Sebanyak 3513 item atau buku ditemukan

Manajemen Mutu Pendidikan

Pada era informasi dan teknologi yang sedemikian pesat perkembangannya, pendidikan memiliki peran krusial dalam menentukan masa depan individu dan bangsa. Kualitas pendidikan menjadi tolok ukur kemajuan sebuah negara. Dalam konteks ini, Manajemen Mutu Pendidikan hadir sebagai sebuah referensi penting yang menguraikan bagaimana pendidikan dapat dikelola dengan standar mutu tertinggi. Buku ini menawarkan pandangan komprehensif mengenai berbagai aspek manajemen mutu dalam pendidikan, menekankan pada pentingnya inovasi dan adaptasi dalam menjawab tantangan masa kini dan masa depan. Buku Manajemen Mutu Pendidikan memberikan pandangan mendalam mengenai bagaimana mutu pendidikan dapat dikelola dengan efektif dan efisien. Melalui 12 bab yang disajikan, pembaca diajak untuk memahami berbagai aspek dari manajemen mutu pendidikan, mulai dari Konsep Dasar Manajemen Mutu Terpadu, Model-Model Standar Mutu Pendidikan, Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Pendidikan, Akreditasi Badan Registrasi, Manajemen Mutu Persaingan Global, Pengembangan TQM dalam Pembelajaran, Budaya Organisasi Pendidikan Serta Jaringan Komunikasi Dalam Pendidikan, Kualitas Pendidikan dan Keunggulan Kompetitif, Pemasaran Pendidikan Berorientasi Mutu, Peningkatan Mutu Serta Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah dan Perguruan Tinggi, Evaluasi Pengembangan Manajemen Mutu Pendidikan.

Kualitas pendidikan menjadi tolok ukur kemajuan sebuah negara. Dalam konteks ini, Manajemen Mutu Pendidikan hadir sebagai sebuah referensi penting yang menguraikan bagaimana pendidikan dapat dikelola dengan standar mutu tertinggi.

KEPEMIMPINAN DAN INOVASI PENDIDIKAN: Membangun Inspirasi, Kreativitas, dan Pembaharuan di Sekolah

Kekayaan seorang pemimpin terletak pada kemampuannya dalam menghadapi dan memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Hal itu ditandai oleh kapasitas berpikir dan berkreasi dalam memformulasikan berbagai langkah, tindakan, keputusan yang diambil untuk mencari jalan keluar. Kepemimpinan tidak selalu dihadapkan pada kondisi normal dan datar-datar saja, karenanya kemampuan dalam menghadapi jalan berlubang, berliku, curam, kabut tebal, badai, gelombang, angin kencang dan sejenisnya merupakan fenomena-fenomena yang akrab dinisbahkan dengan kepemimpinan. Karena itu kreativitas dan inovasi merupakan jalan yang harus ditempuh oleh para pemimpin jika ingin keluar dari permasalahan yang ada. Buku sederhana ini diharapkan dapat menjadi guide untuk membangun pemahaman, motivasi, dan inspirasi bagi para kepala sekolah dan administrator pendidikan agar mereka sadar akan peran kepemimpinan

Kekayaan seorang pemimpin terletak pada kemampuannya dalam menghadapi dan memberikan solusi atas permasalahan yang ada.

Sumbangsih Islam dalam Pendidikan Indonesia

Buku digital berjudul "Sumbangsih Islam dalam Pendidikan Indonesia" merupakan tulisan yang berisi "cerita bukan fiksi" yang dapat memberikan tambahan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca secara umum. Lebih jelasnya, silahkan disimak dalam buku digital ini. Selamat membaca!

Buku digital berjudul "Sumbangsih Islam dalam Pendidikan Indonesia" merupakan tulisan yang berisi "cerita bukan fiksi" yang dapat memberikan tambahan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca secara umum.

