Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

PARADIGMA BARU MATERI PENDIDIKAN ISLAM

Judul : PARADIGMA BARU MATERI PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Najamuddin Petta Solong, M.Ag. Editor : Ni’ma M. Alhabsyi, M.Pd. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 256 Halaman No ISBN : 978-623-497-084-5 Tahun Terbit : September 2022 Buku ini berawal dari status penulis di facebook dan sajian materi saat menjadi narasumber dalam beberapa kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pendidikan Islam yang selanjutnya ditulis kembali sebagai respon atas berbagai isu mengemuka saat itu. Sebagaimana diketahui bahwa tugas dosen bukan hanya mengajar dan mendidik namun juga menulis serta mengabdi untuk masyarakat. Jarang dilakukan adalah menuliskan apalagi mempublikasikan hasil pengabdiannya terlebih yang dikemas dalam bentuk materi pendidikan Islam dengan paradigma baru sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik sekaligus salah satu upaya menjawab berbagai isu kontemporer pendidikan Islam dengan cara pandang yang tidak harus sama dengan orang lain. Kendati tidak diperuntukkan secara khusus sajian materi pendidikan Islam yang ditulis secara sederhana dalam buku ini kepada pelaku pendidikan persekolahan atau kampus dengan alasan karena pendidikan Islam dimaknai secara luas sebagai proses dan aktivitas manusia dalam mendidik yang didasarkan kepada wahyu dan akal baik yang dilakukan di rumah tangga atau keluarga, sekolah atau madrasah serta kampus, dan di masyarakat dalam bentuk yang dikenal dengan informal, formal, dan non formal. Islam dapat dibedakan atas dua bidang yakni sebagai ajaran sehingga harus diamalkan oleh pemeluknya dan Islam bidang kajian sehingga melahirkan berbagai disiplin ilmu keIslaman yang terus dilakukan pengembangan baik dengan pendekatan tekstual maupun kontekstual secara komprehensif agar Islam tampil dengan wajah rahmatan lil alamin. Namun demikian berbagai topik maupun sub topik yang diulas dalam buku ini tidak terlalu diperdalam atau ditulis secara ringkas karena penulis membatasi “diri” membahasnya secara holistik dan komprehensif dengan tetap berusaha agar tidak dipahami dan ditangkap secara parsial. Penulis tidak menyoroti secara rinci setiap permasalahan dalam setiap topik yang dibahas dan itu pun banyak berkaca dengan kondisi fenomenal Indonesia sebagai negara yang berpenduduk muslim terbanyak di dunia.

Judul : PARADIGMA BARU MATERI PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Najamuddin Petta Solong, M.Ag. Editor : Ni’ma M. Alhabsyi, M.Pd. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 256 Halaman No ISBN : 978-623-497-084-5 Tahun Terbit : September 2022 Buku ini ...

Filsafat Administrasi

Perkembangan ilmu pengetahuan tidak terlepas dari peran administrasi, dimana format yang bernama "ad" dan "ministrae" ternyata lahir dari pemikiran-pemikiran seni filsuf pada awal sejarah presitorik (jaman pra sejarah). Saat ini pemikiran filsafat administrasi tersebut bergerak dinamis kontemporer dan banyak melahirkan pemikiran-pemikiran konsep baru tentang pengembangan ilmu administrasi. Bahkan menjadi suatu model yang dikemas menjadi fungsi humanities-progresif yang menjadi akar pemecahan masalah di bidang pelayanan publik. Buku ini mencoba memberikan pemahaman penting kepada generasi penerus bangsa bahwasanya mother of science (ibu dari segala ilmu adalah filsafat) dapat dipelajari dengan mudah seperti ikut dalam alunan irama lagu yang secara khusus menyajikan cikal bakal administrasi menjadi suatu ilmu yang bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak.

... general. Prinsip yang bersifat general ini harus dapat dipakai untuk menjelaskan segala sesuatu kajian atas objek ... Philosophy of Plato and Aristotle. 3. Untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan? Bagaimana 8 Filsafat ...

