Etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. Etika akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan manusia di dalam kelompok sosialnya. Dalam pengertiannya yang secara khusus dikaitkan dengan seni pergaulan manusia, etika ini kemudian dituangkan dalam bentuk aturan tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada, dan pada saat yang dibutuhkan akan bisa difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika umum dinilai menyimpang dari kode etik. Etika Profesi Guru ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Apakah guru adalah profesi yang sangat sia - sia ? Tentu banyak guru yang membantahnya . Dengan segala macam kemampuan bersilat lidah , guru mengatasnamakan diri sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa , padahal yang ada adalah manusia bi- ...
Salah satu keterampilan yang diperlukan adalah keterampilan coaching sebagai bentuk pendekatan komunikasi sebagai seorang pendidik. Mengapa keterampilan coaching? Pendekatan Coaching dalam komunikasi diperlukan karena kita melihat para murid kita sebagai sosok merdeka, Sosok yang dapat menentukan arah dan tujuan pembelajarannya, serta meningkatkan potensinya sendiri. Mereka hanya memerlukan dorongan dan tuntunan dari Anda sebagai pemimpin pembelajaran untuk melejitkan potensi mereka.
Memiliki organisasi profesional . Kreteria yang menjadi ukuran refresentatif untuk menilai profesi ini , dimungkinkan penggunaannya untuk skala lokal seperti profesi keguruan di Indonesia , dengan beberapa pertimbangan khususnya yang ...
Untuk mencapai kondisi seperti periode yang mempunyai nilai strategis tinggi ini , kesiapan mental untuk bisa melaksanakan bagi kelangsungan kehidupan bangsa Indonesia . profesi guru , memang merupakan salah satu Pelita V merupakan ...
Baik dari kepentingan pendidikan nasional maupun tugas fungsional guru , semuanya menuntut agar pendidikan dilaksanakan secara profesional artinya dilaksanakan secara sungguh - sungguh dan didukung oleh unjuk kerja profesional .
Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Peran Guru dalam Pendidikan Kristen. Sistematika buku Berbagai Peran Guru dalam Pendidikan Kristen mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan praktis mengenai hal-hal yang penting untuk mengembangkan peran guru Kristen yang lebih baik bagi pendidikan Kristen. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci, di antaranya : Panggilan menjadi Guru, Peran Guru sebagai Pendidik, Peran Guru sebagai Pengajar dan Pembelajar, Peran Guru sebagai Perancang Pembelajaran, Peran Guru sebagai Pengelola Pembelajaran, Peran Guru sebagai Fasilitator, Peran Guru sebagai Motivator, Peran Guru sebagai Komunikator, Peran Guru sebagai Pembimbing, Peran Guru sebagai Model dan Teladan, Peran Guru sebagai Konselor Pastoral, Peran Guru sebagai Gembala bagi Murid, Peran Guru sebagai Pemimpin, dan Peran Guru sebagai Mitra Orang Tua Murid.
Sistematika buku Berbagai Peran Guru dalam Pendidikan Kristen mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan praktis mengenai hal-hal yang penting untuk mengembangkan peran guru Kristen yang lebih baik bagi pendidikan Kristen.
Manajemen sekolah akan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk menjalankan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa, kemampuan dan komitmen terhadap tugas (tanggung jawab kegiatan) pendidikan yang handal, sarana prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
Manajemen sekolah akan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk menjalankan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa, kemampuan dan komitmen terhadap ...
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran
“Supervisi Klinis: Peningkatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran” adalah buku yang disusun oleh Imam Santoso, S.Pd. Buku ini berisi tentang langkah-langkah supervisi klinis kelompok maupun individu untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran. Langkah supervisi klinis meliputi pertemuan awal atau pendahuluan untuk membuat kesepakatan keterampilan yang akan diobservasi, observasi kelas dan pertemuan akhir atau balikan untuk mengidentifikasi keberhasilan, kelemahan, keterampilan yang perlu ditingkatkan dan gagasan baru yang akan dilakukan. Buku ini diterbitkan untuk mendorong dan memotivasi teman-teman guru dalam meningkatkan kompetensinya dalam proses pembelajaran.
“Supervisi Klinis: Peningkatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran” adalah buku yang disusun oleh Imam Santoso, S.Pd. Buku ini berisi tentang langkah-langkah supervisi klinis kelompok maupun individu untuk meningkatkan kompetensi ...