Sebanyak 898 item atau buku ditemukan

UGC NET Paper-1 20 Full Mock Test [Question Bank] Most Expected Questions with Solutions + Previous Year Question Paper

As Per New Updated Syllabus

UGC NET Paper-1 Mock test Include 50 Questions Each in English with Question + Answer + Solution [Explanations] Highlight - 20 Full Length Mock Test 20 x 50 = 1000 (Q & A) Previous Year Question Paper 2012 to 2020 All are Expected Question Answer Design by Expert Faculties For More Details Call/whats App -7310762592,7078549303

In the digital era, there is a fear that classroom communication may result in: 1. Passive adaptation 2. Quick adaptation 3. Stimulation 4. Over-stimulation Answer: (4) 18. Under which of the conditions an argument may be valid?

Bank Perkreditan Rakyat : Kumpulan Hasil Penelitian

Kumpulan hasil penelitian terkait Bank Perkreditan Rakyat. Kumpulan hasil penelitian ini, meneliti terkait pengaruh CAR, LDR, BOPO, dan NPL terhadap profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat.

THE STRATEGY OF RURAL BANK IN THE FACE OF THE INDUSTRIAL ERA 4.08 1. INTRODUCTION The development of industrial revolution 4.0 in the form of financial technology (fintech) is increasing the use of digital devices that make it easier ...

Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan

Pemberdayaan masyarakat memiliki konsep dasar sebagai dasar dalam menjalankan pemberdayaan masyarakat. Istilah konsep merupakan generalisasi suatu gagasan atau gambaran mental yang dinyatakan sebagai simbol atau kata. Konsep dapat juga diasumsikan sebagai komponen dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik. Definisi konsep yaitu penyusun utama dalam filsafat pemikiran manusia dan pembentukan pengetahuan ilmiah. Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, yang artinya suatu yang telah dimengerti. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Hakikat Pembangunan dan Pelaku Pembangunan Bab 2 Teori Pembangunan dan Strategi Pertumbuhan Bab 3 Paradigma Pembangunan dan Pemerataan Bab 4 Sumber Daya Pembangunan Bab 5 Pembangunan Berbasis Masyarakat Bab 6 Pembangunan Berbasis Kebudayaan, Kearifan lokal, dan Spiritual Bab 7 Konsep Dasar Pemberdayaan Masyarakat Bab 8 Pembangunan Berbasis Pemberdayaan Bab 9 Ruang Lingkup Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Bab 10 Tujuan dan Filosofis Pemberdayaan Masyarakat Bab 11 Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat Bab 12 Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Bab 13 Model Luaran Pemberdayaan Masyarakat Bab 14 Partisipasi Masyarakat dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bab 15 Asset Based Community Driven Development (ABCD)

Pendidikan Formal yaitu berupa pendidikan pra sekolah seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK dan RA serta pendidikan keagamaan seperti Sekolah Minggu (SEKAMI) bagi yang beragama Katolik dan Daniah bagi yang beragama Islam 2.

Buku Ajar Studi Fiqh

Buku ini disusun berdasarkan pada beberapa daftar pustaka yang dilengkapi dengan berbagai macam bentuk aplikasidan soal-soal, tentu di dalamnya telah dicantumkan capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah studi fiqh ini. Secara garis besar, buku ini tercover dalam 10 Bab, yaitu antara lain:  Pengantar Studi Fiqh  Najis dan Cara Mensucikan  Thaharah  Wudhu’, Mandi, dan Tayammum  Shalat  Penyelenggaraan Jenazah  Zakat Mal  Zakat Fitrah dan Zakat Produktif  Puasa  Haji dan Umrah

Buku ini disusun berdasarkan pada beberapa daftar pustaka yang dilengkapi dengan berbagai macam bentuk aplikasidan soal-soal, tentu di dalamnya telah dicantumkan capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah mempelajari ...

ILMU USHUL FIQH

Buku ini dengan maksud untuk memudahkan para mahasiswa, penelaah hukum Islam dan masyarakat secara umum dalam mempelajari ilmu ushul fiqh agar dapat dijadikan bahan kajian dalam memperkaya dan menambah khazanah wawasan keIslaman. Pengetahuan dan penguasaan ilmu ushul fiqh sangat penting guna menjawab dan memecahkan problem hukum Islam yang mengemuka di tengah kehidupan masyarakat. Sebab ilmu ushul fiqh memaparkan cara atau proses istinbâth sehingga hukum Islam yang dirumuskan dan difatwakan oleh seseorang yang menguasai ushul fiqh tidak terkesan kaku dan keras, melainkan ia selalu menghadirkan hukum Islam berkarakter fleksibel, elastis dan dinamis bagi manusia sebagai subyek sekaligus obyek hukum Islam.