PARADIGMA BARU MATERI PENDIDIKAN ISLAM

Judul : PARADIGMA BARU MATERI PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Najamuddin Petta Solong, M.Ag. Editor : Ni’ma M. Alhabsyi, M.Pd. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 256 Halaman No ISBN : 978-623-497-084-5 Tahun Terbit : September 2022 Buku ini berawal dari status penulis di facebook dan sajian materi saat menjadi narasumber dalam beberapa kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pendidikan Islam yang selanjutnya ditulis kembali sebagai respon atas berbagai isu mengemuka saat itu. Sebagaimana diketahui bahwa tugas dosen bukan hanya mengajar dan mendidik namun juga menulis serta mengabdi untuk masyarakat. Jarang dilakukan adalah menuliskan apalagi mempublikasikan hasil pengabdiannya terlebih yang dikemas dalam bentuk materi pendidikan Islam dengan paradigma baru sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik sekaligus salah satu upaya menjawab berbagai isu kontemporer pendidikan Islam dengan cara pandang yang tidak harus sama dengan orang lain. Kendati tidak diperuntukkan secara khusus sajian materi pendidikan Islam yang ditulis secara sederhana dalam buku ini kepada pelaku pendidikan persekolahan atau kampus dengan alasan karena pendidikan Islam dimaknai secara luas sebagai proses dan aktivitas manusia dalam mendidik yang didasarkan kepada wahyu dan akal baik yang dilakukan di rumah tangga atau keluarga, sekolah atau madrasah serta kampus, dan di masyarakat dalam bentuk yang dikenal dengan informal, formal, dan non formal. Islam dapat dibedakan atas dua bidang yakni sebagai ajaran sehingga harus diamalkan oleh pemeluknya dan Islam bidang kajian sehingga melahirkan berbagai disiplin ilmu keIslaman yang terus dilakukan pengembangan baik dengan pendekatan tekstual maupun kontekstual secara komprehensif agar Islam tampil dengan wajah rahmatan lil alamin. Namun demikian berbagai topik maupun sub topik yang diulas dalam buku ini tidak terlalu diperdalam atau ditulis secara ringkas karena penulis membatasi “diri” membahasnya secara holistik dan komprehensif dengan tetap berusaha agar tidak dipahami dan ditangkap secara parsial. Penulis tidak menyoroti secara rinci setiap permasalahan dalam setiap topik yang dibahas dan itu pun banyak berkaca dengan kondisi fenomenal Indonesia sebagai negara yang berpenduduk muslim terbanyak di dunia.

Judul : PARADIGMA BARU MATERI PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Najamuddin Petta Solong, M.Ag. Editor : Ni’ma M. Alhabsyi, M.Pd. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 256 Halaman No ISBN : 978-623-497-084-5 Tahun Terbit : September 2022 Buku ini ...

Filsafat Pendidikan

Edisi Pertama

Buku ini berisi tentang pemikiran mengenai filsafat dan persoalan pendidikan dalam hubungannya dengan eksistensi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kajian pada buku ini lebih kepada filsafat pendidikan yang menjadi ciri khas dalam kehidupan manusia, pendidikan untuk manusia. Buku ini terdiri dari 15 bab, membahas mulai dari pengertian filsafat, definisi filsafat, subjek dan objek filsafat, dan pentingnya filsafat dalam kehidupan manusia, teori kebenaran, filsafat pancasila, etika, dan sebagainya. Oleh karena itu, buku ini memberikan paparan yang komprehensif dan mudah dipahami, sehingga dapat dibaca oleh siapa saja yang berminat dengan kajian filsafat dan filsafat pendidikan, mulai dari mahasiswa, dosen dan peminat filsafat pada umumnya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Oleh sebab itu, kajian pada buku ini lebih kepada filsafat pendidikan yang menjadi ciri khas dalam kehidupan manusia, pendidikan untuk manusia.

