Sebanyak 270 item atau buku ditemukan

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia & Pembentukan Istilah

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) yang menjadi pedoman penggunaan bahasa Indonesia sejak tahun 1972 kini sudah resmi tidak berlaku. EYD sudah diperbarui menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), terhitung sejak diberlakukannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pembentukan Istilah ini merupakan rujukan dasar bagi mereka yang ingin mahir dalam dunia tulis-menulis. Dalam buku ini, dibahas hal-hal yang berkaitan dengan ejaan: pemakain huruf, tanda baca, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan lain-lain berdasarkan Permendikbud nomor 50 Tahun 2015. Buku ini juga dilengkapi dengan pedoman pembentukan istilah yang berdasar pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia 144/U/2004 tentang Penyempurnaan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Selain PUEBI dan pedoman pembentukan istilah, dalam buku ini juga disertai dengan sistematika penyusunan karya tulis ilmiah. Buku ini wajib dimiliki oleh para pelajar, mahasiswa, guru, dosen, wartawan, sekretaris, dan masyarakat umum sebagai pedoman penulisan bahasa Indonesia. Dengan mematuhi prinsip-prinsip PUEBI dan pembentukan istilah, pemakai bahasa Indonesia akan mampu mempertanggungjawabkan tulisannya secara baik dan benar.

Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pembentukan Istilah ini merupakan rujukan dasar bagi mereka yang ingin mahir dalam dunia tulis-menulis.

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Tulisan ini merupakan kumpulan dari materi kuliah yang sering kami ajarkan kepada mahasiswa dan diterbitkan untuk keperluan perkuliahan, kalangan mahasiswa dan masyarakat, serta praktisi juga untuk memperkaya kepustakaan kita, melalui tulisan ini juga diharapkan dapat membantu memperoleh pemahaman dasar dalam membentuk karakter anak bangsa yang terus berkembang dari masa kemasa. Selanjutnya terima kasih disampaikan kepada kedua orang tua tercinta Ayahanda Andi Tarmudi dan Ibunda Siti Hajat dan terkhusus ucapan terima kasih disampaikan kepada Istri Penulis, Nurhayani. AM.Keb dan Anakku Afif yang selalu memberikan dukungan dan motivasi semoga buku ini menjadi inspirasi dalam membina masa depan yang lebih cemerlang.

Tulisan ini merupakan kumpulan dari materi kuliah yang sering kami ajarkan kepada mahasiswa dan diterbitkan untuk keperluan perkuliahan, kalangan mahasiswa dan masyarakat, serta praktisi juga untuk memperkaya kepustakaan kita, melalui ...

Annisa - Edisi Bahasa Inggris

A young Indonesian woman with an ailing mother and a celebrity father whose moon is on the wane. A painful family secret dragged into the open, a subversive Western lecturer, and nowhere else to turn. A steady drift into dangerous waters, a choice between black and white when everything seems grey. ‘A simple and perceptive drama, Annisa shines a light on social matters close to the hearts of many Indonesians.’ Muzakkir Husain, Berita Satu

A young Indonesian woman with an ailing mother and a celebrity father whose moon is on the wane.

Matematika Akuntansi Menggunakan Microsoft Excel

Memulai belajar akuntansi bagi siapa pun sering kali dirasa sulit dan cenderung membosankan karena dipenuhi berbagai istilah. Hal ini bisa dipahami karena dalam akuntansi terdapat berbagai istilah, seperti neraca, laporan laba rugi, persamaan dasar akuntansi, debit, kredit, jurnal, penyusutan, penyesuaian, akun, buku besar, pemindahbukuan, dan sebagainya. Masalah mendasar dalam belajar akuntansi adalah pembaca dihadapkan pada tabel data sebagai ilustrasi atau peraga yang bersifat statis. Tampilan semacam ini tentu memiliki kelemahan karena tidak memberi ruang kepada pembaca untuk mengeksplorasi tabel dan pengaruhnya terhadap informasi keuangan. Materi akuntansi yang cenderung rumit dapat disederhanakan karena apa pun istilah yang digunakan, pada dasarnya berbasis angka. Angka identik dengan operasi matematika, dan pada akuntansi, penerapannya sangat sederhana karena hanya berupa penambahan dan pengurangan. Operasi matematika dapat dibuat dengan merancang tabel data interaktif sehingga proses belajar akuntansi menjadi sangat mudah, menarik, dan tidak lagi membosankan. Kehadiran buku ini memberi solusi belajar akuntansi dengan pendekatan logika dan matematika; sebuah terobosan baru yang pasti diperlukan pembaca. Buku pertama yang mengupas pendekatan logika dan matematika yang ditunjang tabel data interaktif Microsoft Excel untuk belajar akuntansi. Pembahasan dirancang secara sistematis, tidak banyak berkutat dengan teori tetapi fokus pada penyelesaian studi kasus tahapan proses belajar akuntansi. Mulai saat ini buang kesan jauh-jauh bahwa mempelajari akuntansi begitu rumit dengan berbagai istilah yang cukup sulit untuk dipahami. Materi buku dikemas dengan bahasa sederhana sehingga pembaca dapat mengikuti pembahasan demi pembahasan, mengalir begitu ringan dan mudah dicerna. Buku yang cocok dikoleksi pelajar, mahasiswa, pengajar, atau siapa pun yang tertarik mempelajari akuntansi. *Bonus pada buku fisik (CD, voucher, pembatas buku) tidak disertakan dalam buku digital (e-book)

