Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif

Untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa

Metode Pembelajaranmemiliki peran yang sangatpenting dalampraktik belajar dan pembelajaran, karenadengan metodepembelajaranpesertadidik dapatdiarahkan padakualitaspembelajaran yangefektif dan bermakna. Metodepembelajaranyangefektifdaninovatif adalahmetodepembelajaran yang memilikilandasan teoritik yang humanistik,lentur, adaptif, berorientasi kekinian, memilikisintakpembelajaranyang sederhana,mudah dilakukan, dapat mencapaitujuan, dan hasilbelajaryangoptimal. Metodepembelajaran juga dapat diartikan sebagai cara, contoh,ataupunpola, yangmempunyai tujuan menyajikan pesankepadapeserta didik yang harusdiketahui,dimengerti,dandipahami,yaitudengancaramembuatsuatu pola ataucontohdenganbahan-bahanyang dipilih olehpendidik sesuai denganmateri yang diajarkan dandenganpengelolaan kelas yang baik. Bukuinisangat diperlukanbagi guru, dosen, mahasiswa,kepalasekolah,dan pengawassekolah, serta pengamatdan pemerhatipendidikan,sebagaipanduanataureferensi dalamkegiatanpembelajaran,sesuaidengankondisi yang akandihadapinyadilapangan.

Metode Pembelajaranmemiliki peran yang sangatpenting dalampraktik belajar dan pembelajaran, karenadengan metodepembelajaranpesertadidik dapatdiarahkan padakualitaspembelajaran yangefektif dan bermakna.

Metode Pembelajaran Guru

Metode pembelajaran memegang peranan penting sebagai strategi guru dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran. Buku ini membahas berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Pada buku ini akan membahas lebih detail tentang: Bab 1 Metode Ceramah Bab 2 Metode Diskusi Bab 3 Metode Tanya Jawab Bab 4 Metode Latihan (Drill) Bab 5 Metode Bercerita Bab 6 Metode Bermain Peran Bab 7 Metode Pembelajaran Sosiodrama Bab 8 Metode Karyawisata Bab 9 Metode Projek

Mampu membimbing murid untuk merumuskan dan megidentifikasi permasalahan serta menarik kesimpulan; 3. Mampu mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan permasalahan dan pengembangan kemampuan murid; 4. Mampu mengelola pembelajaran ...

Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0

Metode Pembelajaran Brainstorming, Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition, Metode Pembelajaran Artikulasi, Metode Pembelajaran Buzz Group (BG), Metode Pembelajaran Cooperative Script, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Metode Pembelajaran Tebak Kata, Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE), Metode Pembelajaran Debat Aktif, Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Metode Example Non Example Dan Metode Pembelajaran Direct Instruction (DI)

Metode Pembelajaran Brainstorming, Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition, Metode Pembelajaran Artikulasi, Metode Pembelajaran Buzz Group (BG), Metode Pembelajaran Cooperative Script, Model Pembelajaran Course Review Horay ...

Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Menulis dalam keterampilan berbahasa merupakan kegiatan yang kompleks karena penulis dituntut untuk dapat menyusun dan mengorganisasikan isi tulisannya serta menuangkan dalam formulasi ragam bahasa tulis dan konvensi penulis lainnya. Di balik kerumitannya, menulis mengandung banyak manfaat bagi pengembangan mental, intelektual, dan sosial seseorang. Menulis dapat meningkatkan kecerdasan, mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, menumbuhkan keberanian, serta merangsang kemauan dan kemampuan menyimpulkan informasi. Buku ini akan membahas metode mengajar menggunakan metode drill yang sangat sesuai untuk melatih keterampilan fisik maupun keterampilan mental karena hanya dengan latihan, suatu keterampilan dapat dikuasai. Metode drill berhubungan dengan pembentukan asosiasi mental yang siap untuk direproduksi. Latihan atau praktik berhubungan dengan pembentukan kemahiran atau kecakapan. Kemahiran yang bersifat penyesuaian seperti kemahiran untuk memecahkan suatu soal untuk kecakapan dalam penyesuaian terhadap situasi. Di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia metode drill sangat efisien untuk menanamkan konsep materi pembelajaran menulis surat undangan, metode drill juga sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis surat undangan pada siswa dengan menggunakan ejaan yang benar.

A. Model Pembelajaran Menurut Istarani (2011:58) model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang ...

METODE PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING

Keberhasilan suatu kegiatan dapat terlihat dari hasil akhir yang didapatkan. Dalam suatu lembaga pendidikan, hasil akhir diperoleh melalui kegiatan pembelajaran. Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu perwujudan potensi-potensi yang ada pada diri seseorang yang harus diselaraskan dengan tujuan pendidikan. 1 Keberhasilan lembaga pendidikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, mengandung makna tercapainya kompetensi belajar peserta didik yang meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan setelah melalui proses pembelajaran

Keberhasilan suatu kegiatan dapat terlihat dari hasil akhir yang didapatkan.

