Sebanyak 3559 item atau buku ditemukan

ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN STRATEGI BISNIS DALAM PENINGKATAN KINERJA WIRAUSAHA PEREMPUAN DI BOGOR

Alhamdulillah akhirnya Allah memberikan kemudahan untuk dapat menyelesaikan buku “ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN STRATEGI BISNIS DALAM PENINGKATAN KINERJA WIRAUSAHA PEREMPUAN DI BOGOR” dengan baik dan tepat pada waktunya. Buku ini kami tulis dan kami persembahkan kepada keluarga tercinta. Buku dibuat sebagai salah satu cara untuk mengembangkan profesi, juga berfungsi sebagai salah satu wadah menyampaikan pesan moral, ide, gagasan, kritikan, ajakan , kekaguman, ungkapan, harapan, khayalan dan rasa terimakasih kami terhadap orang lain. Buku ini sengaja kami buat dengan bahasa yang sederhana agar pembaca mudah memahami isi (pesan yang disampaikan). Harapan kami selaku penulis khususnya bahwa buku ini dapat mampu memotivasi diri untuk menghasilkan karya-karya berikutnya dan membentuk kepribadian yang lebih baik. Harapan secara umum semoga buku ini dapat menginspirasi orang lain, bahwa hidup adalah sebuah pembelajaran, untuk menjadi bisa kita harus mau berdoa, belajar, dan berusaha. Sebuah kesuksesan hanya dapat diraih dengan kerja keras. Hidup harus dijalani dengan penuh semangat dan senantiasa bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu terselesaikannya penyusunan buku karya kami. Buku ini jauh dari sempurna, semoga memberi manfaat bagi para pembacanya. Saran dan masukan sangat penulis harapkan untuk menyempurnakan karya penulis di masa yang akan datang.

Buku ini jauh dari sempurna, semoga memberi manfaat bagi para pembacanya. Saran dan masukan sangat penulis harapkan untuk menyempurnakan karya penulis di masa yang akan datang.

Etika & Profesi Keguruan

Manusia sebagai bagian makhluk hidup yang bermasyarakat (zoon politicon) tidak dapat terlepas dari relasi dengan lingkungan hidup di sekitar tempat tinggal di mana melakukan aktivitas. Dalam melakukan aktivitas keseharian maka manusia membutuhkan etik, manusia diperhadapkan pada norma atau aturan atau adat atau hukum yang mengikat, baik saat berelasi dengan Tuhan, secara interpersonal, lingkungan hidup sekitar maupun secara hubungan pribadi. Seorang guru perlu berkontribusi dalam tingkat keberhasilan pendidikan melalui aktivitas dan kinerja pengajaran pada tahap institusional dan intruksional. Kontribusi strategis guru harus selaras dengan amanat yang tercantum pada UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Aktivitas guru sebagai tenaga profesional merupakan agent of change dalam pembelajaran. Tenaga profesional ditentukan oleh aktivitas yang berdasarkan kualifikasi akademik, kompetensi dasar, sertifikat pendidik yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan akademik yang telah ditetapkan pemeritah sehingga guru semakin berperan dalam pendidikan. Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, bab lima tentang prinsip dan tahapan pengembangan karier guru, bab enam tentang pendidikan profesi guru, bab tujuh tentang kompetensi dan karakteristik guru abad 21, bab delapan tentang hak dan kewajiban guru, bab sembilan tentang kinerja, komitmen, dan efektivitas kerja guru, bab sepuluh tentang guru sebagai jabatan profesional, bab sebelas tentang kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran, bab dua belas tentang sertifikasi guru, bab tiga belas tentang guru dalam implementasi kurikulum, dan bab empat belas tentang guru dalam menilai proses dan evaluasi pembelajaran.

Buku ini terdiri dari empat belas bab, pertama tentang konsep dasar etika keguruan, bab dua tentang hakikat profesi keguruan, bab tiga tentang kode etik dalam profesi keguruan, bab empat tentang supervisi dan kualifikasi guru abad ke 21, ...

