Sebanyak 119 item atau buku ditemukan

Paradigma pendidikan kewarganegaraan dalam era reformasi

suatu analisis pengembangan dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2006

Analysis of civic education in Indonesian schools, 1999-2006.

Analysis of civic education in Indonesian schools, 1999-2006.

PARADIGMA MEMBANGUN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis akhirnya dapat merampungkan buku yang saat ini tersaji dihadapan pembaca budiman yang diberi judul Paradigma Membangun Pendidikan Kewarganegaraan sebagai panduan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi. Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur bahwa Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu dari mata kuliah wajib yang dipelajari di semua jenjang pendidikan. Sebelum berlakunya aturan mengenai pemisahan antara Pancasila dan Kewarganegaraan maka kedua matakuliah wajib tersebut disatukan menjadi mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau dikenal dengan istilah PPKn. Barulah kemudian setelah keluarnya Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang secara implisit diatur pada Pasal 25 UU No.12 Tahun 2012, bahwa matakuliah umum yang terkait dengan pendidikan kewarganegaraan dilaksanakan melalui mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam kajiannya diuraikan bahwa tujuan mata kuliah Pancasila adalah pendidikan yang memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia sedangkan mata kuliah Kewarganegaraan memiliki tujuan adalah mewujudkan warga negara yang sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga negara, memiliki pemahaman politik dan kebangsaan,kepekaan mengembangkan jati diri dan moral dalam bingkai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Dalam buku ini, menyiratkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi mengemban misi sebagai pendidikan nilai kepribadian (moral), pendidikan yang didalamnya terdapat pembekalan mengenai pemahaman tentang hubungan antara warga negara dengan negara (civic education), pendidikan politik (politik education) yang didalamnya membahas tentang demokrasi, pemahaman tentang HAM dan Rule of Law. Adapun konsep Membangun yang dimaksud dalam judul buku ini adalah mengandung makna bahwa adanya sebuah kerangka pikir Indonesia merupakan negara yang besar yang didalam terbentang gugusan pulau pulau, kekayaan alam yang melimpah yang merupakan anugerah dari yang Maha Kuasa, jika tidak dijaga dengan baik maka potensi yang ada tersebut tidak berarti apa-apa bahkan dapat menimbulkan diintegrasi bangsa. Olehnya pemahaman tentang bela negara menjadi sebuah keniscayaan untuk diketahui, dari pemahaman bela negara tersebut terjabarkan dalam konsep Geopolitik Indonesia atau Wawasan Indonesia dan Geostrategi Indonesia atau Ketahanan Nasional yang kontennya tidak mengarahkan kepada sesuatu hal yang kesannya doktriner dan milteristik. Akhirnya penulis berharap, semoga buku yang diberi judul Paradigma Membangun Pendidikan Kewarganegaraan ini bermanfaat bagi mahasiswa serta pihak-pihak lain yang memiliki komitemen untuk mengembangkan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Demi kesempurnaan isi atau materi yang ada dalam buku ini, penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat konstruktif dari pembaca sangat diharapkan. Sekian.

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis akhirnya dapat merampungkan buku yang saat ini tersaji dihadapan pembaca budiman yang diberi judul Paradigma Membangun Pendidikan Kewarganegaraan ...

AGRIBISNIS : Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian

Buku ini berisi tentang perkembangan konsep atau paradigma sistem dan usaha agribisnis, mulai dari muncul/lahir, berkembang, populer, menuju kematangan (maturity), dan implementasi dalam perekonomian nasional. Dengan membaca buku ini, maka pembaca dapat memahami dan mengerti konteks lahir dan berkembangnya pemikiran atau konsep atau paradigma sistem dan usaha agribisnis di indonesia.

Dalam sejarah pembangunan ekonomi Indonesia, terlihat secara gamblang
bahwa pembangunan pertanian memiliki posisi dan peranan yang sangat
strategis dan menentukan serta mendasar, baik itu pada masa awal
pembangunan (initial ...

Paradigma pembangunan ekonomi Indonesia

Pidato Dies Natalis ke-47 Universitas Gadjah Mada

Pembangunan Yang Menyejahterakan Rakyat Pada tahun 1998 mendatang
waktu MPR hasil Pemilu 1997 akan menetapkan GBHN baru , Republik
Indonesia sudah akan berusia 53 tahun . Pada taraf " usia dewasa " ini , seluruh
bangsa ...

Paradigma pendidikan konstruktivistik

implementasi KTSP dan UU no. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

On constructivist education as a new education paradigm in Indonesia.

penetapan tujuan instruksional sampai pada pertimbangan pengalaman
pengajar dan kewibawaannya , dan macam ... Beberapa tahun belakangan ini
kita menemui metode Iqra di dalam belajar membaca Al - Qur ' an , dan metode
itu lebih ...

Paradigma pendidikan berbasis pluralisme dan demokrasi

rekonstruksi dan aktualisasi tradisi ikhtilaf dalam Islam

Al - Kahfi ( 18 ) : 29 107 Konsep IQRA ' dalam al - Qur ' an surat Al - ' Alaq
menunjukkan ugahan untuk menggunakan akal dan nalar dalam memecahkan
sesuatu persoalan dan permasalahan . Iqra ' yang dimaksud di sana bukanlah ...

Paradigma baru pembelajaran bahasa, sastra Indonesia dalam kurikulum 2013 dan implementasinya

On study and teaching of Indonesian language and literature for 2013 school curriculum in Indonesia; papers of a seminar.

Paradigma baru ekonomi kerakyatan sistim syari'ah

perjalanan gagasan dan gerakan BMT di Indonesia : Baitul Maal wat Tamwil

KONSEP KEJAMA ' AHAN DALAM PENGUATAN EKONOMI UMAT ISLAM Oleh
Sholahuddin Sanusi ahwa krisis moneter dan ekonomi yang tengah melanda
bangsa Indonesia dewasa ini , telah menyebabkan penderitaan dan
kesengsaran ...