Sebanyak 3514 item atau buku ditemukan

ANTOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM; STUDI TERHADAP PEMIKIRAN IBNU SINA

Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah hasil karya dari teman-teman mahasiswa Program Doktor Pendidikan Islam kelas PEDI-A tahun akademik 2021-2022 pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam (Lanjutan). Pendidikan dan filsafat adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebagai ibu dari semua ilmu (mother of knowledge)filsafat dipakai menjadi kerangka teori dasar dalam pengembangan disiplin ilmu pengetahuan. Itulah mengapa dalam pendidikan dikenal cabang ilmu Filsafat Pendidikan, belakangan pendidikan Islam terutama Perguruan Tinggi Kegaman Islam (PTKI) juga menggunakannya sebagai sebuah disiplin ilmu baru yaitu Filsafat Pendidikan Islam dan ini menjadi mata kuliah wajib di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Tugas kekholifahaan menuntut manusia itu berilmu pengetahuan. Sedangkan manusia sebagai hamba Allah menunjukkan dan membuktikan baktinya kepada Allah SWT. Kajian tentang manusia tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan.

Filsafat pendidikan : Islam teori dan metodologi

Seorang pendidik berkewajiban membimbing, mengarahkan, mengantarkan, dan mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin. Tentu saja, pekerjaan ini tidak mudah bagi seorang pendidik, sebab ia harus mampu menggali atau menampakkan potensi peserta didik yang masih tersembunyi (hidden talent) menjadi potensi yang tumbuh dan berkembang ke permukaan. Sebuah layanan yang bukan saja membutuhkan waktu, akan tetapi membutuhkan pula proses layanan pendidikan Islam yang tepat dan benar. Dengan landasan di atas, seorang pendidik perlu pandangan yang luas, sehingga memiliki pemahaman yang mendalam terkait dengan berbagai konsep filsafat pendidikan Islam. Peristiwa memilah, memilih, dan menerapkan beragam teori filsafat pendidikan Islam menjadi bagian yang kerap dilakukan oleh seorang pendidik. Selain itu, mengkaji dan menentukan keberpihakan pada beragam aliran dari beberapa tokoh pendahulu juga merupakan bagian yang senantiasa dilakukan oleh seorang pendidik yang berkeinginan memberikan layanan yang terbaik bagi peserta didiknya. Semua yang disebutkan di atas menjadi perhatian utama dan serius. Penyusunan bab demi bab telah disesuaikan dengan kebutuhan bahan ajar Filsafat Pendidikan Islam, sehingga aneka materi yang disajikan mudah dipahami. Dengan demikian tidak hanya kalangan pendidik yang dapat mengambil manfaat, melainkan juga masyarakat yang peduli pendidikan mampu mendapatkan gambaran dan kandungan pengetahuan yang ada di dalamnya.

Seorang pendidik berkewajiban membimbing, mengarahkan, mengantarkan, dan mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin.

Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan

Buku Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan ini penting dipelajari karena menjelaskan tentang pentingnya organisasi pendidikan dan berbagai teori tentang kepemimpinan, komunikasi, komitmen yang dibutuhkan dalam mengelola institusi pendidikan agar dapat mewujudkan dan mengelola kelangsungan dan mencapai tujuan pendidikan. Buku ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan bagi kepala sekolah, pengawas pendidikan, guru, dosen, birokrasi pendidikan, dan pemerhati dalam bidang pendidikan dan manajemen. Adapun struktur penyajian buku ini terdiri atas empat belas bab yang menjelaskan secara komprehensif tentang: Organisasi Pendidikan. Pemimpin dan Kepemimpinan Organisasi Pendidikan. Teori dan Gaya kepemimpinan. Kepemimpinan dan Manajemen. Paradigma Baru Pembelajaran. Sekolah sebagai Sistem Terbuka. Budaya Organisasi. Komunikasi dalam Organisasi. Konflik dan Stress dalam Organisasi. Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Pengembangan Komitmen Organisasional. Pengembangan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru. Kepuasan Kerja Guru. Keadilan dan Kepercayaan Organisasional..

Buku Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan ini penting dipelajari karena menjelaskan tentang pentingnya organisasi pendidikan dan berbagai teori tentang kepemimpinan, komunikasi, komitmen yang dibutuhkan dalam mengelola institusi ...

Bunga Rampai Pendidikan

Kumpulan Tulisan tentang Strategi dan Evaluasi Pendidikan

Sekarang ini kita memasuki era global dengan teknologi industri yang terus berkembang pesat. Dalam menjawab tantangan zaman, Pendidikan membutuhkan pembaharuan terus-menerus secara konsisten dengan tidak meninggalkan substansi keilmuan. Dalam mencapai tujuan, pendidikan membutuhkan berbagai komponen yang saling berhubungan. Pendidikan membutuhkan strategi yang relevan berbasis teknologi dalam menjalankan proses pembelajaran. Demi menguatkan penjaminan mutu, evaluasi menjadi sarana mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik dalam menguasai materi yang telah disampaikan. Dengan perpaduan dua komponen tersebut diharapkan bisa memberikan pemahaman utuh tentang proses pembelajaran. Buku ini ditulis merupakan sumbangsih gagasan praktisi pendidikan yang semoga bisa memberikan warna baru bagi para pembaca terutama tentang strategi dan evaluasi pendidikan. Keberhasilan buku ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. “Pendidikan sejatinya sangatlah indah dengan bermacam-macam ilmu pengetahuan baik yang berupa gagasan sampai dengan ranah praktis pada realitas kehidupan. Strategi dan evaluasi pendidikan merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Buku ini mampu menghadirkan gagasan segar dalam ranah strategi dan evaluasi pendidikan yang penting untuk dipahami oleh praktisi pendidikan.” Mufit Miftachudin, S.Pd.I. (DPRD Kabupaten Batang) “Pendidikan sejatinya adalah upaya terstruktur untuk mendorong transformasi peserta didik dari kondisi tidak tahu menjadi tahu, dari suatu kesadaran menuju kesadaran yang lebih tinggi. Oleh karenanya, dibutuhkan strategi yang kreatif, dinamis, dan terukur dalam proses belajar mengajar. Buku ini menyuguhkan contoh strategi dan evaluasi pendidikan yang penting untuk dibaca bagi segenap stakeholder pendidikan, utamanya guru yang terlibat langsung dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas.” Irfandi, M.H. (Dosen IAIN Pekalongan)

Sekarang ini kita memasuki era global dengan teknologi industri yang terus berkembang pesat.