Manajemen Peserta Didik

Melalui buku Manajemen Peserta Didik ini akan diberikan gambaran penuh terkait konsep manajemen peserta didik, ruang lingkup dan alur manajemen peserta didik sebagaimana mestinya. Sehingga pembaca khususnya para pengelola pendidikan mengetahui dan memahami apa saja yang harus mereka lakukan dan bagaimana tahapannya. Adapun secara terperinci apa saja yang dibahas dalam buku ini, diantaranya adalah; Konsep Dasar & Teori Manajemen Peserta Didik, Tujuan & Fungsi Manajemen Peserta Didik, Prinsip & Pendekatan Manajemen Peserta Didik, Perilaku & Karakteristik Peserta Didik, Analisis Kebutuhan Peserta Didik Satuan Pendidikan, Perencanaan & Penerimaan Peserta Didik, Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik, Pencatatan Data Peserta Didik & Instrumen yang Digunakan, Evaluasi Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan, Manajemen Bimbingan & Konseling Serta Layanan Peserta Didik, Manajemen Peserta Didik dalam Kelas, Manajemen Peserta Didik dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah. Dari uraian judul pembahasan di atas, buku ini diharapkan mampu memberikan jawaban atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi terkait pengelolaan peserta didik.

Melalui buku Manajemen Peserta Didik ini akan diberikan gambaran penuh terkait konsep manajemen peserta didik, ruang lingkup dan alur manajemen peserta didik sebagaimana mestinya.

Manajemen Pendidikan

Konsep manajemen pendidikan, manajemen kurikulum, iklim budaya sekolah, manajemen pengembangan lembaga sekolah dan manajemen mutu terpadu. Manajemen pendidikan merupakan upaya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan penilaian usaha-usaha dalam ruang lingkup pendidikan dengan bekerja sama antar pihak pendidikan agar bisa mencapai tujuan pendidikan.

Konsep manajemen pendidikan, manajemen kurikulum, iklim budaya sekolah, manajemen pengembangan lembaga sekolah dan manajemen mutu terpadu.

MANAJEMEN KURIKULUM FULL DAY SCHOOL UNTUK MEWUJUDKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Buku ini dilatarbelakangi adanya sebuah fenomena merosotnya kualitas moral bangsa Indonesia, sehingga tampaknya menggugah kesadaran bersama perlunya memperkuat dimensi moralitas bangsa dengan mengoptimalkan pendidikan karakter secara optimal. Buku ini mengkaji bagaimana manajemen kurikulum full day school, proses pembentukan karakter, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan full day school di MI.

... management dan manager untuk orang yang melakukan kegiatan manajemen. Management diterjemahkan ke dalam bahasa ... Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. BAB. II. PENGERTIAN MANAJEMEN ...

Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah

Segala aktivitas dan Manajemen Peserta Didik (MPD) yang dijalankan di sekolah, jika dirunut pastilah bermuara di sentral layanan pendidikan, yaitu peserta didik. Di era otonomi daerah dan school based management seperti sekarang, MPD berbasis sekolah menduduki posisi yang sangat strategis. Buku ini hadir karena hampir semua lembaga pendidikan di negeri ini, sedang berhasrat besar untuk memberikan layanan yang andal dan prima kepada peserta didiknya. Pembahasannya diawali dengan urgensi MPD, baik dari perpektif sosiologis maupun psikologis. Kemudian dilanjutkan diskursif manajemen dengan pendekatan MPD, perencanaan, rekrutmen, dan orientasi (induction) peserta didik baru, pengelompokan (grouping), sistem tingkat, dan sistem tanpa tingkat, peningkatan kedisiplinan, kode etik, student government, dan pengadilan peserta didik dengan dua pendekatan yang digunakan, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa jurusan Administrasi/ Manajemen Pendidikan, mahasiswa fakultas ilmu pendidikan atau tarbiyah serta para manajer pendidikan (kepala sekolah) di berbagai jenjang dan satuan pendidikan. dengan membaca buku ini akan menginspirasi diaplikasikannya pendekatan konvergensi dalam penanganan peserta didik di sekolah.

Segala aktivitas dan Manajemen Peserta Didik (MPD) yang dijalankan di sekolah, jika dirunut pastilah bermuara di sentral layanan pendidikan, yaitu peserta didik.

The General Principles of Human Rights in Islamic Law

Ustice - Equality - Liberty

The Australian Federation of Islamic Councils (AFIC) is proud to support Dr. Bekim Hasani's book; this is a welcome addition to the knowledge base of English readers. Dr. Rateb Jneid, AFIC President The Islamic Certification Council of Victoria (ICCV) proudly supports the great work produced in this book by Dr Bekim Hasani and urges Muslims and non-Muslims to read and understand the importance of human rights, which is set in the teachings of Islam, and how Islam established these rights from the first message in the Holy Qur'an - “read”. Mohamed Koyu, ICCV Acting Head of Operations & Quality This book provides a comprehensive explanation of human rights in Islam and will benefit both Muslim and non-Muslim communities in the west to understand Islam. Naim Tërnava, Grand Mufti of Kosova

The Australian Federation of Islamic Councils (AFIC) is proud to support Dr. Bekim Hasani's book; this is a welcome addition to the knowledge base of English readers.

