Sebanyak 878 item atau buku ditemukan

Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami untuk Anak Sekolah Dasar

“Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami dan untuk Anak SD” ini adalah salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh di jurusan PGSD UMM, karena mata kuliah ini mempelajari bagaimana memahami sampai dengan menciptakan karya tari anak SD berkarakter (tidak meninggalkan tradisional) dan Islamic, sekaligus penulis ingat betul pesan dari Bapak Prof. Muhadjir Effeendy (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) karena beliau berpesan “Uri-uribudhoyo UMM” (Hidup-hidupilah Seni Budaya di Universitas Muhammadiyah Malang) oleh karena itu sebagai penulis melahirkan ciri khas Islamic.

Jenis Tari Sebuah jenis tari tercipta dari susunan gerak tari yang menjadi satu kesatuan. Jenis tari ini pasti telah sesuai dengan karakteristik anak TK yang sifatnya riang gembira dan penuh kesenangan. Jenis tari yang memiliki gerakan ...

Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar

Psikologi Anak berkaitan dengan pertumbuhan mental atau, yang artinya sama, perkembangan pola perilaku (termasuk kesadaran) hingga remaja, fase transisi menandai masuknya individu ke dalam masyarakat dewasa. Pertumbuhan mental tidak terlepas dari pertumbuhan fisik: pematangan sistem saraf dan endokrin, khususnya, berlanjut hingga usia enam belas tahun. Ini menyiratkan bahwa untuk mencapai pertumbuhan pemahaman, tidaklah cukup untuk memulai dengan kelahiran yang berhubungan dengan gerakan dan respons janin, dan perilaku pra-persepsi janin. Dari sudut pandang teoritis, hal ini juga mengimplikasikan bahwa psikologi anak harus dipandang sebagai ilmu yang mempelajari salah satu aspek permulaan keadaan keseimbangan relatif yang merupakan tingkat dewasa.

Psikologi Anak berkaitan dengan pertumbuhan mental atau, yang artinya sama, perkembangan pola perilaku (termasuk kesadaran) hingga remaja, fase transisi menandai masuknya individu ke dalam masyarakat dewasa.

ParenTeam : Bersinergi Mendidik Anak

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Tanpa pendidikan kehidupan akan berjalan dengan penuh ketidak teraturan. “Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR. Ahmad) Anak merupakan tonggak peradaban, karena darinya akan lahir pemimpin-pemimpin besar. Maka diperlukan pendidik yang menguasai ilmu, terutama ilmu dalam pendidikan anak. Madrasah pertama bagi anak adalah ibunya, menjadi kewajiban seorang ibu untuk terus belajar dan mencari ilmu agar dapat diwariskan kepada anak. ” Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fikih, dan ulama. Disebut pendidik apabila seseorang mendidik manudia dengan memberikan ilmu sedikit-sedikit yang lama-lama menjadi banyak.” (HR. Bukhari) “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci). Kemudian kedua orang tunyalah yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi sebagaimana binatang ternak yang melahirkan binatang ternak dengan sempurna. Apakah kalian melihat ada cacat padanya?” (HR. Bukhari) Dalam mendidik anak, tentunya ada aturan-aturan yang dijalankan. Karena mendidik anak bukanlah sebuah proses yang asal bongkar sana tempel sini lalu jadi. Mendidik anak adalah proses seumur hidup yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya menurut aturan Islam. Mendidik anak juga sangat membutuhkan sinergi dari kedua orang tua dan lingkungan sekitar. Tanpa sinergi antara semuanya, anak hanya akan tumbuh menjadi pribadi yang buruk dan tidak berkarakter. Buku ini hadir untuk para orang tua dan juga calon orang tua untuk menjadi pedoman dalam mendidik anak. Bahwa mendidik anak tidak bisa dengan cara mendadak. Diperlukan persiapan yang matang agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dan Bahagia.

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia.

