Sebanyak 3559 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1

Buku ini ditulis dalam 10 bab dan disusun dengan urutan sebagai berikut: Bab-1 tentang pengertian penelitian dan metode penelitian. Bab-2 berisi rumusan masalah. Bab-3 membahas tentang studi kepustakaan sebagai dasar untuk menyusunan hipotesis dan pembahasan hasil penelitian. Bab-4 berisi tentang penyusunan atau perumusan hipotesis. Bab-5 menguraikan tentang variabel dan definisi operasional variabel. Bab-6 menjelaskan pengukuran dan ukuran-ukuran yang digunakan dalam mengukur variabel. Bab-7 membahas proses pengumpulan data, yang menyangkut populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian. Bab-8 berisi tentang analisis data. Bab-9 membahas tentang pengujian hipotesis. Bab-10 berisi tentang teknik penyusunan laporan penelitian. Mahasiswa yang mempelajari metodologi penelitian dengan pendekatan kuantitatif, agar lebih mudah untuk memahami, disarankan membaca bahan ajar ini sesuai dengan urutan bab-bab yang ada, apabila sudah mempunyai gambaran secara garis besar tentang metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Untuk dapat melakukan penelitian, mahasiswa tidak hanya mempelajari bahan ajar ini, karena dalam bahan ajar ini belum diuraikan secara lebih rinci tentang model dan teknik-teknik pengolahan dan analisis data yang menggunakan statistik. Setelah mempelajari bahan ajar ini, hendaknya mahasiswa mempelajari tentang pemilihan dan penggunaan model dan teknik analisis. Mahasiswa juga perlu mempunyai pengetahuan statistik, terutama statistik inferensial. Analisis data dalam penelitian kuantitatif tidak bisa dipisahkan dari statistik yang berfungsi sebagai alat analisis. Selain itu, juga diharap dapat mnggunakan perangkat lunak (software) untuk statistik, misalnya program SPSS, atau program-program komputer (software) yang lainnya.

Buku ini ditulis dalam 10 bab dan disusun dengan urutan sebagai berikut: Bab-1 tentang pengertian penelitian dan metode penelitian.

Metodologi Penelitian Kefarmasian Edisi 2

Penulis : Muhamad Zainuddin Penerbit : Airlangga University Press ISBN : 978-602-7924-61-1 Tahun terbit : 2014 Bahasa : Indonesia Sampul : Soft cover Ukuran : 15,8 x 23 cm Jumlah Halaman : xii, 139 hlm Metodologi Penelitian adalah kajian tentang metode bagaimana melakukan penelitian untuk mendapatkan pengetahuan ilmiah yang baru sesuai dengan kaidah-kaidah yang digunakan oleh masyarakat ilmiah. Secara garis besar ada dua macam pendekatan penelitian, yaitu: pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Substansi dalam buku ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penekanan pada konsep dasar deduktif-kuantitatif melalui pergerakan cara berpikir logico-hipothetico-empirico. Berdasarkan pendekatan tersebut, maka sistematika buku ini dimulai dari Bab I yang menjelaskan secara umum tentang: Pengertian Penelitian dan Peranan Penelitian dalam Pengembangan Ilmu dan Teknologi. Bab II menjelaskan tentang: Langkah-Langkah Pokok dan Pendekatan dalam Penelitian. Bab III tentang: Permasalahan Penelitian sebagai langkah awal sebuah penelitian. Bab selanjutnya merupakan pokok bahasan yang menjadi ciri utama pendekatan kuantitatif, yaitu: Bab IV tentang: Studi Kepustakaan, Kerangka Teoretis dan Hipotesis, Bab V tentang: Variabel dan Definisi Operasional. Bab VI tentang: RancanganPenelitian, Bab VII tentang: Konsep Dasar Rancangan Eksperimental, Bab VIII tentang: Klasifikasi dan Jenis Rancangan Eksperimental, Bab IX tentang: Rancangan Penelitian Observasional, Bab X tentang: Rancangan Penelitian Survei, Bab XI tentang: Metode Sampling dan Jumlah Sampel, dan Bab XII tentang: Peranan Statistik Dalam Penelitian.

Penelitian Sekunder adalah penelitian yang datanya tidak dikumpulkan sendiri oleh peneliti. ... Penelitian Komunikasi atau Survei adalah penelitian yang cara pengumpulan datanya dilakukan dengan cara komunikasi dengan subjek penelitian ...