The Ethical School

Consequences, Consistency and Caring

Conflicts often arise between regulations, making it difficult for school management teams and teachers to resolve situations with appropriate dignity and respect for all concerned. This book discusses provocative actual case studies to help teachers to reflect on their own ethics, guiding them to make more reasonable decisions in their schools, and thereby gradually transforming schools into more cohesive and caring communities. A model of consequences, consistency and caring, each aspect based on traditional ethical theories provides a scientific base - a rational and a responsive base for ethical decision-making. This work covers such everyday problems as censorship, inclusivity, school uniform, punishment, personal gain and confidentiality, and argues that care and respect for others, equity, rational autonomy and concern for long-term benefits are more important for a school community than short-term power and control.

This work covers such everyday problems as censorship, inclusivity, school uniform, punishment, personal gain and confidentiality, and argues that care and respect for others, equity, rational autonomy and concern for long-term benefits are ...

Filsafat Pendidikan

Edisi Pertama

Buku ini berisi tentang pemikiran mengenai filsafat dan persoalan pendidikan dalam hubungannya dengan eksistensi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kajian pada buku ini lebih kepada filsafat pendidikan yang menjadi ciri khas dalam kehidupan manusia, pendidikan untuk manusia. Buku ini terdiri dari 15 bab, membahas mulai dari pengertian filsafat, definisi filsafat, subjek dan objek filsafat, dan pentingnya filsafat dalam kehidupan manusia, teori kebenaran, filsafat pancasila, etika, dan sebagainya. Oleh karena itu, buku ini memberikan paparan yang komprehensif dan mudah dipahami, sehingga dapat dibaca oleh siapa saja yang berminat dengan kajian filsafat dan filsafat pendidikan, mulai dari mahasiswa, dosen dan peminat filsafat pada umumnya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Oleh sebab itu, kajian pada buku ini lebih kepada filsafat pendidikan yang menjadi ciri khas dalam kehidupan manusia, pendidikan untuk manusia.

FILSAFAT ILMU Bagi Program Magister/Pascasarjana

Filsafat ilmu merupakan ‘induk’ dari ilmu pengetahuan yang mendasari logika, bahasa, dan matematika. Filsafat ilmu merupakan mata kuliah yang wajib bagi program Magister. Bagi mahasiswa program sarjana, filsafat ilmu diperlukan agar memiliki wawasan mendasar mengenai ilmu pengetahuan.

... philosophy is all learning exclusive of technical precepts and practical arts; a discipline comprising as its core logic, aesthetic, ethics, metaphysic and epistemology; a search for a general understanding of values and reality by ...

PENGANTAR FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA

Buku ini mengkaji tentang FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA yang disusun dari berbagai referensi sehingga buku ini akan memberikan pemahaman kepada para pembaca dengan mudah dalam memahami FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA.

... ilmu itu sebagai berikut ; 1. Ethics is the systematic study of the nature of value concept , good , bad , ought , right , wrong , etc. An of the general principle which justify us in applying them to anything : also called moral philosophy ...

Mengenal Filsafat Pendidikan

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas karunia-nya yang begitu nyata tercurahkan kepada kita semua. Buku dengan judul Mengenal Filsafat Pendidikan yang ada di tangan pembaca sekarang ini merupakan hasil dari sebuah ikhtiar dalam menghimpun dan menyusun seperangkat pengetahuan filsafati tentang pendidikan. Tidak banyak buku-buku filsafat pendidikan diterbitkan di Indonesia walaupun di dalam khasanah ilmu pendidikan jelas sekali bahwa filsafat menjadi salah satu pondasinya. Pada era dewasa ini, pemikiran filsafat pendidikan di Indonesia perlu digalakkan agar berbagai kebijakan dan praktik pendidikan selalu berada pada tujuan mulia pendidikan itu sendiri, yaitu menjadikan peserta didik sebagai orang yang pintar sekaligus baik; orang yang mencapai aktualisasi potensi secara optimal. Berdasarkan paparan di atas, maka buku ini hadir memberikan alternatif pilihan kepada para pembaca yang budiman untuk dapat merefleksikan berbagai fenomena pendidikan yang ada dari perspektif filsafati. Semoga dengan refleksi tersebut dapat menjadikan pembaca semakin kritis dalam upaya memperbaiki praktik pendidikan, khususnya di Indonesia, setidaknya kita dapat belajar bersama dan ikut berpartisipasi untuk mewujudkan masyarakat pembelajar. Namun demikian, kami sebagai penulis menyadari bahwa buku ini banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kritik dan saran selalu kami tunggu agar buku ini di kemudian hari akan semakin baik dari sisi isi maupun tampilannya. Akhirnya, kami berharap semoga buku ini bermanfaat bagi banyak pihak. Amiiin.

... philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way , so educational philosophy seeks to comprehend educationin its entirely , interpreting it by means of generals concept that ...

Buku Ajar Filsafat Pendidikan

Buku ini merupakan refleksi dialektis penulis atas berbagai pemikiran filosofis yang berkembang dengan berbagai wacana dan aliran pendidikan yang berkembang saat ini. Menelaah buku ini berarti mencoba memahami pendidikan dari dua aspek, dasar pemikiran dan wacana yang berkembang. Praktik-praktik pendidikan di Indonesia sekarang ini jika dirujuk kepada dasar-dasar filosofis pendidikan akan mengalir pada pendidikan yang bercorak positivistik dan pragmatik-progresif. Di sisi lain, pendidikan di Indonesia juga berada dalam arus demokrasi, kapitalisme, dan pluralisme. Ketiga “ideologi dunia” ini terus mempengaruhi eksistensi pendidikan yang ada di Indonesia, bahkan menjadi model. Demokrasi pendidikan sudah menjadi bagian dari penyelenggaraan pendidikan di Indonesia walaupun masih ada kelemahan-kelemahan yang muncul. Kapitalisme pendidikan mulai mewabah dalam praktik-praktik penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan pluralisme pendidikan mulai digagas dan dicoba implementasinya seiring dengan berjalannya demokratisasi pendidikan di Indonesia. Namun demikian, dalam beberapa hal, wacana-wacana pendidikan ini masih menjadi polemik bagi mereka yang berkepentingan dalam dunia pendidikan. Menelaah buku ini dapat membuka horizon pemikiran pen-didikan yang lebih luas dan komprehensif; tidak hanya dalam tataran konsep, tetapi juga dalam tataran implementasi dan problematika yang terjadi di lapangan.

... philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way, so ... umum dan sistematis. Pernyataan Kneller sejalan dengan pendapat Ahmad Tafsir (2010: 5) yang mengatakan bahwa objek ...

FILSAFAT PENDIDIKAN

Sebuah Pengantar Memahami Manusia dan Pendidikan dalam Tinjauan Filosofis

Dari hari ke hari problem pendidikan semakin komplek mengikuti arah perkembangan zaman. Berbagai pemikiran manusia dicurahkan untuk menjawab problematika pendidikan. Tetapi apa yang dibutuhkan oleh manusia sesungguhnya berawal dari pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan oleh filsafat agar ia bisa semakin mendekati kepada realitas yang diharapkan. Tidak hanya itu, manusia berupaya mengembangkan pengetahuannya dan mengajarkannya kepada orang lain agar hasil-hasil pemikiran dan tradisi budayanya itu dapat diteruskan oleh generasi-generasi setelahnya. Ada yang bertahan, tetapi ada pula yang tergusur oleh hasil pemikiran baru. Itulah pendidikan. Jika makhluk lain bertahan dan berkembang mengikuti selera alam, tidak halnya dengan manusia, ia bertahan dan berkembang melalui proses pendidikan. Peranan filsafat yang mendasari berbagai aspek pendidikan sudah tentu merupakan sumbangan utama bagi pembinaan pendidikan. Teori-teori yang tersusun karenanya dapat disebut sebagai ilmu kependidikan yang landasannya adalah filsafat pendidikan. Dalam pandangan Islam, filsafat pendidikan dapat diartikan sebagai studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran filsafat terhadap masalah-masalah pendidikan sehingga dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu dan umat Islam secara luas. (HM. Arifin dalam buku Ilmu Pendidikan Islam) Pendidikan seharusnya ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan intelektualitas manusia. Pendidikan tinggi harus bersendikan filsafat metafisika. Filsafat pada dasarnya adalah cinta intelektual yang datangnya dari Tuhan. (Robert M. Hutchkins, seorang penganut Perenialisme)

... umum dan sistematis. Ia mengatakan: “Just a formal philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way, so educational philosophy seeks to comprehend educationin its entirely ...