WASIAT RASULULLAH TENTANG ANAK Cara Islami Mengasuh dan Mendidik Anak dari Kelahiran hingga Pernikahan

Buku ini menyampaikan pengetahuan bagi para orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya sesuai dengan wasiat Rasulullah saw. Disajikan cara mengasuh dan mendidik anak mulai dari kelahiran sampai pernikahan. Buku ini menjelaskan wasiat-wasiat Rasulullah saw., tentang anak, dalam hal mengasuh dan mendidiknya. Sebab, Rasulullah saw. adalah sebaik-baik teladan dalam mengasuh dan mendidik anak. Kelengkapan buku ini melebihi buku sejenis, karena disampaikan cara mengasuh dan mendidik anak mulai dari lahirnya sampai dewasa saat menikah. ISBN : 978-623-7537-12-0 Ukuran : 4 cm x 20.5 cm x 1.4 cm Jumlah halaman : 224 Tahun : 2019

erawat dan mengasuh buah hati merupakan tanggung jawab bagi setiap orang tua. ... Selain didukung data riset ilmiah, pentingnya seorang ibu untuk menyusui anak juga disebutkan dalam Islam. Al-Buhuti dalam Syarh Muntaha al-Iradat, ...

Mendidik Dengan Cinta - Bangun Karakter Remaja

Secara eksternal, pengaruh kehidupan sekuler dan hedonis serta pandangan psikolog non Muslim yang mengintrodusir dunia remaja adalah masa penuh kebebasan, masa pergolakan jiwa dan masa pencarian jati diri menjadi dasar pembenar akan sikap dan perilaku remaja yang melanggar batas-batas norma dan agama. Sehingga akibatnya, seakan-akan setiap perilaku buruk remaja harus dimaklumi dan disikapi sebagai hal yang natural sesuai tuntutan jiwa remajanya. Padahal di dalam Islam, tidak ada dunia remaja yang penuh kebebasan, yang dianggap masa jeda antara masa kanak-kanak dengan dunia dewasa. Sebab, begitu masa kanak-kanak selesai, hadirlah masa aqil baligh yang ditandai dengan datangnya tamu bulanan bagi perempuan, yaitu haid atau menstruasi. Atau ‘mimpi basah’ bagi laki-laki, yang menunjukkan anak-anak tersebut telah siap menerima status taklif hukum (mukallaf), dan menunjukkan bahwa mereka kini sudah dewasa. Hanya saja kedewasaan mereka secara status hukum dalam pandangan Islam masih membutuhkan peran serta bimbingan orangtua, sebab mereka masih terus dalam masa pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun kejiwaan. Orangtua masih menjadi pembimbing utama mereka dalam mengarungi kehidupan yang penuh tantangan ini sehingga tetap berada on the track, dalam jalur yang sesuai kaidah agama dan arah pembangunan karakter yang kuat dan positif. Disinilah dibutuhkan kualitas orangtua yang mampu membimbing, mendidik dan mengarahkan putra-putri remajanya sesuai dengan perubahan-perubahan fisik dan mental mereka yang sudah bukan anak-anak lagi, tetapi belum lagi lepas landas kedewasaannya secara utuh sebab masih perlu banyak pembelajaran agar kejiwaan mereka benar-benar tumbuh sehat dan memiliki karakter Islami yang kuat. Karena itu, buku “MENDIDIK DENGAN CINTA, Bangun Karakter Remaja,” karya Irawati Istadi ini menjadi penting sebagai bahan bacaan orangtua dan referensi keluarga dalam membimbing putra-putri remajanya. Buku ini merupakan buku ke 2 dalam rangkaian seri buku MENDIDIK DENGAN CINTA. Buku pertama, yang berjudul “MENDIDIK DENGAN CINTA, Tumbuh Kembang Anak,” ditujukan bagi orangtua dalam upayanya mendidik, mengarahkan dan membimbing putra-putrinya yang masih dalam usia kanak-kanak. Sedangkan buku kedua ini berisi telaah problematika di seputar kehidupan putra-putri remaja yang mampu menggambarkan realitas dunia mereka dan bagaimana sikap orangtua dalam peran positifnya mengarahkan dan membimbing mereka dengan didikan yang dilandasi penuh cinta, agar remaja-remaja kita tidak terjerumus dalam pergaulan yang buruk dan tetap berhasil membangun karakter jiwanya yang kuat sesuai dengan kaidah agama Islam. Dengan mengharap berkah Allah swt. , kami penerbit Cakrawala berharap bahwa buku ini akan menjadi washilah sekaligus amal jariyah bagi kami yang terlibat dalam penerbitan buku ini, dalam rangka membangun investasi masa depan yaitu terbentuknya remaja-remaja Islam yang berkarakter kuat dan tumbuh menjadi muslim dan muslimah yang siap memimpin perubahan negeri ini lebih baik di masa depan. Insya Allah.

Karena itu, buku “MENDIDIK DENGAN CINTA, Bangun Karakter Remaja,” karya Irawati Istadi ini menjadi penting sebagai bahan bacaan orangtua dan referensi keluarga dalam membimbing putra-putri remajanya.

