Sebanyak 8 item atau buku ditemukan

Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran (Teori dan Panduan Praktis untuk Memfasilitasi Kemampuan 4C dan HOTS)

Penggunaan TIK terbukti dapat memberikan sejumlah kemudahan dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran misalnya keterbatasan sarana dan prasarana dapat diatasi melalui penggunaan media TIK berupa laboratorium virtual. Namun, sejumlah permasalahan juga sering ditemui salah satunya yaitu sering terjadi miskonsepsi dan learning loss. Olehnya itu, perlu adanya Intergasi TIK yang efektif dalam pembelajaran. Integrasi tersebut dikenal sebagai Technology Pedagogy and Content Knowledge (TPACK). Integrasi diartikan bahwa TIK tidak hanya sebagai alat bantu tetapi lebih dari itu yaitu salah satunya TIK dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mengembangkan kemampuan abad-21 peserta didik antara lain HOTS dan kemampuan 4C. Buku Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran (Teori dan Panduan Praktis) menyajikan teori dan panduan dalam mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran berbasis TIK. Buku ini membahas tentang: Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran, Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK), Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM), media pembelajaran, model-model pembelajaran berbasis TIK, model-model pengembangan media pembelajaran berbasis TIK, bahan ajar non-cetak, Learning Manajement System (LMS), dan Blended Learning (BL) serta Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kemampuan Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication (4C) dalam Pembelajaran berbasis TIK. Buku ini menyajikan berbagai rujukan dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan. Buku ini dapat dijadikan sebagai buku ajar bagi mahasiswa yang memprogram mata kuliah teknologi dan media pembelajaran. Buku ini menjabarkan secara dinamis dan integratif berbagai teori dan juga hasil-hasil penelitian mutakhir para pakar serta tentunya penelitian-penelitian penulis sendiri tentang pengembangan dan pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran. Semoga buku ini dapat menambah wawasan pembaca tentang konsep dan ragam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, serta sebagai rujukan atau referensi umum dalam penulisan artikel dan karya tulis ilmiah bagi pendidik, maupun pelajar yang ingin mengembangkan dan memanfaatkan TIK yang relevan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran.

Penggunaan TIK terbukti dapat memberikan sejumlah kemudahan dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran misalnya keterbatasan sarana dan prasarana dapat diatasi melalui penggunaan media TIK berupa laboratorium ...

Buku Ajar SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS HOTS

Buku ajar yang didesain HOTS ini berfungsi sebagai pelengkap buku ajar yang sudah disediakan pemerintah, yang dapat dimanfaatkan secara mandiri oleh siswa. Kegiatan belajar mengajar membutuhkan buku teks yang sudah melalui proses standarisasi. Selanjutnya, buku teks perlu inovasi agar sesuai perkembangan di bidang pendidikan saat ini. Buku ajar ini memiliki konsep utama yakni dirancang menggunakan materi-materi yang disusun secara interaktif dan soal-soalnya yang berbasis HOTS. Selain itu, buku ini juga memuat pembelajaran futuristik dengan mengedepankan metode Blended Learning, yakni konsep pembelajaran yang bertumpu pada kombinasi pembelajaran secara luring di dalam kelas maupun pembelajaran secara daring

4.8 Mengidentifikasi peran ilmuwan dalam memajukan peradaban Islam pada masa Daulah Ayyubiyah. 1.8 Menghargai karya ilmuwan muslim sebagai karya intelektual Islam. 2.8 Menjalankan sikap kritis dan ilmiah di bidang ilmu pengetahuan ...

Komunikasi dan negosiasi bisnis berbasis HOTs

Buku ini merupakan bahan ajar Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Berbasis HOTS. Buku ini didesain dengan menekankan pemahaman teori komunikasi dan kemampuan untuk mempraktekan setiap keterampilan yang dibahas. Muatan dalam buku ini disusun dengan menerapkan High Order Thingking Skill (HOTS) melalui Case Study, Project Based Learning dan Problem Based Learning agar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Buku ini merupakan bahan ajar Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis Berbasis HOTS.

Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD)

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS). Hal ini tidak lain karena IPS merupakan materi wajib yang harus dipelajari oleh siswa di Sekolah Dasar(MI) sebagaimana diamanatkan dalam sistem dan peraturan perundang-undangan pendidikan yang berlaku. Secara substansi, IPS merupakan materi yang didapat dari berbagi sumber dan pengalaman hidup sebagai makhluk sosial yang mempunyai kecenderungan kuat untuk hidup bersama dalam kelompok. IPS sangat berguna untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial yang dalam hal ini dilakukan manusia pada setia harinya, termasuk didalamnya permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi oleh manusia di dalam kehidupan.

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru di Sekolah Dasar(SD) adalah konsep dasar Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS).

PENERAPAN ASESMEN HOTS SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ

Buku berjudul “Penerapan Asesmen HOTS Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Quizizz” ini adalah buku buku tentang asesmen merupakan langkah awal untuk mengetahui sejauhmana tingkat kemantapan siswa dalam menyelesaikan soal, sehingga guru dapat memetakan kemampuan siswa serta merancang program belajar yang sesuai dengan keadaan siswa. Asesmen HOTS sangat relevan untuk digunakan di Sekolah Dasar, pada dasarnya soal tersebut akan menumbuhkan motivasi belajar siswa, meningkatkan keterampilan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi dari permasalahan yang dihadap

Komponen yang dimaksud antara lain adalah tujuan, materi atau bahan pengajaran, metode, kegiatan belajar mengajar, alat dan sumber pengajaran, serta prosedur alat evaluasi. 3) Keperluan bimbingan dan konseling (BK) 4) Keperluan ...

CMS Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA Latihan Soal dan Pembahasan HOTS

bantu dalam memahami materi Bahasa Indonesia yang terlihat membosankan menjadi lebih menarik. Buku ini merupakan buku wajib untuk menghadapi berbagai ujian karena di dalamnya terdapat berbagai jenis soal latihan dari berbagai ujian, baik dari Ujian Sekolah, Ujian Nasional, hingga Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Buku ini terdiri atas 21 bab, yang mencakup seluruh materi pada Bahasa Indonesia SMA/ MA dari kelas X sampai kelas XII. Pada setiap bab, terdapat soal latihan dan pembahasannya, soal pemantapan, dan variasi soal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri beserta pembahasannya. Soal-soal tersebut mencakup soal SBMPTN, SNMPTN, SIMAK UI, dan UTUL UGM. Buku ini juga dilengkapi soal Ujian Nasional dan soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) beserta pembahasannya di akhir buku.

bantu dalam memahami materi Bahasa Indonesia yang terlihat membosankan menjadi lebih menarik.