Sebanyak 451 item atau buku ditemukan

PENDEKATAN ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN LINTAS KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR

Buku ini berjudul “Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar”. Buku ini memfokuskan pembahasan pada esensi aktivitas dari Pendekatan Ilmiah itu sendiri yakni keterampilan proses sains. Pada pemaparannya, teori tentang keterampilan proses sains dilengkapi dengan praktik untuk melatihkannya dan disusul dengan terapannya pada bidang studi dan antar bidang studi. Keterampilan proses yang dipaparkan dalam buku ini difokuskan pada keterampilan proses dasar. Hasil ini dikarenakan keterampilan proses dasar merupakan keterampilan yang harus dikuasai siswa sekolah dasar.

Buku ini berjudul “Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar”.

Pengembangan model kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah & madrasah

Development of the single level education curriculum in public school and Islamic education in Indonesia.

Development of the single level education curriculum in public school and Islamic education in Indonesia.

Manajemen Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis berkaitan dengan tugas guru dalam memberikan penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Alasan penulis melakukan penelitian dan menuliskan buku ini dilatarbelakangi oleh masih adanya pendidik yang mengalami kendala dalam melakukan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013 memang dapat dikatakan cukup kompleks, penilaian ini meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang dalam pelaksanaannya pendidik harus memahami betul tahapan-tahapan dan teknik penilaian yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis berkaitan dengan tugas guru dalam memberikan penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik.

Manajemen pengembangan kurikulum dan pembelajaran sekolah Islam terpadu

Development of integrated Islamic school in Indonesia.

Development of integrated Islamic school in Indonesia.

Raudhatul Athfal, Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Buku ini merupakan hasil konversi dari Disertasi penulis yang telah menyelesaikan program doktoral pada tahun 2017 lalu dengan judul semula, Praktek Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Pidie (Studi tentang Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran pada Raudhatul Athfal). Dalam hal ini, terdapat beberapa bagian yang sudah penulis lakukan revisi baik dari segi redaksi topik maupun substansi.

Pembelajaran anak usia dini harus memperhatikan perkembangan anak, kebutuhan, konsep bermain sambil belajar, pendekatan tematik, kreatif dan inovatif, lingkungan kondusif dan mampu mengembangkan kecakapan hidup.

Manajemen Kurikulum Program Keterampilan Vokasional (Teori Dan Implementasi)

Judul : Manajemen Kurikulum Program Keterampilan Vokasional (Teori Dan Implementasi) Penulis : Dumiyati Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 118 Halaman No ISBN : 978-623-6233-25-2 Buku ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Program Keterampilan Vokasional. Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia pendidikan di Indonesia khususnya terkait dengan ketrampilan vokasional di Madrasah Aliyah. Buku ini terdiri dari enam bab. Bab pertama tentang Kurikulum 2013 yang meliputi Pengertian Kurikulum 2013, Tujuan Kurikulum 2013, Karakteristik Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi, dan Konsep dan Strategi Penilaian Kurikulum 2013 Revisi.Bab kedua membahas tentang Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) yang meliputi Pengertian Pendidikan Kecakapan Hidup, Jenis Pendidikan Kecakapan Hidup, Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup, Tujuan dan Manfaat Pendidikan Kecakapan Hidup dan Usaha Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup. Bab ketiga membahas tentang Kecakapan Hidup Vokasional (Vocational Skill/VS) yang meliputi Pengertian Kecakapan Hidup Vokasional, Jenis Kecakapan Hidup Vokasional, Tujuan Kecakapan Hidup Vokasional dan Manfaat Kecakapan Hidup Vokasional. Bab keempat tentang Upaya Peningkatan Kecakapan Lulusan Madrasah Melalui Program Pendidikan Vokasional yang meliputi Penanaman Penguasaan Kecakapan, Kecakapan Hidup Vokasional dan Program Pendidikan Vokasional. Bab kelima membahas tentang Pendekatan Manajemen Kurikulum Vokasional yang meliputi Hakekat Manajemen dan Manajemen Kurikulum, Perencanaan Kurikulum Vokasional, Implementasi Kurikulum Program Keterampilan Vokasional dan Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Program Keterampilan Vokasional . Bab keenam membahas tentang Studi Manajemen Kurikulum Program ketrampilan Vokasional yang meliputi Pendahuluan, Metode, Pembahasan dan Simpulan

Judul : Manajemen Kurikulum Program Keterampilan Vokasional (Teori Dan Implementasi) Penulis : Dumiyati Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 118 Halaman No ISBN : 978-623-6233-25-2 Buku ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Program Keterampilan ...

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik

Munculnya Permendikbud no 57 tahun 2014 mengisyaratkan kekuatan dari posisi kurikulum 2013 yang menganut: (1) pembelajaran yang dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan (2) pengalaman belajar langsung peserta didik (learned-curriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik. Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.

Memasukan konsep karakter pada setiap pembelajaran dengan cara, (a) Menanamkan nilai kebaikan kepada anak (knowing the good). Menanamkan konsep diri pada anak setiap akan memasuki materi pelajaran; (b) Membuat cara yang membuat anak ...