Pendidikan Karakter

Proses penyusunan buku ini merupakan karya kolaborasi dari akademisi yang disiplin ilmunya merupakan bidang pendidikan dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air. Kolaborasi ini dimaksudkan agar memperkaya khazanah pengetahuan yang tertuang dalam buku ini sehingga konten dari buku ini dapat diterima oleh berbagai kalangan dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun latar belakang dari penulisan buku ini merupakan refleksi kondisi dekadensi moral generasi muda pada saat ini yang sudah terseret jauh dari akar nilai budaya. Sering kali kita menemukan banyak perilaku yang tidak sesuai dengan nilai moral mulai dari tindakan pencurian, kenakalan remaja, pergaulan bebas, penggunaan obat-obat terlarang, maupun adab kesopanan yang mulai luntur, semua itu tidak hanya terjadi pada wilayah perkotaan yang notabenya merupakan daerah yang tingkat individualnya tinggi, namun juga terjadi di daerah pedesaan. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang menganut adat ketimuran yakni hidup bergotong-royong, penuh tanggung jawab, berani dalam melaksanakan kebaikan dengan penuh keberadaban, hidup berdampingan waluapun berbeda suku, ras, agama serta tetap menjaga etika sopan santun. Memperhatikan realita kehidupan dewasa sekarang ini, maka buku ini hadir untuk memberikan kontribusi berupa solusi konstruktif dari berbagai persoalan yang erat kaitannya dengan penanaman karakter terhadap anak-anak baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di lingkungan tempat bermain mereka. Buku ini sangat relevan dimiliki oleh para akdemisi, praktisi pendidikan, orang tua, maupun pemerhati pendidikan karena isi dari buku ini mengulas tuntas pendidikan karakter mulai dari nilai moral, metodologi maupun implementasinya di era millennial dan yang terpenting sangat aplikatif.

melalui tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, adil, menghormati orang lain, disiplin, dan karakter mulia lainnya (Lickona, 1992). 3. Kertajaya dalam Supriyatno mendefinsikan karakter adalah karakteristik yang melekat pada ...

Pendidikan Karakter penting di era Covid-19

Penguatan Pendidikan Karakter mempersiapkan Mahasiswa Tutor Sebaya dilingkungan Keluarga dan Skaa Taruna

Buku ini merupakan hasil penelitian tentang pengimplementasian pendidikan karakter yang dikembangkan dalam penanggulangan dan pencegahan wabah Covid-19 melalui pendidikan. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang membangun karkater pada setiap individu, mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, keterampilan, masyarakat, bangsa dan negara. Substansi pada buku ini adalah memberikan informasi terkait hasil penelitian ini memberikan hasil yang optimal terhadap pencegahan Virus Covid-19 dengan sikap berkaraker melihat rata-rata hasil analisis kuesioner Penerapan Pendidikan Karakter untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 memperoleh skor rata-rata sebesar 31,91. Jika dikonfersikan pada tabel skala lima berada pada kategori sangat baik dengan presentase 88,58%. Pendidikan karakter dibangun untuk memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai fondasi pembangunan bangsa, menyiapkan mahasiswa pada kondisi degradasi ahlak, moral dan budi pekerti, mampu menghadapi dinamika dan tantangan era global dan yang tidak kalah pentingnya membangun generasi emas 2045 yang berdaya saing dan berjiwa pancasila

Buku ini merupakan hasil penelitian tentang pengimplementasian pendidikan karakter yang dikembangkan dalam penanggulangan dan pencegahan wabah Covid-19 melalui pendidikan.

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir PENULIS: Muhammad Hafrinda ISBN : 978-623-7503-63-7 www.guepedia.com Sinopsis: Buku yang terinspirasi berdasarkan pengalaman penulis sendiri yang telah bertugas hampir sepuluh tahun di sekolah yang letaknya pas di pesisir Aceh Tamiang. Buku ini berbicara mengenai Pendidikan Karakter yang sekarang tengah gencar dikembangkan dan disosialisasikan melalui para pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Ditambah lagi permasalahn pendidikan karakter yang dikupas secara khusus ialah pendidikan karakter remaja, yang dihubungkan dengan persoalan serta pemanfaatan budaya yang berbasis kearifan lokal. Itulah sedikit gambaran awal dari buku “Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir”. Yang menarik didalam buku ini adalah pembahasan tentang persoalan pendidikan karakter remaja, dibahas dengan menggunakan pendekatan antropologi karena didalam pembahasan buku dikaitkan dengan budaya, masyarakat, dan kearifan lokal. Dengan membaca salah satu bab dari buku ini, para pembaca akan mengetahui bahwa konsep dasar dari pendidikan karakter adalah bersumber dari pengajaran 5 agama besar yang ada di Indonesia. Artinya bahwa 5 agama besar yang ada di Indonesia semuanya mengajarkan konsep pendidikan karakter. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pendidikan Karakter Remaja dalam Masyarakat Pesisir PENULIS: Muhammad Hafrinda ISBN : 978-623-7503-63-7 www.guepedia.com Sinopsis: Buku yang terinspirasi berdasarkan pengalaman penulis sendiri yang telah bertugas hampir sepuluh tahun di ...

Pendidikan karakter dalam pembelajaran penjas

Karakter terbentuk melalui perjalanan hidup seseorang. Ia dibangun oleh pengetahuan, pengalaman, serta penilaian terhadap pengalaman itu. Kepribadian dan karakter yang baik merupakan interaksi seluruh totalitas manusia. Kegiatan untuk membangun karakter siswa di komunitas sekolah tidak hanya meningkatkan kehidupan siswa, tetapi juga seluruh lingkungan sekolah. Banyak dari ide kegiatan pendidikan karakter dapat dikerjakan dengan lancar ke dalam waktu di kelas, menjadikan pendidikan karakter sebagai bagian dari partisipasi kelas sehari-hari. Kegiatan dan permainan edukasi karakter yang direncanakan membentuk perilaku siswa dan dapat membuat perbedaan di tahun-tahun mendatang dalam kehidupan siswa.

Karakter terbentuk melalui perjalanan hidup seseorang.

Modul Aplikasi Komputer Microsoft Office 2016

Kelebihan Microsoft Office 2016 yang bisa dipergunakan pada seluruh perangkat teknologi, seperti komputer, laptop, bahkan tablet dan smartphone. Kemampuan Microsoft Office tersebut menjadi jembatan dalam menghubungkan kebutuhan dan perkembangan ekonomi bisnis yang makin automobile dan computerise dengan teknologi dan informasi. Terlebih, salah satu kekuatan ekonomi bisnis modern yang tidak bisa diabaikan adalah masalah kemampuan membaca dan menganalisis setiap perubahan. Serta, kemampuan dalam mendokumentasi (arsip) setiap perubahan. Kedua hal tersebut bisa difasilitasi dengan baik dan maksimal oleh Microsoft Office. Satu di antara aplikasi sekretariatan dan perkantoran yang tidak begitu banyak mendapatkan perhatian dari banyak kalangan di tengah aktivitas ekonomi bisnis. Termasuk dari kalangan lembaga pendidikan tinggi. Seperti universitas. Pelaku didalamnya antara lain adalah mahasiswa. Karena itu, pembelajaran dalam perguruan tinggi sudah selayaknya dirancang dengan melakukan penguatan dan pembekalan teknis berbasis teknologi. Faktor kuncinya adalah dengan memberikan penguasaan teknologi dengan baik. Modul Aplikasi Praktikum Komputer berbasis Microsoft Office 2016 ini disusun berlandaskan dari semangat untuk memberikan pembekalan teknis sekaligus penguasaan teknologi komputer yang berbasis Microsoft Office untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang pada umumnya. Secara lebih khusus, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Modul praktikum komputer berbasis Microsoft Office terdiri dari 13 bagian pembahasan. Dimulai dari (1.) Pengenalan Komputer. (2.) Dasar Microsoft Word 2016. (3.) Pengaturan Dokumen I. (4.) Pengaturan Dokumen II. (5.) Cetak Gabung (6.) Dasar Microsoft PowerPoint 2016 (7.) Dasar Microsoft Excel 2016 (1) (8.) Dasar Microsoft Excel 2016 (2) (9.) Fungsi Logika (10.) Fungsi Baca Tabel (11.) Penerapan Beberapa Aplikasi Excel (12.) Aplikasi Fungsi Microsoft Excel Terintegrasi. Dan; (13.) Dasar dan Penerapan Microsoft Access 2016.

Modul Aplikasi Praktikum Komputer berbasis Microsoft Office 2016 ini disusun berlandaskan dari semangat untuk memberikan pembekalan teknis sekaligus penguasaan teknologi komputer yang berbasis Microsoft Office untuk mahasiswa Universitas ...