Mengenal Filsafat Pendidikan

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas karunia-nya yang begitu nyata tercurahkan kepada kita semua. Buku dengan judul Mengenal Filsafat Pendidikan yang ada di tangan pembaca sekarang ini merupakan hasil dari sebuah ikhtiar dalam menghimpun dan menyusun seperangkat pengetahuan filsafati tentang pendidikan. Tidak banyak buku-buku filsafat pendidikan diterbitkan di Indonesia walaupun di dalam khasanah ilmu pendidikan jelas sekali bahwa filsafat menjadi salah satu pondasinya. Pada era dewasa ini, pemikiran filsafat pendidikan di Indonesia perlu digalakkan agar berbagai kebijakan dan praktik pendidikan selalu berada pada tujuan mulia pendidikan itu sendiri, yaitu menjadikan peserta didik sebagai orang yang pintar sekaligus baik; orang yang mencapai aktualisasi potensi secara optimal. Berdasarkan paparan di atas, maka buku ini hadir memberikan alternatif pilihan kepada para pembaca yang budiman untuk dapat merefleksikan berbagai fenomena pendidikan yang ada dari perspektif filsafati. Semoga dengan refleksi tersebut dapat menjadikan pembaca semakin kritis dalam upaya memperbaiki praktik pendidikan, khususnya di Indonesia, setidaknya kita dapat belajar bersama dan ikut berpartisipasi untuk mewujudkan masyarakat pembelajar. Namun demikian, kami sebagai penulis menyadari bahwa buku ini banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kritik dan saran selalu kami tunggu agar buku ini di kemudian hari akan semakin baik dari sisi isi maupun tampilannya. Akhirnya, kami berharap semoga buku ini bermanfaat bagi banyak pihak. Amiiin.

... philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way , so educational philosophy seeks to comprehend educationin its entirely , interpreting it by means of generals concept that ...

Buku Ajar Filsafat Pendidikan

Buku ini merupakan refleksi dialektis penulis atas berbagai pemikiran filosofis yang berkembang dengan berbagai wacana dan aliran pendidikan yang berkembang saat ini. Menelaah buku ini berarti mencoba memahami pendidikan dari dua aspek, dasar pemikiran dan wacana yang berkembang. Praktik-praktik pendidikan di Indonesia sekarang ini jika dirujuk kepada dasar-dasar filosofis pendidikan akan mengalir pada pendidikan yang bercorak positivistik dan pragmatik-progresif. Di sisi lain, pendidikan di Indonesia juga berada dalam arus demokrasi, kapitalisme, dan pluralisme. Ketiga “ideologi dunia” ini terus mempengaruhi eksistensi pendidikan yang ada di Indonesia, bahkan menjadi model. Demokrasi pendidikan sudah menjadi bagian dari penyelenggaraan pendidikan di Indonesia walaupun masih ada kelemahan-kelemahan yang muncul. Kapitalisme pendidikan mulai mewabah dalam praktik-praktik penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan pluralisme pendidikan mulai digagas dan dicoba implementasinya seiring dengan berjalannya demokratisasi pendidikan di Indonesia. Namun demikian, dalam beberapa hal, wacana-wacana pendidikan ini masih menjadi polemik bagi mereka yang berkepentingan dalam dunia pendidikan. Menelaah buku ini dapat membuka horizon pemikiran pen-didikan yang lebih luas dan komprehensif; tidak hanya dalam tataran konsep, tetapi juga dalam tataran implementasi dan problematika yang terjadi di lapangan.

... philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way, so ... umum dan sistematis. Pernyataan Kneller sejalan dengan pendapat Ahmad Tafsir (2010: 5) yang mengatakan bahwa objek ...