Metode Lekat Dalam Pembelajaran Menulis Puisi

Buku ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan menguji keefektifan metode Lelang Kata (LEKAT) dalam pembelajaran menulis puisi. Ternyata berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan metode LEKAT ini sangat efektif untuk melatih siswa dalam menulis puisi. Melalui penerapan metode ini siswa mampu menulis puisi dengan cepa. Buku ini selain membahas metode LEKAT dalam pembelajaran menulis puisi juga memberikan beberapa contoh puisi yang dihasilkan siswa.

empat cirri khusus yang tidak dimiliki oleh strategi/metode pembelajaran, yakni : (1) rasional teoretis, logis yang disusun oleh guru, (2) tujuan pembelajaran yang akan dicapai, (3) langkah-langkah mengajar yang diperlukan dengan ...

BERPIKIR GENIT DI MEDSOS DIMENSI AGAMA-ULAMA, POLITIK, SAINS-TEKNOLOGI, EKONOMI-BISNIS DAN MOTIVASI KEHIDUPAN

Buku ini adalah sebuah karya penulis yang dikumpulkan dari media sosial Facebook. Sesuai pengakuan dari penulis bahwa antologi tulisan yang berjumlah 490 judul ini ditulis selama satu tahun dari Mei 2021 sampai Akhir Mei 2022. Tulisan ini pun adalah kelanjutan dari Buku kesatu yang memiliki genre yang sama dengan Judul: Jejak Pemikiran Di Media Sosial yang diterbitkan oleh Pustaka Turats pada bulan Maret 2021. Isi tulisan merupakan pemikiran-pemikiran genit penulis terkait banyak hal yaitu tentang ajaran agama, terutama agama Islam, Kristen dan Yahudi, tentang wali, ulama dan pesantren, tentang politik, tengtang sains dan teknologi terutama perkembangan ilmu pengetahuan saat tulisan ini ditulis, tentang ekonomi dan bisnis terutama tentang ekonomi keumatan berbasis zakat dan wakaf serta tentang motivasi hidup yang memiliki variasi topik yang kaya. Genre tulisan ini bersifat populer dan lepas. Pengalaman empiris penulis adalah basis pengetahuan yang menjadi pijakan topik di dalamnya. Penggunaan kata “saya” yang banyak digunakan dalam banyak tempat menjadi validasi bahwa tulisan Ini sangat objektif dan memiliki sudut pandang yang kembali kepada penulisnya. Buku ini dihidangkan sangat renyah terutama bagi mereka yang ingin memiliki kajian empiris dan disajikan dalam kalimat yang populer. Bahan kajian sejatinya berat dan sangat empiris namun karena tujuan buku ini adalah untuk pembca yang memiliki latar belakang yang berbeda, maka sajian tulisannya cocok untuk semua kalangan. Karena tulisan ini adalah sebuah ekspresi kehidupan yang luas yang dikombinasikan dengan keilmuan dan pengalaman penulis yang luas, maka banyak temuan di lapangan bisa ditarik menjadi sebuah grounded theory. Karena pula ditulis harian dan dengan ruang yang terbatas, satu kajian bisa ditulis dengan beberapa kali sesuai dengan ruang dan kesempatan penulis lakukan. Tentu ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mengasah sensitifitas keilmuan khususnya mencari tema-tema penelitian. Satu issu yang ditemukan oleh penulis bisa menjadi berbagai sudut pandang sehingga bisa melatih pembaca dalam mengenal isu-isu untuk tujuan pengetahuan dan penelitian. Dalam dimensi waktu, buku ini akan menjadi semacam kliping peristiwa dengan analisis yang tajam untuk setiap peristiwa yang melingkarinya. Ini akan sangat bermanfaat bagi para sejarawan masa depan untuk melihat fenomena yang berkembang baik dari dunia digital maupun dunia nyata antara rentang waktu Mei 2021 sampai Mei 2022. Sebuah potret peristiwa yang penting guna melihat peristiwa yang bukan hanya dilihat secara grafik tapi analisis naratif yang dalam.

Saya orang yang tahu percis tentang dunia perbankan, utamanya konspirasi global Rockepeller dan Rotcshild melalui the builderberg gank. The Fed yang berupaya mengontrol Dollar dengan infrastruktur CIA menjadi pikiran dalam yang sering ...

Peningkatan Peran Perguruan Tinggi di Bidang Informasi dan Teknologi

Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Perbatasan dalam Rangka Ketahanan Nasional

Buku ini disusun untuk membantu para pembaca, khususnya dalam kaitanya dengan pemahaman terkait peningkatan peran perguruan tinggi di bidang informasi dan teknologi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan dalam rangka ketahanan nasional. Konsepsi tersebut dijabarkan ke dalam strategi-strategi yang ditetapkan untuk mensuseskan kebijakan tersebut kemudian diuraikan ke dalam langkah-langkah lebih kongkret sebagai upaya nyata. Dengan demikian, permaslahan di dalam peningkatan peran perguruan tinggi di bidang informasi dan teknologi dapat memberikan kontribusi maksimal dalam meningkatkan sumber daya manusisa. Pada akhirnya, hal tersebut mempengaruhi ketahanan nasional.

Buku ini disusun untuk membantu para pembaca, khususnya dalam kaitanya dengan pemahaman terkait peningkatan peran perguruan tinggi di bidang informasi dan teknologi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan dalam rangka ...