessential ability of the logos to differentiate life in self-individualization from within, and in its spread through inter-generative networks. The present collection of papers focuses on the underpinnings of the creative workings of the human strategies of reason.

The Upanishadic precept “atmanam vriddhi” is an eternal spiritual message
propagated also by Socrates in the phrase “know thyself” and by Muhammad as
ilm/marifah in the Qur'an by the words “rabby zidny ilman, by” (O my Lord!
Increase ...

Etika Profesi

Semua profesi berhubungan erat dengan etika, yang menyangkut nilai, norma, dan kewajiban moral. Oleh karena itu, setiap anggota suatu profesi harus selalu menyadari bahwa pekerjaannya mempunyai implikasi moral tertentu. Kesadaran itu, bersama dengan berbagai macam bentuk kode etik yang disepakati, misalnya etika kedokteran, etika keperawatan, etika hukum, atau etika akuntansi, memastikan tanggung jawab profesi dapat dipraktikkan dengan memperhatikan tuntutan-tuntutan etis yang menyertainya. Etika Profesi berusaha secara khusus menyelidiki relasi antara profesi dan etika. Dalam buku ini, dibahas dengan jernih dan tajam: - bagaimana istilah profesi terbentuk, hakikat profesi, serta berbagai pandangan terhadap profesi dan keterbatasannya; - peranan etika dalam profesi; - beberapa masalah khusus dalam etika profesi, seperti otonomi dalam profesi dan kesulitannya; konflik kepentingan dalam profesi; serta profesi di era digital. Buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan yang penting bagi para profesional, organisasi profesi, lembaga pendidikan profesi, perusahaan, serta akademisi.

Etika Profesi berusaha secara khusus menyelidiki relasi antara profesi dan etika.

Orientasi Ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu

Secara personal manusia memiliki keterbatasan pemahaman hanya pada tataran nalar dan logika, pengalaman hidup, dan bahan bacaan yang pernah melekat dalam ingatan (benak) memori sadar dalam rentang kehidupan. Berdasar pandangan filosofis, ilmu yang dimiliki seseorang hanya sebatas pengalaman dan langkah hidupnya; pengetahuan seseorang hanya sebatas kata dan kalimat yang pernah dibacanya; kecakapan seseorang hanya sebatas perbuatan dan tindakannya. Karena itulah, kini hampir di semua perguruan tinggi yang menyelenggarakan program Magister dan Doktoral wajib menampilkan mata kuliah Filsafat Ilmu sebagai mata kuliah dasar untuk mengkonstruk keahlian berpikir-daya nalar-bagi mahasiswa, utamanya dalam mengkonstruksi keilmuan sesuai fokus keahliannya (spesialisasi bidang studi) masing-masing. Berdasar kenyataan dan kebutuhan akademik, buku teks dan referensi utama tentang filsafat ilmu pengetahuan yang masih langka ini sangat dibutuhkan, baik untuk mahasiswa tingkat persiapan (S-1) hingga magister dan doktoral (S-2 dan S-3). *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Secara personal manusia memiliki keterbatasan pemahaman hanya pada tataran nalar dan logika, pengalaman hidup, dan bahan bacaan yang pernah melekat dalam ingatan (benak) memori sadar dalam rentang kehidupan.