Sebanyak 3568 item atau buku ditemukan

IMPLEMENTASI PERAN SUPAK GORONG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

Kinerja guru sebagai sumber daya manusia utama dalam pendidikan SMP Negeri 2 Wagir dan SMPN 2 Gondanglegi Kabupaten Malang sebagian masih tergolong rendah. Padahal tuntutan yang ada guru adalah agent of change, dan menjadi seorang yang benar-benar profesional dalam bidangnya demi terwujudnya pendidikan yang bermutu. Kondisi pola kepemimpinan yang dimana aktivitas Kepala Sekolah yang sangat padat di luar sekolah sehingga kontrol sekolah lebih longgar. Dari faktor guru terlihat adanya kelompok-kelompok yang menyebabkan sulitnya untuk menanamkan penyatuan visi dan misi dalam meraih peningkatan kualitas pendidikan. Sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut di atas, kepala sekolah selaku manajer SDM telah melakukan kegiatan yang mampu mewujudkan tercapainya sumber daya manusia yang bermutu melalui kegiatan supervisi. Keberhasilan kepala sekolah dalam hal kegiatan supervisi ini, merupakan suatu prestasi kerja yang dapat disebut sebagai best practice, oleh sebab itu penulis akan mendokumenasikan keberhasilan kepala sekolah ini dengan laporan yang berjudul Implementasi Peran Supak Gorong Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di SMP Negeri 2 Wagir dan SMPN 2 Gondanglegi Kabupaten Malang”. Hasil kegiatan supervisi yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah, disimpulkan bahwa kegiatan supervisi akademik mampu meningkatkan keseluruhan aspek yang menjadi titik kelemahan guru yang menjadi permasalahan di SMP Negeri 2 Wagir dan SMPN 2 Gondanglegi Kabupaten Malang. Aspek-aspek kelemahan guru telah mengalami penurunan dan menunjukkan hasil ke arah yang positif atau sudah dapat teratasi. Mulai dari kedisiplinan masuk jam mengajar, ketertiban dokumen akademik, kesadaran terhadap inovasi pendidikan, penerapan CTL, pemanfaatan media dan internet dalam pembelajaran, serta penggunaan IT dalam aktifitas akademik sudah mengalami perubahan ke arah positif (meningkat), meskipun belum mencapai kesempurnaan. Semoga tulisan ini dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas SDM dan kualitas keluaran SMP Negeri 2 Wagir dan SMPN 2 Gondanglegi.

Tony Suhartatik. ditunjukkan dengan adanya sikap guru yang cenderung apatis
dengan adanya berbagai pembaharuan, dan merasa nyaman dengan kondisi
rutinitas; 3) dalam melaksanakan pembelajaran guru jarang menggunakan
media, ...

PROFIL PESANTREN MAHASISWA ; Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren

Hadirnya buku ini diharapkan bisa menyuguhkan informasi dan referensi bagi pegiat pendidikan Islam, baik dosen, guru, maupun mahasiwa, baik program sarjana maupun program pascasarjana, pengasuh pesantren, pemangku kebijakan, dan para peneliti untuk mencari format-format ideal tentang kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu, hadirnya buku ini merupakan wujud kepedulian penulisnya tentang dunia pesantren dan perguruan tinggi, di mana kedua institusi ini harus menjadi kawah candradimuka dalam pengembangan keilmuan dan pemantapan kepribadian, sehingga tidak akan ada lulusan perguruan tinggi atau pesantren yang memiliki kepribadian terbelah (split personality). Sebaliknya, mereka menjadi pribadi yang memiliki keseimbangan antara IQ, EQ,d an SQ. Inilah profil lulusan perguruan tinggi yang memiliki predikat sebagai insan cerdas komprehensif, yakni cerdas spiritual, cerdas emosional dan sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetik, serta insan cerdas kompetitif.

Sedangkan kurikulum untuk beberapa minggu, beberapa hari disebut rencana pembelajaran. Program tahunan, program semester ataupun rencana pembelajaran memiliki komponen-komponen yang sama yaitu tujuan, bahan pelajaran, metode dan media ...