Pendidikan Karakter Perspektif Surat Luqman ayat 12-19 & Ilmu Pendidikan

Buku ini hadir sebagai panduan keluarga dalam mendidik anak sebagaimana yang dilakukan Lukman terhadap anaknya. Allah menjadikan Luqman sebagai sosok orang tua panutan dan mencantumkan kisahnya dalam Al-Qur’an. Kisah Lukman yang diabadkan al-Qur’an dalam surat Lukman ayat 12-19 merupakan kisah inspiratif bagi para ayah untuk mendidik buah hatinya. Prinsip dasar mendidik anak menurut Lukman adalah prinsip tauhid (mengajarkan keesaan Tuhan), yang kemudian dilanjutkan melatih anak-anaknya untuk beribadah salat dan menerapkan sikap amar ma’ruf nahi munkar, termasuk di dalamnya pe-ngajaran bagaimana cara mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang. Buku ini sebenarnya menawarkan ide akan pentingnya model pendidikan karakter berbasis agama dalam penerapan pendidikan karakter diIndonesia untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Dalam hal ini, ditawarkan ide pendidikan karakter berbasis agama sebagaiamana yang terkandung dalam surat Lukman ayat 12-19 yang mengedepankan konsep ketauhidan, penghormatan kepada orang tua, mendidik dengan kasih sayang, serta akhlak yang mulia yang ditunjukkan dengan perilaku sesuai tuntunan agama Buku ini tidak hanya memuat secara komprehensif berbagai pemahaman teoritis tentang konsep pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan, tetapi juga memuat komparasi nilai-nilai pendidikan karakter sebagaimana yang terkandung dalam surat Lukman ayat 12 – 19. Untuk itu diharapkan buku ini menjadi referensi baik bagi para mahasiswa, akademisi maupun para praktisi. Kami juga berharap buku ini akan dapat memacu para pembaca untuk mengeksplorasi lebih jauh dan memberikan manfaat bagi perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, dan bimbingan konseling Islam khususnya.

Fitrah yang dimaksud dalam hadis ini adalah memiliki potensi baik sejak lahir, dan berkembangnya fitrah ini dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan pada anak oleh orang tua dan lingkungan. Dalam Islam, karakter lebih dikenal dengan ...

Manusia & Pendidikan Telaah Penafsiran Al-Maraghi Tentang Ayat-Ayat Pendidikan

Buku ini membahas tentang manusia dan pendidikan. Fokus kajian diarahkan pada penafsiran al- Maraghi tentang; 1) penciptaan manusia, 2) tugas dan tujuan hidup, 3) fitrah manusia, serta 4) free will dan predestination. Setelah itu dilakukan analisis dengan melakukan relevansinya dengan pengembangan konsep pendidikan. Buku ini terdiri dari 6 bab yang akan menguraikan berbagai hal, yakni: Pendahuluan, Riwayat Hidup al- Maraghi dan Kitab Tafsirnya, Manusia dan Teori Pokok Pendidikan, Penafsiran al-Maraghi tentang Manusia dalam al-Qur’an, Analisis Kependidikan, dan Kesimpulan.

Untuk memperkuat penafsiran tentang fitrah di atas , al - Maraghi " mengutip beberapa hadis Nabi . Misalnya hadis Nabi dari Abu Hurairah ra . , yang diriwayatkan Imam Bukhari yang berbunyi : أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ...

MONOGRAF Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal

Judul : MONOGRAF Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal Penulis : Dr. Pristian Hadi Putra, M.Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 77 Halaman No ISBN : 978-623-5314-83-9 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis Monograf ini merupakan hasil dari penelitian yang membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal. Buku ini menarik untuk dibaca karena menyajikan berbagai topik pembahasan berkenaan dengan Langkah-langkah dalam pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal. Setiap Pendidik/Dosen harus mampu dalam mengembangkan berbagai bahan ajar yang akan diajarkan kepada mahasiswa, agar proses pembelajaran tidak monoton dan membosankan. pengembangan bahan ajar bisa dilakukan dengan mengaitkan materi yang akan diajarkan dengan kondisi atau keadaan setempat dalam hal ini adalah kearifan lokal. Oleh karena itu Buku ini hadir sebagai bahan atau sumber bagi para pendidik/dosen untuk mengembangkan bahan ajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Judul : MONOGRAF Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal Penulis : Dr. Pristian Hadi Putra, M.Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 77 Halaman No ISBN : 978-623-5314-83-9 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis Monograf ...