Sebab ilmu ushul fiqh memaparkan cara atau proses istinbâth sehingga hukum Islam yang dirumuskan dan difatwakan oleh seseorang yang menguasai ushul fiqh tidak terkesan kaku dan keras, melainkan ia selalu menghadirkan hukum Islam ...

The Development of Islamic Thought on Multiple Perspectives

Memasuki abad ke-20 kajian ilmu keislaman menjadi era dibukanya pemikiran dari berbagai sudut pandang. Hal ini, didukung dari beberapa temuan-temuan baru sains nyata-nyata menantang doktrin dan gagasan-gagasan keagamaan klasik. Sehingga, responsnya pun beraneka rupa. Misalnya, beberapa kalangan mempertahankan doktrindoktrin tradisional, beberapa yang lain meninggalkan tradisi, dan beberapa lagi yang merumuskan kembali konsep keagamaan secara ilmiah. Seorang Ian G Barbour (2000) melalui empat tipologi dialog sains dan agama. Pertama, tipologi konflik, yakni hubungan antara sains dan agama tidak mungkin dipertemukan, bahkan terdapat permusuhan dan pertempuran hidup-mati. Tipologi kedua, independensi, tipologi itu berpandangan bahwa antara sains dan agama bisa hidup tenteram dan berdampingan jika masing-masing saling konsentrasi pada wilayahnya sendiri-sendiri. Masing-masing kelompok diandaikan harus mempertahankan "jarak aman"-nya, tidak diperkenankan melangkah keluar "pagar"-nya. Sebab keduanya melayani fungsi yang berbeda, serta menjawab persoalan yang berbeda pula dalam kehidupan umat manusia. Tipologi ketiga adalah dialog. Yaitu tipologi yang berupaya mencari pembandingan-pembandingan tertentu, agar persamaan dan perbedaan metode yang digunakan oleh masing-masing dapat ditunjukkan. Contoh kasus dalam tipologi ketiga ini yaitu model konseptual dan analogi dalam memberi penjelasan mengenai suatu objek. Tipologi keempat adalah integrasi. Yaitu model tipologi yang berupaya mencari titik temu antara penjelasan-penjelasan yang ada dalam sains dan agama. Integrasi tidak harus menyatukan atau bahkan mencampur adukkan, namun cukup memadukan untuk mencari kesesuaian antar keduanya. Jika kita melihat dalam tradisi Islam (baik itu Al-Qur'an maupun Hadits), tidak ditemukan suatu terma yang memisahkan antara ilmu dan agama. Di dunia Islam ide sains (ilmu) include dalam agama, atau dengan kata lain sains Islam lekat dengan wahyu. Bahkan dalam Islam, seorang muslim dituntut memikirkan dua masalah sekaligus yakni masalah duniawi dan ukhrawi. Hal ini menegaskan bahwa penguasaan terhadap dunia (ilmu & harta) harus selaras dan seimbang dengan pengusaan terhadap urusan ukhrawi (Agama). Keselarasan inilah yang pernah dilakukan oleh intelektual muslim masa lalu, sebut saja Ibnu Sina, Ibnu Rusyd dan Ibnu Khaldun. Ketiganya telah menerapkan sistem keilmuan terpadu yakni tidak hanya menguasai satu disiplin ilmu pengetahuan. Sayang dalam muslim sekarang ini masih sedikit yang mewarisi tradisi intelektual tersebut. Sumber utama dalam kajian islam adalah Al-Qur’an dan AlSunnah. Tentu melalui proses ijtihad dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode memberi inspirasi bagi munculnya ilmu-ilmu yang ada pada lapisan berikutnya yaitu lapisan ilmu-ilmu keislaman klasik. Dengan cara yang sama, pada abad-abad berikutnya muncullah lmu-ilmu keislaman (religius studies), sosial (social sciences) dan humaniora (humanities), dan berujung munculnya ilmu-ilmu dan isu-isu kontemporer (natural sciences) pada lapisan berikutnya (Amin Abdullah, 2006). Hadirnya acara International Confrence on Islamic Thought (ICIT) dengan Tema : The Development Of Islamic Thoughts on Multiple Perspectives bagian dari ikhitiar IAI Al-Khairat Pamekasan melakukan kajian Islamic studies untuk merespon perkembangan pemikiran Islam dari akademisi baik dosen, peneliti dan mahasiswa yang tertarik mengkaji isu-isu kajian keislaman dari berbagai sudut pandang dimasa yang akan datang. Dengan menghadirkan beberapa para narasumber dari beberapa Negara yang tentu sesuai dengan exspert (kepakaran), di antaranya: Dr. Haji Hambali Bin Haji Jaili (Unissa Brunai Darussalam), Dr. Mohd Shahid Bin Mohd Noh (University of Malaya Malaysia), Dr. tuan Haji Toifur (ketua Sewan Wakaf Singapura) dan Prof. Hamidullah Marazzi (Hamadan Institute of Islamic Studies India) Harapan dari out put dari acara ICIT mampu mendongkrak tradisi kajian islam yang mengarah pada Hadlarah an-nash (budaya teks), hadlarah al-’ilm (sosial, humaniora, sains dan teknologi) dan hadlarah al-falsafah (etik emansipatoris). Amin Abdllah mengatakan wilayah Hadlarah al-’ilm (budaya ilmu), yaitu ilmu-ilmu empiris yang menghasilkan sain dan teknologi, tidak akan punya ”karakter”, dan etos yang memihak pada kehidupan manusia dan lingkungan hidup, jika tidak dipandu oleh hadlarah al-falsafah (budaya etik emansipatoris) yang kokoh. Sementara itu, hadlarah an-nash (budaya agama yang semata-mata mengacu pada teks) dalam kombinasinya dengan hadlarah al-’ilm (sain dan teknologi). Sumbangsih pemikiran pada International Confrence on Islamic Thought yang diikuti dari kurang lebih 111 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi tanah air , yakni para dosen dan peneliti untuk ikut serta menyampaikan ide ide cemerlang sesuai dengan disiplin dan sudut pandang masing masing. Ada enam kajian yang dijadikan pijakan berfikir, di antaranya: Islamic Education, Islamic Education and Management , Psychology Guidance and Counseling, Al-Qur’an and Tafsir, Islamic Culture dan Islamic Law & economy

... memberi manfaat bagi semua, tidak hanya umat Islam saja (rahmatan-lil- alamin).9PendidikanIslamlahirdanberkembang ... 9 Muhammad Syukri Salleh, Strategizing Islamic Education, International Journal Of Education And Research, Vol.

Manajemen Industri Kreatif

Teori dan Aplikasi

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif. Ketika kompetisi ekonomi global kian terbuka lebar agaknya yang menjadi kekuatan andalan Indonesia adalah sektor industri kreatif. Sektor industri kreatif menjadi penyangga ekonomi nasional. Di saat kondisi perekonomian di sektor industri dan perdagangan mengalami kelesuan akibat kompetisi global, sektor ekonomi dan industri kreatif nampaknya menjadi alternatif ekonomi yang bertahan. Yang menarik pada buku ini adalah perhatian dan kepedulian Penulis kepada industri kreatif. Meski di tulis dengan kemasan buku ajar, namun saya mendapat beberapa catatan yang ingin saya ketengahkan pada pengantar dalam buku ini: Pertama, buku ini buku akademik yang di tulis oleh dosen kewirausahaan sekaligus merupakan seorang pelaku industri kreatif yang sedang studi di program doktor ilmu manajemen di Universitas Airlangga yang memiliki banyak pengalaman empirik. Kedua kegigihan penulis untuk menggerakkan sektor industri kreatif, khususnya di kalangan akademisi kampus dengan mencoba membangun konsep mengintegrasikan teori dengan aplikasinya di lapangan. Tentu tidak hanya mengalir, buku ini juga mampu menguraikan secara jelas dan gamblang konsep dasar manajemen industri kreatif dan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan manajerial. Topi yang dibahas di dalam babnya cukup variatif. Mulai dari definitif hingga implementatif. Buku yang ditulis dalam delapan (8) Bab ini tentunya sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa Sarjana (S1) Program Studi Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tetapi juga bermanfaat bagi pengajar di bidang Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan sebagai panduan dalam menjalankan aktivitas proses belajar mengajar di kelas perkuliahan serta para pelaku usaha di sektor industri kreatif. Semoga dengan hadirnya buku ini bisa menjadi salah satu jendela ilmu pengetahuan akan memperluas wawasan sekaligus menggiatkan dialog keilmuan khususnya di bidang Manajemen Industri Kreatif. Selamat membaca. Gresik 23 September 2020 Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik

Buku karya Saudara Heri Cahyo Bagus Setiawan dengan judul: Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi merupakan sebuah karya menarik dan memberikan sumbangsih besar bagi kazanah di bidang manajemen, terutama sektor industri kreatif.

