Sebanyak 3513 item atau buku ditemukan

Arsitektur Mutu Pendidikan Indonesia

Peta Jalan Restorasi Menuju Keunggulan Mutu Pendidikan Kelas Dunia

Mutu terus bergerak dan berubah. Spesifikasi dan kualifikasi juga terus meningkat. Oleh karena itu, prinsip kompetisi berbasis mutu dan kompetensi perlu terus dibuka untuk semua. Spesifikasi mutu dan kualifikasi kompetensi dalam kompetisi, adalah suatu yang tidak bisa dikompromikan. Apa yang dulu bermutu sekarang sudah tertinggal, bahkan dianggap usang dan tidak bermutu. Berkompromi dengan mutu adalah suatu tindakan tidak bermutu. Sedikit bermutu adalah tidak cukup bermutu. Cukup bermutu adalah tidak cukup bermutu. Mendidik dan memberi pembelajaran tanpa mutu berarti ssama dengan membagi-bagi ketertinggalan mutu dan perbaikan mutu maka sama artinya, dengan membagi-bagi ketertinggalan mutu dan kebodohan. Sebab, pendidikan yang tidak bermutu dapat menjadi instrumen untuk membagi kebodohan kepada anak bangsa (education as an instrument to share of stupidity among nations). Gagasan dan pemikiran dalam buku ini, mencoba mengeksplorasi apa yang menjadi kebutuhan mutu terbaik bagi pendidikan Indonesia di masa. Apa sistem yang perlu dibangun untuk memperoleh pendidikan bermutu? Ternyata ada banyak kebutuhan mutu yang harus dirajut dan dilakukan secara terpadu, seperti menyiapkan segala kebutuhan yang dipersyaratkan oleh mutu, membangun asritektur dan rumah mutu, memperkuat infrastruktur mutu, manajemen dan tata kelola mutu, perbaikan mutu berkelanjutan, dan sebagainya. Ternyata ada sederet panjang masalah mutu dalam manajeme dan tata kelola pendidikan Indonesia. Penulis menemukan inspirasi cukup dengan satu kata "arsitektur", yang bisa merajut dan bisa menggambarkan semua kebutuhan mutu pendidikan Indonesia ke depan.

Penulis menemukan inspirasi cukup dengan satu kata "arsitektur", yang bisa merajut dan bisa menggambarkan semua kebutuhan mutu pendidikan Indonesia ke depan.

BUKU AJAR MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulisan Buku Ajar ini dilatarbelakangi adanya upaya peningkatan mutu pembelajaran di Prodi Manajemen Pendidikan Kristen (MPK), Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Selain itu, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Prodi MPK tahun 2021, publikasi dosen untuk buku ajar jumlahnya masih perlu ditingkatkan. Fenomena yang demikian sebenarnya tidak hanya terjadi di Prodi MPK, melainkan di beberapa Prodi yang ada di IAKN Tarutung dan bahkan di Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen lainnya yang ada di Indonesia.

Buku ajar manajemen pendidikan dasar dan menengah membahas tentang bagaimana proses manajemen satuan pendidikan dasar dan menengah atau sekolah dapat dilakukan.

Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah

Sistematika buku Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemen Pendidikan berbasis sekolah, diantaranya: Konsep Dasar Teori Manajemen; Konsep Dasar Perilaku Organisasi dalam Pendidikan; Manajemen Kurikulum Berbasis Sekolah; Manajemen Pembelajaran Berbasis Sekolah; Manajemen Ekstrakurikuler Sekolah; Manajemen Peserta Didik; Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Sekolah; Manajemen Operasional Berbasis Sekolah; Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah; Manajemen Keuangan Sekolah; Manajemen Sistem Informasi Sekolah; Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Sekolah; Supervisi Pendidikan; Manajemen Mutu Sekolah; serta Monitoring dan Evaluasi Program di Sekolah.

Sistematika buku Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

MANAJEMEN PENDIDIKAN

“Tinjauan Teori & Praktis di Lembaga Pendidikan Formal”

Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk mampu menghadapi segala tantangan yang mungkin akan dihadapi di depan. Suatu pendidikan dipandang bermutu-diukur dari kedudukannya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kebudayaan nasional adalah pendidikan yang berhasil membentuk generasi muda yang cerdas, berkarakter, bermoral dan berkepribadian. Untuk itu perlu dirancang suatu sistem pendidikan yang mampu menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang menyenangkan, merangsang dan menantang peserta didik untuk mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Manajemen pendidikan adalah proses yang perlu diterapkan dalam dunia pendidikan agar tujuan dari pendidikan bisa tercapai yang secara umum merupakan suatu proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, dan pengawasan, dalam mengelola segala sumber daya yang berupa manusia, uang, material, metode, mesin, market, waktu, dan informasi, untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien dalam bidang pendidikan. Manajemen bidang pendidikan dalam suatu bisnis atau perusahaan dilaksanakan secara langsung oleh manajer pendidikan untuk mewujudkan pelaksanaan aktivitas pendidikan yang sesuai target. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keteraturan pelaksanaan sumber daya perusahaan. Lebih jauh tentang manajemen pendidikan dan fungsinya dalam sebuah bisnis atau perusahaan akan dibahas dalam artikel ini. Berdasarkan hal tersebut maka, buku ini menyajikan segala yang dibutuhkan oleh para pengelola pendidikan dalam mengelola pendidikan agar dapat menciptakan kualitas dan kuantitas pendidikan yang baik. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang Manajemen pendidikan, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguru tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang Manajemen pendidikan.

Manajemen pendidikan adalah proses yang perlu diterapkan dalam dunia pendidikan agar tujuan dari pendidikan bisa tercapai yang secara umum merupakan suatu proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, dan pengawasan, dalam mengelola segala ...

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH

Buku ini dilatarbelakangi sebuah fenomena menurunnya kualitas pendidikan bangsa Indonesia. Nampaknya memang perlu adanya kesadaran bersama terutama lembaga pendidikan dalam pengelolaan pendidikannya sehingga dihasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang dapat dijadikan bekal hidup di masyakakat. Dalam hal ini perlu adanya pengoptimalan dalam pelaksanaan manajemen sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik yang ada di sekolah/madrasah. Ini terkait dengan langkah yang berkaitan dengan system perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, system evaluasi tenaga pendidik (guru).

Buku ini dilatarbelakangi sebuah fenomena menurunnya kualitas pendidikan bangsa Indonesia.

Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan

Buku Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan ini pada intinya membahas tujuh topik utama. Pertama, pemahaman tentang peran dan pentingnya Total Quality Service dalam pendidikan. Kedua, pembahasan tentang perbaikan mutu berkelanjutan dan standar mutu dalam pendidikan. Ketiga, tentang budaya pendidikan dan budaya organisasi, serta jaringan komunikasi dalam pendidikan. Keempat, dalam membangun lembaga pendidikan yang baik maka perlu mengetahui jati diri lembaga, citra dan jaminan kualitas. Kelima, pemahaman tentang kualitas pendidikan dan keunggulan kompetitif. Keenam, pembahasan yang lebih praktis, yaitu tentang studi kasus tentang sekolah-sekolah bertaraf (branding): Terpadu, Program Khusus. Ketujuh, studi kasus tentang sekolah/madrasah bertaraf (branding): Islami, Boarding school dan terpadu.

Buku Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan ini pada intinya membahas tujuh topik utama.