Sebanyak 22 item atau buku ditemukan

CALL FOR BOOK TEMA 1 (Teknologi pendidikan)

Tujuan Pendidikan Elfachmi (2015:16) menjelaskan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan, oleh karena itu tujuan pendidikan memiliki dua fungsi: ...

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

KONTRIBUSI ORANG TUA SISWA DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI

PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Peranan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran

Buku ini menekankan pada pengembangan teknologi pendidikan modalitas belajar, konsep teknologi pembelajaran, dan inovasi kurikulum. Buku ini terdiri dari sembilan bab dengan penekanan yang berbeda-beda setiap babnya. Setiap bab juga telah disusun secara sistematis sesuai urutan materi dan tahapan pemahaman tentang pengembangan teknologi pendidikan dan penerapan media pembelajaran.

Buku ini menekankan pada pengembangan teknologi pendidikan modalitas belajar, konsep teknologi pembelajaran, dan inovasi kurikulum.

Pengantar Teknologi Pendidikan

Buku Pengantar Teknologi Pendidikan ini bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai dasar pendidikan, konsep dasar, ruang lingkup dan persoalan mendasar tentang pendidikan serta kontekstualisasinya bagi praksis pendidikan di Indonesia juga bagaimana penerapan Teknologi Pendidikan di negara maju dan negara berkembang. Buku ini terdiri dari 8 Bab yang mendiskusikan tentang: Bab 1 Konsep Dasar Teknologi Pendidikan Bab 2 Kawasan dan Ranah Teknologi Pendidikan Bab 3 Teknologi Sebagai Pendekatan Dalam Permasalahan Pendidikan Bab 4 Teknologi Sebagai Pendekatan Dalam Praktik Pendidikan Bab 5 Teknologi Komunikasi dalam Pendidikan Bab 6 Klasifikasi Media Pembelajaran Bab 7 Produksi Media Cetak Bab 8 Penerapan Teknologi Pendidikan di Negara Maju dan Negara Berkembang

Penerapan teknologi pendidikan merupakan arti dari teknologi pendidikan. Pada proses tersebut harus terjadi integrasi antara ide, manusia, peralatan dan organisasi. Selain itu, terjadi kegiatan pendidikan harus bersifat ilmiah, ...

Sejarah & Paradigma Teknologi Pendidikan untuk Perubahan Sosial

Tesis utama buku ini yaitu pergeseran dan keragaman paradigma teknologi pendidikan mengarahkan teknologi pendidikan sebagai bidang keilmuan yang potensial menjadi pendorong transformasi sosial. Hal ini karena orientasi perge-seran dan keragaman paradigma yang relatif berkarakter kritis, sosiokultural, dan bahkan postmodern. Buku ini cocok dibaca oleh mahasiswa, dosen, guru, aktivis dan praktisi pendidikan, dan masyarakat umum yang ingin mengetahui dimensi keilmuan teknologi pendidikan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Dalam hal ini satu aliran yang memang konsentrasi betul pada tema transformasi sosial adalah aliran atau mazhab pendidikan kritis (critical education) atau pedagogi kritis (critical pedagogy). Sebagaimana sudah disinggung sedikit pada ...

Mozaik Teknologi Pendidikan

E-Learning

Pertumbuhan jejaring internet yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir ini semakain terasa memasuki dan memengaruhi berbagai sendi kehidupan kita, termasuk dunia pendidikan. Berkat kemajuan teknologi internet pula muncul fenomena baru dalam proses belajar mengajar yang semakin mengaburkan batasan waktu, ruang, dan jarak. Dengan kata lain, pertumbuhan internet yang luar biasa ini juga menghadirkan potensi besar bagi evolusi proses belajar mengajar saat ini dan terlebih di masa yang akan datang. Buku ini memperbincangkan fenomena tersebut dengan menyajikan gambaran utuh apa yang terjadi dalam proses belajar mengajar melalui teknologi hypermedia ini, serta kaitan dan pengaruhnya terhadap/dari industri dan bisnis. Di anatara tema utama yang dapat ditemukan dalam buku ini: E-learning dan pendidikan jarak jauh, Pengembangan learning object, Pelembagaan web-based learning, Pembahasan hasil penelitian yang berkaitan dengan web-based learning. --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

di atas menunjukkan bahwa pendidikan jarak jauh memiliki ciri-ciri sebagai berikut: • Adanya lembaga formal yang menyelenggarakan program pendidikan. • Kelompok peserta belajar terpisah dengan pengajar (instruktur, tutor, dosen, guru, ...

TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ABAD DIGITAL

pendidikan tidak kalah pentingnya dengan peran unsur-unsur lainnya, karena siswa bisa sebagai penerima pelajaran, pemberi materi pelajaran pada sesama temannya, petunjuk, dan bahkan sebagai guru. Oleh karena itu, dalam memperkenalkan ...

TEORI DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0

Buku Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0 bertujuan untuk 1) meletakkan landasan teori yang kokoh, 2) membuka jalan baru dalam belajar dan pembelajaran, 3) membangun interaksi pebelajar yang mengesankan, dan 4) menghasilkan ide yang luar biasa yang bersumber dari dalam buku ini. Buku mengupayakan pemikiran yang terbaik dari yang terbaik di bidang teknologi pendidikan. Untuk membantu menghembuskan energi baru untuk era belajar abad 21 dan revolusi industri 4.0 Mengubah Teknologi Pendidikan semakin baik dan dicintai masyarakat bukanlah tugas yang kecil, tetapi itu adalah tugas yang penting. Ketika Anda membaca halaman-halaman buku ini, mungkin ada gunanya untuk mengingat bahwasanya terdapat tugas mulia menyampaikan kabar, walaupun hanya 2 ayat. Penulis buku ini telah mendedikasikan dari perspektif keilmuan Teknologi Pendidikan. Kami menyadari yang “kabar” yang tertulis adalah dari perspektif penulis yang dengan usaha keras dan segenap jiwa, sedangkan kesalahan-kesalahan yang muncul dalam tulisan ini adalah merupakan kekurangmampuan editor dalam menangkap maksud terbaik dari penulis.

Tabel 1: Pengetahuan, kecakapan atau keterampilan khusus, keahlian dan
literasi Subjek dan tema-tema inti abad ke-21 ... (Communication and
Collaboration) Keterampilan informasi, • Literasi informasi (Information Literacy) •
Literasi media ...