Sebanyak 184 item atau buku ditemukan

KEWIRAUSAHAAN DI INDUSTRI HOSPITALITY: STRATEGI PENGELOLAAN PASCA PANDEMI COVID-19

Buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu Kewirausahaan di Industri Hospitality. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sepuluh bab yang memuat tentang STRATEGI PENGELOLAAN HOTEL PASCA PANDEMI COVID 19, STRATEGI PEMASARAN VILLA PASCA PANDEMI, PENGELOLAAN GUESTHOUSE, PENGELOLAAN RESORT, PEMASARAN BISNIS TOUR & TRAVEL PADA ERA DIGITAL DAN PASCA PANDEMI COVID 19, STRATEGI PENGELOLAAN USAHA WELLNESS TOURISM DI BALI, PENGELOLAAN RESTORAN, PENGELOLAAN GLAMPING, PENGELOLAAN WISATA BAHARI, dan bab terakhir yaitu KONSEP WISATA EDUKASI BERBASIS KOLABORASI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF.

Buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu Kewirausahaan di Industri Hospitality.

KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI 4.0

Saat ini, perguruan tinggi dituntut untuk menghasikan lulusan yang berdaya saing. Lulusan yang dihasilkan dituntut untuk mempunyai skill yang tinggi, baik hard skill dan dan soft skill. Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, perguruan tinggi harus membuat kurikulum prima yang mengintegrasikan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Pendapat ini diamini oleh Godsell, yang menyatakan bahwa tujuan pendidikan tinggi salah satunya adalah mendidik mahasiswa untuk mandiri dalam arti memiliki mental yang kuat untuk melakukan usaha sendiri, tidak terbatas hanya sebagai pencari kerja (job seeker), tetapi justru sebagai pencipta lapangan pekerjaan (job creator). Di awal perkuliahan, hendaknya mahasiswa memiliki tujuan hidup/ impian. Dengan memiliki impian/tujuan ini, kemudian mahasiswa diarahkan untuk memiliki semangat menggapai tujuan hidupnya. Menurut seorang pakar pendidikan Nasution (2009), kebanyakan lulusan pendidikan menjadi pengangguran adalah akibat tidak memiliki impian dan tidak bersungguh- sungguh untuk meraihnya. Para ahli memberikan pengertian kewirausahaan yang berbedabeda: penciptaan organisasi baru (Gartner, 1988), menjalankan kombinasi (kegiatan) yang baru (Schumpeter, 1934), ekplorasi berbagai peluang (Kirzner, 1973), menghadapi ketidakpastian (Knight, 1921), dan mendapatkan secara bersama faktor-faktor produksi(Say, 1803). Kewirausahaan dipandang sebagai fungsi yang mencakup eksploitasi peluang - peluang yang muncul di pasar. Eksploitasi tersebut sebagian besar berhubungan dengan pengarahan dan atau kombinasi input yang produktif. Seorang wirausahawan selalu diharuskan menghadapi resiko atau peluang yang muncul, serta sering dikaitkan dengan tindakan yang kreatif dan innovatif. Wirausahawan adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru. Selain itu, seorang wirausahawan menjalankan peranan manajerial dalam kegiatannya, tetapi manajemen rutin pada operasi yang sedang berjalan tidak digolongkan sebagai kewirausahaan. Seorang individu mungkin menunjukkan fungsi kewirausahaan ketika membentuk sebuah organisasi, tetapi selanjutnya menjalankan fungsi manajerial tanpa menjalankan fungsi kewirausahaannya. Jadi kewirausahaan dapat bersifat sementara atau kondisional.

F. Kewirausahaan berbasis Teknologi di Indonesia .................. G. Kewirausahaan berbasis Teknologi dalam Era Open Source . H. Kewirausahaan berbasis Teknologi Sebagai Pengurangan Tingkat Pengangguran Indonesia .

