Sebanyak 49 item atau buku ditemukan

Kurikulum Pendidikan Islam Nonformal

(Aqidah, Ilmu al-Qur’an, Ilmu Hadits, Ushul Fiqih, Praktik Ushul Fiqih)

Kebanyakan majlis-majlis dalam pelaksanaannya hanya terfokus pada komponen isi atau materi pelajaran saja. Memang ada majlis atau studi club dalam proses pengembangan isi atau bahan materi dilakukan dengan prosedur dan proses penelitian, mudzakrah, kajian literatur klasik dan kontemporer, akan tetapi komponen tujuan, metode dan evaluasi juga sangat penting dirumuskan (dituliskan) karena antara tujuan, bahan materi, metode dan evaluasi adalah komponen dasar yang saling keterkatian. Oleh sebab itu, buku ini menawarkan 5 bidang pelajaran yang telah dikemas menjadi kurikulum yang sangat sistematis berdasarkan hasil penelitian yang panjang.

Kebanyakan majlis-majlis dalam pelaksanaannya hanya terfokus pada komponen isi atau materi pelajaran saja.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Transformatif

Noviyanto Dedi, Perangkat Pembelajaran PAI SMP 2013/1014, dalam http://dedinoviyanto.wordpress.com. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 41 Tahun 2007 tanggal 28 Juni Tahun 2007, Standar Proses, Jakarta: Departemen Pendidikan ...

TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis. Tujuannya adalah agar pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapat dirancang sesuai kebutuhan anak berdasarkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak. Kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Kurikulum akan mengarahkan anak mau diapakan anak tersebut, dan dijadikan apa anak tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) agar anak mencapai tumbuh kembang secara optimal. Dalam usaha memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana kurikulum PAUD yang dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak, penulis mencoba memberi gagasan tentang kurikulum PAUD dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana perancangan kurikulum PAUD baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Bahan ajar ini berisi materi tentang pengertian kurikulum; konsep dasar kurikulum; Landasan kurikulum; Peran dan Fungsi kurikulum; Hakikat dan Dimensi Kurikulum, proses penyusunan kurikulum, Model- Model Kurikulum Anak Usia Dini, Teori- teori Evaluasi kurikulum, Evaluasi Kurikulum Anak Usia Dini. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG- PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Calon guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum dan pendekatan kajian teoritik maupun praktik mengenai kurikulum. Modul ini tidak satu-satunya yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menambahkan materi lainnya sebagai suplemen bagi pengembangan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan ilmu.

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis.

Menyusun Kurikulum Pendidikan Tenaga Kesehatan

Sepanjang pengetahuan penulis, hingga tahun 2019 perguruan tinggi di Indonesia yang membuka program pasca sarjana dalam bidang ilmu pendidikan kedokteran atau kesehatan adalah Universitas Padjadjaran (program studi Magister Kebidanan dalam Ilmu Pendidikan Bidan), Universitas Gajah Mada (program studi Magister dan Doktor Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan) dan Universitas Indonesia (Magister Pendidikan Kedokteran). Tentu saja jumlah magister dan doktor dalam bidang pendidikan tenaga kesehatan ini masih sangat terbatas, sehingga kelangkaan kepustakaan di bidang ini dapat dipahami. Buku ini dapat menjadi referensi untuk mata kuliah terkait rancangan kurikulum dalam program studi pasca sarjana dalam bidang ilmu pendidikan kedokteran atau kesehatan di Indonesia. Buku ini dapat pula menjadi referensi untuk tenaga pendidik dalam ilmu terkait, terutama dalam menjalankan tugas menyusun, mengevaluasi kurikulum. Menyusun Kurikulum Pendidikan Tenaga Kesehatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Menyusun Kurikulum Pendidikan Tenaga Kesehatan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak