Sebanyak 3143 item atau buku ditemukan

Manajemen Strategis di Era Kecerdasan Buatan

PEMBAHASAN buku ini berfokus pada upaya penguasaan bidang ilmu manajemen strategis yang merupakan integrasi menajemen pada organisasi dalam analisis, formulasi, dan implementasi strategi perusahaan. Tujuannya adalah membangun keunggulan daya saing atau kinerja yang relatif superior terhadap para pesaing (Rothaermel, 2017), terutama dalam kaitan dengan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Peranan big data, transformasi digital, kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam manajemen strategis punya dampak yang sangat luas pada era saat ini maupun masa depan. Pegangan perusahaan dalam melayani konsumen untuk mencapai layanan yang unggul dibandingkan dengan pesaing diperoleh dari pengalaman dan terutama dari big data yang menyediakan berlimpah informasi tentang pelbagai keinginan konsumen, praktik bisnis, best practices, serta pengetahuan tentang teori dan praktis bisnis (Wang et al., 2018). Di samping itu, AI beserta perkembangan lain dalam teknologi digital dan lebih luas lagi ke inovasi lainnya juga diperkenalkan implikasinya bagi bisnis. Buku ini hendak membangun pertanyaan kunci seberapa jauh AI dapat dimanfaatkan? Bagaimana penggunaan AI dalam supply chain? Secara umum, unsur pokok manajemen strategis terdiri dari mencipta produk atau jasa terbaik sesuai harapan konsumen, membangun keunggulan daya saing untuk meraih profitabilitas, memiliki sumber daya yang beda dan sulit ditiru oleh pesaing, memiliki kapabilitas yang dinamis sehingga adaptif terhadap tuntutan pasar yang berubah, dan membekali ilmu dan praktik manajemen yang unggul kepada korporasi, BUMN, UMKM, serta LSM sesuai dengan misi dan visi masing-masing. Manajemen strategis membantu manusia mengemudikan organisasi dalam mengarungi aktivitas sehari-hari yang kini didukung oleh peta perjalanan yang jitu, seperti big data, transformasi digital, artificial intelligence, metaverse, dan lain-lain. Manajemen strategis adalah ilmu manajemen dengan sumber yang luas dan memfasilitasi pencapaian prestasi kinerja bisnis dalam keunggulan daya saing (competitive advantage). Isi buku ini telah mencakup pembauran teknologi masa kini untuk lebih memberdayakan kapabilitas dari manajemen strategis. Semoga buku ini dapat membantu para pegiat manajemen strategis dalam mengatasi kendala yang mereka hadapi. Buku ini pun hendak memperkaya pengetahuan strategis yang berkaitan dengan kemajuan teknologi big data, transformasi digital, kecerdasan buatan, dan metaverse yang sudah berada di hadapan kita.

PEMBAHASAN buku ini berfokus pada upaya penguasaan bidang ilmu manajemen strategis yang merupakan integrasi menajemen pada organisasi dalam analisis, formulasi, dan implementasi strategi perusahaan.

Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0

Judul : Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0 Penulis : Wahyu Hidayat, SE.I., ME.Sy. Ukuran : 14,5 x 21 Tebal : 82 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-27-6 No. E-ISBN : 978-634-7168-26-9 (PDF) Terbitan : Maret 2025 SINOPSIS Buku Pasar Modal Syariah: Panduan Praktis Berinvestasi di Era 5.0, membahas konsep dan penerapan pasar modal syariah yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Pasar modal syariah bukanlah sistem yang terpisah dari pasar modal konvensional, tetapi memiliki karakteristik khusus, yaitu produk dan mekanisme transaksi yang sesuai dengan syariah. Berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits, serta ditafsirkan melalui fiqih muamalah, buku ini menjelaskan bahwa segala bentuk transaksi diperbolehkan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Konsep ini menjadi dasar pengembangan pasar modal syariah di Indonesia. Buku ini menguraikan berbagai instrumen investasi syariah, seperti saham syariah, obligasi syariah (sukuk), reksa dana syariah, ETF syariah, EBA syariah, DIRE syariah, serta indeks saham syariah. Selain itu, pembaca akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana menjadi investor syariah yang cerdas di era 5.0. Dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, buku ini menjadi panduan praktis bagi siapa saja yang ingin berinvestasi di pasar modal syariah. Diharapkan setelah membaca buku ini, pembaca dapat menjadi investor yang tidak hanya cakap dalam meningkatkan nilai aset, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Judul : Pasar Modal Syariah : Panduan Praktis Berinvestasi Di Era 5.0 Penulis : Wahyu Hidayat, SE.I., ME.Sy. Ukuran : 14,5 x 21 Tebal : 82 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7168-27-6 No. E-ISBN : 978-634-7168-26-9 (PDF) Terbitan ...