FILSAFAT PENDIDIKAN

Sebuah Pengantar Memahami Manusia dan Pendidikan dalam Tinjauan Filosofis

Dari hari ke hari problem pendidikan semakin komplek mengikuti arah perkembangan zaman. Berbagai pemikiran manusia dicurahkan untuk menjawab problematika pendidikan. Tetapi apa yang dibutuhkan oleh manusia sesungguhnya berawal dari pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan oleh filsafat agar ia bisa semakin mendekati kepada realitas yang diharapkan. Tidak hanya itu, manusia berupaya mengembangkan pengetahuannya dan mengajarkannya kepada orang lain agar hasil-hasil pemikiran dan tradisi budayanya itu dapat diteruskan oleh generasi-generasi setelahnya. Ada yang bertahan, tetapi ada pula yang tergusur oleh hasil pemikiran baru. Itulah pendidikan. Jika makhluk lain bertahan dan berkembang mengikuti selera alam, tidak halnya dengan manusia, ia bertahan dan berkembang melalui proses pendidikan. Peranan filsafat yang mendasari berbagai aspek pendidikan sudah tentu merupakan sumbangan utama bagi pembinaan pendidikan. Teori-teori yang tersusun karenanya dapat disebut sebagai ilmu kependidikan yang landasannya adalah filsafat pendidikan. Dalam pandangan Islam, filsafat pendidikan dapat diartikan sebagai studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran filsafat terhadap masalah-masalah pendidikan sehingga dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu dan umat Islam secara luas. (HM. Arifin dalam buku Ilmu Pendidikan Islam) Pendidikan seharusnya ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan intelektualitas manusia. Pendidikan tinggi harus bersendikan filsafat metafisika. Filsafat pada dasarnya adalah cinta intelektual yang datangnya dari Tuhan. (Robert M. Hutchkins, seorang penganut Perenialisme)

... umum dan sistematis. Ia mengatakan: “Just a formal philosophy attemps to understand reality as a whole by explaining it in the most general and systematic way, so educational philosophy seeks to comprehend educationin its entirely ...

Pendidikan Pancasila Dan Pluralisme

Pancasila dan pluralisme merupakan matakuliah yang diajarkan di seluruh universitas di Indonesia, karenanya sudah sepatutnya mahasiswa memahami dengan baik materi pendidikan Pancasila. Di samping mahasiswa, pendidikan Pancasila juga diperlukan oleh berbagai pemangku kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat. Mempertimbangkan hal tersebut, karenanya buku ini tidak hanya menyajikan materi pendidikan Pancasila secara teoretis, tetapi lebih menyajikan Pancasila dan pluralisme secara lebih “membumi” sehingga menarik dibaca semua kalangan. Dalam penyusunan buku ini, penulis menitikberatkan pada pendekatan teoretis, kemudian memadukannya dengan pembahasan substansi yang kontemporer. Buku ini banyak memuat peristiwa aktual sebagai bagian dari pembahasan, utamanya pada bagian implementasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan implementasi pluralisme. Tujuannya agar pembaca tidak sekadar memahami sejarah dan konsep-konsep pendidikan Pancasila dan pluralisme, tetapi juga dapat menghayati pendidikan Pancasila dan pluralisme melalui pembahasan peristiwa-peristiwa kontemporer, serta mengimplementasikan falsafah Pancasila dan keberagaman (pluralisme) dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam setiap keputusan yang diambil. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Tujuannya agar pembaca tidak sekadar memahami sejarah dan konsep-konsep pendidikan Pancasila dan pluralisme, tetapi juga dapat menghayati pendidikan Pancasila dan pluralisme melalui pembahasan peristiwa-peristiwa kontemporer, serta ...

Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Pendidikan Pancasila dapat membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia. Modul ini akan membahas sejarah singkat kelahiran Pancasila serta dinamika Pancasila setelah kemerdekaan bangsa Indonesia; Pancasila sebagai dasar negara; Pancasila sebagai sistem filsafat; Pancasila sebagai sistem etika; kedudukan dan fungsi pancasila; dan pancasila sebagai ideologi negara. Semoga modul ini dapat bermanfaat secara baik dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila, dalam rangka memantapkan kepribadian anak bangsa.

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas.