Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini

Apakah perbedaan antara karakter, akhlak, dan moral? Mengapa penting pengembangan moral dan karakter pada anak usia dini? Karakter itu sama dengan akhlak dalam pandangan Islam. Akhlak atau karakter itu tersusun dari pengetahuan moral, sikap moral, dan perilaku moral. Dan sebaik-baik moral adalah yang bersumber dari Agama. Fenomena dan gejala kemerosotan moral pada saat ini, menyadarkan penulis bahwa penanaman nilai-nilai moral dan karakter sangatlah penting di lembaga PAUD karena anak usia dini berada pada masa golden age. Bahkan para ahli anak usia dini sepakat PAUD menjadi tolak ukur keberhasilan anak di masa yang akan datang. Untuk itu, buku ini disusun dengan harapan dapat menjadi referensi mengembangkan moral dan karakter anak usia dini dengan berbagai pendekatan pembelajaran. Buku ini juga dilengkapi dengan pengembangan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 PAUD.

dapatlah disimpulkan bahwa strategi pengembangan moral dan karakter anak usia dini adalah suatu kegiatan ... Istilah kata komprehensif diambil dari bahasa Inggris, yaitu comprehensive yang berarti luas, menyeluruh, dan teliti.

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Buku ini disusun dalam 8 bab, yang membahas di antaranya BAB 1; Pendahuluan, BAB 2; Pengertian, Peran dan Fungsi Media Pembelajaran, BAB 3; Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran, BAB 4 Pengembangan, Perencanaan, Pemilihan, Penggunaan dan Evaluasi Media Pembelajaran. BAB 5; Media Audio, Visual dan Audio Visual BAB 6; Multimedia, BAB 7; Penyusunan Rencana Pemanfaatan dan Produksi Media dalam

Komunikatif : berkomunikasi dengan anak usia dini membutuhkan strategi tersendiri, karena penting bagi mereka untuk juga mendengarkan orang lain, dan bukan hanya minta didengarkan saja. Untuk mencapai tujuan tadi maka guru yang terlibat ...

PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar

Judul : PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar Penulis : Dewi Anzelina, M.Pd. Suvriadi Panggabean, M.Si. Rabitah Hanum Hasibuan, M.Pd. Khairunnisa, M.Pd. Wiene Surya Putra, M.Pd. Ridha Maulida, M.Pd. Maulana Arafat Lubis, M.Pd. Editor : Dr. Edy Surya, M.Si. Ukuran : 14,5 x 21cm Tebal : 140 Halaman No ISBN : 978-623-6233-88-7 SINOPSIS Tulisan dalam buku ini adalah kumpulan karya tulis ilmiah dari para mahasiswa/i program studi strata-3 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan (UNIMED) angkatan 2020 sebagai output dari mata kuliah Pengembangan Sistem Pembelajaran Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar oleh dosen bapak Dr. Edy Surya, M.Si. Adapun judul-judul yang terdapat dalam buku ini, yaitu: MBKM Solusi Belajar di Masa Pandemi COVID-19, Integrasi Google Sites Sebagai Alternatif Solusi Pembelajaran Daring Matematika Sekolah Dasar, Kiat Sukses Mendidik Generasi Emas Melalui Bermain Bebas di Era Teknologi 4.0, Transformasi Sistem Pembelajaran di Indonesia Pada Masa Era Pandemi Covid-19, Kumpulan Metode Pendidikan, Pembelajaran, Informasi Teknologi Guru di Masa Pandemi COVID-19 Dari Seluruh Dunia, Padlet Sebagai Mediator Orangtua dalam Mengawasi Pembelajaran Anak Secara Daring, Model Blended Learning: Tren Pembelajaran Masa Kini di Indonesia. Selamat membaca dan semoga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Bermain Bebas untuk Optimalisasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta. ... PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK.

