Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Begitu banyak bukti kebesaran bangsa ini, salahs atunya adalah candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan tinggalan sejarah sebagai karya anak bangsa yang menjadi bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang kuat. Nama-nama besar putra Indonesia di beberapa bidang keahlian tidak hanya dikenal di dalam negeri tetapi dunia. Sanggupkah bangsa Indonesia melahirkan kembali tokoh-tokoh besar? Bangsa yang kaya tidak dapat menjadi besar apabila tidak didukung oleh pribadi yang tangguh. Buku pertama dari Seri Psikologi untuk Indonesia ini mengajak pembaca untuk memotret, mengkaji, dan menguji berbagai konsep dan teknik yang dapat diterapkan dalam membangun ketangguhan dan kesejahteraan bangsa. Bagian awal buku ini memotret ancaman terhadap kemajuan Indonesia yaitu persoalan prestasi belajar matematika, kesejahteraan siswa, dan darurat adiksi internet. Bagian lain dari buku ini menyajikan proposisi yang dapat digunakan untuk mempersiapkan generasi bangsa yang tangguh. Upaya mendongkrak prestasi dalam bidang akademik, olah raga, maupun perusahaan menjadi contoh kiprah psikologi untuk bangsa. Kiprah ini diharapkan semakin menguat dan dampaknya semakin meluas pada saat pengembangan ilmu bergandengan erat dengan organisasi profesi dalam mewujudkan Indonesia tangguh dan bahagia.
Psikologi Belajar Aplikatif mengkaji aspek praktis psikologi belajar. Tidak teoritis membosankan, tetapi kajianya nyata serta dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Aplikasinya tidak terlepas dari guru, memberikan pemahaman penunjang dan penghambat keberhasilan belajar, serta memberikan bantuan mengatasi masalah belajar sesuai dengan karakteristik usia belajar,karena setiap usia belajar memiliki karakteristik tersendiri. Guru bijaksana memahami perkembangan dan karakteristik anak didiknya sehingga memberikan cara yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar. Keberhasilan belajar tidak dapat dicapai tanpa memahami cara belajar. Cara belajar efektif harus dipahami sehingga menemukan cara tepat sesuai individu. Akhirnya belajar jadi menyenangkan dalam kehidupan sehingga tumbuh manusia cinta belajar. Kelemahan dari hasil belajar yakni lupa. Lupa sebuah penyakit yang harus diobati. Jadi, bagaimana cara mengobatinya? Penulis memberikan kiat praktis untuk mengobati lupa! Belajar kunci kecerdasan. Tanpa belajar, hilang kemampuan pikiran dalam merespon yang kaitannya dengan akal. Oleh karena itu, jadilah manusia cinta belajar.
Umumnya para psikolog klinis menyelesaikan pendidikan pascasarjananya di
bidang psikologi selama empat atau lima tahun , ditambah minimal satu tahun
praktek kerja di bawah pengawasan psikolog praktek . Program klinis
mengarahkan ...
Pendidikan merupakan suatu tugas yang mencabar. Baik sebagai guru di sekolah mahupun ibubapa di rumah, tugas mendidik dilihat sebagai suatu tanggungjawab. Justeru adakalanya menyebabkan kita terlepas pandang dengan melihat tugas mendidik hanyalah berlaku di sekolah sahaja. Oleh itu aktiviti meningkatkan pengetahuan, kefahaman dan kemahiran mendidik dianggap hanya perlu dilakukan oleh guru di sekolah. Buku ini menjelaskan mengapa setiap individu sebenarnya merupakan pendidik. Samada sebagai guru di sekolah, ibubapa di rumah, mahupun ahli masyarakat, kita semua perlu sentiasa berusaha menambah pengetahuan, meningkatkan kefahaman dan kemahiran dalam mendidik. Tanpa usaha meningkatkan kefahaman dan kemahiran maka proses mendidik anak-anak didik kita lebih menjurus kepada ‘trial and error’ dan merugikan. Dalam buku ini perbincangan tentang teori, kaedah, strategi dan pendekatan psikologi dalam mendidik telah dilakukan dengan membandingkannya dengan pengalaman-pengalaman seharian. Penulis telah dengan sengaja membandingkan pengalaman-pengalaman seharian yang beliau lalui baik sebagai guru di sekolah atau pensyarah di pusat pengajian tinggi mahupun sebagai bapa di rumah supaya kefahaman dan penguasaan kemahiran mendidik dapat difahami dengan lebih mudah. Menjadi harapan penulis supaya buku ini dijadikan sebagai rujukan tambahan berkenaan dengan proses memahami dan meningkatkan kemahiran mendidik dalam kalangan kita semua. Amiin.
Sebab itubila bercerita tentang psikologi pendidikan kita akan memahaminya
sebagai suatu proses pengaplikasian ilmu psikologi dalam pendidikan yang
boleh menyumbang kepada pemahaman dan pengamalan dalam proses pendidikan.
Perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk Psikologi dan Pendidikan, tidak terlepas dari pelaksanaan penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Salah satu tahapan dalam penelitian kuantitatif adalah menganalisis data yang diperoleh dari lapangan penelitian untuk membuktikan hipotesis-hipotesis yang diajukan. Pada tahapan ini pemahaman tentang Statistika Inferensial berperan penting sehingga peneliti dapat melakukan penarikan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Alur di dalam buku ini memadukan konsep dan aplikasi beragam teknik pengujian hipotesis, baik dengan Statistika Parametrik maupun dengan Statistika Nonparametrik yang merupakan bagian-bagian dari Statistika Inferensial. Buku ini bertujuan membantu mahasiswa, khususnya dalam bidang Psikologi dan Pendidikan, serta pihak lain yang melakukan penelitian kuantitatif untuk dapat memahami dan menentukan teknik uji hipotesis yang tepat. Dengan demikian, kesimpulan penelitian yang dihasilkan akan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.
Buku ini penulis susun berdasarkan kurikulum nasional PTKIS dan silabus STIT Prodi PAI, diharapkan dengan kehadiran buku ini dapat membantu para mahasiswa dalam usaha menguasai masalah psikologi pendidikan sesuai dengan tuntutan silabus dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi guru (pendidik) yang profesional di masa mendatang.
2009, (2) diktat Ulumul Hadits tahun 2008, (3) diktat Sejarah Pendidikan Islam
tahun 2009, (4) diktat materi PAI tahun 2010, (5) diktat Filsafat Pendidikan tahun
2009, (6) Modul Manajemen Pendidikan Islam 2010. Penelitian yang dilakukan ...
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: (1) Gambaran Umum Psikologi Pendidikan (2) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Kognitif (3) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Sosial (4) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Moral (5) Variasi Individu (6) Variasi Kelompok (7) Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus (8) Manajemen Kelas (9) Asesmen Kelas.
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: (1) Gambaran Umum Psikologi Pendidikan (2) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Kognitif (3) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Sosial (4) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Moral (5) Variasi ...
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan dan kita rasakan, sehingga menjadi habbit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup.
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada.