Sebanyak 33 item atau buku ditemukan

SUPERVISI PENDIDIKAN

Buku ini merupakan karya bersama para dosen lintas perguruan tinggi. Buku ini terdiri dari sepuluh bab, diantaranya yaitu: Bab 1: Perkembangan dan Implikasi Supervisi Pendidikan Bab 2: Otonomi Pendiddikan Bab 3: Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Bab 4: Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Bab 5: Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan Bab 6: Supervisi Akademik Bab 7: Supervisi Klinis Bab 8: Kendala dan Sikap Guru terhadap Supervisi Pendidikan Bab 9: Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Bab 10: Tindak Lanjut Hasil Supervisi Pendidikan

Buku ini terdiri dari sepuluh bab, diantaranya yaitu: Bab 1: Perkembangan dan Implikasi Supervisi Pendidikan Bab 2: Otonomi Pendiddikan Bab 3: Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Bab 4: Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan Bab 5: ...

Paradigma Baru Supervisi Pendidikan

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang pesat, peran supervisi tidak lagi dapat dipandang hanya sebagai fungsi kontrol dan pengawasan. Seiring dengan tuntutan akan kualitas pendidikan yang lebih baik, supervisi kini harus bergeser menjadi sebuah kemitraan strategis yang berorientasi pada pengembangan profesional berkelanjutan. Supervisi pendidikan dalam paradigma lama seringkali diidentikkan dengan kunjungan mendadak, penilaian, dan pencarian kesalahan. Pendekatan ini cenderung menciptakan suasana intimidasi dan kurang mendukung iklim kolaborasi. Padahal, esensi supervisi seharusnya adalah membimbing, memfasilitasi, dan memberdayakan para pendidik untuk mencapai potensi terbaik mereka, yang pada gilirannya akan berdampak langsung pada peningkatan mutu pembelajaran bagi peserta didik. Buku ini hadir untuk menawarkan perspektif segar dan inovatif mengenai supervisi pendidikan. Kami mengupas tuntas konsep-konsep supervisi modern yang lebih kolaboratif, reflektif, dan transformatif. Pembaca akan diajak untuk memahami bagaimana supervisi dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan profesional guru, pengembangan kurikulum yang relevan, serta penciptaan lingkungan belajar yang inspiratif dan efektif. Topik utama yang di bahas pada buku ini yaitu: (1) Konsep dan Ruang Lingkup Supervisi Pendidikan, (2) Peran, Fungsi, dan Kompetensi Supervisor Pendidikan, (3) Etika Profesionalisme dalam Praktik Supervisi Pendidikan, (4) Manajemen Konflik dalam Supervisi Pendidikan, (5) Komunikasi Efektif dalam Proses Supervisi Pendidikan, (6) Model dan Pendekatan Supervisi Pendidikan, (7) Supervisi Berbasis Data dan Bukti (Evidence-Based Supervision), (8) Supervisi Kelas dan Observasi Pembelajaran, (9) Penilaian Kinerja Guru melalui Supervisi, (10) Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Supervisi, (11) Supervisi dalam Pengembangan Kurikulum, (12) Supervisi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Inkuiri, (13) Supervisi untuk Pendidikan Berbasis Kompetensi, (14) Supervisi dalam Pendidikan Jarak Jauh dan Hybrid, (15) Supervisi dalam Konteks Pendidikan Inklusif, (16) Supervisi dalam Konteks Multikultural dan Keberagaman, (17) Supervisi dalam Pembelajaran Sosial Emosional, (18) Keterlibatan Orang Tua dan Komunitas dalam Supervisi Pendidikan, (19) Pemanfaatan Teknologi dalam Supervisi Pendidikan, (20) Supervisi sebagai Instrumen Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang pesat, peran supervisi tidak lagi dapat dipandang hanya sebagai fungsi kontrol dan pengawasan.

Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Ruang lingkup profesi kependidikan; 2) Konsep dan teori administrasi pendidikan; 3) Tujuan, prinsip dan fungsi penting administrasi pendidikan; 4) Konsep, proses dan peranan guru tentang administrasi kurikulum di satuan pendidikan; 5) Supervisi sebagai salah satu unsur pengembang sumber daya pendidikan; 6) Metode dan konsep pendidikan yang bermutu; 7) Teori dan konsep kompetensi supervisor; 8) Konsep meningkatkan kompetensi guru melalui supervisi; 9) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan dalam bidang pendidikan; 10) Konsep islam tentang supervisi.

Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: 1) Ruang lingkup profesi kependidikan; 2) Konsep dan teori administrasi pendidikan; 3) Tujuan, prinsip dan fungsi penting administrasi pendidikan; 4) Konsep, proses dan peranan guru tentang ...

Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT., Sumarta, S.Pd.I, M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 197 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-503-8 SINOPSIS Buku Manajemen Supervisi Pendidikan Islam: Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam dalam Konteks Modern adalah sebuah panduan yang komprehensif untuk memahami dan mengimplementasikan konsep manajemen supervisi dalam konteks pendidikan Islam. Dalam era modern ini, pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang memerlukan strategi dan pendekatan yang lebih baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penulis buku ini menggabungkan pengetahuan mendalam tentang manajemen supervisi dengan pemahaman mendalam tentang pendidikan Islam. Buku ini memandu pembaca melalui langkah-langkah kunci dalam mengelola dan meningkatkan pendidikan Islam, dengan penekanan pada pengembangan kompetensi guru, pengawasan yang efektif, dan penerapan praktik terbaik dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, pembaca akan menjelajahi konsep-konsep penting seperti pengawasan pendidikan, evaluasi guru, perencanaan pelajaran, dan pengembangan kurikulum dalam konteks pendidikan Islam. Selain itu, penulis juga membahas bagaimana teknologi dan pendekatan modern dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul dalam lingkungan pendidikan saat ini. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber informasi yang berharga bagi para praktisi pendidikan Islam, pengawas pendidikan, pengelola sekolah, serta siapa pun yang tertarik dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dalam era modern. Dengan wawasan yang dalam dan panduan praktis, buku ini memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan pendidikan Islam untuk masa depan yang lebih cerah.

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT.

SUPERVISI PENDIDIKAN

(Pengembangan Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan)

Dalam rangka membantu tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar, diperlukan kegiatan pengawasan pendidikan yang disebut dengan supervisi pendidikan. Maka keberadaan literatur yang mengkaji hal tersebut, sangat penting untuk terus dikembangkan. Hasil riset yang disajikan dalam buku ini, memaparkan pembahasan secara komprehensif dan aktual tentang bagaimana pelaksanaan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial demi meningkatkan mutu pendidikan.

Dalam rangka membantu tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar, diperlukan kegiatan pengawasan pendidikan yang disebut dengan supervisi pendidikan.

SUPERVISI PENDIDIKAN

Teori dan Pengaplikasian

Arti Supervisi menurut asal usul atau etimologinya merupakan bentuk perkataan atau morfologi maupun isi yang terkandung dalam perkataan itu atau semantik. Secara morfologis bahwa supervisi berasal dari dua kata bahasa Inggris, yaitu super dan vision. Super berarti di atas dan vision berarti melihat dan masih serumpun dengan inspeksi, pemeriksaan, pengawasan, dan penilikan. Tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar. Secara operasional dapat dikemukakan beberapa tujuan konkrit dari supervisi pendidikan yaitu Meningkatkan mutu kinerja guru, Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik, Meningkatkan keefektifan dan keefesiensian sarana dan prasarana, Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah, Meningkatkan kualitas situasi umum sekolah. Fungsi supervisi ini penting diketahui pengawas dan kepala sekolah. Fungsi-fungsi tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, jika oleh para supervisor dapat memenuhi fungsi-fungsi tersebut dalam melaksanakan tugas profesionalnya, diperkirakan para guru akan memperoleh bantuan dalam memecahkan berbagai kesulitannya dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Pendekatan sistem pendidikan dipergunakan untuk menunjuk pengertian skema atau metode pengaturan organisasi atau susunan sesuatu atau metode. Dapat juga dalam arti suatu bentuk atau pola pengaturan, pelaksanaan atau pemrosesan dan juga dalam pengertian metode pengelompokan, pengkodifikasian, dan sebagainya. Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menjamin kelangsungan pembangunan suatu bangsa. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia jauh lebih mendesak untuk segera direalisasikan terutama dalam menghadapi era persaingan global.

Secara operasional dapat dikemukakan beberapa tujuan konkrit dari supervisi pendidikan yaitu Meningkatkan mutu kinerja guru, Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik, Meningkatkan keefektifan dan ...