Teknologi Digital Kewirausahaan dan UMKM

Teknologi digital kewirausahaan dan UMKM merupakan kapasitas kewirausahaan dan UMKM dalam pemanfaatan teknologi guna keberlangsungan usaha. Konseptualisasi teknologi kewirausahaan merupakan kombinasi dari kewirausahaan dan inovasi berbasis teknologi. Dalam ekonomi digital teknologi menjadi bagian integral organisasi. Teknologi digital secara praktis terwujud dalam pertumbuhan fungsi serta peran teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini menjadi pendorong pertumbuhan aspek bisnis dan kewirausahan dan memungkinkan berkembangnya bisnis UMKM. Buku ini terdiri dari 17 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Kewirausahaan Digital Bab 2 Sosial Media Marketing Pada UMKM Bab 3 Inovasi Model Bisnis Kewirausahaan Bab 4 Ekosistem Kewirausahaan Digital Bab 5 Kewirausahaan, Inovasi, dan Pertumbuhan Ekonomi Bab 6 Perencanaan Bisnis Kewirausahaan Bab 7 Peluang dan Tantangan Kewirausahaan di Era Digital Bab 8 Etika Bisnis dan Kewirausahaan Bab 9 Inovasi Bisnis di Era Industri 4.0 Bab 10 Strategi Digital Bisnis UMKM Bab 11 Sistem Pembayaran Digital dan UMKM Bab 12 Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada UMKM Bab 13 Brand Visibility Online Produk UMKM Bab 14 Peer to Peer Lending (P2P) dan Sistem Permodalan UMKM Bab 15 Komunikasi Digital Pada UMKM Bab 16 Saluran Pemasaran Digital UMKM Bab 17 Jalur Distribusi UMKM

Aktivitas keuangan yang awalnya hanya dilakukan oleh perbankan pada kantor cabang dan anjungan tunai mandiri (ATM) telah beralih kepada aplikasi mobile banking yang dapat dilakukan di mana saja tanpa batas.

KEWIRAUSAHAAN DESAIN

Materi -materi yang disajikan dalam buku ini diambilkan dari beberapa buku dan jurnal rujukan yang menurut penulis sangat baik, mudah dipahami dan paling penting dapat memberikan informasi yang lebih luas tentang kiat praktik berwirausaha bagi mahasiswa dan bagi siapapun yang membaca buku-buku rujukan dan beberapa jurnal tentang Kewirausahaan oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para beliau. Penulis juga mencoba memadukan dan mengembangkan antara Kewirausahaan Komersil dengan Kewirausahaan Sosial, yang sesuai dengan Pembelajaran Abad 21

Perencanaan Umberto Sihombing (2000: 58), tahap perencanaan adalah menentukan rumusan pembelajaran berupa tujuan yang akan dicapai, media, sumber belajar, materi, metode pembelajaran, evaluasi yang akan diterapkan, dan alokasi waktu ...

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi. Buku ini, membahas tentang 9 (sembilan) bagian utama, yaitu (1) sikap dan perilaku wirausaha; (2) peluang usaha; (3) konsep desain / prototype dan kemasan produk barang / jasa; (4) proses kerja pembuatan prototype produk; (5) Menganalisis Lembar Kerja/ Gambar Kerja Untuk Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa; (6) analisis biaya produksi prototype produk barang/jasa; (7) analisis biaya produksi prototype produk barang/jasa; (8) menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa; (9) menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa. Bagi siswa yang sedang menempuh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan , bahan ajar ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi belajar. Bahan ajar ini dapat dikolaborasikan dengan media Vocationalogy yang dapat diakses secara online di www.vocationalogy.com dalam pembelajaran Blended Learning di era pandemi Covid-19. Bahan ajar ini jika dikolaborasikan dengan media Vocationalogy akan memberikan pengalaman belajar yang utuh bagi siswa SMK dalam mempelajari teori maupun praktikum dari mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Bahan Ajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menuju Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Strategi Pemasaran Kewirausahaan UMKM

