Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

Pengembangan Keterampilan Menulis Untuk Guru, Mahasiswa Calon Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Widyaiswara, Widyaprada, Dan Pengembang Teknologi Pembelajaran

Dalam buku yang berjudul Pengembangan Keterampilan Menulis ini diuraikan konsep dasar menulis. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat memahami teori menulis. Selain itu, untuk menubuhkan minat pembaca untuk menulis, maka pada uraian teori menulis diintegrasikan pemberian motivasi kepada pembaca. Dengan demikian, pembaca mau dan mampu menulis, baik karya tulis ilmiah maupun karya ilmiah populer. Buku ini ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca. Mudah-mudahan kehadiran buku ini berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan menulis bagi para pembaca, khususnya guru, mahasiswa calon guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, widyaprada, dan pengembang teknologi pembelajaran. Pengembangan Keterampilan Menulis Untuk Guru, Mahasiswa Calon Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Widyaiswara, Widyaprada, Dan Pengembang Teknologi Pembelajaran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Oleh sebab itu, manajemen perbankan yang sehat memegang peranan penting dalam pengelolaan dana yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penghimpunan, penyaluran, serta pengendalian dana sehingga tidak ada pihak yang dikecewakan.

BUDAYA LITERASI MEMBACA DAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SISWA SEKOLAH DASAR

Gerakan literasi sekolah merupakan gerakan untuk menumbuhkan budi pekerti yang baik bagi masyarakat Indonesia, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah membaca. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 dan dilaksanakan pada satuan pendidikan salah satunya adalah pendidikan Sekolah Dasar. Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dengan bahan bacaan buku non pelajaran untuk menumbuhkan minat baca siswa dan meningkatkan keterampilan membaca agar memperoleh pengetahuan yang luas terhadap segala hal. Buku dengan judul “Budaya Literasi Membaca dan Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah Dasar” ini dibuat berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis sebagai pendidik pada sebuah instansi Sekolah Dasar serta sebagai upaya untuk melakukan penelitian dalam dunia pendidikan di era globalisasi, serta dipadukan dengan gerakan literasi sekolah yang sedang berlangsung untuk meningkatkan pengalaman dan pemahaman siswa secara aktual. Pembiasaan akan menjadi akar bagi siswa untuk berpikir secara logis dan kritis dalam melakukan berbagai kegiatan di sekolah.

Gerakan literasi sekolah merupakan gerakan untuk menumbuhkan budi pekerti yang baik bagi masyarakat Indonesia, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah membaca.

Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf

Menurut Hayon (2007:5), menulis adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan perihal menulis. Menulis ada hubungannnya dengan orang yang menulis, bahan yang ditulis dan masyarakat sebagai sasaran pembaca. Itulah dunia kepenulisan yang saling berkaitan satu sama lainnya. Unsur-unsur dalam menulis minimal mencapai empat aspek, yaitu (1) aspek gagasan yang akan disampaikan yang berupa topik masalah, (2) aspek tulisan yang berbentuk jenis karangan, sebagai gaya cara menulis karangan narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi, atau eksposisi agar pembaca dapat mencerna tulisannya, (3) aspek keterpaduan antarparagraf agar tidak tumpang tindih pembahasannya, dan (4) aspek bahasa memilih diksi yang tepat dan gaya bahasa.

Menurut Hayon (2007:5), menulis adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan perihal menulis.

Pengembangan Keterampilan Menulis

Buku teks ini ditulis dalam rangka memenuhi tuntutan untuk melengkapi bahan ajar menulis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Melalui buku teks ini, penulis ingin mengajak para mahasiswa dan kalangan umum untuk belajar praktik menulis secara langsung dan praktis. Praktik menulis, memang tidak dapat dipisahkan dari menyimak, berbicara, dan membaca. Para mahasiswa penulis ajak menulis mulai dari menulis artikel ilmiah, makalah, laporan penelitian, dan menulis esai, sebagai salah satu bentuk karya tulis akademik.

Buku teks ini ditulis dalam rangka memenuhi tuntutan untuk melengkapi bahan ajar menulis dan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra ...