Sebanyak 216 item atau buku ditemukan

Metodologi penelitian sastra

epistemologi, model, teori, dan aplikasi

Method in sociology of literature in Indonesia.

Kehadiran cybersastra dalam pandangan komunikasi sastra memang bersifat virtual ( maya ) . Yakni , komunikasi jarak jauh yang memerlukan teknik baca khusus . Di dalamnya sarat dengan lambang - lambang pembuka komunikasi .

Metodologi penelitian masjarakat

Bila kita mengatakan , bahwa didalam projeksi itu dunia luar digunakan sebagai analogon , maka kita dengan demikian meniadakan adanja komunikasi , karena komunikasi berarti terbuka untuk dunia luar , atau mengenal „ ketidaksamaan orang ...

KAPITA SELEKTA METODOLOGI PENELITIAN

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir mulai sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Mempelajari metodologi penelitian ini sangatlah perlu. Tidak terkecuali dosen pembimbing skripsi, tesis maupun disertasi. Memang setiap penelitian memiliki karakteristik tersendiri. Tergantung pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Tetapi secara substansial kaidah-kaidah utamanya sama. Semua penelitian dapat dipastikan akan selalu melewati ‘jembatan’ prosedur ilmiah dan metode ilmiah. Buku ini awalnya merupakan dokumen pribadi editor yang mengoleksi tulisan-tulisan dari para tutor yang memberikan materi pelatihan/penataran Dasar-dasar Metodologi Penelitian bagi para dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walaupun sudah lama, tetapi orisinalitas artikelnya tetap penting, aktual untuk dipelajari, tidak ‘lapuk’ dilindas zaman. semoga bermanfaat bagi generasi muda masa kini, era milenial hingga masa mendatang. Walaupun sudah ada digitalisasi software statistik, hingga kini belum ada yang bisa merubah konsep-rumus asalnya. Tetap mahasiswa perlu memahami metode penelitian dan olah data statistik secara manual-konseptual sekaligus teori untuk tafsir, analisis serta pemaknaan hasil riset.

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi.

Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani

Buku Terkait Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Buku Terkait Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Metodologi Penelitian

Pendekatan Kuantitatif

Pengetahuan tentang penelitian menjadi persyaratan penting bagi lulusan perguruan tinggi untuk dapat memberikan kontribusi ilmiahnya. Tidak hanya bagi yang sudah lulus, tapi juga bagi yang belum lulus; pengetahuan tentang penelitian merupakan sarana bagi kelancaran mereka yang tengah menyelesaikan skripsi, tesis, bahkan disertasi. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan banyak buku penelitian sebagai rujukan. Keunikan buku ini dibanding buku-buku sejenis lain adalah sifatnya yang aplikatif. Agar mudah diaplikasikan maka pembahasan setiap materi dalam buku ini dilengkapi contoh-contoh dengan variabel yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa. Pembahasan secara komprehensif dan aplikatif dengan contoh dan ilustrasi yang kontekstual ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pemakai buku penelitian yang pada dasarnya tidak hanya ingin memahami teori tapi ingin dapat melakukan penelitian. Metode kuantitatif lebih mewarnai isi buku ini karena penulis menganggap bahwa konsep berfikir obyektif dan realistis menjadi landasan untuk mengembangkan disiplin ilmu apapun.

Pengetahuan tentang penelitian menjadi persyaratan penting bagi lulusan perguruan tinggi untuk dapat memberikan kontribusi ilmiahnya.

Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan (Edisi Revisi)

"Bagi saya, buku ini seakan memanggil "wahai para pembelajar akuntansi, marilah buka mata hati agar kita tiba ke pemahaman bahwa akuntansi itu bukanlah hanya itu, seperti yang dipelajari selama ini. Akuntansi, akan tetapi, adalah juga fenomena sosial, kultural dan bahkan religius yang kompleks. Buku ini telah dengan meyakinkan mengungkapkan bahwa dikotomi selama ini antara metodologi penelitian kuantitatif versus kualitatif, telah dipahami dengan tidak tepat. Sesuatu yang bagi saya luar biasa adalah keberanian buku ini untuk menyampaikan bahwa metodologi penelitian yang selama ini kita pahami dan anut, adalah metodologi yang telah mengabaikan eksistensi Tuhan. Buku ini enak dibaca, mengalir lembut karena keindahan bahasanya. Pembaca yang budiman, pahamilah buku ini dengan mata hati, bukan dengan mata kepala. Bukankah Tuhan telah mensinyalir bahwa yang buta bukanlah mata kepala kita, tetapi mata hati." (Prof. Dr. Eddy R Rasyid, M.Com. (Hons), Akt.) Buku ini adalah cetakan pertama edisi revisi, setelah kali keempat cetakan edisi sebelumnya. Telah dilakukan penambahan bab tentang cara menyajikan hasil penelitian kualitatif, serta beberapa koreksi dan penambahan pembahasan di beberapa bab sebelumnya.

KUALITATIF. “BERKUALITAS”. Keluaran Pembelajaran yang Diharapkan: 1. Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan penelitian non-positif 2. Mahasiswa mampu membedakan penelitian kualitatif yang positif dari penelitian kualitatif ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; (3) Jenis Data, Variabel Penelitian, Definisi Istilah, Definisi Operasional dan Indikator; (4) Konsep Landasan Teori, Hipotesis, Macam-Macam Hipotesis, Pengujian Hipotesis, Asumsi, dan Macam-Macam Penelitian; (5) Konsep Rancangan Penelitian Eksperimen dan Non Eksperimen, Populasi, Teknik Sampling dan Pembagian Kelompok; (6) Instrumen Tes, Non Tes, Jenis Data, dan Teknik Pengumpulan Data; (7) Ciri-Ciri, Prosedur, Rancangan Penelitian Kualitatif dan Study Kasus; (8) Teknik Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Tindakan Kelas; (9) Karakteristik, Keterbatasan, Manfaat, Persyaratan, dan Langkah-Langkah Tindakan Perbaikan Sebelum dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas; (10) Rencana Perbaikan, Identifikasi dan Analisis Masalah, Perumusan Masalah dan Hipotesis, Tahap Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran, dan Kancah Penelitian Tindakan Kelas; (11) Model Penelitian Tindakan Kelas; (12) Analisis dan Penafsiran Data Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas; dan (13) Siklus Penelitian Tindakan Kelas. Materi tersebut kami sertai contoh implementasinya dalam penerapan penelitian di bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Dengan demikian bagi mahasiswa ataupun peneliti di bidang pendidikan jasmani lebih paham dan mengerti, namun pembaca di bidang lain juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber belajar atau referensi dalam belajar dan meneliti.

Buku ini berisi tentang: (1) Mensintesa Pengertian, Pendekatan dan Paradigma Penelitian Kuantitatif, Landasan Penelitian Kualitatif dan Landasan Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas; (2) Prosedur Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan ...