Sebanyak 3602 item atau buku ditemukan

Sosiologi dan Manajemen Pendidikan (Edisi Revisi)

Sosiologi pendidikan menganalisis berbagai masalah dalam pendidikan dari sudut pandang sosial, kebudayaan, politik, ekonomi. Artinya, gejala pendidikan dalam sudut pandang sosiologi pendidikan diamati sebagai bagian dari struktur sosial masyarakat. Beberapa masalah yang misalnya diselidiki sosiologi pendidikan antara lain adalah: (1) hubungan di antara sistem pendidikan dengan berbagai segi dalam kehidupan masyarakat; (2) hubungan atau interaksi antarindividu di dalam lingkungan sekolah; (3) pengaruh sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak di lingkungan sekolah; dan (4) kedudukan sekolah di tengah masyarakat. Guna memahami tujuan sosiologi sebagai basis manajemen pendidikan secara memadai, berbagai tema pembahasan yang akan diuraikan buku ini meliputi paradigma dalam sosiologi pendidikan terapan, pendidikan dan masyarakat, analisis sosiologis terkait peran pendidik, implementasi sosiologi terapan pada pendidikan kecakapan hidup (life skills), manusia sebagai makhluk sosial, perkembangan sosial anak didik di sekolah dan masyarakat, interaksi sosial, hubungan pendidikan dan masyarakat luas, kebudayaan sekolah dan masyarakat, landasan sosiologi dalam praktik pembelajaran, pendidikan dan stratifikasi sosial, mobilitas sosial, dan hal yang terkait dengan kenakalan remaja.

Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek pendidikan baik itu struktur, dinamika, masalah pendidikan maupun aspek-aspek yang lainnya secara mendalam melalui serangkaian analisis pendekatan sosiologis.

KONSEP SOSIOLOGI PENDIDIKAN PERSPEKTIF IBNU KHALDUN Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Guru, Peserta Didik, Proses Pembelajaran

Buku ini sangat penting untuk dibaca tidak hanya mahasiswa/i jurusan pendidikan atau pendidikan agama Islam maupun civitas akademika di lingkungan kampus tetapi juga praktisi dunia pendidikan; para pendidik, kepala sekolah dan masyarakat serta siapa pun yang ingin menyelesaikan problematika pendidikan melalui paradigma sosial kemasyarakatan. Selama ini bahasan sosiologi masyhur diasumsikan berasal dari dunia barat. Akan tetapi, jauh dari pada itu dunia Islam, tepatnya sebelum abad pertengahan struktur pengetahuan sosiologi telah berkembang begitu pesatnya. Hanya saja, saat peradaban Islam runtuh, dunia barat mengidentifikasi kembali sekaligus mengembangkannya menjadi teori-teori yang begitu mapannya hingga saat ini.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012. Suharto, Toto. Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003. ______. Filsafat Pendidikan Islam.

Kekerasan di Sekolah dalam Tinjauan Sosiologi Pendidikan

Salah satu hasil temuan studi yang cukup menarik dituangkan dalam buku ini adalah tentang indeks dan skala persepsi kekerasan yang dialami siswa di sekolah. Sistematika penulisan dalam buku ini meliputi: bagian pendahuluan yang merupakan pengantar tentang fokus kajian; kemudian bab berikutnya memaparkan hasil penelitian yang berkaitan dengan kekerasan di sekolah; bab selanjutnya pembahasan difokuskan pada pemahaman tentang berbagai bentuk kekerasan di sekolah dan upaya untuk mencegah kekerasan dalam perspektif sosiologi pendidikan, dan bab terakhir menyajikan tawaran tentang model pendidikan perdamaian (peace education) untuk membentuk karakter siswa yang lebih humanis.

Alternatif model pendidikan yang lebih humanis seharusnya mulai dipikirkan untuk mencegah berbagai bentuk kekerasan yang terjadi di sekolah. Salah satu model pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai humanis itu adalah pendidikan ...

Evaluasi Pendidikan

Buku tentang pendidikan yang berjudul Evaluasi Pendidikan merupakan buku karya Mardiah Astuti. Buku ini ditulis sebagai salah satu referensi untuk sumber belajar bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu dan Tarbiyah dan Keguruan yang mengambil mata kuliah Evaluasi Pendidikan. Buku Evaluasi Pendidikan ini terdiri dari delapan bab yaitu Bab I membahas tentang Evaluasi Pendidikan, Pengukuran dan Penilaian; Bab II membahas tentang Hubungan Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan; Bab III membahas Prinsip, Karakteristik dan Jenis-Jenis Evaluasi Pendidikan; Bab IV membahas tentang Teknik Evaluasi Pendidikan; Bab V membahas Standar Penilaian Pendidikan dan Tahapan Evaluasi Pendidikan; Bab VI membahas tentang Tingkat Kesukaran dan Daya Beda; Bab VII membahas tentang Belajar dan Hasil Belajar; dan Bab VIII membahas tentang Penilaian Hasil Belajar. Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Pendidikan Penulis : Mardiah Astuti E-ISBN : 978-623-02-5187-0 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : 160 hlm Tahun Terbit : 2022 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi). Buku ini tersedia juga dalam versi cetak. Dapatkan buku-buku berkualitas dengan pilihan terlengkap hanya di Toko Buku Online Deepublish : penerbitbukudeepublish.com.

Buku tentang pendidikan yang berjudul Evaluasi Pendidikan merupakan buku karya Mardiah Astuti.

Desain Perencanaan Program Pendidikan Luar Sekolah (Kompilasi Desain Program Pelatihan, Penyuluhan, dan Pemberdayaan)

Buku ini memberikan penjelasan dan gambaran terkait dengan posisi dan kedudukan perencanaan dalam sebuah program kegiatan dalam pencapaian tujuan, khususnya pada program PLS. Untuk memberikan contoh yang sederhana maka didalam buku ini juga ditampilkan berbagai bentuk Desain Program Pendidikan Luar Sekolah yang relevan dengan kondisi masyrakat saat ini.

Buku ini memberikan penjelasan dan gambaran terkait dengan posisi dan kedudukan perencanaan dalam sebuah program kegiatan dalam pencapaian tujuan, khususnya pada program PLS.

Di sekitar iman, teknologi, pendidikan, dan pelayanan gerejawi

On theology and Christian living in community development in Indonesia; festschrift in honor of Jonathan Parapak, former director of Indosat, a state-owned corporation.

Pembelajar & pelayan: Di sekitar iman, teknologi, pendidikan, dan pelayanan gerejawi

On theology and Christian living in community development in Indonesia; festschrift in honor of Jonathan Parapak, former director of Indosat, a state-owned corporation.

On theology and Christian living in community development in Indonesia; festschrift in honor of Jonathan Parapak, former director of Indosat, a state-owned corporation.

Teknologi Pendidikan

Konsep teknologi pendidikan, perkembangan teknologi pendidikan, penerapan teknologi pendidikan, teknologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, teknologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh, teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan., teknologi pendidikan dalam meningkatkan kompetensi pendidik, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis komputer, blended learning dan pendidikan agama islam dalam arus teknologi

1.4 Perubahan Yang Dialami Teknologi Pendidikan . ... 1.6 Teknologi Pendidikan Sebagai Konsep dan Praktik . ... 2.3 Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia ..............22 2.4 Kontribusi Teknologi dalam perkembangan Pendidikan .