Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

Bahan Ajar Kelistrikan Otomotif

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan segala kelebihan dan kekurangannya saya dapat menyelesaikan seluruh rangkaian penulisan buku bahan ajar ini. Buku bahan ajar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruaan. Salah satunya adalah bahan ajar berupa buku. Berkenaan dengan diterapkannya kurikulum 2013 bahan ajar berupa buku dalam kegiatan belajar mengajar semakin diperlukan. Berkaitan dengan hal-hal tersebut, penting kiranya untuk menyusun buku atau bahan ajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan yang termasuk ke dalam mata pelajaran kompetensi keahlian yang terdapat dalam struktur SMK di program keahlian teknik otomotif. Buku ini diperuntukkan sebagai salah satu bahan untuk mencapai kompetensi tuntutan mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Semoga buku ini dapat dijadikan acuan bagi setiap peserta didik dan memberikan manfaat bagi guru yang akan mengajar di sekolah.

Berkaitan dengan hal-hal tersebut, penting kiranya untuk menyusun buku atau bahan ajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan yang termasuk ke dalam mata pelajaran kompetensi keahlian yang terdapat dalam struktur SMK di program keahlian ...

SUPERVISI AKADEMIK: Studi Peningkatan Kinerja Guru MI dalam Pengembangan Bahan Ajar

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting. Secara konseptual, supervisi akademik ini adalah rangkaian kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran guru secara otomatis akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Sehingga pembinaan dan pemberian dampingan secara kesinambungan yang dilakukan oleh kepala sekolah akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru dan akan berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik, baik itu di sekolah atau madrasah. Peranan guru sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan formal. Guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembangunan bidang pendidikan, dan oleh karena itu perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Pengembangan bahan ajar merupakan bagian dari proses pengembangan inovasi dalam pendidikan. Bahan ajar yang digunakan tidak selamanya harus konvensional namun sebagai guru haruslah melakukan beberapa tindakan untuk perbaikan paradigma, cara pandang, berpikir, sikap, kebiasaan, profesionalisme, maupun perilaku dalam mengajar. Dengan demikian para guru harus memberikan inovasi dalam membuat bahan ajar karena akan berdampak pada kelancaran kegiatan pembelajaran siswa agar tidak cenderung merasa bosan. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kepengawasan yang sudah tertulis dalam buku ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru madrasah dalam pengembangan materi bahan ajar melalui penerapan supervisi akademik pengawas upaya peningkatan capaian mutu sekolah di MI binaan wilayah Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Dalam buku hasil penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan Kinerja Guru Madrasah dengan mencapai standar ideal. Dari 69,25 % pada siklus l, dapat meningkat menjadi 71,65 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 85,25%. Hasil Penelitian Tindakan Kepengawasan ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan supervisi akademik pengawas dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan ketuntasan mencapai 100 %, tanggapan guru adalah sangat positif terhadap pembinaan yang dilakukan melalui penerapan Supervisi Akademik.

Sebagai bagian dari usaha memajukan kualitas pendidikan, supervisi akademik menjadi bagian penting.

Pengembangan Bahan Ajar

Bahan ajar memiliki peranan yang penting untuk menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu, bahan ajar sebaiknya disusun dengan baik agar mampu memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Buku ini membahas mengenai bahan ajar, mulai dari ihwal bahan ajar, jenis bahan ajar, kriteria dan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis kurikulum dan pengorganisasian bahan ajar, langkah-langkah pengembangan bahan ajar, serta pengembang- an bahan ajar dengan berbagai pendekatan seperti kecakapan hidup, kontekstual, dan pembelajaran tematik. Tidak hanya itu, materi di dalam buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh pengembangan bahan ajar yang bersifat praktis.

Tidak hanya itu, materi di dalam buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh pengembangan bahan ajar yang bersifat praktis.

Buku Pedoman

Pendidikan Agama Islam (PAI) Politeknik

Hadirnya buku pegangan khazanah PAI ini, secara historis berawal dari sebuah kegelisahan atau maslahah terhadap keadaan mahasiswa/i pada umumnya yang saat ini cukup delematis dan ironis secara etika, moral, dan nilai, terutama nilai ke-Islaman, yang bagi penulis maslaha tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus. Adapun maslahah yang tampak cukup akut, diantaranya sebagai berikut: Pertama, banyak kalangan mahasiswa/i khususnya kaum muslimin yang secara perilaku dan sikap masih jauh dari nilai islam. Kedua, islam hanya dijadikan pemahaman keagamaan secara teoritis tidak aplikatif, sehingga banyak kalangan mahasiswa/i terutama bagi mareka yang memahami islam hanya sepenggal, sehingga banyak diantara mereka dengan mudah terbawa arus oleh paham-paham radikalisme keagamaan, yang saat ini hampir bermunculan diberbagai perguruan tinggi. Ketiga, masih banyak diantara mahasiswa/i yang belum/ tidak mahir didalam memahami islam secara teks (baca AlQur`an). Hal ini menjadi wajar, karena sebagian besar atau/ dan bahkan hampir keseluruhan mereka lulusan sekolah umum, yang dari segi materi keagamaan relatif sedikit ketimbang di pesantren/madrasah. Keempat, menjamurnya budaya modernisasi dan globalisasi yang cenderung menggeser budaya islam, yang salah satunya melalui westernisasi yang saat ini begitu sangat mempengaruhi kondisi emosional dan spriritual generasi muda islam. Deskripsi tersebut diatas, menjadi kekhawatiran tersendiri bagi penulis yang secara profesi saat ini sebagai Dosen Pembina Agama Islam di lingkungan Politeknik Jember. Oleh sebab itu, penulis sangat berbesar hati dan berharap, bahwa hadirnya buku pegangan PAI ini dapat menjadi angin segar yang memberikan aura positif terhadap pola pikir, cara sikap, dan cara bertindak mahasiswa/i Politeknik Jember. Sebagai akhir dari pengantar ini, penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan, karena itu penulis sangat berlapang dada menerima berbagai masukan guna kesempurnaan buku ini, berkenaan dengan hal tersebut penulis terlebih dahulu mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan yang ikut serta membantu baik pikiran dan tenaga sehingga buku ini dapat diselesaikan, sehingga dapat diterbitjkan. Terakhir, semoga Allah SWT tidak henti-hentinya selalu mencurahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Hadirnya buku pegangan khazanah PAI ini, secara historis berawal dari sebuah kegelisahan atau maslahah terhadap keadaan mahasiswa/i pada umumnya yang saat ini cukup delematis dan ironis secara etika, moral, dan nilai, terutama nilai ke ...

Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Keberhasilan kami dalam menyelesaikan buku media pembelajaran PAI tidak terlepas dari jasa dan peran dosen pengampu mata kuliah media pembelajaran PAI yang diampu oleh bapak Andrian Gandi Wijanarko. Buku ini akan semakin menambah koleksi hasil karya kami. Walaupun sederhana, namun isi dalam buku ini merupakan hasil ide, kreatifitas dalam pengembangan pembelajaran PAI. Tentunya akan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi PAI. Kami menyadari bahwa capaian kami ini bukanlah yang terakhir. Kami berharap semoga kelak kami dapat menghasilkan karya lagi dan dapat bekerjasama dengan semua pihak yang berkenan. Dengan sepenuh hati kami ucapkan terimakasih kepada bapak Andrian Gandi Wijanarko, Prodi PAI, civitas akademika STAINU Temanggung serta penerbit yang telah membantu terbitnya buku ini. Semoga buku ini memberikan manfaat bagi akademisi dan masyarakat sekitar.

Sehingga penyampaian materi dapat terserap dengan baik oleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang inovatif tidak membosankan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) atau pemecahan masalah. Model PBL kali ini di ...

MEDIA PEMBELAJARAN PAI

Bismillah wal alhamdulillah, syukur kehadirat Allah yang telah menganugrahkan kita semua kebahagiaan tanpa henti, mulai ujung rambut sampai ujung kaki. Salam kerberkahan atas junjungan kita nabi Muhammad SAW., beserta umatnya dan kita semua yang kokoh memperjuangkan risalah dan mengembah amanahnya. Buku ini merupakan pengalaman pribadi penulis yang banyak berjibaku dalam DUNIA PENDIDIKAN ISLAM. Pada saat yang sama, penulis juga banyak mengangkat tematema pendidikan, dan keislaman. Buku ini menjelaskan tentang masalah pendidikan terkait dengan problematikan siswa dalam memahami materi PAI dan reduksi dari beberapa pemikiran kontemporer lainnya.

(experienced-based education), pembelajaran (authentic learning), dan pembelajaran kehidupan nyata (anchored ... Analisis Nilai (Valuelnquiry) Pembelajaran analisis nilai merupakan suatu model penyajian bahan yang bertolak dan ...

METODE KOOPERATIF INQUIRY

(Implementasi Metode Kooperatif Inquiri dalam Pembalajaran PAI)

A. Latar Belakang Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohaniterdidik manuju terbentuknya kepribadian utama1 . Sejalan dengan itu, di dalam Undang-undang Nomer 20 th 2003 disebutkan bahwa pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab2 .

A. Latar Belakang Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohaniterdidik manuju terbentuknya kepribadian utama1 .

BUDAYA BELAJAR DAN INOVASI PEMBELAJARAN PAI

Perubahan budaya belajar anak Indonesia dan kreativitas inovatif pembelajaran harus dilakukan secara mendasar, menyeluruh, mengena, intensif, progresif, dan membudaya. Kebiasaan belajar hanya untuk ujian, enggan membaca kalau tidak ada tugas, tidak ada rasa ingin tahu hanya ingin diberi tahu, belajar tidak tuntas dan tidak berkelanjutan, belajar bergantung pada guru, rendahnya motivasi belajar dan puas dengan hasil belajar apa adanya, serta masih banyak hal-hal negatif lainya yang masih menjadi budaya belajar pesrta didik di Indonesia. Untuk itu dibutuhkan perubahan budaya belajara yang baik. Ada beberapa faktor yang menjadikan budaya belajar kurang baik, antara lain disebabkan oleh budaya proses pembelajaran yang kurang baik.

Dalam mengimplementasikan inovasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013, ada banyak model pembelajaran dan beberapa yang disarankan di dalam kurikulum 2013 diantaranya adalah (1) Inquiry Based Learning, (2) discovery Based ...

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI MATERI POKOK AL QUR’AN SURAT AT TIIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Buku tentang hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Make a match

Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini disusun sebagai bukti pengembangan profesi guru. Dalam menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini peneliti memperoleh bantuan dari beberapa pihak, oleh karena itu peneliti menyampaikan ucapan ...