Pengembangan Budaya Baca Anak-anak Usia Dini

Budaya literasi yang diangkat dalam buku ini lebih menyangkut masalah internal tentang indeks dimensi proficiency, kemampuan baca dan kebiasaan anak-anak usia dini yang bisa dikembangkan secara kolaboratif oleh orang tua atau keluarga dengan pihak sekolah. Semua narasi yang disajikan dalam buku “Pengembangan Budaya Baca Anakanak Usia Dini” ini didukung oleh teori-teori sahih terutama yang berhubungan dengan budaya baca, hasil-hasil penelitian, dan survei lapangan tentang literasi baca baik yang dilakukan oleh institusi pemerintah, peneliti-peneliti handal di bidangnya, maupun hasil penelitian penulis. Untuk memperoleh data ilmiah yang kemudian diangkat dalam buku ini, dalam penelitiannya selain melibatkan siswa dan sekolah, sangat jelas bahwa penulis juga mengamati peran serta orang tua sebagai salah satu faktor eksternal yang penting dalam menumbuhkan tradisi membaca anak. Metode PTC (Parent-Teacher-Collaboration) atau kolaborasi antara orang tua dan sekolah diterapkan sebagai upaya pengembangan kemampuan literasi anak, terutama budaya baca, yang sejatinya bisa dimulai dari rumah dengan menciptakan lingkungan yang kondusif. Oleh karena itu, hasil penelitian yang dipaparkan dengan komprehensif dalam buku ini bisa digunakan untuk membuka wawasan pembaca, terutama orang tua, guru, dan masyarakat, tentang pentingnya penanaman budaya baca pada anak-anak sejak usia dini. Penekanan bahwa proses pembudayaan literasi baca anak akan berdampak tidak hanya pada perkembangan komponen-komponen literasi lain pada saat mereka beranjak dewasa tetapi juga prestasi akademik yang baik, perlu dipahami bersama

Jamu (sudah diadopsi dalam bahasa Indonesia) adalah ramuan dari dedaunan, akar atau rempah-rempah yang direbus atau ditumbuk dan diperas untuk diambil sarinya. Ramuan ini diminum sebagai obat herbal / tradisional. 2.

Sistem Pendidikan Kader dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam

Program kaderisasi merupakan fitrah alamiyah dari seluruh umat manusia untuk menjaga keberlangsungan hidupnya, dengan menikah. Demikian juga pentingnya kader dalam lembaga pendidikan. Isyarat teologis kaderisasi dapat ditelisik, di antaranya Q.S. al-Baqarah [2]: 124, Q.S. al-Ahqaf [46]: 15, Q.S. Maryam [19]: 1-15, Q.S. al-Nisa’ [4]: 9, Nabi Muhammad memerintah Zaid bin Sabit belajar Bahasa Suryani, menulis mushaf al-Qur’an, dan menulis surat kepada raja-raja, ‘Ali ibn Abi Talib sebagai juru tulis akad, al-Mugirah ibn Su’bah pencatat kebutuhan mendesak Nabi, ‘Abdullah ibn al-Arqam pencatat perjanjian hutang piutang, dan sejenisnya, mengajarkan Mu’ad bin Jabal berijtihad, serta sahabat ‘udul lain dengan peran kepakarannya. Artinya, kaderisasi harus direncanakan dari suatu yang sudah fitrah, termasuk untuk menjaga eksistensi pesantren dan lembaga pendidikan Islam dari segi kualitas dan kuantitas di era modern. Buku ini membahas tentang sistem kaderisasi pesantren, bagaimana pesantren menjaga eksistensi dan ruhnya di tengah-tengah modernisasi. Tidak jarang lembaga pendidikan Islam mengabaikan satu hal ini, di mana pimpinan wafat berakhir pula pesantrennya. Akan diuraikan pula pentahapan, pendidikan, hambatan, dan solusi pendidikan kaderisasi. Dengan kaderisasi pesantren dan lembaga pendidikan Islam mampu bersaing di era globalisasi.

Dalam bahasa manajemen, pemikiran masa depan yang dituangkan dalam konsep yang jelas dan sistematis ini disebut perencanaan (planning). Perencanaan ini menjadi sangat penting karena berfungsi sebagai pengarah bagi kegiatan, ...

Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi

Penulisan buku ini didorong dari pengalaman mengajar penulis selama ini, saat mengajar Statistik Sosial di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Statistika dan Probabilits di jurusan Teknik Informatika, mahasiswa sering mengalami kesulitan untuk memahami buku-buku teks statistika yang telah ada, karena banyak mengandung teori-teori. Pada buku ini Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi disajikan secara terstruktur mulai dari saat menyelesaikan soal sampai uji statistik yang cocok yang digunakan dalam penelitian. Buku ini disusun berdasarkan dari beberapa buku teks, jurnal, artikel dan askes internet serta dari pengalaman mengajar penulis. Buku ini membahas statistik deskriptif, parametrik, dan nonparametrik. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Pada buku ini Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi disajikan secara terstruktur mulai dari saat menyelesaikan soal sampai uji statistik yang cocok yang digunakan dalam penelitian.

Metode Statistika untuk Kimia : Analisis Data dengan Excel

Bab 1 memuat pengetahuan dasar statistika, seperti tipe data, populasi dan sampel, parameter dan statistik, akurasi dan presisi,jenis kesalahan, jenis metode statistika dan gambaran aplikasi komputer yang akan digunakan pada bab-bab berikutnya. Bab 1 menjadi dasar bagi pembaca dalam mempelajari buku ini untuk mendapatkan pemahaman yang benar. Bab 2 dan Bab 3 membahas tentang statistik deskriptif. Bab 2 membicarakan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik. Pembaca dapat belajar bagaimana cara menyajikan data sehingga tampil lebih informatif dan mudah dipahami. Pemahaman tentang tabel distribusi frekuensi dan histogram yang dibahas pada Bab ini diperlukan saat mempelajari bab-bab berikutnya. Bab 3 membicarakan tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data, baik untuk data terkelompok maupun data tidak terkelompok. Dengan mempelajari materi ini, mahasiswa dapat melakukan analisis statistik sederhana berdasarkan informasi nilai rata-rata, median, modus, variansi dan deviasi standar. Bab 4 menjelaskan materi tentang distribusi data. Beberapa distribusi data yang sering digunakan dalam bidang Kimia antara lain distribusi binomial, hipergeometrik, Poisson dan Normal. Asumsi kenormalan menjadi dasar dalam pembahasan bab-bab berikutnya. Distribusi normal standar juga diuraikan untuk mempermudah penyelesaian dalam pengamatan yang dapat didekati dengan distribusi normal. Pada bab ini mahasiswa mulai mengenal parameter dari suatu distribusi dan dapat memberikan dugaan parameter berdasarkan sampel pada tingkat kepercayaan tertentu. Bab 5 menguraikan pengetahuan tentang uji hipotesis. Pembahasan dimulai dengan langkah-langkah uji hipotesis, statistik uji dan asumsi yang harus dipenuhi. Sebelum melakukan analisis data, seorang peneliti harus menyelidiki distribusi data terlebih dahulu, mengecek apakah ada outlier atau tidak. Hal ini perlu dilakukan karena keberadaan outlier mempengaruhi hasil analisis. Dengan mempelajari bab ini, mengetahui perbedaan antara uji z, t dan F serta penerapannya. Bab 6 membicarakan tentang analisis variansi (ANOVA). Materi ANOVA menjadi bekal bagi mahasiswa ketika dihadapkan pada penelitian dengan beberapa kelompok sampel. Bab ini hanya membahas ANOVA satu arah. Pemahaman yang benar mengenai ANOVA satu arah akan memudahkan mahasiswa dalam mempelajari ANOVA yang lebih kompleks. Bab 7 merupakan bagian penutup dari buku ini, membahas tentang analisis korelasi dan regresi. Pembaca, khususnya dari bidang kimia akan mengetahui perbedaan antara materi analisis regresi secara umum dengan penerapannya pada fungsi kalibrasi. Harapan kami, dengan adanya buku ini mahasiswa dapat dengan mudah mempelajari dan memahami materi Metode Statistika. Buku ini memuat materi dasar yang wajib dikuasai mahasiswa. Materi lanjutan akan diuraikan pada buku berikutnya tentang kimia analitik. Kami menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kami terbuka atas kritik dan saran demi perbaikan ke depannya. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi pembaca.

Bab 1 memuat pengetahuan dasar statistika, seperti tipe data, populasi dan sampel, parameter dan statistik, akurasi dan presisi,jenis kesalahan, jenis metode statistika dan gambaran aplikasi komputer yang akan digunakan pada bab-bab ...

Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS

secara ilmu, statistik diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penganalisisan data. Karenanya statistik sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan baik dalam kepentingan pembelajaran ataupun penelitian. Data tidak akan dapat memberikan makna seandainya data itu tidak dianalisis dengan baik. Untuk analisis data yang bersifat kuantitatif maka memerlukan alat analisis yakni analisis statistik. Buku statistik untuk kepentingan pendidikan secara umum sudah banyak ditulis oleh para penulisnya, namun sulit ditemukan buku yang memaparkan teori-teori dan memberikan contoh-contoh dalam bidang ilmu pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat. Penerbitan buku ini dimaksudkan untuk membantu para peneliti atau calon peneliti, praktisi dan mahasiswa yang bergerak dalam pendidikan luar sekolah/pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat dalam menganalisis data data kuantitatif sesuai keperluan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup Kencana

secara ilmu, statistik diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penganalisisan data.