Pemberdayaan UMKM ditengah era globalisasi dan tingginya persaingan pasar, diharapkan mampu memberikan peluang pada pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya hingga dapat menembus pasar internasional. Namun, terbatasnya pengetahuan pelaku UMKM terhadap ilmu pemasaran merupakan masalah mendasar yang harus dihadapi dan diberikan solusinya, dimana aspek penting dari ilmu pemasaran ini diteliti dan dikembangkan dalam konteks pemasaran kewirausahaan. Konsep pemasaran kewirausahaan terfokus pada inovasi dan pengembangan ide yang sesuai dengan pemahaman kebutuhan pasar, mentargetkan konsumen melalui pendekatan bottom-up ke pasar, menggunakan metode pemasaran interaktif yang bekerja erat dengan konsumen dan pengumpulan informasi informal melalui jaringan kontak personal. Tujuan akhir suatu usaha adalah tercapainya keuntungan/profitabilitas, yang dapat diukur melalui pertumbuhan dan pengembangan usaha. Strategi pertumbuhan yang dikemukakan oleh Igor Ansoff dapat digunakan UMKM untuk menggambarkan peluang pertumbuhan usahanya melalui : Penetrasi Pasar, Pengembangan Pasar, Pengembangan Produk dan Diversifikasi. Sedangkan untuk mencapai pasar internasional, maka UMKM harus mengenal dan menerapkan E-commerce.

1 B. Definisi Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) .5 BAB 2 PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN . ... 91 A. 91 B. 92 Pengertian E-Commerce Internet Sebagai Media Marketing Peranan Internet bagi UMKM Karakteristik E-Commerce .

Kewirausahaan: Konsep dan Strategi

Setelah pembaca menuntaskan buku ini, tentu saja pengetahuan dan keterampilan khusus kewirausahaan akan didapatkan, diantaranya kemampuan menelaah sumber-sumber pertumbuhan wirausaha baru, karakter wirausaha, proses mempersiapkan diri menjadi wirausahawan, merekonstruksi pengalaman para pengusaha sukses dan berpengalaman, serta mengombinasikan berbagai sumber daya untuk memulai dan mengembangkan usaha. Pada akhirnya kehadiran buku ini bertujuan untuk membekali siapa saja yang ingin sukses berwirausaha, khususnya mahasiswa dan pemula agar terbentuk jiwa usaha, karakter dan keterampilan berwirausaha. Buku ini juga menghadirkan konsep membangun dan menginternalisasi nilai dan sikap kewirausahaan, seperti kemandirian, tanggungjawab, kreativitas, keberanian, keterampilan mengambil keputusan, keterampilan menangkap peluang, keterampilan berkomunikasi, kelihaian mengelola hubungan usaha dan komitmen serta kesiapan diri menjadi wirausahawan handal. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Konsep Umum Dan Karakteristik Kewirausahaan Bab 2 Kewirausahaan Dalam Millenium Baru Bab 3 Kesempatan Bisnis Keluarga Bab 4 Kesempatan Mendirikan Usaha Franchise Bab 5 Memulai Dan Mencari Kesempatan/Peluang Bab 6 Peran Perencanaan Bisnis Dan Pengembangan Perencanaan Pemasaran Bab 7 Manajemen Dan Bentuk Organisasi Bab 8 Strategi Promosi, Saluran Distribusi Dan Pasar Global Bab 9 Masalah Sosial Dan Etika Bisnis Bab 10 Mengelola Sumber Daya Manusia Bab 11 Risiko Dan Asuransi Bab 12 Penetapan Harga

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce)

Buku yang berjudul Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce) menyajikan pengetahuan mendalam mengenai kewirausahaan terutama aspek-aspek E-bisnis dan E-commerce). Buku ini terdiri atas dua puluh bab.

Buku yang berjudul Kewirausahaan (E-bisnis dan E-commerce) menyajikan pengetahuan mendalam mengenai kewirausahaan terutama aspek-aspek E-bisnis dan E-commerce). Buku ini terdiri atas dua puluh bab.