Peran pendidikan dalam pembinaan kebudayaan nasional daerah Sumatera Barat

dengarkannya kalimat Syahadat terlebih dahulu , sehingga terpatri di dalam
hatinya keimanan terhadap Allah swt dan ... balita ( menjelang usia 5 tahun )
umumnya berupa prilaku - prilaku keagamaan seperti shalat , membaca Al - Qur'
an .

Pedoman pelatihan peningkatan peran wanita pekerja dalam pembangunan kesehatan melalui desa model

Ibu Guru sebagai Ibu Guru 4. Pak Harun sebagaiPenilik Kebuncengkeh 5. Pak
Amat sebagai Tukang sayur. Pada pembukaan, suasana dapat dibuat
sedemikian rupa sehingga seolah-olah pemain (guru dan Ibu Ani sedang
ngobrol-ngobrol, ...

Peran Intelektual

Kuliah-kuliah Reith Tahun 1993

Apa itu, seorang intelektual? Dan apa fungsinya dalam masyarakat? Bagi Edward W. Said seorang intelektual adalah "pencipta sebuah bahasa yang mengatakan yang benar kepada yang berkuasa." Seorang intelektual mengatakan yang dianggapnya benar, entah sesuai atau tidak dengan pikiran-pikiran pihak penguasa. Karena itu ia lebih cenderung ke oposisi daripada ke akomodasi. Dosa paling besar seorang intelektual adalah apabila ia tahu apa yang seharusnya dikatakan tetapi menghindari mengatakannya. Ia hendaknya jangan sekali-kali mau mengabdi kepada mereka yang berkuasa. ​

Apa itu, seorang intelektual? Dan apa fungsinya dalam masyarakat? Bagi Edward W. Said seorang intelektual adalah "pencipta sebuah bahasa yang mengatakan yang benar kepada yang berkuasa.

Peluang dan kendala pengembangan peran dewan pendidikan

studi kasus di tiga daerah

Evaluation of the effectiveness of education board for developing education in Kulon Progo, Semarang, and Jembrana regencies in Indonesia.

Evaluation of the effectiveness of education board for developing education in Kulon Progo, Semarang, and Jembrana regencies in Indonesia.

KOMPETENSI EMOSI DAN KUALITI GURU PENDIDIKAN PRASEKOLAH DI MALAYSIA

Monograf ini membicarakan kajian tentang pengaruh kompetensi emosi ke atas efikasi kendiri guru prasekolah kebangsaan dan guru prasekolah swasta di Malaysia. Perbincangan juga meliputi aspek perbezaan kompetensi emosi dan efikasi kendiri guru prasekolah kebangsaan dan guru prasekolah swasta dari segi faktor demografi umur, jantina dan pengalaman mengajar, serta dimensi utama dalam kompetensi emosi yang mempengaruhi efikasi kendiri seorang guru. Kajian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi emosi guru prasekolah kebangsaan dan guru prasekolah swasta dengan efikasi kendiri. Wujud perbezaan yang signifikan antara faktor umur dan pengalaman mengajar ke atas guru prasekolah kebangsaan dan guru prasekolah swasta. Jelas, hasil kajian menunjukkan bahawa kompetensi emosi memainkan peranan penting dalam meningkatkan tahap efikasi kendiri dalam kalangan guru prasekolah kebangsaan dan guru prasekolah swasta di Malaysia. http://uumpress.uum.edu.my/

Monograf ini membicarakan kajian tentang pengaruh kompetensi emosi ke atas efikasi kendiri guru prasekolah kebangsaan dan guru prasekolah swasta di Malaysia.

RESOLUSI SENGKETA PERGURUAN TINGGI SWASTA

Profesi akuntan harus selalu memperhatikan risiko-risiko yang ada dalam perusahaan klien, tentu saja, apabila berbagai risiko tersebut dapat dikelola dengan lebih baik, justru dapat memberikan manfaat bagi akuntan maupun pemilik dan jajaran manajemen perusahaan. Seperti dipaparkan dalam buku ini, berbagai konsep auditing dan audit berbasis risiko yang secara logis dapat membantu mahasiswa dalam memahami dan mampu mengelola risiko-risiko yang terjadi.

... Tinggi Swasta Guna Mewujudkan Perguruan Tinggi Swasta Berparadigma
Good University Governance menuju Konsepsi World Class University ..................
. 291 C. Konsep Penyelesaian Komprehensif Konflik Perguruan Tinggi Swasta.