Sebanyak 3598 item atau buku ditemukan

Komunikasi Pendidikan

Buku teks Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran ditulis untuk menjawab tantangan pentingnya keterampilan berkomunikasi bagi guru/pendidik. Masih banyak ditemui keluhan orangtua dan permasalahan di sekolah yang disebabkan oleh rendahnya kualitas berkomunikasi guru. Permasalahan ini tidak saja akan merugikan peserta didik dan pendidik tapi juga bisa menyebabkan masalah lain yang lebih serius seperti memburuknya hubungan sosial bahkan sampai pada terjadinya konflik fisik. Tentunya hal ini akan menurunkan kualitas pembelajaran dan mengancam tujuan pembelajaran. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

Buku teks Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran ditulis untuk menjawab tantangan pentingnya keterampilan berkomunikasi bagi guru/pendidik.

Statistika Deskriptif Untuk Pendidikan Ekonomi

Bagi pembelajar bidang ilmu non esakta, statistika adalah alat bantu yang bermanfaat untuk melakukan analisis dan pengambilan keputusan terhadap suatu persoalan yang dihadapi. Artinya, paling hal utama yang perlu dilakukan pembelajar adalah memahami secara benar tentang konsep-konsep dan hubungan antar konsep yang menjadi fokus perhatiannya dan memiliki kemampuan dalam menentukan secara tepat alat statistika mana yang akan digunakannya. Buku ini memaparkan secara ringkas gambaran tentang statistika deskriptif untuk pendidikan ekonomi. Cakupan materi meliputi gambaran umum statistika, data statistika, penyusunan distribusi frekuensi dan penyajian data, penentuan nilai pemusatan data, penentuan nilai letak data, penentuan nilai penyebaran, penentuan ukuran keruncingan dan kecondongan kurva, penyusunan angka indeks, analisa data yang menunjukkan suatu pola tertentu (time series), dan korelasi dan regresi linear sederhana. Pada setiap bab disertai soal-soal latihan agar pengguna buku ini dapat semakin memperkaya pengetahuan dan mengasah keterampilan baik secara mandiri maupun kelompok terkait dengan materi yang telah dipelajarinya. Pada beberapa bab disertai penggunaan aplikasi SPSS untuk mempermudah proses pengolahan data dan menemukan nilai tertentu yang dicari secara lebih cepat dan akurat. Setiap akhir bab disertai refleksi yang dimaksudkan agar pembelajar dapat lebih memaknai proses belajar yang telah dilakukannya. Oleh sebab itu, pengguna buku ini disarankan untuk membaca secara utuh setiap bab, berlatih, dan melakukan refleksi. Buku ini dapat menjadi acuan belajar bagi mahasiswa pendidikan ekonomi, guru-guru ekonomi, dan masyarakat umum lainnya yang ingin belajar tentang statistika deskriptif.

Buku ini memaparkan secara ringkas gambaran tentang statistika deskriptif untuk pendidikan ekonomi.

GUGUSAN IDE-IDE PENDIDIKAN ISLAM KH. HASYIM ASY’ARI

Penulis : Dr. Syamsu Nahar, M.Ag,Dr. Suhendri, M.A. Ukuran : 23 cm x 15,5 cm Tebal : 160 Halaman ISBN : 978-623-68720-4-8 blurb : Pendidikan Islam harus memiliki pijakan yang jelas. Pijakan yang paling kokoh adalah Alquran dan Hadis --- perkataan kata, sikap, perbuatan, dan pengakuan Nabi Saw. Kemudian daripada itu, pijakan pendidikan Islam lainnya adalah praktik pendidikan Islam itu sendiri sepanjang kehidupan kaum Muslimin dari masa ke masa hingga sekarang, dan praktik saat ini akan menjadi pijakan di kemudian hari. Itu berarti bahwa, yang paling utama tidak boleh dilupakan dalam membersamai perbaikan dan penyiapan formula pendidikan itu adalah praktik baik pendidikan sepanjang sejarah kehidupan umat Islam. Dengan demikian, pendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang mampu menjadikan praktik pendidikan masa lalu --- dengan kelebihan dan kekurangannya sebagai pijakan lalu dijadikan potret untuk memformulasikan pendidikan masa depan. Buku Gugusan Ide Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari ini hadir di tangan pembaca sekalian untuk memberikan informasi, bukan saja tentang pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan Islam, tapi juga tentang praktik baik pendidikan Islam yang telah dilakukan beliau. Banyak pesan dan praktik baik pendidikan KH. Hasyim Asy’ari yang dikemas dengan apik dalam buku ini, yang dapat dijadikan alternatif panduan dalam pengelolaan pendidikan, antara lain: Pertama, antara ilmu dan agama tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan seorang Muslim. Sebab, menuntut ilmu adalah perintah agama dan agama adalah bagian ilmu yang harus dituntut. Kedua, pendidikan harus berisi nilai-nilai adab-sufistik, yang didasari niat yang bersih dan lurus, yaitu lillahi ta’ala, karena Allah Swt. semata. Ketiga, dalam praktik pendidikan harus menjunjung nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah, yaitu nilai-nilai moderasi antara lain: tawazun (seimbang), tawasuth (moderat), ta’addul (lurus), dan tasamuh (toleransi). Buku ini penting dimiliki dan dibaca bagi pengelola lembaga pendidikan, pembuat kebijakan pendidikan, praktisi pendidikan (guru dan dosen), dan pegiat kajian pendidikan Islam (mahasiswa) serta masyarakat Islam secara umum. Apatah lagi di saat arah pendidikan sudah mulai menjauh dari tujuan. Wallahu a’lam.

Penulis : Dr. Syamsu Nahar, M.Ag,Dr. Suhendri, M.A. Ukuran : 23 cm x 15,5 cm Tebal : 160 Halaman ISBN : 978-623-68720-4-8 blurb : Pendidikan Islam harus memiliki pijakan yang jelas.

Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi

uku ini merupakan buku ajar untuk melengkapi sarana dalam upaya memberikan informasi tentang Pendidikan Agama Islam pada perguruan tinggi dan khalayak umum, selain itu juga dapat digunakan untuk membantu mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah “Pendidikan Agama Islam”. Penyusunan buku ini telah disesuaikan dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dari mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84/E/KPT/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi, karena itu buku ini disusun sedemikian rupa supara para pembaca dapat mengikutinya tahap demi tahap dan dapat mengetahui informasi terbbaru seputar pendidikan dan menambah wawasan terkait pendidikan agama Islam

uku ini merupakan buku ajar untuk melengkapi sarana dalam upaya memberikan informasi tentang Pendidikan Agama Islam pada perguruan tinggi dan khalayak umum, selain itu juga dapat digunakan untuk membantu mahasiswa dalam mengikuti mata ...