DASAR-DASAR FIQH MUAMALAH DALAM BISNIS SYARIAH

Buku Dasar-Dasar Fiqh Muamalah dalam Bisnis Syariah ini disusun sebagai penambah wawasan dan referensi di bidang muamalah dan pengembangan ekonomi syariah. Penyajiannya dilakukan secara ringan dan simpel sehingga para pembaca dapat memahami bagai mana bermuamalah dalam Islam .

Buku Dasar-Dasar Fiqh Muamalah dalam Bisnis Syariah ini disusun sebagai penambah wawasan dan referensi di bidang muamalah dan pengembangan ekonomi syariah.

Fiqh Muamalah Kontemporer & Perbankan Syariah

Judul : Fiqh Muamalah Kontemporer & Perbankan Syariah Penulis : Abdul Aziz, Egi Ramdani, N.S, Hafdz Ulul Albab, Sifa Safnatunajah, Naya Nadiyatul Mubarokah, Rini Afriliani, Nadiyah Nurjannah, Kamelia Vega, Fannisya Aulia Dewi, Nur Alpiyah, Muhammad Iban Rabani, Nur Fitriawati, Dwi Ratna Ningsih, Bunga Helinda, Ninda Adila, Angga Rivana, Eigha Affuwwudien, Rehana Nurul Jannah, Najiha Amalia, Aulia Ahmad Djoumoding, Yuswa Aina Karifa, Hanny Ainayah Lilfatul Fazriah, Tsaqifah, Lin Jati Hanifah, Kirania Arsoni, Hasna Nur Fajriyanty, Syahnaz Ni’maturrohmah Amalia, Jarohtul Jannah, Muhammad Aldian Nusantara, Fenda Aulia Zahra, Palagan Abiyyu Gumelar, Triyas Lizza Putri Utami, Anandia Nurhalisa, Alya Aulia, Musyfq Amrullah, Nurul Halimah, Syifa Maulida, Muhammad Haekal Ardiansyah Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 186 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-235-160-4 No. E-ISBN : 978-634-235-161-1 (PDF) Terbitan : April 2025 SINOPSIS Buku ini hadir untuk menjawab tantangan zaman terkait penerapan hukum Islam dalam transaksi ekonomi modern. Di tengah globalisasi dan perkembangan teknologi, muncul berbagai bentuk muamalah baru seperti e-commerce, cryptocurrency, dan fintech yang memerlukan panduan syar’i yang jelas. Buku ini menyajikan pembahasan mendalam tentang hukum Islam terkait transaksi dan aktivitas ekonomi modern, menggabungkan kajian teks klasik dengan analisis isu kontemporer. Pembaca akan diajak memahami konsep dasar fiqih muamalah, prinsip kehalalan transaksi, dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dilengkapi contoh kasus, fatwa ulama, dan analisis hukum untuk memperjelas penerapan fiqih muamalah di era modern, dengan harapan memperkaya khazanah keilmuan dan menjadi panduan praktis bagi umat Islam.

Judul : Fiqh Muamalah Kontemporer & Perbankan Syariah Penulis : Abdul Aziz, Egi Ramdani, N.S, Hafdz Ulul Albab, Sifa Safnatunajah, Naya Nadiyatul Mubarokah, Rini Afriliani, Nadiyah Nurjannah, Kamelia Vega, Fannisya Aulia Dewi, Nur Alpiyah, ...

MANAJEMEN STRATEGIS : Konsep dan Aplikasi dalam Bisnis

Buku "Manajemen Strategis" adalah panduan praktis yang membahas konsep dan aplikasi dari manajemen strategis dalam bisnis. Buku ini dibagi menjadi beberapa bagian penting yang mencakup pengantar, analisis lingkungan bisnis, penetapan strategi bisnis, sumber daya dan kapabilitas perusahaan, strategi bersaing, implementasi strategi bisnis, evaluasi dan kontrol strategi, manajemen perubahan dan inovasi, serta manajemen strategis pada era digital. Dalam buku ini, pembaca akan mempelajari bagaimana melakukan analisis lingkungan bisnis untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman, serta penetapan strategi bisnis yang tepat untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman. Pembaca juga akan mempelajari bagaimana mengelola sumber daya dan kapabilitas perusahaan, serta strategi bersaing untuk mencapai keunggulan kompetitif. Selain itu, buku ini membahas tentang implementasi strategi bisnis, evaluasi dan kontrol strategi, manajemen perubahan dan inovasi, serta manajemen strategis pada era digital. Buku ini juga mencakup analisis kasus dan pembuatan keputusan, etika, dan tanggung jawab sosial perusahaan. Buku "Manajemen Strategis" cocok untuk para praktisi bisnis, mahasiswa, dan pembaca yang tertarik dalam mempelajari konsep dan aplikasi manajemen strategis dalam bisnis. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh kasus, gambar, dan tabel yang membantu pembaca memahami konsep dan teknik manajemen strategis.

Buku "Manajemen Strategis" adalah panduan praktis yang membahas konsep dan aplikasi dari manajemen strategis dalam bisnis.

Perekonomian Indonesia

Buku ini merupakan buku ajar yang penulis susun dalam rangka menyediakan bahan ajar dan bacaan bagi mahasiswa maupun dosen pada Jurusan Akuntansi Program S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Buku ini dibuat untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Perekonomian Indonesia, serta dapat juga sebagai bacaan tambahan untuk Jurusan lain di Lingkungan Fakultas Ekonomi untuk referensi. Buku ini terdiri dari 10 bab yang menjelaskan mengenai kondisi perekonomian di Indonesia, sebelum masa kemerdekaan, setelah Indonesia Merdeka, masa reformasi, dan kondisi perekonomian saat ini, serta kebijakan perekonomian yang telah dibuat selama periode yang berbeda. Soal latihan dan tambahan kasus diberikan diakhir setiap bab untuk memudahkan pembaca memahami materi.

Buku ini dibuat untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Perekonomian Indonesia, serta dapat juga sebagai bacaan tambahan untuk Jurusan lain di Lingkungan Fakultas Ekonomi untuk referensi.

Hukum Telematika: Regulasi, Perlindungan Data, dan Keamanan Siber

Buku Hukum Telematika: Regulasi, Perlindungan Data, dan Keamanan Siber merupakan panduan menyeluruh mengenai kerangka hukum yang mengatur pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan modern. Berangkat dari konsep dasar hukum telematika hingga isu-isu kompleks seperti kejahatan siber lintas negara, kontrak elektronik, dan perlindungan data pribadi, buku ini mengupas aspek teoritis dan normatif hukum digital dengan pendekatan interdisipliner. Dengan cakupan yang luas, buku ini membahas regulasi penting seperti UU ITE, UU Perlindungan Data Pribadi, hingga pedoman internasional terkait cyberspace. Pembaca akan diperkenalkan pada prinsip-prinsip dasar hukum TIK, hak dan kewajiban digital, yurisdiksi dalam dunia maya, serta peran negara dalam mengatur dan melindungi aktivitas digital masyarakat. Buku ini juga mengangkat isu kontemporer seperti serangan siber, hate speech, privasi online, hingga transformasi hukum dalam menghadapi AI dan blockchain. Dirancang sebagai bacaan wajib bagi mahasiswa hukum, praktisi, akademisi, dan pemerhati teknologi, buku ini memberikan fondasi kuat untuk memahami dan menghadapi tantangan hukum di era digital dengan bijak dan solutif.

... Cyber Law, yang saat ini secara internasional digunakan untuk istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi. Istilah lain yang juga digunakan adalah Hukum Teknologi Informasi (Law of Information Technology), Hukum ...

Kasus Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia Seri 5

embelajaran kasus sejatinya merupakan metode yang telah lama digunakan dalam pendidikan di bidang bisnis, hukum, kedokteran, hingga ilmu sosial. Metode ini menawarkan sejumlah kelebihan, seperti kemampuan untuk menangkap kompleksitas dan ambiguitas yang lazim dijumpai di dunia nyata. Metode kasus juga melatih aplikasi pendekatan yang lintas disiplin dan multiperspektif. Kelebihan-kelebihan semacam itulah yang tidak dapat diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan tradisional. Buku Kasus-Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia 5 ini merupakan kelanjutan dari seri terdahulu yang telah sukses digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan di berbagai sekolah bisnis di Indonesia. Namun, perubahan dan dinamika dunia bisnis yang terus bergulir dengan cepat menuntut pembaruan serta inovasi tanpa henti. Untuk menjadikan pengajaran bisnis dan manajemen tetap relevan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, kasus-kasus yang baru dan berbeda mutlak terus dibutuhkan. Kasus-kasus bahasan merupakan fenomena, kejadian, peristiwa, dan situasi yang diangkat dari beragam kejadian nyata. Kasus-kasus tersebut merepresentasikan realitas dan kompleksitas dunia bisnis dan manajemen di Indonesia. Semua kasus melibatkan unsur dilema, konflik, dan permasalahan manajemen bisnis yang sedang dihadapi dan perlu diselesaikan oleh pelaku atau protagonis di dalamnya. Oleh karenanya, diharapkan kasus-kasus tersebut mampu mendorong diskusi dan partisipasi aktif dalam kegiatan perkuliahan. Bagi mahasiswa, diskusi dan partisipasi dapat membantu mereka mengidentifikasi parameter dalam memetakan masalah, mengenali dan mengartikulasikan posisi yang diambil, mengevaluasi pilihan-pilihan yang tersedia, dan mendiskusikan berbagai perspektif yang berbeda. Pada akhirnya, kasus-kasus semacam ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang teori dan konsep manajemen bisnis yang lebih komprehensif, tetapi juga mampu menjembatani “knowing-doing gap” yang menjadi kepelikan dalam pengelolaan pendidikan bisnis, yaitu mengintegrasikan teori dengan realitas.

... marketing dari University of Agder (UiA), Norwegia pada tahun 2009; dan terakhir, penulis sedang menyelesaikan jenjang pendidikan S-3 dalam bidang strategic management dari Departemen Strategi dan Manajemen dari Norwegian School ...

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

... Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. doi:https://doi.org /10.33650/al-tanzim.v7i1.4353 Junaidi, & Abdurrahman. (2021) ...

Perilaku Organisasi Kontemporer

Buku Perilaku Organisasi Kontemporer menyajikan analisis mendalam tentang dinamika perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi modern. Ditujukan untuk mahasiswa, akademisi, dan praktisi, buku ini memberikan wawasan yang berguna dalam memahami dan mengelola perilaku manusia di tempat kerja. Buku ini menyajikan Pengenalan dan Konsep Perilaku Organisasi, yang memberikan landasan pemikiran untuk memahami interaksi antara individu dan organisasi. Dalam bab selanjutnya, kami membahas Kepribadian dan Nilai serta Sikap dan Kepuasan Kerja, yang merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Kemudian, buku ini mengeksplorasi Pendekatan Motivasi Organisasi, Pengaruh Kepemimpinan dalam Organisasi, isu penting mengenai Manajemen Stres dan Kesehatan Kerja, Evaluasi kinerja dan pengembangan karir, dan buku ini juga menyoroti Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Organisasi, yang semakin penting di era modern ini, mengingat tantangan global yang dihadapi oleh banyak organisasi. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini bertujuan untuk membantu pembaca memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku organisasi dan bagaimana menerapkannya untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan sehat.

... organisasi dapat beriringan dengan perkembangan zaman yang terjadi tanpa mengurangi atau menghilangkan sisi ... organizational Behavior”, Classics of Public Administration, Jay M. Shafritz & Albert C. Hyde (Edt.), 1978, hlm.182 ...