Sebanyak 320 item atau buku ditemukan

The Big6 Curriculum: Comprehensive Information and Communication Technology (ICT) Literacy for All Students

Comprehensive Information and Communication Technology (ICT) Literacy for All Students

This practical, hands-on book explains how to ensure that your students are information and communication technology literate—that is, competent with a range of tools, technologies, and techniques for seeking out and applying information. • Helps librarians better understand and implement the information and communication technology (ICT) skills required of 21st-century students • Presents dozens of figures, templates, and lessons to aid librarians in implementing comprehensive ICT literacy programs that reach all students in all schools • Provides highly relevant concepts for librarians at all schools or districts seeking to achieve local, state, or Common Core educational standards

This book explains how to integrate the objectives of ICT literacy into your school's established curricular structure.

Survey of Academic Library Use of Lecture Capture Technology

The study looks closely at the growing role of the academic library in lecture capture technologies now widely deployed across higher education to capture, preserve and capitalize on the enormous intellectual property embodied in millions of higher education course sessions. The report looks at how academic libraries are themselves using lecture capture in information literacy and other applications, and also how they are playing a role in providing metadata, archiving, technology and education services to other end users of lecture capture technology in higher education. The study provides detailed data on product selection, cooperation with other departments of the college or university over lecture capture deployment, use of lecture capture in technology centers, and the impact of lecture capture on library information literacy efforts.

The study looks closely at the growing role of the academic library in lecture capture technologies now widely deployed across higher education to capture, preserve and capitalize on the enormous intellectual property embodied in millions ...

Distributed Learning

Pedagogy and Technology in Online Information Literacy Instruction

The field of distributed learning is constantly evolving. Online technology provides instructors with the flexibility to offer meaningful instruction to students who are at a distance or in some cases right on campus, but still unable to be physically present in the classroom. This dynamic environment challenges librarians to monitor, learn, adapt, collaborate, and use new technological advances in order to make the best use of techniques to engage students and improve learning outcomes and success rates. Distributed Learning provides evidence based information on a variety of issues, surrounding online teaching and learning from the perspective of librarians. Includes extensive literature search on distributed learning Provides pedagogy, developing content, and technology by librarians Shows the importance of collaboration and buy-in from all parties involved

The field of distributed learning is constantly evolving.

KOMUNIKASI ADMINISTRASI

buku ini sebagai bahan perkuliahan khususnya ilmu-ilmu sosial di kalangan Perguruan Tinggi. Sebagai pimpinan tentunya mendukung sepenuhnya kreativitas dosen untuk menulis karya ilmiah baik berupa bahan ajar maupun berupa hasil kajian atau penelitian yang merupakan wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan semakin giatnya dosen dalam menghasilkan sebuah tulisan tentu ini menjadi faktor pendorong mahasiswa untuk terus mengikuti jejak dosennya sekaligus sebagai contoh dan teladan bagi mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan sosial. Sebagai seorang dosen tentu memiliki kewajiban dalam melakukan penelitian selain melaksanakan fungsi tri dharma lainnya, oleh karena itu karya nyata dari seorang dosen menjadi prinsip yang dapat dipercaya, sebab tulisan lahir dari berbagai kajian maupun pendekatan teoritis dari berbagai sumber tulisan dalam rangka mendukung terpenuhinya sumber belajar mahasiswa.

buku ini sebagai bahan perkuliahan khususnya ilmu-ilmu sosial di kalangan Perguruan Tinggi.

Cabaran Pengurusan Disiplin Sekolah Masa Kini (UUM Press)

Dewasa kini pengurusan disiplin pelajar di sekolah semakin rumit disebabkan pelbagai cabaran yang harus didepani oleh pihak pengurusan sekolah khususnya guru dan kakitangan sekolah. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi maklumat (ICT) yang semakin pesat dan kewujudan dunia tanpa sempadan seterusnya meningkatkan lagi cabaran dalam alam pendidikan. Dalam menempuh cabaran pengurusan disiplin sekolah masa kini, pengetua, para guru, kakitangan sekolah, pihak berkepentingan seperti Persatuan Ibu bapa Guru (PIBG), ibu bapa, masyarakat, agensi-agensi kerajaan, pertubuhan kerajaan (NGO) termasuklah para pelajar sendiri perlu memainkan peranan masing-masing dalam usaha membentuk pelajar berdisiplin. Buku ini membincangkan masalah pengurusan disiplin pelajar dengan memberikan panduan asas dan praktikal tentang disiplin dan pengurusan disiplin untuk membantu pihak sekolah, para guru dan golongan pendidik terutama yang masih bertugas di sekolah, IPTA dan IPTS, termasuklah ibu bapa untuk sama-sama menangani masalah disiplin di sekolah mahupun di rumah demi kepentingan pendidikan di negara ini. Buku ini sesuai dijadikan panduan oleh para guru dan golongan pendidik, pensyarah di IPTA dan IPTS dalam menangani masalah disiplin para pelajar dan juga sesuai untuk rujukan ibu bapa.

Dewasa kini pengurusan disiplin pelajar di sekolah semakin rumit disebabkan pelbagai cabaran yang harus didepani oleh pihak pengurusan sekolah khususnya guru dan kakitangan sekolah.

Pembelajaran Bahasa Indonesia

Puji Syukur Penulis sampaikan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Buku Ajar ini dengan baik dan tepat waktu. Dengan dibuatnya Buku Ajar ini penulis berharap agar dapat bermanfaat dan membantu dalam memahami materi Bahasa Indonesia.Selanjutnya rasa terimakasih yang penulis ucapkan kepada semua pihak yang membantu dalam penyelesaian buku ajar ini. Penulis sangat menyadari sekali bahwa buku ajar ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca demi kesempurnaan Buku Ajar ini kedepannya.Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

Puji Syukur Penulis sampaikan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Buku Ajar ini dengan baik dan tepat waktu.

Pembelajaran Cerpen

Buku Pembelajaran Cerpen ini secara umum memuat konsep dasar, desain, hingga panduan teknis pembelajaran cerpen. Gagasan tersebut diharapkan dapat diterapkan di tingkat pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Contoh, materi cerpen dibagi menjadi tiga, yakni cerpen denotatif, cerpen konotatif, dan cerpen simbolik. Pembagian itu didasari pemikiran tentang pemilihan materi yang tepat dan teknik yang tepat bagi peserta didik. Sistem pembelajaran disesuaikan dengan produk peraturan perundang-undangan yang mutakhir. Jadi, buku ini bukan hanya buku mata pelajaran tertentu di kelas tertentu, melainkan buku yang secara khusus membahas materi cerpen di tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Buku ini sangat dibutuhkan di tengah langkanya teori cerpen di tengah-tengah kita. Untuk memahami isinya, buku ini dibagi menjadi lima bagian. Bagian pertama, pendahuluan berisi pemahaman cerpen, sejarah, jenis-jenis cerpen, dan target pembelajaran. Bagian kedua, memuat dasar-dasar desain pembelajaran. Bagian ketiga, berisi pembelajaran cerpen denotatif. Bagian keempat, membahas pembelajaran cerpen konotatif. Bagian kelima, membahas pembelajaran cerpen simbolik. Dalam bagian penutup, disajikan tantangan pembelajaran cerpen pada masa datang. Hal itu terkait dengan materi, teknik pembelajaran, hingga situasi-situasi yang berpengaruh terhadap perubahan pembelajaran cerpen. Tak syak lagi, buku ini sangat penting bagi para pembelajar, khususnya di bidang bahasa dan sastra. Ketika terjadi perubahan kurikulum, pembelajaran, serta pencarian model yang tepat untuk pendidikan karakter, selama itu pula belum ada buku panduan yang menyeluruh tentang cara pembelajaran karya sastra secara konseptual, teknis, dan analitis. Buku ini memberi jawabannya.

