Buku ini berjudul "MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF" didalamnya berisikan, karakteristik model pembelajaran, konsep dasar pembelajaran kooperatif dan model-model pembelajaran kooperatif.
Buku ini berjudul "MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF" didalamnya berisikan, karakteristik model pembelajaran, konsep dasar pembelajaran kooperatif dan model-model pembelajaran kooperatif.
Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) membuat suasana pembelajaran matematika di kelas menjadi lebih menarik, mampu memberikan pengalaman belajar lebih fokus dan meningkatkan kemampuan peserta didik. Model pembelajaran kooperatif Group Investigation tidak hanya memiliki karakteristik yang tepat untuk mengatasi rendahnya kemampuan analisis dan penguasaan peserta didik pada pembelajaran Matematika, tetapi juga memiliki kesesuaian dengan karakteristik dan tujuan dari pembelajaran Matematika khususnya materi Fungsi Trigonometri. Pembelajaran matematika bermanfaat untuk membangun keterampilan berpikir berpikir tingkat tinggi. Peserta didik tidak cukup hanya menghafal rumus tetapi harus bisa juga mengaplikasikan konsep dan pemahaman mereka pada berbagai masalah yang ditemui. Oleh karena itu, hafalan dan pemahaman peserta didik harus ditunjang dengan kemampuan kognitif lainnya, yaitu kemampuan analisis. Buku Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Kemampuan Analisis Fungsi Trigonometri Pembelajaran matematika bermanfaat untuk membangun keterampilan berpikir berpikir tingkat tinggi. Peserta didik tidak cukup hanya menghafal rumus tetapi harus bisa juga mengaplikasikan konsep dan pemahaman mereka pada berbagai masalah yang ditemui. Oleh karena itu, hafalan dan pemahaman peserta didik harus ditunjang dengan kemampuan kognitif lainnya, yaitu kemampuan analisis. Terbitkan bukumu di [email protected]
Buku Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Kemampuan Analisis Fungsi Trigonometri Pembelajaran matematika bermanfaat untuk membangun keterampilan berpikir berpikir tingkat tinggi.
Buku ini menjelaskan tentang Pembelajaran Tipe Jigsaw, Contoh gambaran pelaksanaan pembelajaran, analisa keunggulan dua metode pembelajaran, pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Buku ini menjelaskan tentang Pembelajaran Tipe Jigsaw, Contoh gambaran pelaksanaan pembelajaran, analisa keunggulan dua metode pembelajaran, pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Alhamdulillahirobbil ‘alamin, segala puji dan syukur saya panjatkan ke hadlirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufiq dan hidayah-Nya. Salam dan sholawat tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang senantiasa kita nantikan syafaatnya di hari kiamat. Aamiin Pada kesempatan kali ini, saya mencoba membuat sebuah buku yang diangkat dari sebuah karya tulis ilmiah PTK yang berjudul Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Pelajaran Passing dalam Permainan Bola Voli. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu bentuk model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Peserta didik dalam belajar akan berinteraksi dengan teman yang lain dalam satu tim. Dalam tim tersebut yang mampu harus membantu teman lain yang kurang mampu untuk mengangkat nilai tim. Masing-masing tim akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dengan cara saling bekerja sama dalam kelompok tersebut. Oleh karena itu, dengan buku ini diharapkan akan membantu menyuguhkan satu bentuk model pembelajaran yang akan digunakan rekan-rekan guru olahraga. Dengan model pembelajaran yang menarik diharapkan peserta didik akan cepat bisa melakukan teknik yang diajarkan oleh guru. Paradigma pembelajaran saat ini adalah guru bukan satusatunya sumber dalam pembelajaran yang dianggap serba tahu. Akan tetapi, cenderung menjadi fasilitator bagi peserta didik untuk bisa menyajikan pola pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran yang PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan) akan bisa diwujudkan. Mudah-mudahan buku ini bisa memberikan sumbangsih dan manfaat bagi teman-teman guru PJOK.
Aamiin Pada kesempatan kali ini, saya mencoba membuat sebuah buku yang diangkat dari sebuah karya tulis ilmiah PTK yang berjudul Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Pelajaran ...