Memulai belajar akuntansi bagi siapa pun sering kali dirasa sulit dan cenderung membosankan karena dipenuhi berbagai istilah.

PANDUAN BERCERITA BERPASANGAN JURU PELIHARA SITUS SEJARAH MADIUN

Situs sejarah merupakan tempat manusia masa lalu melaksanakan aktivitas hidupnya dan meninggalkan sisa-sisa aktivitasnya sebagai ungkapan kebudayaan yang berlaku sesuai jamannya. Situs ini memiliki arti penting bagi kehidupan masa kini. Cerita dibalik situs dan peninggalan sejarah dapat dijadikan sumber motivasi manusia untuk berbuat lebih baik dari pendahulunya. Tanpa pengalaman manusia tak akan bisa mengambil putusan penting, tak akan mampu memperbaiki kondisinya, bahkan mungkin tak akan bisa melangsungkan hidupnya. Ini sejalan dengan ucapan Prof. Sartono Kartodirdjo, bahwa tidak mengetahui sejarah dapat diibaratkan orang yang membaca buku roman hanya pada halaman terakhir. Dengan demikian tidak diketahui "intrige" ceritera itu dan "happy end"-nya tidak dapat dimengerti sungguh-sungguh". Dengan memahami peristiwa masa lalu, akan menggugah kesadaran sejarah yang bersifat kolektif yaitu bentuk peng- alaman bersama sebagai ungkapan reaksi kepada situasi dalam peristiwa sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dari masa ke masa. Untuk itu, situs dan peninggalan sejarah perlu dipelihara dan dilestarikan. Pemeliharaan dan pelestarian situs dan peninggalan sejarah perlu partisipasi banyak pihak, tidak hanya pemerintah tetapi juga swasta dan masyarakat. Berdasarkan undang-undang dan peraturan pemerintah perlu adanya pihak-pihak yang menjaga dan bertanggung jawab. Salah satunya yakni mengangkat juru pelihara walaupun tidak untuk semua situs. Kondisi seperti memotivasi warga masyarakat untuk turut serta hadir sebagai pemelihara yang biasa disebut juru kunci. Pada umumnya juru pelihara maupun juru kunci memiliki dedikasi yang luar biasa dalam menjaga, merawat, dan memilihara situsnya. Bahkan mereka seringkali menjadi sasaran pertanyaan dari para pengunjung. Mengingat tidak semua juru pelihara dan juru kunci melaksanakan pendalaman dan/atau pengayaan secara ilmiah atas situs yang dipeliharanya sehingga ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Upaya perbaikan tersebut salah satunya melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Kemenristek RI dengan metode bercerita berpasangan.

Pendidikan Keterampilan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rusman. (2014
). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru . Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada. Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan.

Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19

Buku Antologi yang kami susun ini merupakan kumpulan tulisan artikel berupa bab (chapter), mengenai pengajaran Bahasa Inggris di setiap kampus tempat kami mengajar di seluruh Indonesia. Adapun isi dari artikel yang ditulis pada buku ini sangatlah beragam, mulai dari strategi pembelajaran Bahasa Inggris, cerita pengalaman pembelajaran Bahasa Inggris, hasil penelitian tentang pembelajaran Bahasa Inggris, maupun teori-teori tentang pembelajaran Bahasa Inggris terkini. Menjadi sangat menarik, buku ini disusun dalam masa pandemi COVID-19. Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Ia juga tercatat sebagai salah satu penulis Antologi Pemikiran yang dipublikasikan oleh Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini, ia juga tengah menjadi salah satu penulis di kegiatan Gerakan Menulis Buku Indonesia yang ...

TERJEMAH KITAB AL-LUMA' USHUL FIQIH

Terjemah Kitab Al_Luma' karya SYEKH ABU ISHAQ AS-SYAEROZI. Kitab ini menjelaskan tentang ushul fiqih yang sangat lengkap dan mudah difahami .

Terjemah Kitab Al_Luma' karya SYEKH ABU ISHAQ AS-SYAEROZI. Kitab ini menjelaskan tentang ushul fiqih yang sangat lengkap dan mudah difahami .

Primary Steps in Religious Education for the Caribbean

Primary Steps in Religious Education for the Caribbean is a new series which introduces 7 to 11 year olds to the major world religions as well as some of the faith groups indigenous to the Caribbean, how they came to the region and how all the faiths are relevant today.

Sey الأم لأردون من Before Muhammad died in 632 CE he made a pilgrimage to
Makkah for the last time . On the Mount of Mercy he preached his greatest
sermon . “ I leave behind me two things , ” he said , “ the Qur'an and the example
of my life .

Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya

Didorong oleh keinginan memberikan jawaban kepada para guru, melalui buku ini penulis mendemonstrasikan sebuah ijtihad tentang cara menanamkan nilai keimanan kepada Allah dan ajaran Islam dalam pembelajaran IPA melalui buku teks. Meskipun model ini menggunakan buku sebagai medianya, namun para guru dapat menggunakan pendekatan yang sama untuk media pembelajaran lainnya. Bahkan, pendekatan ini sebenarnya dapat juga diterapkan pada pelajaran-pelajaran lain seperti IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain-lain. Penulis berharap suatu saat ada di kalangan guru yang berbakat dalam menulis bisa menulis buku pelajaran IPA (atau pelajaran lainnya) yang islami dengan menggunakan konsep-konsep yang telah diuraikan di dalam buku ini. Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pendidikan Islam anak usia dini : pendidikan Islam dalam menyikapi kontroversi belajar membaca pada anak usia dini

Banyaknya kalangan yang masih pro dan kontra tentang mengajarkan membaca dan menulis pada anak usia dini (AUD) yaitu TK (Taman Kanak-Kanak) atau RA (Raudhatul Athfal). Sebagian menyatakan bahwa membaca dan menulis pada anak usia dini (AUD) sebelum masuk sekolah dasar (SD/MI) berarti memaksakan anak untuk memiliki kemampuan yang seharusnya baru diajarkan di SD/MI, akibatnya anak tersebuat merasa terbebani dengan belajar membaca. Hal ini mengakibatkan waktu bermain, yang seharusnya adalah aktivitas dominan di usia mereka akan berkurang atau bahkan terabaikan, sehingga dikhawatirkan akan menghambat perkembangan potensi dan kemampuan anak secara optimal dikemudian hari, asumsi ynag berkembang pun anak cepat berkembang, cepat layu. Sebagian lain berpendapat, tidak masalah mengajarkan membaca dan menulis sejak anak usia dini. Biasanya yang memiliki pendapat untuk membolehkan anak diajarkan baca dilatarbelakangi agar anaknya tidak mengalami kesulitan ketika masuk SD/MI. Tuntutan masuk ke SD/MI pada saat ini mensyaratkan bahwa anak sudah mampu untuk membaca dan menulis. Sehingga merupakan kekhawatiran orang tua bahkan guru jika anak-anak mereka (TK/RA) belum bisa membaca ketika mau masuk di sekolah dasar (SD/MI). Orang tua khawatir tidak diterima di sekolah dasar saat seleksi masuk, sedangkan guru khawatir diaanggap tidak mampu memngajar dan khawatir gread sekolah menurun atau program kemampuan membaca menjadi brand sekolah (TK/RA) tersebut. Dengan adanya polemik tersebut, tidak jarang membuat orangtua menjadi bingung, pendapat mana yang harus diikuti karena masing-masing pendapat memiliki alasan yang cukup kuat. Hal ini yang mendorong penulis untuk menyusun buku yang berjudul, “Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Pendidikan Islam dalam Menyikapi Kontroversi Belajar membaca pada Anak Usia Dini”. Diharapkan buku ini dapat memberikan paradigm baru terhadap pendidikan anak usia dini sesuai kajian Islam dan menjadi pencerahan secara ilmiah kepada pembaca, pemerhati pendidikan, pengembang, pengelola dan pelaksana pendidikan Islam di lapangan.

Dalam hal ini mengembangkan potensi anak usia dini beruapa kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial anak pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan. Dan membangun akhlak anak ...