Hal itu hanya dapat dimengerti dari bahasa asalnya, yakni Sunda, yang berarti 'larangan'. Frasa yang tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengindikasikan bahwa frasa tersebut menggunakan gaya bahasa perumpamaan.

BAHASA DAERAH DI KALIMANTAN UTARA

Buku Bahasa Daerah di Kalimantan Utara ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis untuk memetakan bahasa-bahasa daerah yang digunakan masyarakat di Kalimantan Utara, khususnya di Kabupaten Malinau dan Kabupaten Bulungan. Buku ini terdiri atas empat bagian. Bagian pertama merupakan pengantar, yang berisi latar belakang, metode, konsep pemetaan bahasa, dan profil Kalimantan Utara. Bagian kedua merupakan pembahasan lebih detail persebaran bahasa-bahasa daerah di Kabupaten Malinau. Bagian ini terdiri atas gambaran umum Kabupaten Malinau dan bahasa daerah di Kabupaten Malinau. Bagian tiga merupakan pembahasan lebih detail persebaran bahasa-bahasa daerah di Kabupaten Bulungan. Bagian ini terdiri atas gambaran umum Kabupaten Bulungan dan bahasa daerah di Kabupaten Bulungan. Bagian empat merupakan bagian penutup yang berisi catatan akhir pembahasan. Penulis mencoba menghadirkan data secara akurat mengenai persebaran bahasa-bahasa daerah di Kalimantan Utara, khususnya di Kabupaten Malinau dan Kabupaten Bulungan. Sebagaimana kita tahu bahwa Kalimantan, khususnya Kalimantan Utara, ditempati tidak hanya suku Dayak, tetapi juga beberapa suku lain yang berasal dari Nusantara, misalnya Jawa dan Bugis yang mendominasi suku pendatang, khususnya di wilayah Kalimantan Utara, maupun Kalimantan pada umumnya. Oleh karena itu, melalui buku ini, penulis mencoba menghadirkan gambaran persebaran bahasa-bahasa daerah, mulai dari bahasa dominan maupun bahasa komplementer yang digunakan masyarakat di dua kabupaten tersebut.

Buku Bahasa Daerah di Kalimantan Utara ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis untuk memetakan bahasa-bahasa daerah yang digunakan masyarakat di Kalimantan Utara, khususnya di Kabupaten Malinau dan Kabupaten Bulungan.

Classroom discourse : a model of classroom language research

First of all, I must praise to God, who has given me, as a human being, an ability to use and communicate using language, both spoken and written language. Because of His favour of giving us ‘Language Acquisition Device’, we human beings are able to acquire and learn languages.

2003b. PendekatanKontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas. DePorter, Bobbi and Mike Hernacki. 1999. Quantum Learning, MembiasakanBelajarNyaman dan Menyenangkan.Bandung: Kaifa (Perterjemah: AlwiyahAbdurrahman).

Kearsipan SMK/MAK Kelas X. Program Keahlian Manajemen Perkantoran. Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (edisi revisi).

Buku yang berjudul Kearsipan SMK/MAK Kelas X ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: • Arsip dan kearsipan • Norma, standar, prosedur, dan kaidah kearsipan • Prosedur penggunaan peralatan kearsipan • Penanganan surat masuk • Penanganan surat keluar • Klasifikasi dan indeks arsip • Penyimpanan arsip sistem abjad, kronologis, geografis, nomor, dan subjek. • Penggunaan arsip • Pemeliharaan arsip • Arsip dalam rangka menentukan retensi arsip • Penyusutan arsip • Pengelolaan arsip elektronik • Evaluasi kegiatan pengelolaan arsip Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda, esai, dan tugas proyek yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi sesuai kompetensi dasar dan kompetensi inti. Buku ini telah disesuaikan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK di bidangnya. Dengan demikian, kami berharap siswa mampu berkompetisi di dunia kerja.

Buku yang berjudul Kearsipan SMK/MAK Kelas X ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.