Sebanyak 604 item atau buku ditemukan

Etika Komunikasi dalam Media Sosial : Saring Sebelum Sharing

Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari para penulis yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi, maupun professional dalam rumpun ilmu ekonomi. Dalam buku ini mengangkat isu strategis berkaitan dengan etika komunikasi dalam penggunaan media sosial yang terdiri dari 10 bab yang berisi tentang Bab 1 Etika Komunikasi; Bab 2 Media Sosial; Bab 3 Etika Komunikasi di Media Sosial; Bab 4 Implementasi UU ITE Dalam Berkomunikasi; Bab 5 Media Sosial Dalam Pandangan Hukum; Bab 6 New Media ; Bab 7 Literasi Media; Bab 8 Dampak Negatif dan Positif Media Sosial; Bab 9 Menggunakan Media Sosial Dengan Bijak; Bab 10 Mengidentifikasi Isue Hoax di Media Sosial

Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari para penulis yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi, maupun professional dalam rumpun ilmu ekonomi.

Komunikasi Bencana

Teori dan Pendekatan Praktis Studi Kebencanaan di Indonesia

Indonesia secara geografis dan demografis rentan terhadap terjadinya bencana alam dan bencana nonalam. Letaknya yang berada pada gugus gunung api aktif dan ujung pergerakan tiga lempeng dunia yakni Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik membuat Indonesia memiliki potensi bencana alam geologis seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor serta termasuk beberapa potensi bencana nonalam terkait sosial dan ekonomi yang mengancam masyarakat. Tingginya potensi bencana tersebut membuat Indonesia harus meningkatkan kesiapsiagaan dan juga penanggulangan bencana agar bisa mengurangi risiko dari dampak bencana. Upaya mitigasi bencana terhadap masyarakat perlu diberikan agar masyarakat menjadi tangguh bencana. Dalam buku ini dijelaskan, upaya Mitigasi Bencana oleh pemerintah yang mengacu kepada dua kerangka besar yakni Sendai Framework 2016-2020 dan SDG’s sebagai acuan mitigasi kepada masyarakat. Kajian ini menggunakan pendekatan mitigasi bencana dari perspektif Ilmu Komunikasi sebagai salah satu upaya menerapkan program pengurangan risiko bencana berbasis komunitas yang tepat bagi tipologi Indonesia. Buku ini berupaya untuk melengkapi mitigasi bencana stuktural yang lebih banyak terfokus kepada aspek fisik dengan menambahkan kajian dari telaah Ilmu Komunikasi. Bagaimana komunikasi menjadi dasar dan mendorong masyarakat berpartisipasi untuk mencegah, mengurangi, menghindari dan memulihkan diri dari dampak bencana sehingga upaya pengurangan risiko bencana dapat berjalan optimal dibahas secara mendalam. Bahasan tersebut antara lain tentang Ilmu Komunikasi dalam penanggulangan bencana, pengertian penanggulangan bencana, siklus penanggulangan bencana, konstruksi pemaknaan bencana, koordinasi penanganan bencana, komunikasi dan mitigasi bencana, integrasi informasi dalam komunikasi bencana dan konsep difusi inovasi dalam komunikasi bencana.

Bahasan tersebut antara lain tentang Ilmu Komunikasi dalam penanggulangan bencana, pengertian penanggulangan bencana, siklus penanggulangan bencana, konstruksi pemaknaan bencana, koordinasi penanganan bencana, komunikasi dan mitigasi ...

Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dan merangsang minat, perhatian, pikiran, dan perasaan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Media pembelajaran dapat berupa modul, teman, instruktur, buku, video, gambar atau foto, slide, recorder, film, dan lain sebagainya. Elemen media pembelajaran terdiri atas lima elemen yaitu teks, gambar, suara, video, dan animasi. Teks berupa naskah, tulisan, ataupun simbol, gambar berupa ilustrasi atau sketsa atas suatu benda, peristiwa, atau yang lainnya, dan suara berupa bunyi yang dapat berbentuk percakapan, melodi, dan lain sebagainya. Sedangkan video berupa rekaman atas suatu kejadian dan animasi berupa serangkaian gambar yang tampak bergerak. Buku ini akan membahas teori tentang media pembelajaran yang disertai turorial pembuatan media pembelajaran dengan beberapa jenis aplikasi atau platform. Pembaca akan diajak memahami tentang sumber belajar, media pembelajaran, dan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada akhir bab pembaca akan mempraktikkan membuat media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, Flipbook, Mindjet MindManager, Canva, dan Quizizz. Penulis berharap pembaca akan memahami tentang media pembelajaran baik dari segi teori maupun dari segi praktik.

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi ...

Media Komunikasi Politik

Buku ini didedikasikan sebagai telaah akademis terhadap fenomena media, baik di media arus utama (mainstream) maupun di media sosial dalam hubungannya dengan ragam aktivitas politik aktor perseorangan maupun lembaga. Kajian tentang hubungan media dan politik membentang panjang dalam sejarah Ilmu Komunikasi Politik. Mulai dari opini publik, propaganda, kampanye, publisitas politik, political public relations, dan lain-lain. Terdapat relasi kuasa politik yang sangat menarik ditelaah baik secara akademis maupun praktis di panggung politik media, baik yang terjadi di masa lalu, saat ini, maupun di masa mendatang. Media tidak semata menjadi saluran komunikasi politik. Di banyak peristiwa, media kerapkali tampil menjadi aktor politik yang memainkan peran signifikannya. Dalam konteks inilah, kajian tentang media komunikasi politik menjadi sangat penting. Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si. Penulis “Buku ini memberikan panduan ilmiah dan pedoman praktis bagi para calon pemimpin politik ketika mengaktualisasikan gagasan dan cita-citanya menghadapi masyarakat informasi yang sedang mengalami revolusi media sosial. Buku ini juga penting dibaca masyarakat luas agar dapat memahami bagaimana para pemimpin politik mengoperasikan simbol-simbol untuk memperkuat posisi politik mereka di hadapan publik.” Dr. Ahmad Basarah, Anggota DPR RI/Ketua Badan Sosialisasi MPR RI “Dalam buku terbarunya ini, Dr. Gun Gun Heryanto menyajikan analisis komprehensif tentang komunikasi politik dan detail isu-isu penting terkait. Pemaparan, gagasan dan artikulasi pemikirannya sangat sistematis, dikonstruksi, dan dikemas dalam ekspresi bahasa yang apik, lincah, dan bernas. Dari bab ke bab berikutnya, pembaca diajak secara kreatif-reflektif untuk berwacana dan berdiskusi tentang poin-poin pemikiran dan tema-tema aktual yang secara kritis disoroti oleh Dr. Gun Gun dalam buku ini. —Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A., Ph.D., Duta Besar RI untuk Negara Kuwait dan Bahrain 2002–2006 dan Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta “Merawat demokrasi itu soal komitmen. Pelaku utama dalam proses komunikasi politik (politisi, masyarakat dan media) harus punya iktikad baik. Gun Gun Heryanto, dengan gaya khasnya, selalu membumikan bahasa berat politik dan menempatkannya ke ruang-ruang awam. Buku ini menjadi pengingat bagi politisi, masyarakat, dan media bahwa pertarungan sekeras apa pun tidak boleh menyisakan luka sosial. Peran sentral media di dalam proses komunikasi politik diingatkan penulis, agar sekuat mungkin terhindar dari bias kepentingan.” —Yogi Arif Nugraha, Wakil Pemimpin Redaksi KompasTV “Politisi dan mereka yang ingin memanfaatkan media sebagai wahana konstruksi citra, wajib membaca buku ini. Sebagai akademisi, tulisan Gun Gun mengedepankan independensi tanpa tendensi, seperti yang ia pertontonkan di panggung-panggung talkshow. —Latief Siregar, Produser Senior RCTI “Di buku ini, Anda akan memahami cara mentransformasikan media sebagai saluran komunikasi politik. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin terjun di dunia politik atau yang berkecimpung di jagat komunikasi. Pemaparan yang bernas menjadi ciri khas Dr. Gun Gun Heryanto dalam setiap ulasannya.” —Ike Kesuma, Produser Senior iNews TV

Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si. Penulis “Buku ini memberikan panduan ilmiah dan pedoman praktis bagi para calon pemimpin politik ketika mengaktualisasikan gagasan dan cita-citanya menghadapi masyarakat informasi yang sedang mengalami revolusi ...

Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi

Komunikasi politik merupakan ilmu pengetahuan atau kajian baru yang muncul pada masa kontemporer; walaupun sebenarnya peristiwa komunikasi politik telah berlangsung sejak masa Perang Dunia I (1914-1918). Sebagai bidang studi baru, komunikasi politik dikatakan sebagai kajian ilmiah yang berkembang pesat dan kini semakin populer di ranah akademik dan praktik. Keutamaan buku teks (textbook) ini antara lain membahas latar belakang, pendekatan, dan metode studi komunikasi politik (studi agregat, kritis, analisis isi, eksperimental, ex post facto, dan survei); komunikasi politik dan kepemimpinan politik (spokes person, political spain dan spin doctor, serta komunikasi politik di Indonesia); dan government public relations di era web 2.0 (konsep dan pengertian, tugas dan fungsi, perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, strategi komunikasi politik humas pemerintahan, serta dilengkapi studi kasus analysis of buzz). Isi dan teknik penyajian yang sangat menarik dan komprehensif telah mengangkat buku ini sebagai buku ajar yang andal. Tidak saja sangat penting bagi mahasiswa Komunikasi dan Politik, studi Kehumasan (Public Relations), juga sangat perlu bagi mahasiswa yang bergelut di tanah studi Kepenyiaran (Broadcasting). Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Komunikasi politik merupakan ilmu pengetahuan atau kajian baru yang muncul pada masa kontemporer; walaupun sebenarnya peristiwa komunikasi politik telah berlangsung sejak masa Perang Dunia I (1914-1918).

MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI POLITIK (Komunikasi Politik I Dunia Virtual)

Media baru memberi kontribusi yang besar bagi demokrasi. Kontribusi tersebut berupa terbentuknya ruang publik yang universal, bisa diakses oleh siapa saja. Sehingga masyarakat tidak mengalami hambatan untuk menyuarakan aspirasinya. Di sisi lain, media baru mengubah komunikasi politik yang selama ini cenderung top-down, menjadi bottom up dan decentralized. Pemerintah makin membuka ruang bagi masyarakat lewat program e-government untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Perubahan ini pada akhirnya akan meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Partisipasi politik merupakan modal bagi terwujudnya demokrasi yang substantif bagi suatu bangsa.

Media baru memberi kontribusi yang besar bagi demokrasi.

Ekonomi Politik Komunikasi

Sebuah Realitas Industri Media di Indonesia

Buku ini memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai bagaimana relasi dalam ekonomi politik komunikasi yang berkelindan pada penggunaan sumber daya untuk menghasilkan konten yang didistribusikan kepada (audiens) masyarakat. Lebih jauh lagi buku ini juga akan membedah konsep dan praktik komodifikasi, komersialisasi, spesialisasi, dan strukturisasi dalam industri media di Indonesia.

Buku ini memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai bagaimana relasi dalam ekonomi politik komunikasi yang berkelindan pada penggunaan sumber daya untuk menghasilkan konten yang didistribusikan kepada (audiens) masyarakat.

Komunikasi politik

kudeta politik media, analisa komunikasi rakyat & penguasa

On political communication in Indonesia.

On political communication in Indonesia.