Pendidikan Anti Korupsi: Berani Jujur

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi. Korupsi tidak hanya merugikan keuangan dan perekonomian negara, tetapi juga telah melanggar hak-hak ekonomi dan sosial (economic and social rights) masyarakat secara luas yang akibatnya akan menggerus kemampuan dan kemapanan ekonomi suatu bangsa. Korupsi berkaitan dengan berbagai permasalahan, tidak hanya permasalahan hukum dan penegakannya, tetapi juga menyangkut masalah moral/sikap mental, masalah pola hidup serta budaya dan lingkungan sosial, masalah kebutuhan dan tuntutan ekonomi dan kesenjangan sosial, masalah struktur/ sistem ekonomi, masalah sistem budaya, masalah budaya politik, masalah mekanisme pembangunan dan lemahnya birokrasi (administrasi dan pengawasan) di bidang keuangan dan pelayanan publik. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengertian, Ruang Lingkup, dan Sekilas Lintasan Sejarah Korupsi Bab 2 Jenis dan Bentuk Korupsi Bab 3 Dasar Hukum dan Lembaga Pemberantasan Korupsi Bab 4 Korupsi dalam Pandangan Islam Bab 5 Efek Krusial Perilaku Korupsi dan Langkah Serta Upaya Pencegahan Korupsi Bab 6 Otonomi Daerah dan Ancaman Korupsi serta Transparansi dan Good Governance Bab 7 Sistem Penegakan Hukum Terhadap Penyalahgunaan Kewenangan yang Dilakukan Penyelenggara Negara Bab 8 Hambatan dan Tantangan Pemberantasan Korupsi Bab 9 Membangun Kesadaran Perilaku Anti Korupsi Bab 10 Keluarga dan Sekolah Sebagai Pilar Pembudayaan Perilaku Anti Korupsi Bab 11 Pendidikan Agama Sebagai Proses Penguatan Mental Anti Korupsi

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi.

Pintar Belajar Fikih dengan TTS

Buku yang berjudul “Pintar Belajar Fikih dengan TTS” ini mencoba untuk membuat sebuah karya inovasi pembelajaran berupa teka-teki silang. Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam melakukan pembelajaran dengan berbagai macam bentuk media yang kreatif dan inovatif. Hadirnya buku ini dapat menambah rujukan berbagai bentuk inovasi pembelajaran terutama pada mata pelajaran Fikih. Selama ini mungkin guru mengalami kesulitan dalam mencari berbagai bentuk inovasi untuk menarik minat siswa dalam belajar. Salah satu solusinya adalah dengan mempergunakan TTS. Buku ini berisikan beragam pertanyaan yang disesuaikan dengan materi kurikulum 2013. Susunan Kompetensi Dasarnya disesuaikan dengan yang terdapat dalam buku guru dan buku siswa. Materi yang dihadirkan adalah materi Fikih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah semester satu dan dua, serta dilengkapi dengan kunci jawaban dan rangkuman materi. Buku ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi Fikih sekaligus menarik minat dan semangat siswa dalam belajar. Bagi para siswa memiliki buku ini akan menambah semangat dalam membahas materi-materi Fikih. Belajar yang menyenangkan dan menarik Insya Allah akan terwujud dengan mempergunakan media TTS yang terdapat dalam buku ini.

Buku yang berjudul “Pintar Belajar Fikih dengan TTS” ini mencoba untuk membuat sebuah karya inovasi pembelajaran berupa teka-teki silang.

FIKIH IBADAH;Panduan Lengkap Beribadah Sesuai Sunnah Rasul

Ibadah adalah bentuk penghambaan makhluk kepada Rabbnya, umat Islam telah diberikan kitab Al Quran sebagai pedoman hidup, tetapi ada juga yang bentuk peribadahan yang tidak terperinci / “tidak mendetil” secara eksplist di dalam Al Quran, akan tetapi kita masih diberikan petunjuk beribadah kepada Allah swt melalui Rasulullah Muhammad saw, karena Rasulullah diberikan jaminan oleh Allah swt dengan sifat “siddiq” (benar) sehingga umat Islam harus beribadah kepada Rabbnya sesuai dengan apa yag di lakukan oleh Rasulullah saw sebagai panduan umatnya menuju jalan yang benar dan diridhoi Allah swt

Ibadah adalah bentuk penghambaan makhluk kepada Rabbnya, umat Islam telah diberikan kitab Al Quran sebagai pedoman hidup, tetapi ada juga yang bentuk peribadahan yang tidak terperinci / “tidak mendetil” secara eksplist di dalam Al Quran ...