STATISTIK DAN METODOLOGI PENELITIAN DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANDROID

Buku ini merupakan buku yang dapat membantu peneliti sebab dalam buku ini membahas tentang metodologi penelitian yang disertai dengan contoh serta polarisasi penggunaan model pembelajaran berbasis android. Kebaruan buku ini adalah penggunaan teknik penelitian yang dikemas denga teori yang disertai dengan contoh. Selain itu buku ini yang dilengkapi dengan model pembelajaran yang berbasis android yang memiliki sifat during yang sesuai dengan tuntutan zaman saat ini yakni era 4.0

Buku ini merupakan buku yang dapat membantu peneliti sebab dalam buku ini membahas tentang metodologi penelitian yang disertai dengan contoh serta polarisasi penggunaan model pembelajaran berbasis android.

METODOLOGI PENELITIAN Disertai Dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian

Buku ini ditulis dengan judul Metodologi Penelitian, Disertai Contoh Penerapannya dalam Penelitian dan berisi mengenai konsep, pendekatan, metode serta teknik penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif, yang dilengkapi dengan contoh-contoh penerapannya dalam penelitian, Buku ini disusun dengan tujuan agar bisa digunakan menjadi salah satu referensi dalam mata kuliah Metodologi Penelitian, baik sebagai referensi utama atau pendukung. Penulis sudah berpengalaman dalam mengajar mata kuliah ini lebih dari 10 tahun untuk jenjang Strata 1 dan telah banyak menghasilkan penelitian . Buku ini cocok digunakan juga bagi mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah, karena ada banyak contoh-contoh yang diberikan. Buku ini berisi 11 bab yang berisi penelitian dan klasifikasinya, proses penelitian untuk penelitian dan kuantitatif dan kualitatif serta contoh artikel hasil penelitian kualitatif. Hampir setiap bab disertai dengan contohcontoh hasil penelitian, terutama yang dilakukan oleh penulis sendiri. Tujuannya adalah agar penulis bisa berbagi pengalaman atas penelitian yang sudah dilakukan kepada mahasiswa dan pembaca buku ini pada umumnya.

Buku ini ditulis dengan judul Metodologi Penelitian, Disertai Contoh Penerapannya dalam Penelitian dan berisi mengenai konsep, pendekatan, metode serta teknik penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif, yang dilengkapi dengan contoh ...

PSIKOLOGI PENDIDIKAN PENDEKATAN MULTIDISIPLINER

Perkembangan dunia terkini menghadapkan kita pada banyak realitas-realitas baru. Disiplin ilmu dalam ilmu pengetauhan terbukti tidak bisa berdiri sendiri tanpa disiplin ilmu yang lain. Integrasi antar disiplin ilmu inilah yang berusaha ditulis oleh saudara Asrori dalam bukunya. Asrori menyebutnya sebagai pendekatan multidispliner. Pendekatan ini berusaha membuat sintesis dari perspektif-perspektif ilmu. Melalui bukunya berusaha memadukan pendidikan dan psikologi sebagai sintesis ilmu pengetauhan dan menyajikan kerangka teoritis yang menguatkan integrasi tersebut. Pendekatan ini memang belum banyak mendapatkan perhatian, khususnya dalam institusi pendidikan. Masih ada anggapan pendekatan multidisipliner adalah pendekatan yang tidak jelas. Anggapan tersebut lahir karena pengkotak-kotakan yang kaku. Buku ini berusaha mengulas bagaimana pendidikan membutuhkan psikologi dalam proses transfer ilmu pengetauhan dan nilai-nilai etika-moral. Dengan berusaha mengkompilasi teori-teori yang otoritatif, buku tersebut tersaji secara detail, sistematis dan mudah dipahami. Penting bagi pegiat pendidikan untuk membaca buku tersebut. Dalam konteks yang lain, buku Psikologi Pendidikan ini penting untuk dibaca bagi pegiat pendidikan atau pembuat kebijakan di Indonesia dikarenakan kondisi negara kita yang belum benar-benar baik. Buku yang anda pegang menjadi penting untuk dibaca. Buku yang mengkompilasi teori-teori tentang prilaku individu. Memahami prilaku individu menjadi penting untuk digunakan sebagai modal mendesign lingkungan belajar yang kita cita-citakan. Pendidikan tidak akan mampu membentuk manusia “paripurna” tanpa memahami ilmu tentang prilaku manusia (psikologi).

Integrasi antar disiplin ilmu inilah yang berusaha ditulis oleh saudara Asrori dalam bukunya. Asrori menyebutnya sebagai pendekatan multidispliner. Pendekatan ini berusaha membuat sintesis dari perspektif-perspektif ilmu.

Psikologi Sosial Dalam Pendidikan

Bacaan wajib untuk kaunselor, ibubapa, guru dan para pentadbir sekolah.

Psikologi Sosial dalam Pendidikan Dokus utama psikologi sosial pendidikan
ialah mengenai T hubungan antara pelajar dan aspek - aspek psikologi sosial
dalam konteks sekolah dan persekitarannya . Dengan perkataan lain , psikologi
 ...